kontes layanan honda-2

Kobayogas.com – Hola lads… Menarik untuk mengetahui sedikit sejarah industri otomotif roda dua terutama Honda.. Lebih dari 4 dasawarsa mereka berada di Indonesia, tapi motor apa ya yang pertama kali mereka buat?

Jujur saja, KBY pun awalnya tidak tahu motor apa dan dari jenis apa yang pertama kali dibuat dan diperjual belikan oleh Astra Honda Motor (saat itu namanya masih Federal Motor kali ya? cmiiw). Nah ternyata ada satu jawaban nih lads terhadap pertanyaan sepeda motor apa yang pertama kali diproduksi oleh Honda di Indonesia? motor batangan? bebek? atau malah skutik? 😛

Ketika KBY berkunjung ke pabrik Astra Honda Motor di bilangan Cikarang, tepatnya plant 3, di area lobby yang cukup besar, terdapat beberapa penampakan motor buatan Honda dari awal sampai akhir!! Termasuk ya motor yang akan kita bahas ini.. Motor yang pertama kali dibuat oleh Honda di Indonesia sesuai dengan data yang ada adalah Honda S90Z..!!

Kontes Layanan Honda Nasional 2015 – Meriah!!

Honda S90Z berdasarkan informasi yang tertera pada bagian depan motor merupakan motor pertama yang dibuat dan diperjualbelikan oleh Honda di Indonesia. Dibuat pada tanggal 11 Juni 1971 dan disebut sebagai “1st Honda Production”

Menurut wikipedia, Honda S90Z sudah lahir sejak tahun 1964 dan berakhir mengemban tugasnya pada tahun 1969. Honda yang juga memiliki nama lain sebagai Super 90 atau Sport 90 ini disebutkan memiliki spesifikasi mesin sbb: kapasitas mesin sebesar 90 cc (89 cc) SOHC, bertenaga 8,02 HP @9500 dan torsi 6,37 Nm @8000. Memiliki 4 tingkat percepatan, dengan pengoperasian seperti motor sport masa kini pada umumnya, yaitu satu ke depan dan 3 ke belakang..

Sementara itu, kecepatan maksimum yang dapat diraih oleh Honda S90Z ini dikatakan sekencang 100 km/ jam..  Wehh jaman dulu lari segitu ya kenceng lah ya.. Untuk bobot kosongnya adalah 80 kg.. hihihi enteengg… Sedangkan bore x strokenya adalah 50 x 45.6. (sumber: www.mbike.com).

Nah itulah sejarah singkat dari motor produksi pertama Honda di Indonesia.. silakan dipelototin motor bersejarah ini lads… Honda S90Z tahun 1971..!! Keknya babeh dulu punya ini deh waktu ay usia setaunan 😀

Honda S90Z

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

57 KOMENTAR

  1. coba klo yamaha gk nongoli jupiter z, mx, mio, byson jg v-xion serta jaminan parti pasti motor honda yg ada dietalase d atas masi diproduksi sampe sekarang begitu pula dgn megipret serta tigong mang. ngoahaha ..

  2. “Honda S90Z berdasarkan informasi yang tertera pada bagian depan motor merupakan motor pertama yang dibuat dan diperjualbelikan oleh Honda di Indonesia. Dibuat pada tanggal 11 Juni 1971 dan disebut sebagai “1st Honda Production”

    Menurut wikipedia, Honda S90Z sudah lahir sejak tahun 1964 dan berakhir mengemban tugasnya pada tahun 1969.”
    ——-
    Gagal paham ane ???

      • Pikiran buruk saya, berarti, sejak dulu memang Indonesia dibuat “pasar buangan” oleh Honda.

        Kalau tidak ada kompetitor yang gigih seperti Yamaha, bisa jadi, motor2 yang berseliweran di Indonesia sekarang adalah motor berteknologi usang.

        …….

      • Saya pertama kali pake honda super cub 800 yg kl dibawa ke gunung pas pulang gamau hidup krn platina geser.

  3. mang, itu dari s90z kok langsung astrea gran-supri-risma…
    lah bektu sama astrea prima emang bukan bikinan indo kah ??
    eh satu lagi ASDAP, ada yg tau ?
    sebelum grand ada ASDAP dulu da..

  4. mang kobay, itu kok gak lengkap ya urut2annya…
    kirain menurut ane s90z-BEKTU-C70-PRIMA/STAR-ASDAP-GRAND-LEGENDA-SUPRI 100-RISMA-KIRANA-SUPRI 125-seterusnya pada tau lah ya (megi dan tigor, blade dll)

    etalasenya gak lengkap, atau yg ane sebut ada sebagian yg cbu or ckd.an gitu om ?

    ane pengen tempe #eh tahu
    makasih om

  5. wuih ada astrea grand stripping ijo persis pny ane tahun 97an..
    jadi pengen beli lagi

  6. Honda jaman dulu malah awet”, jaman skrg malah gampang protol sama catnya nglotokkan hehehe. Jujur lho

  7. Cool retro bike! motor kaya gini memang harus di musium-kan kalo gak bakal hilang virginitas-nya krn tercemar parts kanibal dari motor lain.. yg masi berkeliaran di jalan dipastikan udah hasil mutasi parts motor yg lebih baru.. bakal interesting juga kalo figurnya disandingkan dgn honda win.. hasil transformasi 1 dasawarsa.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.