banner

 

hayate-skywave

 

Suzuki sempat memiliki satu jenis skutik yang sebenarnya cukup wah dan mumpuni, baik dari sisi desain, utilitas dan performanya..yaitu Suzuki Skywave dan Suzuki Hayate

Kobayogas.com – Hola lads.. Sejarah Suzuki Skywave 125 hadir pada tahun 2007 dalam memenuhi panggilan tugasnya yaitu menemani Suzuki Spin yang bertarung sendirian menggempur pertahanan Yamaha sebagai market leader skutik saat itu dan juga Honda yang mulai menggeliat..

Market share Suzuki sempat meraih angka tertinggi yaitu sebesar 13,11% di tahun 2008 lalu, setahun setelah kelahiran skutik ganteng dual shock, Suzuki Skywave.. Tahun kebesaran Suzuki dari sisi market share penjualan skutik saat itu..

Merasa memiliki harapan cerah ke depan, pada tahun 2009 Suzuki Indonesia kemudian menambah lagi armadanya dengan menggelontorkan Suzuki Skydrive ke pasar.. lahir guna melengkapi duet berprospek cerah, Suzuki Spin dan Suzuki Skywave..

Sayang sekali, usahanya membentur dinding, bukan karena ketiganya, Spin, Skydrive dan Skywave merupakan produk buruk, namun lebih karena sang pemimpin pasar yaitu Yamaha bersama saingan terberatnya, Honda.. berbenah betul-betul akan produk matiknya..

SUZUKI SKYWAVE YANG MENAWAN

KBY tidak akan membahas lebih lanjut soal market share penguasa roda dua di tanah air tersebut, namun akan berdiskusi tentang satu produk skutik Suzuki yang menawan menurut KBY pribadi, yaitu Suzuki Skywave… Sebenarnya apa sih yang kurang dari dia?

Di saat Yamaha Nuovo melempem dan Yamaha mengabdikan dirinya untuk membangun kerajaan Mio, Suzuki Skywave hadir dengan segala keunggulan yang sebenarnya tidak dimiliki oleh para kompetitor saat itu! Coba catat beberapa keunggulan yang KBY ketahui akan Suzuki gelombang angkasa ini..

  • Model besar, gagah, ganteng dan menawan
  • lampu rem LED, satu-satunya di kelasnya
  • Bagasi helm in, kedua setelah Yamaha Nuovo (skutik Jepang)
  • Utilitas besar
  • Tenaga terbesar dan cukup efisien
  • Kapasitas mesin terbesar
  • Lampu paling terang
  • Dual shock yang lebih nyaman dan stabil

Mungkin dosa terbesar dari Suzuki Skywave yang membuat dirinya gagal adalah dek nya yang tidak rata.. saat itu (bahkan sampai saat ini sebenarnya) masyarakat say no kepada matik dek tidak rata, ribet gak ringkas, gak bisa angkut banyak barang they said.. Ya memang, Yamaha Nuovo saja bisa dikatakan gagal..

Bahkan penerus sang Suzuki skywave 125, yakni Suzuki Hayate di tahun 2011, malah ambles karena penampilannya dikatakan malah lebih buruk dari pendahulunya.. sigh..

Okey, cut the crap lads…cukup sudah mukadimahnya.. nah sekarang, matik bongsor sebenarnya sedang menggeliat lagi, tengok Honda New PCX dan Yamaha NMax yang penjualannya fenomenal… Suzuki sebenarnya memang memiliki produk di kelas ini, yaitu Suzuki Burgman 200.. namun kelasnya berbeda dan terlalu mahaaalll…beda dengan kelas Suzuki Skywave..

Nah, apa Suzuki tidak tergiur kembali terjun? PT. SIS memiliki modal yang cukup kuat loh sebenarnya, pengisi gap antara Suzuki Spin dan Suzuki Burgman tidak ada.. bisa diisi oleh New Skywave.. pertanyaannya berani kah Suzuki?

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

103 KOMENTAR

  1. Tarikan bawah nya lemot, walaupun napas nya panjang dan paling stabil kalo ngebut.
    Org sini demen nya yg kayak beat, gas dikit ngacir, biarpun geter nya bukan main, body cungkring + napas pendek bener

  2. skywave emang matic paling bagus yg dibikin suzuki. setelah skywave distop keluar skydrive. skydrive menurut saya parah banget desainnya. kayak moncong bebek depannya. body belakang juga lebar gak jelas wkwkwkwk…

    setelah itu keluar hayate rada mendingan lagi. semoga selanjutnya lebih bagus desain produknya 😀

    • Absen skywave yang sudah 8 tahun menemani. mesin dan cvt tetap selembut kapas. semoga suzuki berani produksi new skywave. klo ada, pasti saya beli. salam kenal ya kang

  3. Dah ada tuch generasi penerus skywave, Suzuki Impulse 125 fi, dasara weh suzuki dah mati suri ga dimasukin kesini! mentalnya sdh down! wkwkwkwk..
    konsumsi bbmnya..
    Skywave vs Nouvo
    Premium iritan Nouvo, skywave kl pake premiun mesinnya ngorok parah, ada bunyi2 an kletek2 n klotok2 kerak mesinnya parahhhh…
    pertamax+, V power n Total performace 95 jauh iritan skywave! ngoroknya jauh berkurang, suaranya halus spt mesin obras! suara klotok2nya hilang! pake oli mobil, Shell Hx8 aplg Shell Helix ultra.. coba dech…. ga akan nyangka skywave bisa sangat nyaman….. boleh diadu sama metik lainnya….

  4. skywave motor matic yg enak….
    tarikannya mantab….
    agak boros….
    susah nyari ban ring 16…
    kalo udah berumur bermasalah dgn starter tangan dan cvt…
    buat bertiga enak… malah ada yg berlima….
    kalo lepas gas seperti meluncur….
    diajak nikung stabil banget!
    spare part mahal khas suzuki….

    #pernahpakaikrnadaygpinjamduit.

  5. imo skywave ini matic suzuki yang paling sering kelihatan..
    pernah dibilangin tetangga yang punya matic honda kalo dia ngiler sama speknya suzuki skywave.. tapi ya gitu,ilernya ilang gara” merk nya suzuki.
    just share 😀

  6. Skywave? IMHO, dialah perintis matic (agak) “selonjor” utk market indonesia setelah Nouvo 😀

    Saya baru kesampaian nyicipin di era Hayate selama satu tahun.
    Itupun terpaksa saya lepas tahun lalu utk renovasi teras rumah persiapan kandangnya mbok lusi.

    Buat Suzuki R2 di Indonesia, sumber daya (resource) mereka masih jauh dari harapan utk bisa mengelola multi varian dalam satu type produk matic (di type sport juga gitu deh).

  7. Motor enak….

    Nyaman buat dipake orang yg beratnya diatas rata2x dan tinggi 170an. Drpd pakai beat, mio (maap bukan maksud ngejelekin).

    Mau agak kenceng tinggal ganti sehernya oversize 57 klo gak salah jdi 140an ccnya paki punya KLX150.

    Kelemahannya mnurut gw agak boros aja.. dan sparepartnya mungkin lebih mahal dibanding honda dan beat.

    Harga jual jatoh rata2x 5-7jt. Tp nyari kondisi yg masih bagus gampang2x susah.

    Gw sendiri bli dri baru ud 6 taun pakai harian.

  8. Sepertinya orang males ngerawat nih motor gara2 harga suku cadang yang mahal dan ga jarang untuk fast moving parts pun harus inden. Ukuran bannya juga ga umum.

    Pengalaman pake hayate, yang pake rangka dan mesin yang sama dengan skywave, nih motor nyaman, bagasi luas, dan bandel. Nerjang genangan air setengah roda juga asik2 aja. Cuma ya itu lah, pernah sekali servis beresin CVT habis 400 ribuan.

    Produk bagus tapi beberapa fitur ga sesuai sama selera konsumen kita.

    • Part fast moving apa yg inden om?
      Sy ganti bohlam t10, headlamp, busi, kampas rem, kampas kopling, belt cvt, aki, kabel rem, ada semua tanpa inden kok. Bahkan reflektor pun tersedia.
      Beresin cvt 400rban itu rinciannya apa?
      Merk lain paling2 juga segitu2 juga.
      Harga part mungkin lebih mahal, tapi durable.
      Selain yg disebutin di atas dan ban, seingat sy selama 4,5 tahun blm pernah ganti part n masih nyaman.

      • Waktu itu busi sama belt cvt bro. Lagi apes aja mungkin. Soal cvt 400 ribu saya lupa rinciannya apa aja. Yg jelas ada belt, trus yg bentuknya kayak mangkok ga tau namanya apaan. Plus yg bulet2. Maap bukan ahli mesin. Hehe

      • Monggo dibaca lg klo mank harga spareparts skywaveny mahal (http://eparts.suzuki.co.id/Default.aspx). Ane sndiri udh hampir 5 tahun bulan 12 ini ganti kaleng ga mngalami hal yg serius. Oli mesin slalu pakai Enduro Matic & gardan stahun sekali ganti. Servis slalu dibarengi dng servis CVT stahun 2x. Ganti Filter udara rutin stahun skali. CVT 2 thun sekali. PP kantor 35 km plus weekend 50+ km rata2. Bensin skarang hanya premium stahun balakangan ini 🙂 So far ane puas lah dng performa & model yg g bosenin. No ngorok pstinya klo dirawat dng benar 🙂

  9. ada sedihnya dan ada senengnya juga sih sebagai pengguna hayate .. sedihnya nungguin kapan ada all new hayate tetapi senangnya motor hayate ku jadi ngga mainstream di pakai wara-wiri di bogor percaya apa ngga, banyak yg ngelirik dan pernah ada yg nanyain motor apa ini di lampu merah hehehe .. mungkin karna motornya masih mulusss kali ya .. itu kalo pas pake hayate nah klo lagi pakai Jupi MX mah biasa ajah yang ada di blayer2 satria FU!!

  10. Wah… kalo ada artikel Skywave/Hayate mah saya kudu nimbrung atuh… hehehe… Saya pernah 3x beli Skywave dan 2x beli Hayate. Kenapa begitu? Krn kaga ada skutik yg bisa bejaban dan sesuai utk gantiin skutik ini. Bandelnya bkn main. Riding style saya kl bawa skutik ini kyk gaya pake RX-King + KLX, wkwkkwkkkkk….. kebayang kan gimana saya nyiksa nih motor? Tp dia mah ayo aja. Matic lain kl ketemu banjir mah udah jiper duluan, matic ini mah ayo aja… Malah sering lht matic merk lain yg selip CVTnya pas nerjang banjir. Daya angkut dan tenaganya luar biasa, sering saya pake utk boncengan bini plus 3 anak saya ke rmh mertua yg lokasinya di komplek sebelah atau jln2 sore di komplek. Sering jg dipake utk belanja bulanan di Superindo bareng bini dan 2 anak saya plus belanjaan seabrek, sampai org2 di jln yg lht pada geleng2, kurang penuh katanya, wkwkwwkkkkkkk…….
    Semua Skywave dan Hayate eks saya skrg ada di tgn tetangga dan temen2 kantor, dan semuanya sehat walafiat walau ada satu yg dipake PP Depok-Daan Mogot. Semuanya puas tuh, pada bilang mantap, hehehe…
    Sekarang lg nyoba adik barunya si Address yg secara akomodasi sih mencukupi, walau agak ragu ama shock blkgnya yg cuman satu. So far sih puas ama Address. Akselerasinya OK, mesin halus dan handling mantap stabil (note: ban udah ganti Michelin Pilot Street lho ya, gak tau kl pake ban merk lain, hehehe…). Yg pasti sih BeAT udah gue beat bbrp kali di jln, wkwkwkwkkkkkk……
    Dosanya Skywave dan Hayate cuman satu: merknya Suzuki…!!!

    • Kalau sudah bicara dua merek itu ngeluarin yg sama, tentu pilihan makin sulit, yg terbaik menurut saya yg pts dibeli, kl pemenangnya skywave knp gak? ?

  11. ehehehe….klo matic suzuki, pernah miara spin 125, sama skywave, spin ganti hayate, skywave ganti sym shark 150,……sama mah puas lah make merek matik suzuki kecuali skydrive blm pernah miara….sofar matic suzuki menurut saya ajib, beratnya ngak ketulungan, sama seeh sym juga berat euyyy,
    .tarikan bawah rada ngeden, tapi klo spedometer udah nunjuk angka 40-50 tarik gas, hayoooooo hahayyyy
    .wenak klo boncengan sama bini sama anak, tp masih enakan sym shark hehehehe lebih gede
    .sparepart menurut saya ngak mahal mahal bingit kok, coba bandingin vario 125 or xeon, masih sama kok, ada beberapa part yang lebih mahal, or lebih murah.
    ribet klo ban bocor, nyari ban dalemnya, or tukang tambel kadang males bongkar….jeritan hati
    so far sekarang miara hayate sama sym shark…..hayate tahun 2012, masih kinyis kinyis, putih, velg putih, make spion tigor hehehe manteb,susah nyari aksesorisnya…..
    kedepan harepan saya suzuki bawa masuk or bikin model kayak SIXTEEN (kembarannya SYM SHARK), gede, ban 16 tp lebar, bagasi gede, dek rata plus handle bar belakang udah plukin sama box…..pasti ajib, dan saya pasti beli wokwokwokwok……..curcol

  12. dulu pernah pake skywave th 2007 dan skrg dah ganti address,,,!! semua kenyamanan yg ada di skywave ada di addres,,,!! sperti jok lebar,helm in dan walaupun singgle shock n agak enak enak buat cornering,,,
    keunggulan address mesin responsif putar dikit gas lngsng laju,,, irit karena sudah injeksi dan mesin lbih halus,,,,!!
    tp tak dpt di pungkiri skywave emg ngangenin,,,

  13. Motor bini Ane tuh Skywave..
    Ajibb emang, enak banget buat jalan jauh.
    Body bongsornya bikin lebih pede di jalan.
    Berharap ada penerusnya

  14. Komen KBY dulu: Stoplamp LED Skywave abadi.
    Setuju, smpe skrg di Indo, blum ada moped/metik yg stoplamp nya sekeren Skywave.
    Kalem, elegan, teduh dan berkelas.

  15. dulu naksir sih,,cuman sama ortu dibeliin new smash,,gegara mindset matic itu boros
    sebenernya mantep line up maticnya suzi dulu,,yg kecil ada Spin,,yg gedean ada skywave ini,,sayang malah nelurin skydrive dan spin gak difacelift

  16. Sampai sekarang masih pake skywave (lokal) 125, sori ya kalau hayate (lokal) mah versi specdown-nya skywave (lokal) dari kualitas plastiknya aja udah beda. Di jalanan masih banyak yg pake soalnya awet, bandel, sarat teknologi dari mulai yg gak keliatan kaya lapisan keramik di linernya….sampai bisa helm in (tanpa dibalik) wkwkwkwk….shocknya empuk ya iya double tube tapi model di dalam jadi ada 2 layer outer dan inner….sebenarnya kalau suzuki niat model ini di update aja deck jadi rata, atau deck nongol tapi jadi tangki bensin luar udah bisa nampolin vario….sayang kagak niat sih suzuki malah sibuk ber-satria-ria…..skywave itu layak ditaruh sebagai produk suzuki yang legend bersama RGR, tornado dan shogun kebo….

  17. Jadi ragu mau jual Skywave tahun 2008 ane, he he … yah tapi karena ada kebutuhan mendesak terpaksa harus di jual secepatnya….mudah2an nanti bisa kebeli skywave lagi…. mumpung belum semahal nouvo….

  18. huehehe tertarik ambil Hayate karena ring 16 dan dual shock…kebetulan saya tinggi badan 178cm, jadi metik yang cocok ya cuma hayate
    udah 1 tahun make (beli dr baru krn murah hehehehe) sih puas aja…walaupun secara fitur teknologi kalah ama vario hehehehe

  19. sy nyemplak Hayate br 2 taun. sbnrnya ane iri sm spek Skywave tp kl dari desain ane suka Hayate. Pantatnya bahenol 😀 Uda gitu nyaman pol, dibawa ke puncak Ber3 nanjank2 hayu 😀 (jangan ditiru) bensin 1:25 dalkot. double shock anti ambless. jok lebar selebar landasan, sampe jinjit 😀 Helm in tanpa embel2. Seat lock integrate di starter key, ga perlu cabut pasang kunci hehe. ada tulang tengah buat pijakan anak ane. bnyk yg ga demen nih pdhl mnrt ane fungsi bgt buat struktur apalagi, anti goyang!

    • skrg parts2 skywave uda nemplok di yate ane :
      – Switch lampu (non aho)
      – foot peg boncenger
      – metal cover muffler

      pengen :
      – kaliper rem depan double drum. syg mahil 😀

  20. Memang bener Hayate adalah specdown Skywave. Contoh: stoplamp LED jd bohlam, cover knalpot stainless jd plastik, kaliper 2 piston jd 1, footsep boncenger aluminium berkaret jd polos kecil, switch lampu jd AHO, spakbor depan model sport jd model bebek, speedometer sporty jd kalem. Tp dr segi teknis, Hayate unggul di: Kampas kopling lbh panjang shg mengurangi gejala slip, variator ada tmpt grease, ada fueltank inlet, tp smw bisa di appl di Skywave scr PnP. Masing2 ada -.
    Tp, segi desain Skywave jauuuhhh lbh menawan dr Hayate, IMHO.

  21. Whuidih akhirnya skybee ane diliput juga ama KBY, kirain cuma oli sesat doang,.. xixixixixixi,. Jadi ingat sktr 3 thn lalu servis dadakan di bengkel dkt ambassador, mpe engkoh yg punya nanyain klo motor ane itu motor apa? Hihihihihihihi,.. pokoknya secara kestabilan tetap pegang sw dengan dualshocknya, mesin yg ngegerung dibawah msh nahan, bisa diakalin dengan ganti kampas koplingnya hayate serta ganti per cvt atau pemakaian roller yg lebih ringan,.. utk naikkin kompresi monggo pnp dgn penggunaan piston smash yang jenong,.. jeleknya suka ditolak oleh lae2 klo mau tambal ban (utk yg tube tyre) slnya bnyk bener yg dibongkar trus ngedorongnya lumayan bikin tangan pegel,… kalo mau lebih tau ttg skywave bisa maen ke fb SOC (Skywave Owner Club),.. salam from SOC#113 (itoy-skybee)

  22. kalo dibandingkan dgn nmax atau pcx bukannya bandinganya ke suzuki burgman ya ? btw sebetulnya penerus hyate sudah ada dan sudah injeksi cuman belum masuk sni aja namanya suzuki impulse

  23. Model dek yg tidak rata?? inilah salah satu keistimewaannya, kalau yg punya SW125 atau Hayate 125, pasti merasa nyaman kalau bawa anak2 di depan (bukan buat pulkam loh), anak sy (ada 2), selalu nyaman kalau duduk didepan, kalau sy liat metik2 lain yg “maksa” bw anak kecil di depan (maaf ya saya maunya ketawaa terbahak2 plus kasihan) masa anak2 itu jongkok, malah ada yg duduk di dek, kasiaan sekali. Yg benar SW125 sangaaat tidak diketahui org2 kebanyakan, mereka heran kok ada tmpat duduknya, apalagi pas liat bagasinya yg super besar, o iya, dek yg tdk rata ini nyaman juga buat bawa2 karung, beras, galon air, karena posisi kaki yg tidak terganggu barang2 itu, sering liat org2 bawa barang atau karung pake mtik2 biasa, hadeuuh kakinya malah kebelakang, sangat tidak nyaman setelah dicoba haha…

    • Oiya, kenapa ada yg nolak tambal ban (blkang) sw125, kan tambal ban aja gak perlu buka velg nya, ban dalamnya aja di congkel bgt, soalnya dulu pernah bocor, skrg Alhamdulillah dpn-blk dan tube less..

  24. Emank suzuki terkenal bandel bngt, gw aja dulu jual shogun sp kayaknya nyesel bngt dijual truZ ganti pake tvs apache yg getaranya luar biasa beda jauh dengan shogun gw dulu yg minim getaran. Makanya pas mau ganti motor vario bini, gw kekeuh buat ganti pake address. Ternyata pilihan gw tepat address motornya ramping bagasinya luas bngt tambah suaranya halus n minim getaran. Minusnya cuma terlalu ceper tambah cc nya cuma 113

  25. Pertama beli matic ya skywave ini dari hasil melego cs1 yang bikin capek buat macet2an ibukota, maklumlah namanya juga motor kopling. Dulu beli sekon juga karena ini yg paling murah dibanding merek2 lain.
    Begitu dipake lha kok enak tenan, malah niatan utk jual lagi malah batal. Jadilah sampe sekarang ane masih pake ini motor.
    Saran ane kalo gak paham2 bener soal motor ini mending selalu servis di bengkel resmi gan & pake parts ori, walau lebih mahal tapi awet. Soalnya parts ori suzuki itu rada susah carinya di bengkel2 pinggir jalan.

  26. menurutku, dek tengah tidak rata tersebut malah jadi kelebihan untuk skywave karna nggak bakal buat taroh barang gede2. Jadi kelihatan motor yg bukan diperuntukkan angkut2, apalagi kulak brambang wkkkk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini