Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Setelah ada sharing dari pembaca tentang konsumsi bbm Honda New CB150R kemarin lalu, kali ini ada email pembaca yang serupa kiriman dari Andika alias mang Ndiks yang mencoba sharing konsumsi bbm harian motor kesayangannya.. Yamaha New Vixion Lightning alias NVL

yamaha nvl-1

Berikut adalah penjelasan dari Ndiks akan sharing hasil konsumsi bbm yamaha NVL nya yang digunakan sebagai transportasi harian rumah kantor PP. Dia adalah rekan kerja KBY dan motornya sendiri pernah KBY jadikan review harian di sebelah sini  Test Ride Harian Yamaha New Vixion Lightning. Mangga disimak hasil review harian beliau lads..

nvl

Dear Viewers, menyiasati macednya jalanan Jakarta yang semakin hari semakin menjadi, maka motor bener-bener menjadi moda transportasi pilihan utama buat Ndiks menjalani keseharian pulang-pergi kantor.

Adalah NVL tahun 2014 yang dipilih sebagai tunggangan harian Ndiks. Yup dengan tipe mengemudi yang cukup boros (stop n go, tarik dan rem) ga cocoklah kalo naek matic, hehehe….

Nah untuk review kali ini Ndiks coba untuk sharing konsumsi BBM si NVL yang biasa Ndiks pakai tiap harinya yaitu dengan membandingkan penggunaan secara sendiri dan berboncengan.

Memang sih, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk masalah irit/tidaknya konsumsi BBM motor, salah satunya bobot yang naik diatas motor, karena dengan bobot lebih berat tentunya akselerasi jadi lebih lambat, RPM yang diperlukan lebih tinggi dan BBM pastinya lebih boros. Nah seberapa borosnya yuk kita simak sama-sama.

Untuk keseharian, NVL dikendarai dari rumah Ndiks di bilangan Cinere ke kantor di bilangan pancoran. Bobot Ndiks sendiri 58-59 kg. Jarak rata-rata sekali tempuh adalah 20 kilometer, jadi kalo PP per hari 40 kilometer. Bensin menggunakan Shell V-Power, diisi 10 liter (mulai kedap-kedip/1 bar sampe full bar). Gaya mengemudi seperti yang dijelaskan diatas (hobby narik dan rem mendadak). Alhasil diperoleh trip di angka rata-rata 350 kilometer. Berarti rata-rata konsumsi BBM nya sekitar 35 km/l.

Nah, di suatu saat, Ndiks kebetulan kedatangan Sodara dari kampung istri yang magang di Kantor. Karena cuma satu bulan jadinya ngga nge-kost dan tinggal serumah. Yah mau ga mau pergi pulang bareng terus. Nah bobot Sodara ini adalah sekitar 45 kg, jadi kalo ditambah berat Ndiks kira-kira jadi diatas 100 kg.

Percobaan dilakukan sama dengan sebelumnya, yaitu isi Shell V-Power 10 liter dari 1 bar hingga full bar. Gaya mengemudi ngga berubah tetep ngga bisa kalem hehe… Setelah di hitung ternyata trip yang didapat mencapai angka 300 km, sehingga rata-rata konsumsi BBM-nya turun 5 km/l atau menjadi 30 km/l.

So, gimana menurut viewers? Boros kah, atau biasa aja? Hehehe… Kalo menurut Ndiks sih beda 5 km/l ga terlalu signifikan yah, walopun dengan 10 liter berarti bisa beda 50 km tuh, bisa dapet sehari PP hehe…

Sebagai catatan, waktu masih awal-awal beli karena masih di sayang-sayang, Ndiks bisa dapet diatas 40km/l tapi sekarang udah lupa caranya hahaha…

Sampai ketemu di Ndiks review selanjutnya yah….

Itulah lads, sharing dari Ndiks akan review konsumsi BBM harian Yamaha New Vixion Lightning kesayangannya.. Ada yang mau ikut berbagi pengalamannya? Mungkin dari motor lain misal Yamaha R15 atau Kawasaki Ninja 150 dan lainnya.. Ditunggu kirimannya lads..

nvl-2

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

27 COMMENTS

  1. Termasuk boros…krn ane pernah tempuh jarak 165km metode full to full pake old vixi 2012 riding konstan 70kpj bobot ane plus tas 70 kg 40 km/l(ane bulat kan, sbnrnya lbh dr 42,sekian km/l)

    • Maklum mas bro ente jalan di jalan yang lengang…. Coba aja main ke jakarta angka segitu udah termasuk irit. Atau coba aja pake pertamax malah bisa tembus 1:45 di vixen mu

      • berarti punya saya yg boros,,mustinya bisa lebih dr 45 km/l krna tanpa macet dan ukuran ban old vixi lbh kecil dr nvl

      • Pernah sekali dpt 135kpj on speedo,ga tau kalo on gps berapa…(waktu pake ban cacing di jalan hauling pt.adaro indonesia)

  2. Boros kang segitu mah. Saya make NVL 2013, bensin shell super, BB 77kg n lebih sering jalan sendiri, narik gas diurut, upshift tiap 8rb Rpm, rata” masih bisa dapet 1:41. Paling boros 1:37. Motor cuma ganti klakson doang n oli make yamalube super sport.

  3. Kompresi mesin NVL kalo dikasih oktan 95 apakah jadi makin irit? (dibanding oktan 92 atau 90)

    Sempet denger kalo ada beberapa tipe mesin kalo dikasih oktan diatas rekomendasi justru “terkesan” boros, CMIIW.

    Bahkan ada kabar burung yg bilang kalo V-Power dibanding Pertamax Plus itu beda “rasa tarikan” juga soal “ke-iritan” (pada komparasi dg mesin dan operasional yg sama)

  4. curiga bensinnya yg kebagusan, coba pertalit bro, tapi stlh ganti jangan langsung dihitung.. pas pengisian kedua baru dihitung

    skrg kan kompresi mesin 11:1 aja baru dianjurkan ron 91 tanpa timbal (euro3)

  5. nvl angkatan agustus 2013. pake premium rata rata 380 km. pake pertamax rata rata 400 km. pertamax plus rata rata 460 km. v power rata rata 480 km. pertamax turbo masih belum habis d tangki. metode perhitungan. di isi saat trip f menunjukka angak 30-40. di isi sampe full. rata rata 11liter. di pake sampe trip f menunjukka angka yang sama. hasil konsumsim bbm merupakam rata rata. jadi kadang plus kadang minus dari nilai rata rata. tergantung jalan dn boncenger. vpower sempet tembus 520km/11liter. kalo lagi bawa sndirian . semoga berguna. nhun mang kobay

  6. info tambahan. ban blakang 140/70 ban depan 100/80. oli pertamina fastron diesel. bb 55 kg,. tinggi jinjit balet pokona mah. track yang d lalui 3 km tanjakan sisanya datar. macet kalo k kota bandung. stop n go udh pasti. mesin masih ori.

  7. termasuk boros sih kalo kondisi masih standart..
    NVLku malah konsumsi rata2 42Km/L untuk pemakaian harian luar kota bisa 45Km/L
    tapi semua tergantung riding style masing2…
    hehehe..

  8. masuk akal sih, old pksen 2012 ane dulu menempuh jarak 120km jalur pegunungan yg berkelok turun naik gk ada lurus²nya di kalsel biasa ngisi bensin premium eceran 4/5 liter. gas poll, berasa di sirkuit dah. gak pernah ngukur full to full jg sih.

  9. mungkin cara bawa dan kondisi jalannya jg pengaruh..

    sharing dkit kl pny ane (kbetulan tipe dan tahunnya sama), dipakai tiap hari kerja PP 30km dalam kota bandung dng BB :58kg sebagian boncengan dng BB : 55kg jd total skitar 113kg dan touring pangandaran pp +-450km..
    Metoda 3x full to full menggunakan Vpower rata2 diisi setelah 300km lebih didapat kisaran 46Km/L-48Km/L.. catatan main di RPM 4000-5000 di dalam kota dan max 8000RPM ke luar kota..

  10. Pakai pertamax 92 + oli ninja bro
    Di jamin nyus

    Tp masalahnya beli oli nya harus ke markas ninja bawa stnk asli
    Denger2 sih mesin lebih halus dan hemat /rupiahnya

    /rupiah lo ya.. bukan /liter

  11. kalo ngetes biasain dari bensin habis/dorong ke pom bensin. diisi ya paling tidak 1 liter terus sampai kehabisan bensin lagi dorong ke pom lagi itu baru COCOK…kalo gak mau dorong bawa botol bensin cadangan 1 liter.
    Metode pengetesan dari kosong ke kosong

Yuk Tinggalin Jejak Lads..