CBR

Official Test Ride Yamaha Xabre, Cornering Bergaya Dirt Bike Yang Unik…!

test ride xabre 8

Kobayogas.Com – Hola lads.. Saatnya kita mengupas tuntas Yamaha Xabre 150 ini. Dari mulai ergonomi, performa, fitur hingga riding style dari Xabre.. Simak yooo..

KBY tidak akan bicara soal desain banyak banyak, let’s the pictures tell everything hehe.. Foto Yamaha Xabre sudah KBY berikan di artikel sebelumnya. Kini saatnya melangkah lebih jauh.. Membahas test ride Yamaha Xabre 150!

ERGONOMI – JOK LUMAYAN TINGGI

Dengan TB 163 cm, duduk di atas jok Yamaha Xabre setinggi 805mm sebenarnya tidak lah sulit, karena motornya sendiri tidak berat. Jadi meskipun joknya tinggi dan bikin jinjit, tapi cukup mudah untuk memaju mundurkan Yamaha Xabre 150 ini..

tuh liat jinjit kan?
tuh liat jinjit kan?

Yamaha Xabre ini feelingnya condong ke depan (bukan rebah loh ya).. Kalau dipikir pikir agak mirip dengan Ducati Monster 795 yang pernah KBY bawa pulang tempo hari (bawa pulang terus balikin ๐Ÿ˜€ ) ada kemiripan dengan KTM Duke 200 dan juga serupa dengan motor motor bergaya trail/ cross/ dirt bike..

Mungkin karena tangki Yamaha Xabre yang berdimensi kompak sehingga saat duduk tubuh bagian bawah agak ke depan serta bagian kepala rider terasa lebih dekat dengan setang Yamaha Xabre 150 yang bergaya baplang alias lebar tersebut

Riding position Yamaha Xabre ini rileks, posisi duduknya tegak mirip dengan motor sport bergenre turing lainnya. Hanya mungkin yang membedakan adalah bentuk siku, jika motor turing agak ke dalam mendekati rider karena bentuk setangnya, sementara Yamaha Xabre 150 ini melebar sehingga ketek terbuka hehe.

Bicara feeling on bike atau in bike, yang KBY rasakan (mohon maaf KBY tidak memiliki background teknik mesin/ pembalap/ geometri) si Yamaha Xabre ini masih “on bike”. Dapat dimaklumi karena bukan berjenis sport fairing dan bukan buat kebut-kebutan..

Oia buat yang nyari standar tengah, lupakan, gakan nemu wkwkw.. Memang sengaja dihilangkan agar selaras dengan desainnya yg sudah gahar (extreme)..

HANDLING dan KENYAMANAN

Nah karena posisi mengendarai yang condong ke depan itulah cara berbelok alias cornering – bahasa kerennya – dari Yamaha Xabre ini buat KBY agak unik.. Bisa juga aneh, tapi kalau definisi aneh itu lebih kepada belok susah dikontrol, nah kalau si Yamaha Xabre 150 ini tidak, dia dengan cukup mudah di swivel ke kiri dan kanan, hanya gaya nikungnya berbeda.

Saat sesi test ride Xabre, badan dan kepala yang dekat sekali dengan setang sehingga distribusi bobot Yamaha Xabre ini condong ke depan, membuat kaki mau tak mau reflek di turunkan ketika menikung, ya mirip dengan gaya belok motor motor dirt bike lads.. Atau cara kedua ya lebih ekstrim..

kaki turun euyyy
kaki turun euyyy

Cara kedua untuk menikung cepat bersama Yamaha Xabre hanya bagi yang sudah terbiasa dan pro yang bisa melakukannya menurut KBY, yaitu melakukan rear wheel slide/ drift. Trek yang masih basah akibat diguyur hujan membuat ban belakang Xabre 150 cukup mudah sliding.. cocok untuk dilakukan gymkhana ya? Yang jelas mengendarai Yamaha Xabre 150 pertama kali butuh sedikit adaptasi.

Sementara jika ditanyakan bagaimana kenyamanan Yamaha Xabre, menurut KBY cukup baik, hanya busa jok lebih empuk Vixion. Suspensi upside down Xabre tidak terlalu membebani tangan rider, bantingannya pun cukup. Sebenarnya Pak Dyon sudah mengagendakan mencoba suspensi Yamaha Xabre 150 ini di jalan jelek, sayangnya hujan deras membuyarkan agenda.

Suspensi belakang setali tiga uang dengan R15 dan Vixion, nyaman dan cukup stabil untuk menikung. Nah karena agenda tes suspensi di jalan jelek gagal, KBY belum tau sisi kenyamanan suspensi USD jika melalui jalan keriting. Hanya untuk penggunaan sirkuit terasa sangat mantap dengan suspensi tipe ini.

PERFORMA

Jika lads mengharapkan performa istimewa dari mesin Yamaha Xabre ini, ya maaf, lads tidak akan menemukannya. Karakter mesinnya setali tiga uang dengan saudaranya, baik New Vixion maupun Yamaha R15. Dalam akselerasi awal malah KBY rasa New Vixion lebih baik dari Xabre..

Banyak faktor, salah satunya kemungkinan mesin Yamaha Xabre 150 yang belum mencapai peak performance, mesin baru masih peret, kalah tenaga, kalah torsi dan juga kalah ringan dari New Vixion memang terasa dari sisi performanya. Untungnya suara garing khas Yamaha terdengar cukup merdu saat digeber..

Komparasi Yamaha Xabre vs New Vixion Advance

Tenaga: 16.1 hp/8500 vs 16.36 hp/8500
Torsi: 14.2 Nm/7500 vs 14.5 Nm/7500
Berat isi: 135 kg vs 131 kg

test ride xabre 3
performa mesin Xabre tidak istimewa

FITUR

Selain fitur suspensi Upside down Yamaha Xabre, fitur apalagi? Ada speedometer full digital dengan display negative dengan 3 tingkat penyetelan. Asik dilihat dan cukup terang. Sayang sisanya belum ada yang istimewa.. Ada sih jam digital, trip a dan b, Udah itu aja..

Ah hampir lupa, masa lampu depan dan rem belakang LED gak disebut? Kekeke. Ada juga fitur engine cut off – starter yang menyatu dalam satu sistem operasi. Lagipula, motor sport itu ciri khasnya ada engine cut off toh? ๐Ÿ˜€ Oia swing arm banana yang lebih panjang 5 cm dari R15 juga menambah value untuk fiturnya..

ada brightness levelnya
ada brightness levelnya
ciri khas motor sport, unik dan mudah dioperasikan
engine cut off – ciri khas motor sport, unik dan mudah dioperasikan

THE VERDICT

Bicara extreme desain, Yamaha sudah sukses memainkan perannya. Meski bukan selera semua orang, namun wow effect serta stands out among the crowds -nya Yamaha Xabre sudah dapat banget lads.. Lihat langsung keren kok.

Material plastiknya bukan nomor satu, tapi semua terpasang dengan sangat rapi. Sisi cat seperti biasa khas Yamaha, berkilau dengan vernis tebal. Jika petinggi Yamaha bilang Xabre ini berkarakter extreme tidak sepenuhnya salah, karena riding stylenya memang diluar motor komuter kebanyakan..

Semua yang dimiliki Yamaha Xabre dihargai Rp. 29.8 juta. Menurut KBY masih bisa lebih murah lagi mengingat mesinnya nyaris tak ada perkembangan. Tapi bicara value for money, yaaa cukup lah..ย  Dare to be different with Xabre?

special thanks to: Yamaha Indonesia (YIMM)

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements
About Kobayogas 3159 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

85 Comments

  1. Bakal jadi sasaran empuk tilang di Cirebonkah? hehehe

    kena pasal
    Lampu putih ga standar
    Shockbreaker depan dibalik
    Rangka dipotong
    Spakbor ga standar

    Pak Polisi harus sering2 baca blog motor ๐Ÿ˜€

    xixixixixi

  2. josss….

    bisa lsg bli dari hasil jualan “VCD BAJAKAN” ngah ngah ngah

    seru om g ikutan perang starwars?

    petinggi dikritik vs bloger sok tau ttg mesin ft sok keren review singkat n bloger anti kritik balik

    btw tes boncengan dong mang trus sensasi bonceng n diboncengin

  3. Harus-nya DOHC nih, CBR 125 R ngeropah zaza DOHC koq # eh,menurut horang kayah, cerdas ,ahli permongtoran dan terpelajar mongtor bagus adalah DOHC
    Ekekekekeke

  4. Hayo… boss Kobay jgn ikut2an si mbah nabun daun kering perih mata. Mending review produk jujur tapi gak nyelekit. Kalo si mbah kan udah super tajir magajir keliatan dari foto2 instegremnya doi udah level gak butuh apa2 udah toplah, dagangannya aja serem2 (GS n MV) kalo boss Kobay kan level tajir tarajir gajir jadi balik lagi ke khitoh awal jurnalisme digital alias blogger kerjanya review jujur eeee diajak jajan sm APM ya alhamdulillah eeee ada yg ngiri gak diajak berarti doi blognya kurang cihui udahlah nulis aja yg cakep. Sok tau ya guwe ya emang tau sih xi xi xi

    • Itu ciri khas motor sport, teknologi moto gp paling dasar. Liat aja motor sport di moto gp smua pake cut off engine kan?

  5. Mang kobay besok-besok artikel-nya banyakin yang mongtor DOHC ya, masyarakat Indonesia perlu pemintaran ongtomotip masak 20 mongtor terlaris cuma 3 zaza yang DOHC itupun peringkat bawah, malu mang sama ngeropah CC kecil udah DOHC semua
    Ekekekekeke

  6. Oh inih nyang katanya motor dari star wars…..
    Mang ane kan belom nonton starwars mang nih motor nongol disebelah mananya starwars yak?

  7. Motor light saber, eh kata yang petingginye xaber (apaan cobak xaber).
    Nyang naek haruslah orang yg mengerti bidang mesin dan motor.
    Motor nyang terlaloe sempoerna sampe sampe gk boleh kritik namanua doang.

  8. Ini dia blogger yg disukai petinggi ATPM.
    Tampang oke, skill mumpuni, apparel pun lengkap.
    Gak bakalan dikomplain sama pabrikan wkwkkwk …
    Pasti lulusan teknik mesin dan sarjana balap ini mah …
    Beralih dari dunia financial ke dunia otomotif …
    Recomended bingit ini mah ya mang Kobay …
    xixixxiixi … bantuin mbah Dukun mang tuuuhhh ….
    Blog-nya lagi dibakar abis sama fans boyssss …

      • Blog-nya om Kobay aman ya dari petinggi ATPM ?
        Kok kayaknya cuman di blog mbah Dukun doang ya SOCH vs DOCH.
        Di tempat om Iwan & om Taufik adem juga …
        Berarti cuman blog 5 stars indobikermags doang dong yg dibakar ?

  9. kl mesinnya plek r15 6 speed sohc 4 klep kok malh turun powernya?
    apa beda lagi di settingan ecu om kobay
    dan yang jelas pasti ni mtor nggak lincah macet” an om
    r15 yg wheelbasenya dibawah xabre, tp diatas new vxion kurang lincah nikung zigzag
    apalagi xabre lebih panjang 5 cm??
    maacih om kobayy

  10. sampe detik ini YIMM belum memberikan harga USD dari Kayaba berapa?kalo kita2 sudah tahu,ada beberapa Type dan Harganya yg diPake YIMM.cuma mau tahu YIMM ngakunya berapa?Mahal gua Bully,Murah untung Tipis.Huahahahaha.

      • @Supra2002.”Gue ada diwarung siMbah diartikel Satria Fi.cuma diCemarkan si”Li”yg kloneng nama “dewa”.gue komentar masalah DOHC dan SOHC secara tehnis,siKlonengan terus aja bahas MX King Balap 29HP.memang Sotoy itu orang.saya bisa nuduh karena komentar dia Mirip waktu pake nama”Li”.

  11. Mang mun kabogoh di bonceng pasti luhur pisan nya ……mikir mikir deui ….over all out of the box alus sih si xabre

10 Trackbacks / Pingbacks

  1. Foto Gallery Yamaha Xabre, Silver Birunya Keren, Lihat Langsung Lebih Mantap! | KobaYogas.COM
  2. Video Review Yamaha Xabre, Lengkap Dari Fitur Speedometer Hingga Suara Knalpot..! | KobaYogas.COM
  3. Karakter Supermoto Yamaha Xabre beri pengalaman baru | TrendingAsia
  4. Modifikasi Yamaha Xabre – Ketinggian? Tenang Ada Lowering Kit Kok.. | KobaYogas.COM
  5. Top Speed Yamaha Xabre – Handling dan Performa Di Sirkuit [Video Blog] | KobaYogas.COM
  6. Apa Dong Kekurangan dan Kelebihan Yamaha Xabre??? | ๏ผท๏ผก๏ผฒ๏ผต๏ผฎ๏ผง๏ผก๏ผณ๏ผฅ๏ผฐโ˜…โ˜…โ˜…โ˜†โ˜†
  7. Ketika All New CBR150R 2016 Disangka Yamaha R15 2016 Facelift..! | KobaYogas.COM
  8. motor sport 150cc | kholidhafidz
  9. Review Harian Yamaha Xabre 150, Apa Saja Yang Akan Diulas? | KobaYogas.COM
  10. Linu Lihat Video Adu Banteng Yamaha Xabre vs Honda Blade Ini.. | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..