banner

modifikasi mesin Pulsar 200NS

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Menarik nih lads, satu modifikasi dari sebuah motor ‘anak tiri’ Kawasaki.. Siapa lagi kalau bukan Bajaj Pulsar 200NS!..

Yang menarik adalah ternyata jika modifikasi mesin Pulsar 200NS dikerjakan dengan benar, maka hasilnya bisa yahud. Well, mesin Triple Spark SOHC milik Pulsar 200NS memang unik, memiliki 3 busi yang memercik sesuai dengan kondisi timing yang dibutuhkan, teorinya, pembakaran akan habis merata tak tersisa, artinya ouput pun didapat maksimal lads..

Halaahh ngemengin mesin koyok sampeyan iku tukang insinyur mesin ae wkwkwk.. Tapi intinya, meski secara awam mesin triple spark Pulsar 200NS ini ribet dan sepertinya sulit untuk dikotak katik, nyatanya om Londo (kalau kata temen-temen klub Pulsar sih mbahnya Bajaj) bisa dengan mantap melakukan perubahan dengan hasil signifikan pada output Bajaj Pulsar 200NS ini.. 30,9 HP!

Angka 30,9 HP/10,095 tentu bukan angka yang kecil sebenarnya.. angka yang nyaris sama dimiliki oleh para pemain liga 32 hp, yakni Kawasaki Ninja 250 FI dan Yamaha R25. Torsinya pun melejit menjadi 23.6 Nm/7,706! Widiihh ngeri, Ninja dan R25 saja terlewat nih.. APa sih rumus om londo dalam memodifikasi mesin Bajaj Pulsar 200NS hingga bisa menjadi beringas gitu?

hasil modifikasi mesin Pulsar 200NS kobayogas

baca: Test Ride Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, The Great Contender!!

Horse power standar spesifikasi pabrik milik Bajaj Pulsar 200NS adalah 23,5 bhp/9500 torsi 18,3 Nm/8000. Ketika dalam keadaan standar dilakukan perhitungan di atas mesin dyno, om Londo bilang “rata rata tenaga Pulsar 200NS ada di angak 21 hp mas”. Nah ini ada 2 tahap dalam memodifikasi mesin Pulsar 200NS hingga bisa mencapai 30,9 hp..

Modifikasi mesin Pulsar 200NS tahap 1

Power 28 hp:

  • porting polish
  • back cut valve
  • modif kem
  • bore up 222cc.
  • Piston 76.
  • penataan kembali ruang bakar
  • set rasio kompresi 10,5:1
  • pj 17, mj 125.
  • Yg tidak saya sebutkan berarti masih std bawaan pabrik.

Modifikasi mesin pulsar 200NS tahap 2

Power 30,9 hp

Penggantian knalpot custom. Ya lads, dengan mengganti knalpot custom buatan teman om Londo – ndung bpazz – ternyata tenaganya juga meningkat. Tentu perlu hitungan khusus yang dimiliki oleh pemilik bengkel LondoTech Garage ini dimana kemudian masbro ndung bpazz menyanggupi dan.. voila! 30,9 hp pun tercapai lads..

Well, memang kalau kita lihat modifikasi mesin pulsar 200NS ini sudah memasuki ranah advance, ada modif kem dan bore up ke 222cc segala soalnya. Namun intinya dari artikel ini adalah, mesin Bajaj Pulsar 200NS yang mungkin selama ini dianggap sulit di modif dan hanya bermain pada settingan karbu saja, ternyata dapat dirubah sedemikian rupa!

hasil modif yang baik maksimal pula hasilnya
hasil modif yang baik maksimal pula hasilnya

TOTAL BIAYA MODIF MESIN PULSAR 200NS

Ada pekerjaan tentu ada biaya. Dari modifikasi mesin Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS tersebut berapa sih dana yang harus disiapkan? Baik lads, catat ya..

Jasa modif 2 juta Biaya sparepart untuk bore up piston cbr 250 ori + ganti boring + packing + spuyer kisaran 2 jt. Total 4 jutaan. Tuh lads, total modifikasinya menghabiskan dana 4 jutaan…Gak terlalu mahal juga sih sebenarnya.. Gimana kepingin gak? Brrmmm…!

Alamat Bengkel Londo: Jetis RT 01/017 Widodomartani Ngemplak Sleman.

Baca juga artikel artikel Modifikasi lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

89 KOMENTAR

  1. Tuh 30hp on wheel yak?
    Hebat juga tuh naik 9hp 4jt doang.
    Harga motor baru 15jt + modif 4jt performa dah jauh dari yg 150cc jepun
    Btw buat turing ama dalkot kuat kgk

  2. Apa susahnya mengapresiasi karya orang? Hilangkan budaya suudzon, jangan dikit2 ngejek, akuilah ada yg bisa lebih dari kita… Susah banget ya?

  3. sebuah langkah tepat bila”gila kecepatan”.Pake pilihan bahan yg bagus,kalo 4tak diatas 200cc.pake Scorpio juga oke.kalo 2tak pilih yg kapasitasnya besar juga,Silinder Blok tegak dgn Kopling Manual lebih bagus lagi radiator.jangan memaksakan Bebek 110 yg 2/4tak mesin tidur apalagi Kopling Setrifugal.kaya….Ngoahahaha.

  4. sebuah pencapaian yg Hebat.masalah lifetime ya tergantung yg pake,seberapa sering genjot habis atau enak2an aja,lari kecil tarik gas separo dikisaran 15-21HP.

  5. Eduun, sangar ya.. seandainya after sales & ketersediaan part2nya oke, udah saya pinang itu si pns.. Yang mengerikan gimana kalo pas lagi harus ganti part entah bodi/peretelan mesin dll? Stok ga ada, tu motor cuma jadi pajangan dong

  6. kok nanggung sih cuman 222cc…. sekalian 250cc gichu…. kali aja bisa bikin malu ninja… weleh weleh

  7. mongtor2 mahal yg lain ojo pada ngiri .
    po maneh 150cc operpret .mikir value aftersales ..susah tenan dapuranmu
    ngoahahaha

  8. yang penting harga jualnya tinggi..klo mlempem..percuma saja power gede..hehehe..absen lek dab..lama gak mampir ke rumah ini setelah negara api menyerang dulu..wkwkwk

  9. Weleh 30 HP on wheel apa kabar 250 cc 2 silinder yg dibawah 30 hp on wheel gila PNS ini dahsyat jg… modifnya gk terlalu mahal pula…

  10. power segede ini emg tinggal test di jalanan buat touring ketahanan mesin bagaimana 😀
    kalo ga test gasss pol masuk sirkuit hihihi

  11. Ya itulah faktanya…motor jepun emg afterselesnx ok drpd bajaj..tp motor bajaj lebih ok drpd motor jepun..unggul d produk n kualitasx…harganx masuk akal…klw ente gaul n pnya hp andrioid n ente berwawasan luas…ente bkln tw bgtu gmpngx mncri partx bajaj.

  12. – Montor super cuma lebih mahal 100rb dari matic 110cc.
    – Kondisi standar bisa ngasapi motor sport 23 – 30jt an.
    – Komunitas brotherhood kompak.
    – Bukan montor pasaran.
    – Sparepart tersedia CoD maupun online.

    Ga pake mikir, udah ane pinang ini montor. Keburu abis stok di Kawasaki nyesel ntar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini