Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Resmi sudah Yamaha YZF-R15 2017 diperkenalkan kepada publik, dan sebagai klan motor sport, pasti yang ditunggu tunggu adalah tenaga alias powernya.. Modal tampang sudah oke, ternyata power mesin R15 2017 terbaru ini juga mantap! 19,3 PS!

Dengan output alias power yang dimiliki Yamaha YZF-R15 2017 terbaru ini sebesar 14.2kw atau dalam satuan PS itu sebesar 19,3PS/10.000 dan torsi sebesar 14.7Nm/8.500 jelas membuat sport fairing 150cc terbaru di Indonesia ini menjadi yang terkuat dan terbinal se-nusantara! Angka keramat 19,1PS milik Suzuki GSX-R150 dimana awalnya menjadi yang terbesar menjadi second best setelah R15 2017 ini hadir.. Apa rahasianya?

Ada beberapa senjata rahasia yang diyakini Yamaha Indonesia akan menjadikan Yamaha R15 2017 facelift ini menjadi yang terbaik dan terhebat di kelasnya? Apa saja senjata tersebut? Kita simak di bawah ya.. tentu dimulai dari yang dianggap paling krusial dulu yaitu mesin!!

  1. Mesin 155,1cc SOHC 4 katup dengan Variable Valve Actuation (VVA). Jelas tanpa VVA pun sebenarnya YZF-R15 facelift terbaru ini sudah untung di kapasitas mesin.. tapi dengan tambahan mengambil teknologi pengaturan katup variabel yang sukses di mesin skutiknya NMax, membuat tenaga R15 2017 ini melejit melebihi mesin DOHC milik Suzuki GSX-R150! Tak hanya tenaga, torsinya pun mengganas..
  2. Asymmetric Engine.. ukuran pistonnya berubah, plus Dome piston-nya yang kini sudah menganut tipe Asymmetric,  tipe piston macam ini dipercaya punya gesekan yang minim dengan penambahan power yang baik.
  3. Throttle Body 30mm; tak hanya menjadi lebih besar, namun lubang semprotan alias injektor juga diperbanyak menjadi 10 titik.. artinya pengabutannya lebih banyak dan sempurna..
  4. Shock depan upside down, untuk mengimbangi tenaga supaya handling tetap mantap
  5. Sasis delta box, diklaim ringan namun kuat sekaligus rigid (kaku), juga berpengaruh pada handling yang baik
  6. Banana swing arm dan shock monocross link; selain punya estetika yang ciamik, swing arm dan suspensi monoshock ini juga berpengaruh pada handling
  7. setang under yoke; meningkatkan perasaan menyatu antara rider dengan motor, membuat feeling in bike yang juga berpengaruh pada kelincahan
  8. Assisted Slipper Clutch; biar kata wasted untuk 150cc, percayalah kalau gimmick ini bermanfaat dan memang wajib disematkan pada Yamaha R15 2017
  9. Lampu depan dan rem belakang LED; meski nanggung karena belum full LED, tapi sudah dianggap cukup untuk kekinian
  10. Speedometer Full Digital LCD, soal mudah dilihat dan informatif atau tidak kudu tes dan liat langsung, yang jelas, kekinian.
  11. Shift time light
  12. Lampu hazard; tak sekedar gimmick, beneran kepake kok kalau lagi berenti di pinggir atau turing.
  13.  Velg dan ban lebih lebar; ukuran 100mm di depan dan di belakang melebar menjadi 140! R15 2017 sangat percaya diri powernya tidak akan terkebiri dengan ban selebar itu.. mantap djiwa..
  14. Desain kekinian; Yamaha seakan belajar betul dari kesalahan R15 terdahulu, kini desainnya penuh pahatan lancip menajam meskipun terkesan lebih kaku dari CBR150R dan tak seluwes GSX-R150.. Yang penting sesuai selera konsumen Indonesia dan jasjesjos..
  15. Pilihan warna menarik; Ada 3 warna yang diperlihatkan Yamaha untuk YZF-R15 terbaru 2017 ini.. Warna hitam yang – kalau lihat sekilas – bakal saru sama CBR250RR, biru yang kinclong khas Yamaha dan merah matte yang eklusif..
asymmetric piston
contoh piston asimetris

speedometer Yamaha R15 2017

Nah itulah usaha-usaha yang sudah dilakukan oleh tim Yamaha untuk sebuah YZF-R15 2017.. Meskipun, menurut para pengamat otomotif si R15 2017 ini merupakan “panic bike” karena terkesan terburu buru dari sisi desain yang kurang luwes dan mengalir juga seakan comot sana sini akibat tahun lalu kalah telak oleh CBR150R dan tahun ini GSX-R150 siap ikut mengancam – dimana kedua duanya bermodal mesin DOHC – tapi lihat terobosan pada mesin lads.. Patut diacungi jempol dan diapresiasikan.. !

Bahkan nyalip di tikungan pun sudah dilakukan oleh Yamaha R15 2017 ini terhadap Suzuki GSX-R150.. Berita buruknya, pertama harga belum diumumkan, kedua bagi rekan rekan yang sudah kepincut banget akibat early teaser dari Yamaha ini – kudu bersabar menunggu sekitar 4 hingga 6 bulan dari sekarang, mengingat sang sport fairing 150cc terkuat ini baru akan dilakukan distribusi ke konsumen sekitar pertengahan tahun atau awal semester kedua di 2017.. harap bersabar.. ini ujian..

Yamaha R15 2017 merah

spesifikasi Yamaha R15 2017 terbaru

SPESIFIKASI YAMAHA R15 2017

Overall Length x Width x Height : 1990 x 725 x 1135 mm
Seat Height : 815 mm
Wheelbase : 1325 mm
Wet Weight : 137 kg
Engine Type : Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Cylinder Arrangement : Single cylinder
Cylinder Volume : 155.1cc
Bore x Stroke : 58 x 58.7 mm
Compression Ratio : 11.6 : 1
Maximum Power : 14.2 kW / 10000 rpm
Maximum Torque : 14.7 Nm / 8500 rpm
Starting System : Electric
Fuel Tank Capacity : 11 Liter
Fuel System : Fuel Injection
Clutch Type : Wet Type Multi-Plate Clutch
Tire Size (Front/Rear) : 100/80-17M/C 52P (Front)
140/70-17M/C 66S (Rear)

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

155 KOMENTAR

  1. Sekarang konsumen udah ga fokus sama power. Persis kaya anak abegeh nyari pacar. Ga perlu pinter2 yg penting cantik dan punya body sembelohay. Maka langsung kepincut. Apa karena kelas ini emang konsumen nya anak abegeh semua. Kikikiki

      • raimu kuwi sing ora payu, dasar jomblo

        Itu yamaha sukanya curi2 cc yah, kliatan banget ccnya nyuri jd 155,1 haha klo cc ngepres 150 kurang g bakal mampu naikin power jebol iya

    • ekekekekekkkkkk,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ZLUEBBBB !!!!
      Ulah kitu mang, Kang kobay tos ngorbitkeun artikel nu SAE, ECES Tur BENTES !!!

  2. jok boncengernya udh manusiawi kayanya sih, shock depan walo udh usd tp masih keliatan cungkring

  3. Kurang satu lagi fitur yang bisa mendukung kinerja dari assist & slipper clutch tersebut, yaitu quickshiter upshift maupun downshift, pindah gigi nga perlu narik kopling lagi, gak perlu nutup gas lagi saat berakselerasi.

  4. Fairing depan, windshield bentuknya jauuuh lebih proporsional dari cbr150, windshield R15 ini malah mirip cbr500, lampu set depan mirip cbr600rr, gak papa toh, yg penting keren demi kemajuan, body belakang yg lama nilainya 2 sekarang malah nilainya 9, R1 banget. Kalo cbr itu mini moge, ini R15 malah moge banget. Baguslah. Jangan ikut2an baper om Mbay. Hhhhhhh berita spec aja, datar2 aja, gak enak sm endorser hhhhhhhhhhhh pis yo

    • yang lama nilai 2? bagus kok stop lamp nya, tapi emang terlalu nungging + jok boncenger juga ketinggian jadi aneh
      kan dimiripin sama old R6 juga yg old r15 v2,
      yang sekarang buntut + garis desainnya disamain kayak R1/R6 current

      cuma emang mukanya gw setuju mirip cbr600rr

  5. Kenapa mesti underyoke r 15, cbr 250 rr underyoke, sangat mengurangi kenyamanan, apalagi jalanan indonesia yg macet kayak gini

    • Makanya… siapa suruh pake motor model ginian di jalanan umum hehee… Di sirkuit aja sesuai habitatnya hehehe…

  6. motor udah bagus banget..
    dari semua aspek..
    tinggal 2 aspek lgi yg harus dibenahi.
    1. tim marketing kudu jempolan ( jangan pake darmo pokoknya.. udah item..jelek..dekil.. kriting lgi.. )
    2. klo org mo beli cash jgan dpersulit ..trus diarahkan utk kredit..

    • Betull, motor dah cakep..!
      Tinggal bagian salesnya aja yg bener..! jangan ada upping price, barang inden, beli harus kredit… YIMM pusat harus serius dengan isu ini…

    • “2. klo org mo beli cash jgan dpersulit ..trus diarahkan utk kredit..”

      wakakkaka
      penyakit yamaha dari dulu, bikin gemes dan malas ketemu dealer macem gini,
      mending cari dealer lain

    • mensiasati yg nomer 2 nih, pengalaman om saya beli vixi d dealer d persulit langsung aja ambil HP tanya lapak sebelah ada unit ready kagak, pas siap2 cuz d tahan ma atasan si sales trus ngerayu and d bawa ke gudang d belakang show room bwt pilih sendiri unit yg diinginkan

  7. bener2 panik om… motor yg dipaksakan mbrojol.. desain masih ala kadarnya.. buritan smacem pake pampers/popok kedodoran, muka ngembung kayak ikan buntal..

    • Hahahha…. Komentarnya orang yang sudah di butakan dengan merk ya kayak gini,produk apapun yang di ciptakan merk sebelah selalu di cela meskipun produknya lebih bagus

  8. Nah akhirnya ketemu deh kenapa ane ngerasa dari awal desainnya ga banget.
    Iya sih wow, tapi kok ada yg kurang rasanya.
    Ternyata baru terjawab di artikel ini kalo desainnya emang ga ngalir.

    Thank you mang kobay

  9. Pengamat tolol mana yang bilang desainnya kagak ngalir? Tau apa mereka soal desain motor? Konsepnya kan jelas, baby r6. Desain udah pasti ngikut r6. Masih lebih mending ini daripada kompetitor. Udah muka kayak tumor, gepeng kerempeng tapi tangki segede bagong. Itu baru yang namanya desain kagak ngalir & ga proporsional. Hwehwehwe.

    • Mungkin maksudnya depan rounded tapi belakangnya edgy jadi agak kurang. Kalo r15 yg lama kan edgy semua jadi ngalir dari depan sampe blkang. CMIIW
      Tapi sampe saat ini r15 terlihat paling bagus baik design fitur dan mesin di kelas 150 (155.1) cc

    • Jejerin dengan CBR150R! R15 masih enak dilihat garis desainnya dari depan ke belakang. Coba plototin desain CBR dari depan ke belakang! Desainnya “mampet” bikin mata sepet. (Lihatnya secara dari samping 180 derajat!)

      • ia bang ia
        udah sih anggep angin lalu
        desain mah selera, suka FB & FBH mao ngomong apa,
        konsumen mah boam, termasuk gw

        tapi masalah fitur udah jawara dikelas ini,
        tinggal pembuktian power, yang pasti gw g percaya sama majalah yang ono noh, si majalah bayaran
        wkwkwkkwk

    • Santay aja bero,, design itu masalah selera masing2.. yang dikritik pabrikan knapa ente yang sewot? kerja di YIMM? atau ente yang nge-design motor ini??? smpe sgtu sewot nye..
      jujur gw sendiri menganggap design new R15 memang kurang ngalir, keren tapi ada kesan sedikit di paksakan.. dan buat gw yang bikin link nya putus itu di design tanki BBM, menurut gw design tanki cukup buruk, kayak nya seharusnya tiru plek R1 dan R6 ga sulit dah, apalagi pake kondom… Oke kalau alasannya ngikutin bentuk dari M1, tapi apa tanki M1 itu design nya terbaik? menurut gw estetika design nya lebih indah dilihat tanki nya R1 dan R6 MY 2017
      Belum lagi finishing nya yang menurut gw bukan yamaha banget… terkesan cheap, apalagi di area tengah dari tanki, glossy yang terkesan cheap ala Honhon… but at least that’s for me.. livery untuk warna merah juga agak absurd kayak livery2 honda dulu, masih mending klo di buat garis2 sederhana kayak yang biru atau dominan polos..

    • Pengamat merk sebelah tentunya, gak tau kekurangan apalagi yang mesti di cari,jadinya kayak gitu

    • lha itu kan kata para pengamat otomotif, kalau ay setuju gak masuk kategori panic bike, tapi desainnya masih kurang padu.. bukan berarti jelek ye..

      • Kurang padu piye to bro..utk sekelas 150 cc udah lebih dr cukup itu.
        Kurang paddu ya tengok CBR 150 cc..dr samping gak banget…aura Street fighternya maaih kental banget..fairing CBR150 gak bisa nutupin aura NCB150…la kalok vixi ke R15 khan udah ketutup banana arm…la itu CB? Cuma NCB polosan dikarungin Fairing.

      • Menurut saya desain depanny pas. Desain belakangny lebih bagus v2. Desain jok belakang pas. Satu lagi, banana armny masih sambungan. Kompresi 11,6:1 menurut saya terlalu besar dan mau ga mau pakai ron 95. Bensin ron 95 untuk kalangan menengah kyana ga cocok. Itu sich pendapat saya

        • Memang, spt halnya mesin berkompresi tinggi, utk dpt tenaga maksimal sesuai dengan Klaim pabrikan ya kudu isi Ron yg sesuai..
          Blunder nya kadang konsumen mikir isi premium pun tenaganya segitu kekekkeke..

  10. Dari semua fitur, yang berat buat kompetitor itu fitur VVAnya..

    Dengan pake VVA jelas itu, bisa diajak irit bisa diajak kencang..

    Honda dan suzuki di kelas motor gedenya sudah ada yg mengaplikasi. Tinggal mereka mau atau enggak nerapin ke mesin cc kecil?

  11. duh… yang ngritik udah kayak paling oke aja soal otomotif… jadi pengen tahu nih punyanya motor apa dirumah, gimana rumahnya, makan 3x nggak sehari… bikin aja motor sendiri… pake modal daster dan sarung ortu loe…

  12. gw sebagai desainer sedih kalau ada komentator yang (maaf, sepertinya) tidak bisa desain, kita (desainer) udah survey, bikin mock up, review, kurang cocok, desain lagi, mock up lagi, nyocokin lagi antar part, sinergi ngga antara part tak terlihat dengan yang terlihat, aerodinamikanya, pekerjaan yang lama, menguras tenaga dan pikiran cuma dikomen “panic bike, ngga luwes, comot sana-sini, takut dohc dan sebagainya”

    btw gw bukan desainer motor, gw desainer kemasan tapi ngerasa ikut sedih sama desainer motor yang direndahkan hasil karyanya oleh blogger berempati rendah, tidak bisa menghargai intelektual orang lain dan contoh jurnalis yang menghambat kemajuan intelektual Indonesia

    • panic bike bs jd krna deadline yg kudu harus cepet brojol.
      justru om kobay ga menghina designernya, lebih ke arah petingginya yg mengharuskan cepat” brojolin produk.

      sbagai designer, pernah kan ga situ ngerasain deadline yg ga manusiawi? klo blm berarti anda kurang lama hidup jd designer

      • antara deadline dan result itu resiko desainer, berhubungan dengan kekompetitifan marketing pada umumnya, sedangkan hasil dapat diterima dengan persepsi berbeda dan konsumen, tapi komen diatas bukan komen membangun (karena suatu desain dapat adaptif dan mengikuti pasar) tapi merendahkan

      • ya gak paniklah, secara lifecycle product, udah 5 tahun lebih, meski disini baru tahun ke 3, tp dr india sana udah sejak 2011 akhir, jadi emg udah waktunya keluar generasi barunya

        justru sebelah si sayap itu yg kayaknya panik (ato napsong) keluarin all new K45G cuma dalam waktu 14 bulan sejak K45 hadir, hasilnya nanggung

        yang R15 ini justru all out keluarnya, fitur khas superbike komplit n gak mau ngikutin arus doktrin sekedar D*HC

        hasilnya adalah SOHC Super kalo ini, bukan sebuah sistem bukaan kem dagelan 😀

      • setuju dengan om kobay, orang luar itu klo kritik ga nanggung2, klo ga cocok dengan mata mereka, mereka akan langsung bilang “rubbish” a.k.a. SAMPAH, semahal apapun barang itu.. jsutru karena mereka berharap dengan uang yang mereka keluarkan itu bisa dapat yang bener2 worth the money,, bukan yang nanggung2..
        justru sebagai designer harus nya terima semua masukan, bukan nangis2 ngeluh… tapi jangan cuma terima kata “jelek” nya aja, tanya ke orang yang komen tersebut, “menurut anda yang baik/indah itu seperti apa” dari penjelasan orang itu baru situ bisa menilai, orang itu ngerti design yang indah atau punya selera unik tersendiri.. dari situ anda sesuaikan lagi, ide design anda memang sekira nya bisa masuk selera orang tersebut atau ngga.. kalau memang engga, ya EAT THAT SH*T man! anda ga akan bisa memaksakan selera anda ke orang lain… klo mau diterima ya carilah orang2 yang sesuai dengan selera anda…

        • Secara massal motor ini baru bisa sampai ke konsumen awal semester 2…. Itu artinya konsumen akan dipaksa menahan uangnya … Panic bike mungkin benar dr sisi timing brojolnya. Tapi sbg sbuah strategi ia cukup ampuh utk menahan laju sale CBR150R !!! Lihat sj, dalam 5 bln ke depan market CBR akan tergerus 30-40% efek hebohnya berita NewR15 !!!

          • Sebuah strategi….tp bukan panik strategi….
            Line up aerox155=maret
            Xmax250 pertengahan tahun
            R15 = bln 6
            Nva vva =?
            R25 =? Lebih baik dari cbr250rr (warning)
            XX =?
            XXa =?
            180cc=?
            Mxking vva=relatip (Saf)

            Mapping whole sale yg bikin bingung monitoring sebelah…(pasrah)

    • bujug dah, santai aja mas.
      yang nikmatin sebuah karya kan semua orang. ga mungkin semua itu 1 pendapat. kalo ada yang kritik ya diterima aja. kalo ga bisa terima kritik ya ga berkembang dong

    • setuju sih, gw sbg disainer jg agak gmn gitu….bikin disain bikin mock up revisi berkali kali trus yg kagak ngarti disain komen gitu. mending yg komen creative director yg paham disain.. sakitnya tuh kaya mau ngacak2 toilet ajah

      mungkin mang kobay nulisnya pake baper kali 😀

    • jd menurut pandangan mas deri, pernyataan sperti itu menghina, merendahkan bahkan sampai menghambat kemajuan intelektual indonesia?

      uhmm that’s where you’re wrong kiddo

      ada baiknya mas deri sbagai designer skali” berkelana di internet.
      sperti apa pendpat yg menghina dan merendahkan itu.[main aja k Facebook page ormas yg sering demo akhir” ini].

      kalo anda menganggap prnyataan d artikel ini sudah terhitung menghina, mngkn anda tak akan bertahan lama hidup di bidang design.

      apa anda pernah merasakan sidang tugas akhir jurusan dkv? klo blm, berarti anda blm rasakan pedes nya lidah dosen penguji dan rasanya hinaan itu sperti apa.

      • Sidang tugas akhir? Dosen penguji?
        Beda mas.. Mereka mmg punya kualifikasi dibidangnya.. Lah ini??? Para pengamatnya aja ndk jelas..
        Sampeyan bilang kakak sampeyan yg jd desainer, brarti sampeyan ndk pernah tau rasanya desain sampeyan dicela.. Jd jgn sok2an wise deh, kl blm pernah tau rasanya..
        Semoga next artikel mang Kobay tetep blak2an dan terbuka namun tetep santun dan elegan.. Matur nuwun..

        • biar mas armour mata nya ga seliwer, saya mudahkan ya pengetikannya

          1. mas sblm reply komen, cba di cek dlu mau reply ke yg mana, saya ga pernah blg kaka saya yg seorang designer lhoo. kalau salah reply ginikan, anda sendiri toh yg malu.
          saran saya sebaiknya anda ke dokter mata yah, checkup aj. ga mahal kok

          2. saya ambil contoh dosen penguji agar memudahkan pmbaca mengerti apa yg saya maksud hinaan.
          i think you missed the point kiddo

          3. dr logika anda berarti yg berhak mengkritik suatu desain hanya boleh dilakukan oleh ahli desain. berarti hrusnya anda tak boleh mengkritik blogger kalau anda bukan seorang ahli blogger.
          i hope you get the point kiddo

          kyknya para fansboy itu punya jalur saraf otak yg unik yah dalam mencerna sesuatu

    • Jangan anti kritik gitu ah om. Malu sama presiden sendiri yg sering dikritik, sampe difitnah ini itu, tp gk ngeluh. Namanya orang kan macem2 sifatnya. Ada yg kalem, yg terima2 aja sama desain suatu produk, tp ada jg yg gak santai, kritik ini itu walaupun belum tentu bisa bikin produk yg lbh baik dr yg dikritik. Sy setuju jd desainer itu gk mudah (kakak sy arsitek, which is desainer bangunan, jd sy tau sulitnya jd arsitek) tp bukan berarti tiap kerjaannya gk boleh dikritik kan? Namanya barang buatan manusia pasti ada kekurangannya, yg mana bisa dievaluasi di perbaikan berikutnya. Selow aja om.

  13. “Meskipun, menurut para pengamat otomotif si R15 2017 ini merupakan “panic bike” karena terkesan terburu buru dari sisi desain yang kurang luwes dan mengalir..”

    Let’s see, pengamat lu siapa? Satar?

      • Lah, sante om, gw kan cuma tanya, knp lu tersungging? Babunya satar? 😆
        Yaudah sebutin dong siapa pengamatnya gausah mewek gitu

          • Lol. Gitu nyolot? Weak.
            Yaudah gini deh, skrg aku tanya yaa dek yogas yang ganteng, yg kamu maksut pengamat itu siapaa? Ututu

          • Para pengamat mas.. Brarti ndk cmn satu.. tp mang Kobay ndk bs nyebutin tuh.. ato maksud mang Kobay para pengamatnya adlh temen2 sepermainan yg lg ngobrol2 sambil nyeruput kopi, gitu? LOL

            Btw.. mo nulis apapun mah terserah yg punya warung, pasti udh tau resikonya nge-hits ato ditinggal pembaca.. hanya belakangan terkesan tendensius dan lbh terlihat keberpihakannya..

    • “panic bike” ??
      ane rasa enggak
      ini mongtor udah keren gini and powerfull (pendapat pribadi) di bilang panic bike ?
      jangan lah berpendapat yg malah memancing merendahkan diri sendiri.
      pengen jadi pengamat objective tp komentar nya terkesan subjective. apalagi yg komen satar yg pengen di bilang objective tp bau2 nya subjective.
      tau sendiri dunia perbloggeran suka ditarik kubu2an FBH dan FBY.
      bikin aja survey kecil2an, apakah yamaha sukses dalam desain r15?
      ane yakin 8 dari 10 orang akan menilai ini mongtor tidak mengecewakan.
      “panic bike” ? mungkin hanya perasaan anda saja 🙂

      • link berita nya itu memberitakan soal produksi nya yg 4 bulan lagi
        bukan soal design “comot sana sini” yg di ributkan di sini.

  14. FBH selalu dan selalu bilang curang ah masa ccnya naik ..
    -itu NR15 , tanpa naik cc masi bisa tembus 18ps kok …
    FBH berkata lagi , alah alesan masa motor 150cc vs 155cc adilnya dimana ??
    -dan FB pinter aka smart pun berkata duo cam vs 1 cam adilnya dimana ??
    takutnya kalo kompetitor pake 1 cam nanti powernya mentok 16ps itu juga sudah pake TBmm 30 :v

  15. 35jt dapet full spek… hello para pembeli CBR Thai 42jt (Diskon 30jt). Gimana kabarnya? sakit ati gak (diskon) motornya jadi kliatan cupu? Dulu kan bangga beli 150cc DOHC 42jt (diskon 30jt), sekarang masih bangga gak beli motor oper pret?

    wakakakakkaak

    :v

    • mending lah om…mereka masih dapet buikd quality ala thai dan bisa pake part aftermarket oke punya dari thai.

      nah kalo si muka gepeng ini….gimana eksistensinya???

    • Mungkin kalo brojolnya bareng enak bandinginnya kang hehe mungkin saat itu cbr cbu punya value paling bagus. Kalo tau di masa depan bakal ada motor yg spek lebih bagus dan harga lebih murah lu bakalan batal beli terus hehe just my opinion

      • kualitas Thai emg bagus tp diskon nya itu lho pas R15 kluar…
        dari 42jt ke 30jt… cm 2.5 taon kluar R15 full spek, kreditan jg blm lunas itu.

        wwkwkwkwkwk

      • Bener kata elo gan. Motor sekarang ada yang baru tiap taun. Apalagi kelas 150cc sport yang diinginkan fitur full kaya moge tp kepingin harga murah. Nunda nunda terus.. ada langit diatas langit jd ane punya prinsip pilih yang ideal dari segi fitur, harga dll hahaha

      • R15 itu aslinya umurnya lama diatas 3 tahun, emg udh saatnya facelift, lha CBR Dual Keen baru juga 1.6 taon dah kena facelift n ganti mesin jd near square, padahal overbore lbih enak. Seharusnya CBR Dual Keen bisa 1 thn lg baru facelift secara MS Sport fairing dah aman.

        tapi AHM napsu menggulingkan MS sport dr Yamaha alhasil terburu2. Jadi lah CBR yg nanggung, kencang kagak, irit kagak. meskipun keren tetep percuma apalg jadi nearsquare.

    • baidewei .. produk motor impor thai lebih baik dari produk dalam negri apakah benar adanya ?
      atau hanya mindset aja …

      yg ane tau suzuki juga baik kok kualitas nya , hanya design nya aja yg kurang.
      yamaha juga cukup baik.
      kalo honda, mungkin karena emang akhir2 ini sudah kebanyakan produksi aja sehingga QA nya agak lemah.

    • move on lah mas beroo,, CBR thai udah tenggelem dari kapan tau masih di ungkit2 aje, udah ada 2 generasi setelah nya lho yg lebih worth di compare… ckckck

  16. panic nya lama banget….
    ampe lumutan nunggu “buru2″nya peslip si lele…
    😀
    mestinya sigap kyk tetangga,.. cepet gantinya

  17. Engine almost perfect mang kobay, tapiiii…. Catnya sekilas kok agak agak bijimane gituu…. Agak ngilu mang…gak kyk yamaha biasanya…

  18. Yamaha emang selalu memiliki desain yang ajib …
    di bodi ada beberapa bagian yang sambungannya terlalu renggang … di bagian jok tangki sama cover samping ngerasa renggang banget … dan itu aja

    Yang lainnya sudah jos … VVA + ASC nya itu lho … bikin kesemsem … 😀

  19. kejam emang yamaha. ngliat hype gsx-r di grup begitu agresif, langsung dibrojol dng status msh unstatus.
    bahkan smpe diumbar di sentul.
    aerox yg penuh konsep matang aja dikekap erat sama yimm, bahkan nunggu inden aja lama bngt bru dipublish.
    ini memang sngaja jegal hype gsxr. diumbar lebar2 dan kasih banyk fitur2.
    but, its not personal sonny, its strictly business.

  20. awalnya dari spyshot gw kira ni motor gak ada efek wownya, ternyata setelah brojol dan lihat foto detailnya ternyataaaa…. memang nggak wow 😀 mwahaha piss. tapiii, ntar dulu, desain yg kesannya simpel ini kok malah bikin gw kesengsem ya, garis desainnya yg subtle ngga neko2 tapi tegas malah ada kharismanya sendiri. Menurut gw dlm desain yg perlu diperhatikan pertama adalah proporsi. yess, R15 yg sekarang proporsinya ciamik dibanding gen awal, bahkan rivalnya sekalipun. just my 2 cent

  21. New R15 nambah 5 cc pake tapi pake ban belakang lebih gambot 140 dengan velg 4 inch ukurannya udah main dikelas 250cc ini. Lawannya cbr150 dan gsx 150 ban belakangnya cuma ukuran 130 dengan velg 3,5 inch. Jelas yang memakai ban gambot logikanya startnya agak berat tapi dengan teknologi VVA mendapat torsi terbesar dikelasnya sehingga ban gambot sebesar itu terasa enteng nariknya. (That’s technology bro)

    Yang namanya Panic bike itu yang baru 2 tahun gonta-ganti model tapi sayang bukannya bagus malah hancurr dengan mesin dohc overstroke 17ps.

    R15 udah punya lifetime yang sangat lama dari pertama lahirnya di India memang sudah waktunya major change dan Insinyur Yang jelas Jauh lebih Smart sudah membuat design yang sesuai dengan Gen R series yang mereka ingini melalui proses yang pastinya bertahun-tahun.

    Sepertinya lebih ke fansboy sayap yang panic dengan kehadiran new R15??

  22. Naik 5 cc..mngkin agak curang ya…dlihat dr kompetitor yg cuma 150cc..
    Tp lhat fitur kaki2 n slipper clutchnya…wuhhh..gerahhh lengkap..

  23. masih enak liat gsxr terlihat pas dan elegant,, r15 ini terlihat ada sesuatu yang aneh apa nya ya,, tank nya pakai kondom atau motor ny ke gendutan entahlah pokok nya ga pas

  24. Yg nama’ sohc itu tarikan bawah aja dy menang tetep aja tarikan atas gk ada nafas’a R15 terbaru menang iklan aja biar bxk peminat…payah masih mening juga FU meski lawas tp tarikan’a broo edan…

  25. Ane setuju banget sm bro deklarator ,yang panic bike itu bukan yamaha tp honda ,yg br setaon lebih udh ganti model , ancuuuur

  26. ekekek…

    yg panic hohon cung ..
    2 bulan ganti all new
    cbr gepeng contohnya

    ????

    • kayaknya ga perlu panik mbah, unggul power karena tambah cc mesin khas yamaha. kalo dengan kapasitas mesin sama, power yamaha lebih unggul dari kompetitor, baru deh sesuatu, he he he

      • Jdi orang jgn buta merk h knpa.. Wlau naik 5cc tpi kn ini sohc. Tpi yamaha ingin bktiin kepada smua klo sohc nya bisa melebihi dohc.. Yg jd prtnyaan tu kenapa cbr dohc cuma 17 ps… Jawabanya cuma satu.. Mesinya bosok…

  27. intinya mah kalo sohc tetep kalah sama dohc, mau sohcnya menang di sirkuit yg salah mekaniknya! bukan motornya, spek kalah telak? halah cuma ngiklan paling disunat paling ini paling itu, yg penting dohc bodo amat power ngempot, pokoknya mau power cuma 14hp kek 15hp kek 16hp kek yg penting dohc, walaupun dohc abal” sekalipun

  28. Soal desain tetep vote GSX150R
    Buat gw pribadi, R15 ini macam supermodel, cantik iya, wow pasti, tapi ya udah gitu doang

    Kalo GSX150R macam gadis desa yang manis. Engga wow, kalah cantik sama supermodel, tapi punya pesona yang ga habis2

    CBR ga usah dibahas lah
    Ga tertarik juga gw sm dia wkwkwkwk

  29. langkah bagus dari yamaha, kedepan pabrikan bakal berlomba memberikan keunggulannya masing2 ini bagus untuk konsumen.

    btw mang kobay, nanti kalo tes gsx dan ketemu petinggi SMI/SIS sampaikan buat model SV250. pasti laku tuh.

  30. Penasaran top speed brapa neh kalo om kobay yg test
    new CBR otomotif disentul on speedo 138 kpj…. om kobay video di jln raya… 125 kpj
    new R15 otomotif disentul on speedo 144 kpj.. om kobay..????

  31. Hmmm. . .apakah ini taktik YIMM skrg ya, kluar paling blakang dgn sgala kelebihan dri CBR & GSX. . . Ane sinyalir R 25 kluar saat Kawasaki sdh mngeluar keun Nija 250 RR Powercharger. . . hmmm patut d tnggu. . .
    #WaitAndSeeYIMM

  32. di bilang panic bike, ada iya nya ada ngga nya juga sih,, yang jelas memang new R15 ini sudah direncanakan dari jauh2 hari.. design kembali ke selera masing2 dan jujur sejujur nya memang ada yang kurang dari motor ini buat gw, terlebih di bentuk tanki dan sambungan antara tanki dengan bentuk jok dan body samping, terlihat ada gap yang cukup mengganggu pemandangan, coba lirik foto2 HD nya deh.. lalu bentuk jok melengkung sedang kan coakan di tanki untuk tempat bertengger nya jok malah lurus instead of mengikuti bentuk jok… atau bentuk jok yang gag ikut bentuk tanki, whatever sama aja, intinya ga sinkron… dan menurut gw, ini NGGA yamaha banget yang biasa nya memperhatikan detail finishing produk nya.. jujur gw itu fans bentuk2 sport nya Yamaha lho di banding kompetitor, edgy, stylish, agressive meski kadang dirusak oleh posisi plat nopol nya,,hihi…

    Buat ane unsur panic nya itu adalah timing launching nya… bener2 terkesan tergesa2,, menurut ane mereka panik dengan kemunculan GSX-R150 dengan iming2 power besar dan harga yang “murah”… dan menurut ane mereka tau potensi harga “murah” ini bisa berbahaya… lihat saja Verza dengan New Megapro,, verza muncul dengan segala keterbatasan fiturnya, tapi power setara NMP, sedangkan NMP punya fitur dan kenyamanan yang lebih baik, tapi pasar pilih mana? yang “murah” tho?? murah dan sudah motor “laki” juga… nah ini, pasar motor fairing pun menurut ane bisa jadi gag jauh beda,, banyak orang yang pingin punya motor fairing, sampe2 rela bikin fairing sendiri, “yang penting motor gw motor fairing”, semurah apapun biaya dan (sorry) penampilannya,, so it’s only natural kalau pasar lebih pilih sport fairing pabrikan yang termurah dikelas nya.. apalagi performa nya gag murahan lho…

    kenapa old R15 yg lbh murah dari all new CBR150 kalah? ya itu lbh karena pasar udah bosen lihat old R15 dan CBR punya design yg lbh fresh..

    contoh lain ya Xabre, kurang fitur apa Xabre itu? tapi performa penjualannya gimana? 🙂 bisa ngalahin vixion kah…? mindset org lbh ke: “motor naked ya hrsnya lbh murah dari fairing”… IMHO

    yah ane sih wish all the best aja buat semua produsen, krn gw bukan fanboy… just a motorcycle enthusiast… sambil ngarep ada motor 150-200cc dengan model ADV dan classic,,hahahahahaa

    Aduhh maap kepanjangan Om Bayyy

  33. Jujur aje baru kali ini tertarik motor semprot 150cc full fairing (biasanya lebih tertarik non fairing), kesengsem sama desainnya (dari gambar belum liat aslinya). r15 yang v2, ya gitulah mukanya, cbr150 amburadul kurang elegan kayak kagak ada patternya, gsx150 dari gambar aja mukanya udah :v :v.

  34. CBR 150 OTR 34 jt

    No USD 37mm
    No Underyoke
    No Deltabox
    No Alumunium Banana Swing Arm
    No shifting timing light yang akan memberitahu sudah waktunya oper gigi
    No “assist dan slipper clutch system”.
    No Hazzard
    No Bubble Windshield (ngak pelit kayak NCBR150 yg windshield seuprit)
    No VVA technology (mirip Vtec di Jazz)
    No. Ban Gambot 140 dengan Velg 4 inch belakang
    Power cuma 17ps torsi 13,5 Nm (Paling Inferior dikelasnya)
    Muka Gepeng
    Model bodi Cungkring
    Posisi terbaik Kejurnas IRS 150 2016 No. 14

    Fix yang beli CBR150 setelah New R15 lahir hanya fansboy buta merek yang doyan produk AHM yang overprice

    Salam sakit hati

Yuk Tinggalin Jejak Lads..