mulus orisinil ckckck
suzuki-sprinter.jpg.jpg
Suzuki RC Sprinter

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Saat ini bisa dibilang sangat sangat jarang kita menemukan produk lama yang masih benar benar fresh.. Tentu yang dimaksud bukan barang yang gak pernah dipakai sama sekali ya.. dipakai tapi tetap mulus. Ini contohnya, Suzuki RC Sprinter berwarna merah.. Mulus dan orisinal banget! Yang punya Sprinter ini malah bisa bikin kita kaget lagi lads, seorang manula loh! Ciamik!

Info ini disampaikan oleh Mang Oi via whatsapp (nuhun pisan mang).. Dia mengirimkan satu foto dengan komen, nih motor tua Kang, sama kaya yang punya juga sudah tua, kakek kakek.. Gak tau saya motor apa, tapi yang jelas Suzuki.. Mulus teu kang? Begitu KBY lihat, ya ampuuunn gak usah liat keseluruhan juga udah tau dari kepalanya, itu Suzuki RC Sprinter lawas! Berwarna merah, terlihat mulus (difoto).. Beuh motor legendaris nih! Salah satu motor kepengen waktu sekolah dulu selain Yamaha Champ..

iklan suzuki RC sprinter 100
iklan suzuki RC sprinter 100

Kemudian datang foto kedua, ketiga dan keempat.. Yak makin yakin kalau Suzuki RC Sprinter 100 tersebut memang mulus lads.. Jadi bagaimana ceritanya si kakek pemilik motor 2 tak legendaris uyut bin eyangnya dari Suzuki Satria FU tersebut bisa punya? Jadi menurut mang Oi si Kakek yang gak dikasih tau namanya ini memiliki Sprinter 100 tersebut sebagai hadiah dari kantornya. Kalau melihat dari nomor polisi yang akan expired tahun 2019 maka paling tidak motor ini buatan tahun 1988/1989! Cadas 30 tahun lads!

suzuki-sprinter-2.jpg.jpg

Menurut mang Oi, Suzuki RC Sprinter 100 2 tak ini jarang dipakai jauh jauh oleh si Kakek, cuma di dalam komplek area Pd Gede dan hanya digunakan untuk membeli barang ke warung saja, pantes aja mulus dan orisinil!.. Tuh lihat beliau lagi nongkrong di warung bersama kompatriotnya.. Dilihat lebih jauh, helmnya juga merek Suzuki, jangan jangan usianya sama dengan motornya.. Kalau beneran waduh gila awet banget itu helm Suzuki..

helmnya aja Suzuki loh
helmnya aja Suzuki loh

Suzuki RC100 Sprinter adalah bebek sport atau bisa disebut juga Ayago lokal pertama yang pernah diluncurkan oleh ATPM Suzuki Indonesia (Indomobil Group). Dengan model unik dan nyentrik pada masanya karena punya shock depan ala motor sport, Suzuki RC Sprinter juga merupakan produk perbaikan dari versi awal generasi RC-100 series. Keberadaan motor ini sejatinya adalah untuk dijadikan penjegal utama produk kompetitornya waktu itu adalah Yamaha Alfa dalam hal penjualan maupun dalam kancah dunia balap diarena road race.

baca juga: Tematis Motor Jadul, Yamaha Alfa IIR

mulus orisinil ckckck
mulus orisinil ckckck

Kesan pertama dari Suzuki RC Sprinter atau yang sering disebut Suzuki Sprinter ini adalah sporti, KBY ingat banget liat iklannya warna kuning di koran Kompas sekitar tahun 89-90 lampau, langsung kepincut dan pengen banget punya, apalagi model kek gitu di Indonesia masih belum ada! Maka bisa kita sebut bahwa motor ini adalah pelopor dari motor ayam jago di Indonesia yang setelah beberapa tahun kemudian akan mengalami booming hingga kini, sebagai contoh adalah Suzuki Satria FU 150 dan Honda Sonic.

SPESIFIKASI SUZUKI RC SPRINTER

Mesin Suzuki RC Sprinter bertipe 2 langkah (2 tak) berkapasitas 99.6cc (100cc) dengan pendingin udara plus ditunjang teknologi Suzuki seperti:

  • Jet Cooled sistem
  • Reed Valve
  • transmisi 4 kecepatan tipe basah dengan PECS yang minim hentakan
  • Maksimum power adalah 9.5ps/6.500rpm
  • Maksimum torsi adalah 1.15kg.m/5.000rpm
  • Berkarburator Mikuni VM16
  • Kopling semi otomatis
  • Kapasitas tangki bahan bakar 4.5lt
  • Kapasitas oli samping 1.2lt
  • Shock depan teleskopik dan belakang dual shock
  • Rem tromol depan belakang
  • Ban depan berdiameter 17″- 225 sedangkan belakang 17″- 250
  • Berat motor adalah 81kg
  • Top Speed Suzuki RC Sprinter adalah  110kph.. cukup kencang ya
dari belakang memang bukan selera semua orang
dari belakang memang bukan selera semua orang

Pada tahun 1992’an produksi Suzuki RC Sprinter dihentikan karena kalah telak dari sisi jumlah penjualan dibandingkan dengan kompetitornya Yamaha yang kala itu juga baru saja meluncurkan produk varian ayago lokal pertamanya yaitu Yamaha Champ yang memiliki desain dan fitur yang lebih baik seperti penggunaan disk brake di depan, knalpot model racing, dan power yang lebih baik membuat Suzuki Sprinter ‘sang pelari’ ini harus legowo dalam adu saling rebut memikat hati konsumen roda dua waktu itu.

spesifikasi Suzuki RC Sprinter

Kembali ke sang Kakek pemilik Suzuki RC Sprinter.. Menurutnya, si Sprinter tidak akan dijual hingga dia wafat, kalaupun harus pindah tangan dia lebih baik menghibahkan ke pencinta motor yang tidak akan menjual motor kesayangannya itu.. Ya sang Kakek tidak memiliki anak lelaki lads jadi tidak ada yang merawat motor itu nantinya.. Apa? Tertarik? Sori lads, KBY udah antri nomor satu wakakakaa..

speedometer Suzuki RC Sprinter suzuki sprinter

*beberapa kalimat meminjam dari artikel milik om dwinugros, nuhun mang!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

35 COMMENTS

  1. onda jadul masih ada yg kinclong gini ga ya?

    kinclong dari awal tanpa ada perubahan apalagi restorasi ulang

    yamaha suzuki kan udah ketauan banyak tuh

  2. Berarti anaknya cewek” donk mang,, ane ngantri anaknya ajh,, kali ajh ad yg masih gress n kinclong.. :V

  3. Jet cooled + Reed valve? Beneran tuh mang? Bukannya gen RC masih pake rotary ya? Maapkeun kalo salah. Kalo beneran spec jet cooled + Reed valve mah ni motor canggih bgt di masanya. Soalnya A100 sampe tutup usia tahun 90an aja masih pake intake rotary.

    • Udah pake reed valve alias katup buluh om … dulu bokap punya suzuki RC80 taun 1986 yg lebih tua dr RC Spriter,bravo,crystal sampe gen tornado mesinya sama2 jet colled … bedanya isi silinder nya sma transmisi nya udah 4 speed … dan gen RC80 udah CDI 3 kabel om … sama kaya gen selanjutnya

  4. Bener2 masih grees… 👍

    BTW, seingetku iklan di koran dl Sprinter-nya warna item deh mang kobay, fotonya agak low angle gitu. Cmiiw. 😊

  5. Temennya si Hengki tornado.
    Jet cooled sekali betot langsung ilang.. Maksudnya gak keliatan ketutupan Asep knalpotnya

  6. baik yang merah atawa yang hitam setangnya gak ada yang ori, tapi ayago di indonesia ada yang lebih sepuh lagi, justru keluaran eropa, yaitu bhama peugeot.

    • masa sih gak ori setangnya? ama yang iklan aja sama om, tar saya masukkin yang iklan deh.. jadi penasaran setang ori kek gimana

  7. Pernah punya tp saudaranya yaitu suzuki rc bravo CMIIW, penyakitnya klo distater engkol suka ngelos, kadang tendangan baliknya kalo kena kaki lumayan sakitnya

  8. Wah,kalo generasi masa kini nya rc sprinter ini pasti Satria youngstar.kan sama sama dobel shok dan tanpa kopling manual.tp sayangnya Satria youngstar bintangnya nggak bersinar,karna bintangnya masih muda.😃

  9. Di cikupa prnh liat jga mang bdy mlus jg pjak mash hdp yg pnye jga kke tpi wrga kturunan .. trs gw tanya mo dijual ga kong.. jwb nye kga .. katenye ne motor bnyk sjarahnye tu motr dh kling jwa ma sumatra… wrna sama mrh jg ..gw pratiin spidonye jga msh hidp…

  10. ni kakek gaulnya ngalahin anak2 alay yg baru knal ayago. Beliau dah wara-wiri pake si sprinter 30 thn lalu 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..