CBR

Kanvas Rem TDR Untuk Yamaha NMax, Responsif dan Pakem!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kadang kala pemilik motor merasa kinerja pengereman standar kendaraannya dalam hal ini motor masih dirasa kurang cukup meskipun sebenarnya dalam keadaan standar sih sudah mumpuni.. Dapatkah kanvas rem TDR mengatasinya?

Yamaha NMax pasang kanvas rem TDR

Tiap rider berbeda beda gaya berkendaranya atau riding style-nya, ada yang nyantai dan woles ada yang sedang antara santai dan ngegas, ada juga yang gas pol rem pol hehe.. Pemilihan kanvas rem non standar atau aftermarket juga tergantung preferensinya, misal rider woles tetap mengganti dengan yang lebih mumpuni performanya, bukan semata mata karena dia akan ngebut, tapi bisa jadi hanya ingin mencoba dan mengentaskan rasa penasaran.. di satu sisi rider demen kebut memang merasa kinerja rem standarnya kurang mumpuni. Kanvas rem TDR diciptakan untuk menjawab tantangan tersebut lads..

kanvas rem TDR

Kanvas rem TDR menjawab tantangan akan performa rem yang lebih mumpuni dari bawaan standar.. Nah kebetulan hari Sabtu lalu KBY memenuhi panggilan bos TDR untuk main main ke workshopnya di bilangan Cakung Jakarta Timur.. Rencana dari rumah memang sudah ingin mengganti kanvas rem Frozen Yamaha NMax dengan kanvas rem Elig yang belum sempat dilakukan review tempo hari, penasaran dengan performanya, soalnya di Honda PCX sih sudah dicoba dan cukup puas..

Ndilalah ketika KBY menginfokan hal tersebut ke bos TDR, beliau malah bilang “Cobain kita punya dulu masbro, kanvas rem TDR, sekalian ganti, free lah.. silakan dites saya minta feedback dari performa dan daya tahannya” ujarnya melalui Wasap karena beliau sedang di luar kota..Wah sempat bingung karena di awal mau tes kanvas Elig tapi ya sudahlah, penasaran juga sama kanvas rem TDR ini karena baru tahu kalau ada.

kanvas rem TDR Yamaha NMax

KEUNGGULAN KANVAS REM TDR

Sesuai dengan kemasannya, kanvas rem TDR tersebut memiliki beberapa keunggulan antara lain:

  • First Class quality for high performance usage
  • 100% eco friendly (maksudnya asbestos free kali ya)
  • Proven less disc abrasion and dust (tidak mengikis disc dan minim debu)
  • High Quality ceramic material for superior heat material (berbahan keramik kualitas tinggi yang tahan panas)

  Tambahan info dari Yudo TDR tentang keunggulan Kanvas Rem TDR

  • short braking distance (jarak pengereman/ berhenti lebih dekat)
  • no noise (Tidak berisik)
  • Size fit to OEM Standard
  • friction coefficient is 0.35-038, kanvas rem merespon lebih cepat
  • High temperature resistance ceramic (L021) are 550°C (tahan panas, tidak cepat fading alias ngeloyor)

Well lads, semua informasi di atas sepertinya percuma ya kalau gada hasil pengetesan hehe..  Akhirnya si Frozen Yamaha NMax kelar dipasang kanvas rem motor TDR, sebelumnya KBY bertanya kepada mekaniknya, ada tempo waktu untuk bedding in gak? Katanya sih gak, langsung pakem! Hmmm penasaran, setelah mekaniknya selesai mengetes dan mengecek semuanya oke tinggal Kobayogas.com deh tes kemampuan sebenarnya dari kanvas rem TDR ini..

kanvas rem TDR

TOEL DIKIT BEREAKSI

Testing is believing! Coba dulu baru percaya ya gak.. Ketika pulang saatnya mencoba performanya kanvas rem TDR tersebut.. 1-2 km pertama memang responnya terasa beda lebih responsif dari standar NMax, toel dikit bereaksi tapi pengeremannya belum terasa spesial.. Menginjak 3 kilometer kanvas TDR sudah terasa lebih gigit akhirnya sengaja KBY coba mengerem lebih dekat dengan kendaraan di depan dengan bersiap siap melipir kalau ternyata si rem ngeloyor, pastikan di kiri atau kanan cukup kosong agar bisa mengelak.

Debbb.. !! Motor berhenti mantap tanpa harus berdecit! Beuuhh bukan isapan jempol nih klaim dari TDR akan kanvas rem motornya.. Ajib.. coba lagi hingga dua-tiga kali.. Yap, yakin memang mantap ini rem, tentu jangan ngebayangin kaya pakai rem brembo monoblock ya hehehe.. Gak segitu juga kali, tapi performa kanvas rem TDR ini sangat positif lads.. Keesokan harinya KBY tes ke kantor, sejauh ini terus positif, perbandingannya adalah jika rem standar NMax itu responnya baik tapi performanya cepat fading alias ngeloyor jika terus menerus mengerem kuat sehingga harus melakukan kombinasi depan belakang, kanvas motor TDR ini tidak..

Kini rem depan atau belakang saja cukup, ya sesekali dikombinasikan untuk balancing agar motor tetep steady.. Tapi harus diingat meskipun semua hasilnya positif, tetap saja ini bukan paket rem super yang memang toel dikit langsung ngerem mantap macam brembo, jadi kalaupun nanti lads sampai membeli, jangan terlena ya, tetap safety first.. Kita lihat nanti berapa kilometer kanvas rem TDR ini akan habis, sudah KBY abadikan..

di tes dulu sama mekanik
di tes dulu sama mekanik

 HARGA KANVAS REM TDR

Di workshop TDR, kanvas rem motor ini tersedia untuk tiga motor dalam satu tipe saja (tidak ada std, sport atau racing). Berikut list harga kanvas rem TDR..

  • Yamaha NMax (FR): Rp. 168 ribu
  • Yamaha NMax (RR): Rp. 150 ribu
  • Honda Supra Z125 (FR): Rp. 168 ribu
  • Yamaha Jupiter MX135 (FR): Rp. 150 ribu

Jika tertarik lads bisa menghubungi om Yudo TDR via FB atau nomor telepon di: 0818 888 157. Semoga bermanfaat..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3436 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

22 Comments

  1. Untuk Jupiter MX, pihak TDR ngga ngadain tes juga?
    Kalo ada…ehem…ane bersedia kok jadi tester.

  2. “Free” adalah faktor paling utama yang merubah keputusan ganti kampas rem dari ELIG ke TDR…
    Betoell ??

  3. Coba siram air mang, basahin terus buat jalan. Kalo ga test ujan2an braking. sepengalaman ane kampas ori dan cakram ori (pasangan) itu pakem di segala kondisi. Ane pernah pake bukan ori itu klo basah ngeloyor, pernah buat turun gunung juga ngelos klo panas bgt, sampe harus disiram air dulu biar dingin

  4. kyny bagusan ini dari Elig mang, harganya juga beda jauh mahalan TDR. Kebetulan ane abis tes brake pad Elig di Suzuki hayate. impresinya pakem sih, ada waktu bedding sebentar, pas hujan juga lebih ok drpd pad standar tp fadingnya cepet euy. 2 bulan kurang dah licin. Bendix lebih mending 3,5 bulanan

  5. tes elig udah, tdr udah, kapan tes bendix om?

    kebetulan ane mau ganti kanvas rem, bingung banyak pilihan 😀

    • udah pernah di Kawasaki Z250FI dulu, hasilnya gak memuaskan.. sama aja kek standar.. bendix std ya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..