Honda

Yang Dialami Suzuki Malaysia Jangan Diikuti Suzuki Indonesia!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Berita kurang sedap hadir dari negeri jiran Malaysia, kabar tentang salah satu raksasa pabrikan roda dua asal Jepang yang pabrik perakitannya kudu gulung tikar, yaitu Suzuki..

Suzuki Satria FU injeksi modif trail Martapura

HCGK

Suzuki dikabarkan telah memutuskan untuk menutup operasi perakitan di pabrik Suzuki yang terletak di Prai, Penang. Pabrikan tersebut sejauh ini bertugas melakukan perakitan skutik dan cub seperti Suzuki Address, Nex, Axelo and Belang, seperti yang diinfokan oleh media Paultan.

Sebagaimana juga yang dilaporkan oleh Nikkei Asian Review produksi Suzuki tahun ini jauh dan turun drastis bahkan hanya setengahnya jika dibandingkan angka produksi pada tahun 2013. Penutupan ini diakibatkan demand alias permintaan yang sedikit dari konsumen akan motor Suzuki yang dirakit..

Dengan telah ditutupnya pabrik, maka Suzuki Malaysia akan berkonsentrasi pada produk dengan kapasitas mesin besar yang rencananya akan diimpor langsung dari Jepang. Jadi bukan Suzuki nya yang tutup lads, melainkan pabrik perakitannya. So Suzuki Malaysia secara singkatnya akan menjadi importir umum resmi pabrikan..

Address motogp 3

Kejadian tersebut untungnya terjadi di negara sebelah, tapi lads kita semua tahu kalau Suzuki roda dua di Indonesia ini juga bisa dibilang setengah tidur kalau tak mau disebut hidup segan mati tak mau. Beruntungnya Suzuki menyatukan produk mobil dan motor pada satu induk perusahaan, dimana Suzuki roda empat memiliki prospek dan profit yang lebih baik sehingga secara perusahaan tidak terlalu terganggu oleh kurangnya penjualan di roda dua..

mau sampai kapan bergantung pada Satria?

mau sampai kapan bergantung pada Satria?

Hanya saja mau sampai kapan? Apakah Suzuki Indonesia tidak kasihan kepada para loyalis Suzuki yang selama ini mendambakan produk baru dari divisi roda dua? Mau sampai kapan hanya bergantung pada penjualan Satria series dan ekspor Suzuki Address? Atau bagaimana kalau dibalik, jangan jangan Suzuki Indonesia sebel karena loyalis tidak membeli produk yang mereka keluarkan? Hanya terus menerus memelihara produk lawas?

Bagaimanapun pabrikan butuh pemasukan dari penjualan motor baru, tidak hanya spare parts thok.. Mungkin ini yang harus dipahami oleh loyalis Suzuki, win win solution, kita publish produk, you beli lah.. Coba tengok nasib Suzuki Young Star, berapa banyak yang beli? Berapa persen loyalis yang membelinya?

Jadi sepertinya tidak aneh juga kalau PT. SIS terkesan tarik ulur seputar keluaran produk baru, terutama yang ditunggu tunggu yakni Suzuki GSX-R150, atau memang sebenarnya sudah gagal di awal? (baca: Suzuki Terancam Tidak Akan Keluarkan GSX-R150). Kalau mereka brojolin GSX-R150 ternyata dari konsumen yang beli sedikit siapa yang rugi? Apa jaminan dari loyalis Suzuki kalau mereka pasti akan membeli GSX-R150?

gsx-r150 dan gixxer 150 sf

Persaingan sebenarnya sangat dibutuhkan di dunia bisnis, tanpa adanya perlawanan berarti dari kompetitor maka penguasa market share biasanya suka songong, jumawa karena sudah di atas maka akan ada kecenderungan dimana produk yang dikeluarkan bakal begitu begitu saja setiap tahunnya.. Semoga Suzuki roda dua tidak bernasib sama seperti Suzuki Malaysia yang akhirnya cuma jadi importir umum.. Semangat!!

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Sharing, Suzuki and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

70 Responses to Yang Dialami Suzuki Malaysia Jangan Diikuti Suzuki Indonesia!

  1. unyu2 says:

    R&d sis kurang inovasi tidak seperti zaman satria 2 tak dulu… Karena satu induk, lebih fokus jualan mobil…

  2. fumi says:

    Meski mau beli kang, loyalist Spartan suzuki brp ekor sih kang? Anggep lah 50rb di nusantara, mosok mek iku tok sing ape tuku? Wong liyo wis kapok tuku, after sales nya uaajurrr

  3. jabelon says:

    coba reborn lagi satria hiu 2 tak dg tampang persis plek jaman dulu, ane jamin laris manis & ane bakal pesen 1 unit.
    bosan mah liat matic bencong dijalanan.

    • Iseng komen says:

      Yang beli cm jabelon doang sisanya numpuk di gudang, justru matic bencong di sukai karena fungsionalitasnya bukan keren/kencengnya

  4. ardiantoyugo says:

    Jian tenan… La pie arep fxr reborn…

  5. eko354 says:

    Waktu mau ganti bebek Yamie burung hantu ke skutik, sebenernya istri mau Suzie Hayati.
    Tapi krn menurut ponakan2 after sales servicenya jelek dan dealer/ bengkelnya di tempat kami juga senen kemis, ama mereka disarankan nggak beli Suzie Hayati. Jadinya beli Pariyem ISS deh. Dan sekarang dealernya ternyata juga jualan Viar roda tiga.

    Saya juga heran apanya yg salah ama manajemen Suzie, padahal produknya bagus.

  6. PemadamKebakaran says:

    Ganti aja itu karyawan kgk beres pada.
    Kebijakan jepang ancur semua (matik skywave diganti hayate = ancur, sport batangan kgk kluar kluar) jualan satria ama address doang mau ngasih anak istri apa?
    Fendor part aja males ama suz*k*, dikit dikit pungli kgk beres. Kgk dikasih pelicin ada ajaaa alesan nunda.

  7. indoblazer says:

    Tuh tetangga gw udah bikin usaha sendiri keluar dari suzuki tambun.

  8. mind90 says:

    Kalau seperti sekarang terus, ya kemungkinan besar bisa nyusul. Penggemar juga bisa jenuh kalau produknya itu-itu aja.

    https://mind90.wordpress.com/2016/08/15/bagaimana-jika-next-mt-25-seperti-ini/

  9. otojurnal says:

    Udah males. Trauma. Kapok sama suzuki motor. Terutama sejak 2013 kmarin. Suzuki motor kelaut aja. Wind of change already stop by now.
    Kurang fbs apa ane. Crystal. Ts. A100, shogun125, shooter.
    Sekarang mah bye bye suzuki motor.. .

  10. Robert says:

    “Bagaimanapun pabrikan butuh pemasukan dari penjualan motor baru, tidak hanya spare parts thok.. Mungkin ini yang harus dipahami oleh loyalis Suzuki, win win solution, kita publish produk, you beli lah.. Coba tengok nasib Suzuki Young Star, berapa banyak yang beli? Berapa persen loyalis yang membelinya?”

    mas Yogas, ketika suara pihak suzuki 2 roda (mungkin) melontarkan hal ini ke mas Yogas, saat itu mas Yogas sendiri mau beli Young Star?

    klo saya sendiri, jika saya loyalis suzuki dan punya uang yang cukup untuk DP, saya pribadi…

    AMIT-AMIT JABANG BAYI gueh gak bakalan beli Suzuki Young Star

    (bisa bisanya kok ada yang pemikiran bikin Young Star? Itu gimana ceritanya???)

  11. Trauma beli sparepart RGR nunggu 6 bulan. Trauma sama jualan barang kalo udah abis gak masukin lagi, bahkan sampe sparepartnya. Suzuki Cool yg terpaksa ngakalin stang seher pake satria, knalpot keropos ternyata nggak dijual lagi sparepartnya, dan lain lain dan lain lain. huehueheuheue

    • Supra 2002 ku awet rajet says:

      Tp kan rgr msh bs dijual 80juta. Coba gl pro ato tigong, ditawarin 15jt aja org udah muntah duluan.

  12. Bolanhok says:

    pabrik perakitan Suzuki di Tambun Malaysia sudah stop operasional sejak tahun 2014. reputasi Suzuki di Malaysia HANCUR karena kualitas produknya JELEK sekali yang sering diperbandingkan dgn FXR150.

  13. orang awam says:

    Atau bagaimana kalau dibalik, jangan jangan Suzuki Indonesia sebel karena loyalis tidak membeli produk yang mereka keluarkan? Hanya terus menerus memelihara produk lawas?
    ————————————–
    bisa jadi emg seperti ini. saya baca di kolom komentarnya laskar sijuki atau TRM banyak yg pada bangga-banggain motor keluaran lawasnya yg masih kinclong ampe skrg. ada sih yg miara keluaran lawas sampe baru, tp brp banyak dibanding yg cuman piara 1 unit taun jebot? nah kalo gini ceritanya siapa yg beli produk keluaran terbaru?

    sijuki sndiri juga ngga beres. dulu desainnya keren, makin kesini makin g jelas. shogun 125 FL yg keren serba runcing malah diganti axelo. smash titan discontinue, gantinya shooter. duh…

    • Waww4n says:

      Mngkin yg komentar itu golongan yg belum bs beli motor baru, aslinya jg bete pas nyari onderdil tp kagak ada 😀

  14. riko says:

    itu karena penamaan produk yang salah ….masa young star ? ….coba porn star 😀 pasti banyak cobain dulu tuh motor kekekekkee

  15. siputgondrong says:

    Saya SiputGondrong..
    Dengan ini..
    Berjanji..!
    Akan membeli / inden pertama..
    Apabila Suzuki GSX150R (Mesin FuFi, Garis Desain R600, Fitur2 Setara sebelah) di release!!

  16. handoyo25 says:

    Sepintas saya lihat Indomobil nggak punya taring menghadapi pihak Suzuki Jepang (div R2).
    Indomobil paham potensi market dan kondisi lapangan di Indonesia, dan beberapa brand yg dinaungi juga cukup bagus pertumbuhan marketnya (bahkan termasuk Suzuki R4).
    Sebagai ATPM, Indomobil juga pasti pengen banget lah dagangan R2 nya eksis.
    Artinya memang ada “something wrong” di divisi R2 Suzuki (Jepang)

  17. RUN GK5 says:

    jualan thunder 125 aja lah pake monoshock,,,mesin satria bore down,,wkwkwk

  18. kacau says:

    coba keluar dari (corporate signature design) pakem yang cenderung membulat dan single headlamp, tetapi tetap konsumen oriented, dan suka tidak suka, suzuki harus punya pijakan (sumber cashcow) di blue ocean market, contoh:
    -van van 150 coba jual di rentang harga nva/cb, pake mesin fufi hasil retuning ngejer torsi.
    -skutik 110/150cc dengan pakem design dari concept suzuki nuda (jadul tapi agresif eksotik)
    -skutik 150 dari concept g strider, bermain di akomodasi, tangki bensin jadiin bagasi super lega harga pepetin dengan vario 150/sedikit di bawahnya.
    -skutik penantang serius beat, kayak apa, suzuki seharusnya lebih tahu seperti apa. bukan cuma kontestan numpang lewat, tetapi permanent serious contender.

    kualitas boleh lah diadu, tetapi masalah utama suzuki ada di design, belum apa apa orang udah amit amit duluan.

  19. Age Tampan says:

    Gk usah makasain di motogplah suzuki, klo managemennya aja blm bnr,. buang2 duit gara2 gengsi, hehe

  20. fari.fairis says:

    mungkin masih bertahan kalo ekspor addressnya masih jalan lancar..
    walopun gak jualan di endonesa lagi..

  21. GHOST says:

    keluar dari indomobil

    ngeyel si SIS

  22. john rambo says:

    sijuki Tutup karna mungkin udah males buat persembunyian para fby… hahahah

  23. Wahyu says:

    Para loyalis udah keburu pindah ke yamaha dan honda

    Suzuki trlalu lama tidur dan hanya satriaa sattria dan alay
    Ketika new fu fi luncur pun sambutan udah gak kayak yg diharapkan

    Mo fb atau sales suzuki koar2 “suzuki lebih awet lebih berkualitas blah blah blah” layaknya fanboy gelandangan
    Tetep aja gak usah munafik, bengkel banyak tutup, sparepart dah susah layaknya bajaj
    Belom lagi secara model dll suzuki udah kayak motor maenan dr planet namec

    Bener2 hari yg berat buat fanboy gelandangan macem roy (sembunyi di belakang yamaha) dan old lady biker yg makin frustasi

    Ekekekekek

  24. bmp says:

    Sy dulunya fbs. Mulai dari crystal ’92 terus Shogun 110, 125, Satria RU Hiu, Smash, terakhir Skywave…. Ga mau nerusin lagi beli Suzuki, modelnya tambah aneh aja kalo mesin sih oke. Ga tau ini bagian RnD ngasal banget, lulusan planet luar bumi keknya :p

    • Supra 2002 ku awet rajet says:

      Anda beruntung. Chrystal dan shogun kebo skarang masih bisa dijual dikisaran 50jt, itu kondisi mepet alias butuh dana. Coba supra gw, ditawarin 5 juta aja org udah ktawa2.

  25. setiyakawan says:

    bagus lah kalo tutup , ,,, suzuki indo jadi basis produksi mocil asia

  26. ikolawis says:

    Loyalis suzuki lebih terhormat pindah ke H daripada Y

  27. anonymous says:

    Begini, duit cash ada 15.5 jt cash dan rencana beli matik. dan ane beli Suzuki Address, lumayan kena 15.3 jt. kenapa saya nggak pilih yamaha dan honda :

    1. harga mahal bung (beat pop plg murah 15.5 jt (non iss), beat sporty cbs iss 16.1 jt,
    mio z 15.6 jt)
    2. kualitas build quality jauh diatas 2 merk itu (beat & mio z)
    3. bagasi gede & tangki bensin gede jauh dari 2 merk itu
    4. posisi mengemudi tinggi, jok empuk tebel, dek kaki luas jauh dari merk itu.
    5. mesin lebih galak dari 2 merk itu
    6. sparepart? 6 bulan cuma ganti sekali servis + ganti oli mesin dan oli cvt, padahal kilometer sdh
    5500
    7. value for money,
    8. kualitas ekspor bro, seperti NMAX dengan harga lebih murah. tembus sampe eropa.

    itu yg bilang sparepart susah, sparepart apa?. roller? belum ganti, belt cvt? belum ganti. kampas rem? masih tebel. saya tinggal di Surabaya sparepart fast moving tersedia kok,

    mending saya beli motor kualitas bagus & awet daripada beli motor karena kemakan merk, harga jual kembali bla..bla..sparepart berlimpah..tapi sering bolak balik bengkel..bangga gitu bolak balik bengkel dengan alibi aftersales oke.

    • otojurnal says:

      Udah pernah ganti spare part?
      Nyari busi shooter aja setengah mati. Akhirnya pk busi vario 125
      Mesin addres itu basicnya shooter lobelum lg kalo ada troble mesin. Trutama mesin injeksinya. Shooter ane sampe harus k sunter cari penyelesaian. Padahal ane dr bogor. Makanya. Kapok trauma ane pk suzuki… Ini aja ane pingin modif shooter injeksi ane biar bisa pk karburator aja. Ribet bengkelnya…

  28. Didi Supriyadi says:

    Kalau mau dibeli ya bikin produk bagus sesuai kemauan konsumen umum.jangan mau nya sekarang trend nya sekarang keluarnya 5tahun kmudian ya uda ktinggalan jaman.klo takut ga laku tanpa berani bisnis ya tau lah bangkrut didepan mata.mau jualan ko takut ngeluarin pdoruk ya mau jualan apa ?janji2?omongan?tanpa bukti?nyalakan kompor?wkkwkwwk

  29. mas jum says:

    sialan komen gue ilang dimakan rayap!

  30. Mardiansyah says:

    sebnarnya suzuki tu butuh model yang lebih unggul,klo mesin sih udah oke,cuma dari segi model knapa selalu ketinggalan???knapa cuma produk satria nya aja yg laku?itu karena modelnya asyik,mesin juga oke..tapi knapa bebeknya ga ya,cuma sampe suzuki shogun,shogun r,trus terakhir shogun sp…n kelanjutannya??yahhhh axello,siapa yg mikir bodynya jadi kayak gitu??publik/masyarakat bukan cuma lihat dari mesin boss,tapi juga model…desainernya kali yg musti di ganti..

    • Kobayogas says:

      dengar dengar, katanya ya.. Suzuki Indonesia udah greget abis proposalnya ditolak terus.. Intinya Suzuki sini punya desain oke sesuai keinginan konsumen pada umumnya.. cuma mentok melulu di Jepangnya..

      Memang bener, setuju, desain adalah first impression, kalau desain aja gak kena di pertama kali lihat, ya gak ditoleh lagi.. dan itu yg belakangan ini jadi kekurangan Suzuki..

      • Didi Supriyadi says:

        Eit ada gosip wkwkwk.waduh klo gitu mah da apa atuh aneh2 aja berrti yg harus ganti suzuki japanya om wkwkwk.kaya nya uda pada tua2 nih .lambat dan ga banget.sumpah dah heran bangt.

  31. chandra says:

    Kalau sampai akhir tahun 2016 gak ada motor sport baru dari Suzuki, bisa dipastikan ini pabrikan mesti masuk ICU dan siap-siap mati….lha tahun 2017 ada Honda New CBR 250 RR, Yamaha R25 facelift, New Ninja 250 FI, TVS Akula 300….makin gak berani berinovasi…tamat sudah

  32. zay says:

    Enter your comment here…produksi satria injeksi merangkak naik bln ini…

  33. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Kl mnurut saya, dr smua brand mopang, justru cm suzuki yang bener2 melindungi konsumennya. Liat aja harga thunder 125, shogun kebo, satria 120 bahkan ampe smash pun gada yg dibawah 20jt. Blom pernah ada mopang bekas ampe segila ini dipasaran. Salut liat kinerja suzuki yg pemikirannya jauh bgt. Benar2 melampaui jaman.

    • Kobayogas says:

      lha smash emang berapa ya

      • Supra 2002 ku awet rajet says:

        Kalo saya pny smash, dgn brand suzuki yg kualitasnya terkenal paling wahid di antara mopang, msh beranilah jual di angka 65 juta, masih wajar koq. Wajar dianggap gila maksudnya. Ha hahahaahhaa….

      • mas bro says:

        1jt + hp esia ngoceh jg gaada yg mau

  34. felitokia says:

    Disaat merk lain mengeluarkan model gila2an! Apa yg dilakukan suzuki? Belajarlah dr Honda, yg bener2 kesurupan mempertahankan konsumen loyalisnya! Apa yg mereka mau akan dilaksanakan, slh satu buktinya cbr 250 r! Rasanya kl ada loyalis Honda yg ngeyel, bisa di bil Terlalu!! Pertanyaannya! Apa yg dilakukan Suzuki untuk menyenangkan loyalisnya! Skywave baru, motor sport baru atau matic spt Vario dan Nmax? Satria fu doankz kan? Wkwkwk.. . Tp jgn khawatir Susuki Indonesia tdk akan spt Malaysia, tdk skrg maksudnya! Mungkin tahun dpn menyusul! Gkgkgkgkgk.. ..

  35. felitokia says:

    Sih nulis email euy mang kobay jd kena moderasi!

  36. felitokia says:

    Disaat merk lain mengeluarkan model gila2an! Apa yg dilakukan suzuki? Belajarlah dr Honda, yg bener2 kesurupan mempertahankan konsumen loyalisnya! Apa yg mereka mau akan dilaksanakan, slh satu buktinya cbr 250 r! Rasanya kl ada loyalis Honda yg ngeyel, bisa di bil Terlalu!! Pertanyaannya! Apa yg dilakukan Suzuki untuk menyenangkan loyalisnya! Skywave baru, motor sport baru atau matic spt Vario dan Nmax? Satria fu doankz kan? Wkwkwk.. . Tp jgn khawatir Susuki Indonesia tdk akan spt Malaysia, tdk skrg maksudnya! Mungkin tahun dpn menyusul! Gkgkgkgkgk.. ..

  37. dudie wae says:

    Sudah waktunya suzuki berbenah..
    (Berbenah buat hengkang dari Indonesia)
    Bikin matic gak becus…ngorok sana sini.. bkin sport gak keluar2.
    Loyalis suzuki itu cuma 0.0 sekian persen.. tidak ada apa2nya dengan potential buyer,.
    cuma ngandelin satria doang yang sudah bukan trend nya
    3 tahun lalu setiap sabtu pabrik suzuki masih operasi..karyawanya banyak yg lembur..lah sekarang setiap sabtu cuma ada suara jangkrik doang. Parkiran sepi banget..
    Mungkin pabriknya akan di akuisisi pabrikan besar. Dalam 2 aau 3 tahun lagi

  38. gito says:

    Young star adalah bukti valid tdk koheren nya visi suzuki indo sama suzuki jepang. Terlihat dealer szi males2an jualannya

  39. anonymous says:

    ngorok, Address ane halus suaranya tuh, (makanya jangan pake premium/pake pertamax atau shell v power) digeber kecepatan tinggi tanpa getaran sama sekali. dipake 6 bulan dengan gaya ngawur cuma ganti oli mesin sama oli transmisi + sekali servis. daripada merk sebelah tuh.

    shock encit encit, padahal baru 3 bulan.
    stoplamp mati.
    body geter,
    roller rentan peyang,
    suara CVT kasar, bearing cvt rusak, klaim ke beres tunggu 1 bulan. tgg sparepartnya
    klep kendor, penyebab bunyi tek tek. tek
    oli mesin rembes, karena bak mesin kanan kiri tidak rata, klaim ke beres 6 bulan.
    putaran bawah gregel2. karena per sentrinya kena.
    cat hitam doff pada dek luntur.
    (vario125 LED umur setahun)

    tapi mayoritas tutup mata sama tampang keren, aftersales bagus, dan nilai jual kembali, gile bener motor jepang perawatannya seperti motor itali. mending beli vespa dong. sepadan sama prestisnya.

  40. James says:

    Hmm gimana ya bro… Secara build quality bukannya jelek, saya dulu pernah miara Shogun 110 keluaran taun 2001, itu smepat digorok2 segala mesinnya (maklum jaman SMA), karbu pasang pake punya RX King yg leher angsa nya di bikin nengok ke samping segala, hahahaa…. Tapi itu motor anteng2 aja sampe dijual lagi (tentunya dalam kondisi sudah distandarkan lagi).

    Tapi kalo kita menengok kondisi suzuki indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, terus terang aja produknya tidak ada yg menarik, karena apa?

    Menurut ane, ini karena desainnya yg terlalu INDIA, padahal kita semua tau, konsumen indonesia tidak terlalu berselera dgn desain hasil jebolan INDIA yg terkesan kampungan dan tidak manis seperti hasil desain Jepang atau Thailand.

    Ini lah yg saya herankan, kenapa sudah tau seperti ini, suzuki masih aja ngotot mempertahankan desain ala india di produk2 mereka beberapa tahun terakhir ini? Saya perhatikan produk2 terakhir mereka yg masih OK itu Shogun SP dan Shogun SP robot, itu kayaknya masih hasil desain jepang ya. Setelah itu makin aneh dan tidak menarik.

  41. anonymous says:

    ditempat ane gampang didapat tuh busi NGK CPR7EA-9. klo vario itu yang CPR9AE-9 karena kompresinya gede, harus pake BBM oktan tinggi spy nggak ngempos. untunglah saya pake 6 bulan blum ada trouble mesin. mau rawat injeksinya simpel bro, jangan sampai telat ganti aki & oli

  42. Gal says:

    SUZUKI BUDEG!!!! sekalian aja cabut dari sini ga apa2 lah!!!nyeri hateeeeee aing mah nyeriiiii

  43. bayu says:

    Intinya karna pihak suzuki kurang berinovasi.sehingga masyarakat jadi enggan membeli.dgn body bodi motor yg semakin kurang menarik,dan part yg mahal membuat para konsumen jadi berpaling ke pabrikan lain..jika tidak segera membenahi produk nya,bukan tdk mungkin suzuki akan benar2 gulung tikar.

  44. zzz says:

    beli rondonya terus modif sendiri aja. Jgn korbankan karyawan suzuki hanya nuruti selera jadul loe wkwkkwxz

  45. mas bro says:

    lah terus loyalis disuruh beli motor semprot mesin inajumpret 24hp?, disuruh petantang petenteng dijalan pake young star?? disuruh ugal2an pake satria fi yg bentuknya culun?? kaya bocah ya sujuki mau belajar kalo dikasih permen dulu -___-

  46. Mulyadi says:

    Hidangkan yg terbaik!!!! Bukan malah kita dipaksa hrus menyantap seadanya sprti kata admin!????
    Saya udh punya satria fi karrna saya anggap spek nya mantap. Skrg konsumen butuh sport,matic, trail spek kenceng dan bandel khas suzuki. Bisa gk????????

  47. Fadli says:

    untuk mesin, suzuki sudah bagus. tapi desain dan layanan after sales-nya semakin ketinggalan. suzuki harus berbenah. lebih mendengarkan suara konsumen dan calon konsumen.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..