Honda Sonic Wheelie by kobayogas.com 1

Kobayogas.com – Hola lads.. akhirnya tuntas sudah rasa penasaran akan test ride New Honda Sonic 150R.. Kini saatnya review dan kupas tuntas Honda Sonic sang ayago terbaru Honda ini…

Bertempat di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di Green Terrace.. KBY dan beberapa sahabat blogger melakukan sesi test ride New Honda Sonic. Sementara trek test ride-nya sendiri ada di sepanjang jalan raya TMII dengan melakukan putaran total 4 kali. 2 kali dengan New Honda Sonic dan 2 kali bersama New CB150R.

Yuk simak review new honda sonic 150 ini versi KBY..

DESAIN

Model ayam jago alias ayago tak dipungkiri tidak pernah revolusioner, selalu ada kemiripan dari tahun ke tahun, seperti New Honda Sonic 150 ini, masih ada DNA pendahulunya, baik Honda Nova RS Dash maupun Sonic 125 lawas. Yang terlihat sangat beda hanya ada di bagian headlamp lads..

Pun begitu setelah mengelilingi, berputar, bulak balik depan belakang.. ahhh ternyata si New Honda Sonic 150 ini memang dapat menawan hati.. sang Sonic 150 ini kekar dan padat namun tidak buntet.. singkatnya atletis lah badannya.

Sayang bagian buntutnya New Honda Sonic 150 memang kurang harmonis dengan keseluruhan desain yang ada.. mencoba melihat dari sisi manapun, lampu remnya memang tidak indah.. pekerjaan rumah bagi Honda menurut KBY mah..

Kualitas material New Honda Sonic bukanlah yang terbaik, namun cukup solid dan sesuai harganya. Ada beberapa bagian plastik hitam yang mudah tergores, sepertinya cukup dipoles/ semir dapat hilang atau tersamarkan.

honda sonic 150

note: beberapa foto lengkap akan KBY buat terpisah, soalnya cukup banyak lads, maaf ya..

ERGONOMI dan FITUR

Ini motor paling nyaman dari sisi ergonomi karena pendek!! Hihihi.. ya, ergonomi setang dan jarak pijak ke tanah New Honda Sonic dapat dikatakan serupa dengan Suzuki Satria FU 150 ataupun ayago lainnya seperti Kawasaki Leo Star 120 yang sempat KBY tes beberapa waktu lalu.

Tidak ada keluhan dari New Honda Sonic untuk sisi ergonomi, semuanya under control dan masih nyaman digunakan untuk sehari-hari lads…

Sementara fiturnya Honda Sonic 150 sebenarnya tidak terlalu banyak, paling signifikan adalah lampu depan LED yang menyiratkan aura kemewahan plus adanya gear position pada speedometer.. New CB150R saja gada loh.. tapi sisanya seperti tripmeter dan jam absen pada Sonic 150 ini..

ergonomi honda sonic 150

PERFORMA

New Honda Sonic ini sangat asik untuk diajak pecicilan, lincah dengan performa yang mantap.. nafasnya dari bawah hingga sekitar 8000 rpm nyaris tak ada jeda..kecuali ketika mulai menyentuh redline.. Sangat terasa kalau mesin ayago baru andalan Honda ini ‘dikebiri’ performanya..

Andai limiternya Honda Sonic 150 ini bisa digeser lagi, lecutan tenaganya pasti masih ada lads.. Mungkin sengaja untuk keperluan balap dan sejenisnya sang performa serta limiternya dapat digeser sehingga dapat mencapai performa maksimal.

Transmisi New Honda Sonic 150R layak mendapatkan acungan dua jempol lads, sangat empuk dan halus serta sigap! Mencoba nakal dengan melakukan perpindahan gigi ke yang lebih tinggi di rentang RPM 5000 dan 8000 tanpa menarik tuas kopling, tak ada hentakan berarti, 2 ke 3, ke 4 hingga 6 semuanya masuk dengan mulus.. Top deh! Kecuali ketika mencapai redline, mulai ogah dan kudu menarik tuas kopling hehe..

Sementara baiknya respon mesin yang disalurkan ke ban belakang, terbukti dengan mudahnya si New Honda Sonic ini melakukan wheelie lads..

Honda Sonic Wheelie by kobayogas.com 3

HANDLING dan KENYAMANAN

Setali tiga uang dengan Satria FU 150, Honda Sonic lincah meliak liuk di kepadatan lalu lintas. Sementara settingan suspensi mono shock nya pas untuk jalanan ibu kota yang bervariatif. Ada catatan kecil saja ketika RPM New Honda Sonic 150 bergerak menuju 7000, terasa getaran halus pada setang, tidak sampai mengganggu namun ya terasa.

Ketika diajak menikung rebah hingga sepatu menyentuh aspal, New Honda Sonic 150R menurut saja, tentu tergantung kecepatan sebelum memasuki tikungan ya. Kalau kebanteran ya ndlosor wkwkwkwk…

Seperti pada sesi test ride New Honda Vario 150, KBY dan Mang Eno Anderson kembali berpelukan eh berboncengan.. tak lain bertujuan untuk mengetahui senyaman apa dalam kondisi berduaan…

baca: Test Ride dan Kupas Tuntas New Honda Vario 150

Sebagai pengemudi, KBY merasakan kenyamanan yang lebih cukup yang dihadirkan oleh New Honda Sonic ini lads, bantingan suspensi terutama belakang ternyata empuk dan nyaman.. Jika ditanya pegal atau tidak, tentu tidak karena test ride Sonic 150 ini kan hanya sebentar. Namanya setang clip on KBY rasa lama kelamaan akan pegal juga.

Sebagai boncenger, jok belakang New Honda Sonic mirip dengan Honda Beat rasanya, maklum joknya Sonic mengecil di belakang, kenyamanan bukan yang utama untuk duduk berlama-lama di atasnya. Hanya ayunan suspensinya cukup membuat nyaman boncenger lads..

Baca Artikel selanjutnya seputar Performa Pengereman New Honda Sonic – Diluar Dugaan.!

THE VERDICT

Opini KBY, Honda telah sukses menciptakan ayago yang sesuai ekpektasi sasarannya, yaitu anak muda dengan usia 16 hingga di bawah 30 tahun. New Honda Sonic 150 ini lincah, tenaga sangat mumpuni, handling oke, desain dan fitur memuaskan dengan harga jual Rp. 20.9 juta yang masih masuk akal.

Kini para kawula muda memiliki dua pilihan sepeda motor berjenis ayam jago.. keduanya nyaris sepadan dengan kemenangan ada pada New Honda Sonic dibanding Suzuki Satria FU. Tak lebih berkat desainnya yang lebih fresh, fitur modern dan spesifikasi mesin setingkat di atas akibat penerapan radiator.

Mana yang dipilih? Tentu terserah lads saja, kan lads yang punya duit hehehe… Yang jelas, Suzuki Satria kudu waspada dan harus berbenah…

pake neo magenta cucok ga boooo :D
pake neo magenta cucok ga boooo 😀

Baca juga artikel lainnya tentang Honda Sonic 150 lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

141 KOMENTAR

  1. Photo terakhir pas naik neo magenta, kang kobay tarik nafasnya berapa menit tuh supaya kelihatan sixpack gitu, coba bandingkan sama pas naik yg merah! Peace…….

  2. om btw itu sp yg pke cbr 600 ya? kok nggak pke helm?
    gile bawa moge nggak pke helm
    kurang safety
    oh ia rentang rpm 8000-10000 power terasa drop ya om? limiternya 10000rpm /10500?
    thx om kobay hehe

  3. Tulisan sangat enak dibaca.. Seakan merasakan sndiri impresi Honda sonic.. Enak ya jadi bloger kenamaan.. Bisa icip2 duluan.. Saya yang gotong partnya aja belum pernah.. He he

  4. Numpang tanya mang lebar velg sonic depan belakang berapa ya? Belom ada yang bahas ini…makasih.

  5. jadi masalahnya ada 2 ya. buntut supra sama bukan matic. hahahahha. tapi kalo gue lagi nyari motor jenis ini ge beli sonic yg repsol sih. untuk saat ini. karena dah bosen sama satria.

  6. mang,,,atletis bgt yah fotonya 😀

    dari artikel diatas dpt disimpulkan minus sonic:
    1.material plastik khas ngahaem (u know lah)
    2.mesin dikebiri (utk jaga durability)
    3.jok keras (batu disarungin gk y)
    4.stoplamp jelek 😆

    mgkn ada yg bs menambahkan?
    :mrgreen:

  7. Mang kobay sebutin kekurangan honda sonic setelah test drive dong dari segi performa.kayaknya impresinya bagus2 semua. Tertarik minang ni motor

      • kok menurut saya beda yah, redline itu batas aman mesin, kalo masih ada yg ngelewatin batas aman, dibatasi sama limiter, toh pulsar 135ls ane redline 10k tapi limiter pernah sampe 12k *udah bergetar kayak megang blender itu

        • posisi standar, (biasanya) digeber malah gak bisa lbih dari redline… pas redline dah batuk2 mang… tp bisa jadi juga redlinenya cuma sbg wanti-wanti (gimmick) tapi limiternya sbnrnya bisa lewat dari redline pada prakteknya. gimana produsen aja sih settingannya.

  8. Mantap kang kobay…. Nice review!!
    Pengen beli, tapi umur sepertinya udah ga mendukung & takut tuh motor nanti keliatan kekecilan kalo ane naek,heheh…. lebih prefer ke sport batangan or big matic macam NMAX or PCX!!

  9. Reblogged this on BIKERSHOOT.COM and commented:
    Mas bro dan mbak sist sekalian.. berhubung admin bikershoot juga belum dapet kesempatan mencicipi new sonic 150R, maka pada kesempatan kali kini admin hanya share aja hasil review diri lek KBY yang udah pecicilan di atas light sport ini.

    Kenapa saya share hasil review lek KBY,??? simple aja mas bro dan mbak sist.. secara visual photo, lek KBY punya postur yang lumayan gedhe.. (nggak tahu aselinya, belum pernah ketemu sih). dan punya nyali pecicilan diatas new Sonic 150R,.. Ngelihatnya sih lek KBY begitu enteng bikin new sonic 150R jumpalitan. So.,, dengan dibekali engine baru yang almost square, new light sport dari honda punya kans untuk menggoyah pasar satria FU..Sebagian besar pengamat berpikir demikian., namun lihat aja nanti data realnya di bulan pertama setelah launch dan bulan-bulan berikutnya.. Untuk sementara itu.. monggo simak aja review dari Lek KBY berikut ini.,

  10. Bknnya kudu waspada aja, tapi ke laut aja. Lha…mentang2 kaga ada pesaing jadi motornya gitu2 aja, gak ada penyempurnaan berarti. Semua pabrikan mah sama aja, kl gak ada saingan ya leha2 aja, konsumen diksh produk yg seenak dengkulnya aja. Tipikal banget… Gak perlu lah kita sampe fanatik buta ama merk!

    • setuju, fanatik buta mah gak asik, cuma bisa mencibir liat produk lain.. padahal kalau udah nyoba dan suka, duit ada, ya beli aja… hehehe.. enak bisa nikmatin berbagai jenis motor toh?

  11. sukanya baca review blog ini mah kalo
    ngulas detail…yg jelek dibilang jelek.
    bagus dibilang bagus. siplah 😀

    Bsok lagi kalo tesride ajak2 lah…mumpung dah di jakarte nih :p

  12. Dengan harga 20,9 juta saya rasa agak kemahalan barang sedikit. Tapi ya membaca review dari om KBY saya rasa motor ini sangat layak untuk dibeli. Walaupun bukan mesin overbore, tapi saya rasa dengan kondisi jalan yang semakin lama semakin padat dengan kendaraan, pemilihan mesin square akan cocok. Torsi yang cukup besar untuk perkotaan tanpa kehilangan performa yang terlalu signifikan. Ya mudah-mudahan para pesaing bisa menjadikan motor ini juga sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas produknya. Satria F dan MX King 150 mendapat pesaing yang cukup sepadan.

    Salam satu aspal, keep brotherhood. 😀

  13. 21 juta kemahalan

    plastik tifissss daur ulang dan part kebiri lainnya
    bentuknya kayak petrukk

    mending Satria FU sekalian yg lebih murah
    atau Jupiter MX King dah Valuenya dapet

  14. Suzuki satrai fu itu mesinnya cepat rontok,klep bunyi bunyi berisik,kualitas material rendah dan kurang presisi.akibatnya mesin kasar oli mesin cepat berkurang. Masak belum 3 tahun udah ngebul. Kalo gak percaya coba aja pake satria fu anda sampai 2000 kilometer. Habis itu ukur olinya,apakah sampai 1 Liter? Saya yakin pasti berkurang drastis.padahal mesin masih baru.satria fu dari ketahanan mesin memang parah,tampang mesinnya gagah tapi manja alias bencong.dikit dikit merengek minta ke salon…eeeh… Ke bengkel.

  15. nanya om kobay?

    tu pelampungnya om kobay kok ga dicopot?
    apa ga menggangu ya?

    hehehehe…. just kidding…

  16. mang kobayogas g buat artikel cb 150r??
    kok yg d bhas cuma sonic aja??
    apa bagi” job sama mbh iwb y 😀 ?

  17. Vega zr yg terbaik, bisa belanja beras 1 sak, telur 2kg, ayam potong 1kg, sawi 1 buntal, kubis, brambang bawang, terasi, gula, cilok 5.000 dll.! Bensin irit, tangguh & g kalah lincah saat menghadapi kemacetan!!

  18. […] ” Opini KBY, Honda telah sukses menciptakan ayago yang sesuai ekpektasi sasarannya, yaitu anak muda dengan usia 16 hingga di bawah 30 tahun. Honda Sonic150 ini lincah, tenaga sangat mumpuni, handling oke, desain danfitur memuaskan dengan harga jual Rp. 20.9 juta yang murah untuk ukuran sport 150cc dengan fitur berlimpah, ni motor paling nyaman dari sisi ergonomi karena pendek!! Karena ergonomi setang dan jarak pijak ke tanah New Honda Sonic dapat dikatakan serupa denganSuzuki Satria FU 150ataupun ayago lainnya. Tidak ada keluhan dari New Honda Sonic untuk sisi ergonomi, semuanya under control dan masih nyaman digunakan untuk sehari-hari. New Honda Sonic ini sangat asik untuk diajak pecicilan, lincah dengan performa yang mantap.. nafasnya dari bawah hingga sekitar8000 rpm nyaris tak ada jeda.. kecuali ketika mulai menyentuh redline.. Sangat terasa kalau mesin ayago baru andalan Honda ini ‘dikebiri’ performanya. Sementara baiknya respon mesin yang disalurkan ke ban belakang, terbukti dengan mudahnya si New Honda Sonic ini melakukan wheelie. ” tuturnya pada postingan disana […]

Yuk Tinggalin Jejak Lads..