CBR

Yamaha Bikin Motor Di Pabrik Honda, Awal Kerjasama Honda-Yamaha?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kucek kucek matahe sambil garuk garuk alis rasanya gak percaya baca berita yang didapat dari Young Machine – media terkemuka asal Jepang.. Honda bekerjasama dengan Yamaha? Iya! Bahkan mereka mempersiapkan motor listrik bersama loh!

skutik-yamaha giorno

Kabar ini KBY dapatkan dari hasil blog walking di blog milik lek Ari dan lek IWB yang bersumber dari majalah Young Machine dan media Nikkei. Gak percaya euy, gimana mau percaya wong kedua kubu fans boy – FBH dan FBY di Indonesia susah akur, kaya minyak dan air wkwkwk.. Dicolek sedikit kekurangan produknya, beuh langsung kaya petasan di acara kawinan orang Betawi.. meletus gak selesai selesai wkwkwkw..

honda-tact

Sebagai informasi, selama ini Yamaha Jepang mengimpor motornya untuk kelas 50cc dari Yamaha Taiwan sebanyak 50 ribu unit per tahun, namun akibat menurunnya penjualan Yamaha di Taiwan, maka mereka pun terpaksa  merubah strategi import dengan memproduksi sang motor secara lokal. Dengan demikian Yamaha memutuskan akan menyetop impor motor matic Yamaha dari negara Taiwan. Lah terus stop produksi?

Gak dong seperti yang disebut di atas, karena akan memproduksi sang motor secara lokal, maka kerjasama antara Honda dengan Yamaha pun terjalin, yakni pabrikan garpu tala akan memproduksi motor mereka di pabrik milik Honda di Kumamoto. Lebih lanjut dengan adanya kerjasama yang sudah disepakati kedua pihak tersebut, mulai tahun 2018 Honda akan menyuplai motor-motor skutik ke Yamaha, dengan model Honda Giorno dan TACT namun kosong alias tanpa merk lads…Hal ini untuk menekan biaya pengembangan dan produksi sehingga harga bisa ditekan untuk pasar domestik di Jepang

honda-giorno

Wah jadi inget kerjasama Daihatsu dan Perodua di Malaysia (atau Toyota di Indonesia), Daihatsu bikin mobil tanpa merek, tinggal kasih badge Perodua (atau Toyota), jadi deh mobil perodua, nah sepertinya strategi ini juga akan dilakukan antara Honda dan Yamaha… ke depannya bisa jadi nanti motornya sih yang bikin Honda tapi nanti dikasih merk Yamaha, wayoloooo wkwkwkwk.. Padahal keduanya bersaing cukup sengit sejak era tahun 1980 hingga terkenal dengan istilah perang HY (HY War).

kaya gini kan mesra kekekek
kaya gini kan mesra kekekek

Pasar roda dua di Jepang diketahui terus mengalami penurunan hingga 10% pada tahun 2015 atau mencapai angka 406,591 unit. Di sana, saat ini Honda masih menjadi pemimpin dengan market share sebesar 43%, Yamaha di posisi kedua dengan MS 27.2 % baru ketiga Suzuki dengan 12.1 %. Jauh banget ya sama kita jumlahnya.. Btw di sini bakal kejadian gak ya? Sejauh ini sih masih mimpiiiii… apalagi tahu Yamaha yang “nebeng” di pabrik Honda, bakal tambah rame perang FB yang ada wkwkwkw..

sumber: Aripitstop, Iwan Banaran dari Young Machine dan Nikkei.

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3369 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

15 Comments

  1. Kata FBY *smart Motor Honda gag laku di Jepang nd negara-negara maju’_
    Tapi kok di Jepang bisa 43% ea’__??
    Sedangkan Yamaha hanya 27% ,??
    Ada yg bisa bantu jawab,??

  2. Secara komperehensif itu maksudnya Yamaha numpang produksi di parbrik Kumamoto milik Honda , tinggal nunggu waktu zaza’ untuk diakuisisi yg numpang itu, karna gag sanggup banyar kontrakan,,

    Muueehhhaaahhhaaa

  3. Wawawawawawa, awas lho om ada yang kozel2 ntar, langsung sebut aja ya si PT ama TM kena semprot dari Abdn ntar, duh bisa berabe

  4. Strategi buat mengantisipasi Gesits. Apalagi salah satu pihak sudah bikin black campaign….

  5. wah wah apakah ada kaitannya dengan GESITS ya ?
    sampai-sampai duo jepun bersatu buat menghadapi GESITS ?
    kalau iya berarti GESITS hebat banget ya. teknologi ZERO MOTORCYCLES sih, dah terbukti dan teruji.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..