Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Yamaha MT09 2017 di usianya yang ketiga ini dapat penyegaran baru.. Tetap mempertahankan desain uniknya namun dengan perubahan nyata dan makin mirip sang kakak MT10! Ayo kita cari tau perubahannya.

mt09 2017-4

Desain Yamaha MT09 mungkin bukan selera semua orang, termasuk KBY, dia gede di depan dan ramping hingga ke belakang, agak aneh kalau melihat naked bike unik ini dari samping.. Namun bukan berarti buruk, ini hanya masalah selera saja, buktinya MT09 menjadi salah satu moge terlaris di dunia sejak lahir ke dunia tiga tahun lalu.. Kalau dia jelek mana bisa jadi moge yang laris ya gak lads? hehe..

mt09 2017

Setelah tiga tahun wara wiri mengaspal di seluruh penjuru dunia, Yamaha, di tahun 2017 ini,  telah memberikan update yang signifikan terhadap moge yang punya mesin 850cc 3 silinder ini. Perbedaan mencolok Yamaha MT09 2017 dengan model lawas adalah jelas penerapan lampu depan kembar yang meniru saudaranya MT10. Sebenarnya lebih dari itu sih, tapi tentu yang akan langsung terlihat dan menarik perhatian adalah bagian depan dan belakang yang punya sentuhan desain baru.

yamaha-mt09 2017

Wajah MT09 2017 kini berubah, yang tadinya punya bentuk headlamp persegi kini diberikan dua buah lampu kembar dengan bentuk agresif yang dipersenjatai LED projector! Tentu bentu ini lebiih baik daripada single headlamp dengan bohlam lampu pada model sebelumnya. Lampu barunya kini terlihat menjadi satu kesatuan dengan bentuk shock depan dibandingkan model sebelumnya yang terlihat terpasang diantara dua buah suspensi depan. Lebih garang dan terlihat mengancam!

mt09 2017-3

Tak hanya dilengkapi oleh dua mata LED Proyektor, headlamp MT09 juga punya Day-time running light tepat di bawah lampu depannya yang didukung oleh sepasang sayap yang terlihat tajam. Ubahan pada bagian muka ini sangat signifikan hasilnya, karakter bengis sang Master of Torque kini makin terangkat. Bentuk speedometer tidak mengalami ubahan namun posisinya kini lebih dekat dengan dudukan lampu depan.

Bagian buritannya juga sesuatu, kini lebih memukai dan menarik perhatian. Meski desain lampu rem-nya menurut KBY kurang original – karena terlihat seperti milik BMW S1000  – tapi tak dapat dipungkiri lampu rem LED tersebut menambah karakter kuat dari Yamaha MT09 2017 tersebut. Sementara subframe dipangkas sebanyak 30mm. Jok nya lebih datar tapi lebih tinggi 5mm, Yamaha mengklaim justru menyokong posisi rider yang lebih baik..

ini yang dikritisi MCN, emang jelek sih wkwkwk..
ini yang dikritisi MCN, emang jelek sih wkwkwk..

Bagian buritan MT09 2017 yang berubah mengakibatkan dudukan pelat nomor lawas harus dipensiunkan. Sayangnya menurut MCN – dimana KBY juga setuju – dudukan pelat nomor yang baru bentuknya super jelek, maksa dan terpasang ke dudukan swing arm. Soal hal ini kayaknya bakal ada pilihan aftermarket dengan bentuk dan desain yang lebih baik bagi konsumen wkwkwk.. Soal ini Yamaha harus belajar ke MV Agusta hehe..

Di luar hal berbau estitika, MT09 2017 terbaru ini kini dipersenjatai dengan Assist & Slip (A&S) clutch yang lebih presisi saat bekerja, begitu juga dengan kinerja kopling yang diklaim 20% lebih ringan dari model lawas. Tentu dipercaya akan lebih nyaman saat sang MT09 diajak plesiran keliling kota terutama pas kena macet kekeke.. Yamaha juga memberikan Quick Shift System (QSS) secara cuma cuma karena sekarang sudah jadi fitur standar.

mt09-2017-1

Shock depan MT09 2017 juga dapat sentuhan perbaikan, dengan garpu kiri untuk compression damping yang dapat disetel sementara sebelah kanan bekerja untuk rebound nya – juga sama bisa disesuaikan. Lucunya, meski banyaknya masukan dari para pemilik dan juga media akan performa shock belakang yang gak matching dengan depan pada MT09 model lawas, Yamaha malah nyuekkin dan membiarkan sektor tersebut tak tersentuh..

sumber foto: Motocylenews.com

Berikut ini adalah Spesikasi dari Yamaha MT09 2017.. Masuk Indonesia kapan ya? Yang lawas aja belum pernah ngetes wkwkwkw..

Engine type 3-Cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valves
Displacement 847 cm³
Bore x stroke 78.0 mm x 59.1 mm
Compression ratio 11.5 : 1
Maximum power 84.6 kW (115PS) @ 10,000 rpm
Maximum Torque 87.5 Nm (8.9 kg-m) @ 8,500 rpm
Lubrication system Wet sump
Clutch Type Wet, Multiple Disc
Carburettor Fuel Injection
Ignition system TCI
Starter system Electric
Transmission system Constant Mesh, 6-speed
Final transmission Chain
Chassis

Frame Diamond
Front suspension system Telescopic forks
Front travel 137 mm
Caster Angle 25º
Trail 103 mm
Rear suspension system Swingarm, (Link type suspension)
Rear Travel 130 mm
Front brake Hydraulic dual disc, Ø 298 mm
Rear brake Hydraulic single disc, Ø 245 mm
Front tyre 120/70ZR17M/C (58W) (Tubeless)
Rear tyre 180/55ZR17M/C (73W) (Tubeless)
Dimensions

Overall length 2,075 mm
Overall width 815 mm
Overall height 1,135 mm
Seat height 815 mm
Wheel base 1,440 mm
Minimum ground clearance 135 mm
Wet weight (including full oil and fuel tank) 188 kg / ABS 191 kg
Fuel tank capacity 14 L
Oil tank capacity 3.4 L

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

11 COMMENTS

  1. nih motor memang keren tapi headlampnya meskipun terlihat agresif kurang seimbang dengan desain bodynya. klo untuk mt10 sih seimbang seluruhnya karena bodynya jg udah agresif. seharusnya yg kena facelift itu bukan lampunya doang, bodynya jg seharusnya emang difacelift biar seimbang dgn headlampnya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..