image

Kobayogas.com – Hola lads, pedoman jadwal ganti oli pertama sih jelas mengacu kepada buku servis atau buku manual kendaraan lads sekalian. Apakah valid? Seharusnya sih iya. Sudah seharusnya buku manual atau buku servis dibuat atau dicetak dengan tujuan menginformasikan kepada pemiliknya dan bukan menyesatkan toh.

image

Hanya, kadangkala, buku manual dibuat letterlecht alias plek plek dari terjemahan bahasa asingnya, ini yang terkadang belum tentu bisa diaplikasikan pada kendaraan kita, karena bisa berbeda iklim, kondisi jalan dan sebagainya. Tentu termasuk rekomendasi jadwal penggantian pelumas mesinnya.

Setiap mesin (baik motor atau mobil) biasanya berbeda jangka penggantian olinya, seperti Kawasaki Z250 dan Vespa Primavera, rekomendasi penggantian olinya menurut buku manual ada di setiap 6000 km, sedangkan Honda Scoopy FI dan New PCX pada setiap 4000km serta Honda Jazz i-DSI setiap 5000km.

Pada dasarnya rekomendasi jarak penggantian tersebut dilakukan menurut perhitungan pabrikan dengan asumsi menggunakan pelumas sesuai rekomendasi. Tidak harus sama merek olinya dengan merek kendaraannya, yang penting kualifikasinya dan klasifikasinya memenuhi standar. Contoh sbb:

1. Honda Scoopy FI 2013 dan New PCX 2014
Rekomendasi pabrikan menggunakan pelumas dengan API Service SJ (Scoopy) dan SG (New PCX) dengan kekentalan atau viskositas sama-sama 10w/30.
Honda AHM sendiri mempunyai oli dengan klasifikasi di atas dengan tipe MPX2 4AT. KBY terakhir mengganti oli Scoopy dengan milik Caltex untuk skutik.

AHM Oil spx2
contoh oli SPX 2

Servis kedua dan mengganti pelumas mesin Honda Scoopy FI dengan pelumas Caltex

2. Kawasaki Z250 2013
Rekomendasi pabrikan adalah menggunakan pelumas dengan API Service minimal SG dan viskositas antara 10w-30 s.d 20w-50.
Kawasaki mempunyai pelumas sendiri yang dinamakan KGO (Kawasaki Genuine Oil) dengan viskositas 10w/40. KBY memakai oli ini saat mendapatkan oli gratis dari bengkel dan kemudian pada jadwal berikutnya mengganti dengan Motul 5100 Ester Based 10w/40.

KGOUltimate

Servis pertama dan ganti oli Kawasaki Z250 FI

3. Honda Jazz i-DSI 2005
Rekomendasi pabrikan adalah menggunakan pelumas dengan minimum API Service SJ dan kekentalan 0w-30 s.d 20w-50.
Honda (HPM) belakangan ini mempunyai merek sendiri dari pelumas mesin yang dinamakan HGMO. KBY sendiri banyak banget gonta ganti pelumas untuk mendapatkan performa terbaik buat si njess. Terakhir menggunakan pelumas dari Cusco Full Synthetic API SM viskositas 5W-40.

Honda oil

image

4. Vespa Primavera 2014

Rekomendasi pabrikan menggunakan API Service SL dengan kekentalan 5W/40. Rekomendasi merek pelumasnya adalah AGIP.

Oli vespa

Servis pertama dan ganti oli Vespa Primavera

Jadi kapan dong sebaiknya ganti oli? Tetap, untuk pertama kali buku manual atau buku servis dijadikan patokan, jika kita menggunakan oli standar dari bengkel maka jadwal penggantian oli dari buku servis bisa dijadikan acuan, misal setiap 4000km. Tapi, jika kita menggunakan spek lebih tinggi dari yang dianjurkan, maka bisa saja jadwal penggantian menjadi lebih lama atau jauh, misal awalnya 5,000 km menjadi 10,000 km. Sebaliknya, jika kita menggunakan pelumas dengan spek di bawah rekomendasi pabrikan, maka jadwal penggantian pun akan menjadi lebih cepat atau pendek.

Selain itu, karena rekomendasi buku manual adalah untuk penggunaan normal, maka perlu dipertimbangkan juga lalu lintas yang dilewati setiap harinya, seperti lancar atau macet. Jika sering terkena macet maka jadwal penggantian pelumas sesuai rekomendasi buku servis bisa jadi tidak dipakai lagi, alias tetap saja jadwalnya menjadi lebih cepat karena beban kerja mesin yang lebih berat saat di kemacetan sehingga kualitas oli dalam mesin menjadi lebih cepat fatigue atau menurun. Dalam kasus ini jarak tempuh alias kilometer tidak dapat lagi dijadikan sebagai acuan dalam mengganti pelumas mesin.

Bagaimana dengan kendaraan yang jarang dipakai alias hanya dipanaskan setiap harinya? Kan jarak tempuhnya tidak pernah tercapai? Penggantian pelumas wajib dilakukan maksimal 6-8 bulan setelah oli dimasukkan ke dalam mesin, karena oli atau pelumas yang sudah mengendap di dalam bak mesin akibat jarang dipakai tidak baik juga bagi mesin.

Bagaimana dengan penggunaan oli diluar rekomendasi? Untuk hal ini memang butuh pemikiran khusus terutama bagi pemilik kendaraan. Informasi seputar oli diluar rekomendasi pabrikan bisa lads dapatkan di bawah ini

Ganti pelumas mesin motor menggunakan mesin mobil bensin atau diesel

Sumber spesifikasi oli rekomendasi:
Buku manual dan service: Honda Scoopy, Honda PCX, Vespa Primavera, Kawasaki Z250 dan Honda Jazz i-DSI

image

image

Silakan beropini yang sehat jika mempunyai pendapat lain lads….

Baca juga yah lads…

Posted by KobaYogas from WordPress for Android

246 COMMENTS

  1. Kalo saya biasanya di 3000km atau tiap 2 bulan. Kalo sebulan sekali bisa tekor, Motul harganya makin menggila πŸ™

  2. ane ganti oli biasa nya tiap 2000 km,pke shell ax5/enduro racing,kemaren sih nyoba pikoli,setelah 1200 km pemakaian oli tetep kental πŸ˜›

  3. kalo kendaraan jarang pake, dibawah 6000, sih biasanya ge ganti 6 bulan sekali. tapi kalo olinya biasa, paling tiap 2000-3000 km. iya nih motul lagi mahal. 135 perliter..mana butuh 1,4 liter pula.

  4. cuman sekedar saran buat penunggang motor bebek/sport yg pke radiator,baik nya pake oli full syntethic

  5. kalo saya rajin ngecek kang biasanya jika umur oli sudah 1000km saya cek kalo udah berubah warna nya udah mulai agak gelap langsung ganti ngga peduli berapa km nya…

  6. 2000 biasanya pake molto 5100 atau engga yang htec 100
    lebih dari itu rasanya udah ga enak
    kalo mobil pake cap kerang tiap 7000

    tapi di kask*s ada yang make sampai 10.000 km, dia orang minyak dan sempet ngetes lab katanya kandungannya masih oke, kalo ga salah make amsoil 0w-30 di vario technonya..gile tuh oli

  7. klo gw pake ini oms kobay :
    FK/PULSE ECO TOURING
    API : SM/ GF-4
    SAE: 10W – 30.
    di GD3 vtec manual.

    4-5 bulan sekali baru nyentuh 5000km buat ganti oli. hihihi

  8. wah bwt matik ane yg msh sodaraan sm sikupifi bang kobay diganti oli stiap 3000km,nyari aman&ekonomisnya,tdk berpatokan pd bulan yg penting sblm 3k km tk ganti.
    klo di bookman kn 4000km,kl kt org2 2000km ywdh ane ambil tengah2nya aja.

      • bukan mobilnye yang MB wkwkwkw cuma olinya doang lolos standar MB
        mau punya MB terlalu mahal buat org seumuran ane :p
        mobil mah pake mobil sejuta umat aja ane hehee
        yang penting bisa jalan hehehe

        yang berasa itu mio ane om kobay. dari yamalube ke oli yang long drain beda rasanya lebih alus lebih minim geter tenaga makin joss lebih dingin mesinnya hehhe

      • Wooohh.. gpp, tar jadi dokter benern kan kebeli, jgn lupa undang ane buat tes kekekek…

        Mesin dingin ada AC nya ya kekkeke… kidding

      • ntar test drive mobil ambulans aja yuuuuk πŸ˜€
        wkwkwkwk
        enak om org pada minggir semua
        btw oli cusco beli dimana om? di rev kah? hehee

      • wesssss ternyata kenal sama distributor oli hehehe
        kalo “oli” yang itu tau ga om? wkwkwkw

  9. klo dipake tiap hari, ganti oli tiap bulan.
    10w-30 buat pemakain jarak dekat/stop n go.
    20w-50 cocok buat jarak jauh/sering macet coz bisa tahan panas.

  10. oia, terlalu sering ganti oli kayak 2 minggu sekali atau sebulan sekali agak ngeri juga, soalnya kalo ngencengin bautnya kekencengan, kemungkinan itu baut dol tinggi, mending kalau motornya pake oil pan, kalau enggak kan ribetm mesti belah ketupat tambah daging lagi

  11. Kalo saya berpatokan km jarak tempuh 2000 km atau 2 bulan yang mana capai dulu om. Kalo seandainya menempuh 2000 km sebelum 2 bulan maka saya ganti. Tapi sebaliknya kalo sudah 2 bulan cuman belum 2000 km, yaa saya juga ganti oli om. Pokoknya yang mana capai dulu.
    Oli yang saya pakai motul 3100 15w-40 om..

  12. Kalo saya pake oli murah yamalube yg 20w-50 tapi gantinya tiap 1000 km, kemaren motor udah sampe 52 ribu km pas di bongkar buat servis besar jeroan mesin masih bagus banget. Motornya Yamaha scorpio tahun 2007 :mrgreen:

  13. mongtor inyong ganti oli tiap 4bln sekali coz mongtor’a cuman jadi pajangan aja dirumah.

  14. saya ganti oli tiap 1000km,maksimal 1300 km,pake oli murah aja mesran super,tapi semua mesin pekerja yang saya piara pake oli itu,sudah pake dari dulu sih,harganya 27 ribu :mrgreen:

    • aku pake mesran super untuk supra fit,aman aman aja.olinya berwarna kuning keruh sama kaya oli yamalube dan repsol moto 4t.maklum oli sekali penyulingan coy,ganti rentang 1500-2000 KM. sekarang motor aku daya jelajahnya udah lebih dari 100.000km (odometer balik ke NOL). baru ganti rantai kamprat sekali. mesin masih alus dan padat suaranya,tarikan juga masih kaya baru.ada yang jelas,ngapain pake oli yang belum jelas.lagian orang dulu pake nya mesran aja

  15. mas klo pakek spx2 buat scoopy stlh 4000km oli berkurang gak?beatku pakek mpx2 stlh 4000km oli tinggal sktr 600ml skrng pakek federal matic stlh 4000km berkurang sedikit.

  16. Definisi spek oli yg lebih tinggi itu yg gmn om? Misalnya, OVi ane kan pk yamalube semprot botol item.. Klo gk slah itu 10-40… Nah, yg diatasnya itu apa om? Indikatornya gt.. Thanks om

    • bisa dari API servicenya, misal Yamalube itu SL, yang spek di atasnya bisa SM atau yang sekarang paling baru itu SN.

      Selain itu juga dari viskositasnya, 5W-30 misalnya.

    • dilihat dari TBN juga. semakin tinggi semakin tahan lama dipake.
      sama liat dari viscosity index. semakin tinggi semakin bagus yang bagus itu yang diatas 180 an hehehe
      semakin tinggi artinya ya full sintetis gampangnya πŸ˜€

      • Betul, tapi full synthetis juga sulitnya kandungan aditifnya beda2.. Duit ga boong sih biasanya.hehe.
        Tapi belum tentu yg mahal cucok bow…

  17. My French car using french tyre as well the french oil total7000, rekomen pabrik setiap 10k tp sy ganti tiap 7-8k hehe..

  18. Makin muda kendaraan, (sebaiknya) makin mutakhir jg oli yg digunakan, terakhir API ngeluarin regulasi SN, di iklan yg beredar baru Pertamina yg ngelempar ke pasar dgn Enduronya..td sempet ndlogop pas disebut kalo oli standarnya Kawax “cuma” sebatas SG, tenane lho men???!!!

  19. maksudnya gimana ya suhu? πŸ˜€
    saya cm mbaca artikelnya API sih, kl diurut dr SG, SH, SJ, SL, SM & terakhir SN, makin naik hurufnya ditujukan utk mesin yg makin baru, artinya teknologi mesinnya semakin canggih & semakin presisi, disitu disebut kl SG udah kadaluwarsa, sy sendiri pake SG terakhir tahun 2005 (Petronas Mach5) buat Astrea Prima pny Bapak πŸ˜€
    Jujur kaget kl Z250 pake SG, aplg sy ga pny itu motor πŸ˜€ cmiiw ciit cuiit cuiiuiit

      • #eaaa..
        org ane bingungnya knp Z250 masi mau minum SG koq, malah ditampol balik ;(

      • iihhh bukan ditampol balik, mesin Ninja/ Z itu dasarnya adalah teknologi tahun 80-an dengan penyesuaian teknologi terkini. Jadi gak aneh kalau rekomendasi API Service SG masih melekat di buku manualnya. SG itu rekomendasi yang terendah, lebih kesini lebih baik. Mudah-mudahan ngerti yah hehehe.

      • Jiahhh……
        Mau bales tp uda ga ada tab Reply, jd balesnya neng kene wae πŸ˜€
        Betewe, jetwan ane tak cekokin lospeR Elite Multivalvulas 10W40 seliter 85 rebos, any comment? πŸ˜›

    • Thanks sharingnya, belum pernah ngalamin kalau oli gratisnya boleh dibawa pulang atau gak maaf hehe.

      Tempohari ganti pas di KM berapa ya, lupa. Kayaknya baru 500-an deh. So far masih halus. Soal menguap belum tau nih, jadi berasa diingetin, tar dicek deh sebelum balik kantor hehehe…

  20. kuda besi sy Vario 125 FI ganti ikutin buku service setiap 4000km bahkan suka lebih, pakai olinya SPX 2. Kalau ikutin jadwal ahass malah tiap 2000km (biar cpt balik dan tuh ahass dpt duit).
    dlu pernah pake Honda Fit CBU GD2 thn 2004, ganti oli 2 bln sekali pake Shell HX 7 klo gak salah (pokoknya oli mesin mobil shell yg paling bagus). Si empiit pun selalu wuuuz wuuuzz hehe

  21. ane dah ngkiutin sesuai buku service penggantian oli beat injeksi yaitu 4000km.. tp malah berakibat ring seher kena juga pas penggantian oli tinggal setenagh, kata orang ahas nya suruh ganti tiap 2000km,

  22. Penggantian pelumas wajib dilakukan maksimal 8 bulan setelah oli dimasukkan ke dalam mesin, karena oli atau pelumas yang sudah mengendap di dalam bak mesin akibat jarang dipakai tidak baik juga bagi mesin.
    ============================================================================
    berarti oli ada kadaluwarsanya ya mang ..? πŸ˜€

  23. rata2 mesin torsi kecil pake olienya encer antara 5-15w buat ngejar akselerasi. olie encer cepat panas, jenis sintetis cuma mengurangi penguapan saja. sebaiknya oli cepat diganti tiap 2500-3000km

  24. kalo oli motul ester gantinya tiap 3000km sekali aman ga buat mesin nvl di pake tiap hari dan selalu macet2an kadang d pake jrak jauh jga,

  25. oli jangan suka dituker2 antara synthetic dan non
    nukar2 oli bisa merusak karet daleman mesin
    ganti oli baiknya untuk stop and go dan bebeannya berat 1000-1250 km
    atau kalau diem saja maksimum 6 bulan

      • mitos lama tu. dulu iya, oli sintetik dengan campuran murni PAO bisa merusak sil dan paking. tapi formulasi PAO sekarang udah dicampur ester sedikit supaya ga merusak sil dan paking. oli sintetik ada 3 jenis, VHVI, PAO, dan Ester. paling bagus utk pemakaian dengan interval pergantian yg panjang adalah VHVI dan PAO. Ester ga bisa utk pemakaian panjang karena sifatya udah asam.

        klo pengen oli yg bisa dipake panjang, cari aja oli yg ada spesifikasi BMW LL.01, LL.04 keatas atau MB 229.3, 229.5 keatas sama MB 228.3 keatas.

        dan untuk kendaraan dengan flat tappet, jgn pake API SM atau SN, pake maksimal API SL, API CI-4 lebih bagus lagi. oli diesel sekarang sudah bisa untuk mesin bensin, diesel, dan motor.

      • mo tanya donk suhu..
        klo tiap ganti oli trus pake engine flush itu ga boleh ya?
        saya pake motul ester5100, dah 2Γ— pergantian oli ini sih saya pake engine flush trus..
        kepincut sama wanginya, hahaa..
        minta sarannya yah, thx..

      • saya banyak diskusi dengan para pemilik bengkel om soal engine flush ini, mereka walau jualan tapi tidak merkomendasikan pemakaian sering-sering karena zat kimianya yang keras yang bisa membuat getas seal-seal dari karet (meski jujur saya juga gak paham banget karet sebelah mana persisnya)

        20 ribu KM sekali mereka merekomendasikannya

      • Ralat:
        API SN udah aman buat digunakan pada mesin dengan Flat Tapped Arm. .
        Udah bnyak qo gantinya ZDDP:
        – Boron
        – Molybdenum
        – Titanium
        – Poly Tetra Fluoro Ethylene

      • betul itu….
        sepeda motor dengan kilometer yg sama vs mobil (pada umumnya)….
        sepeda motor bekerja LEBIH BERAT beban geseknya pada inner parts….
        secara logika aja biar gampang mbayanginnya….
        rata2 mobil bensin untuk memperoleh kecepatan 100km/j putaran mesin pada sekitan 3000_an RPM,…..sepeda motor…..bayangin sendiri…..

  26. Ikuutt aahhh we sih pemakek yamahalube we 1 bulan sekali ganti oli kondisi mesin baguss yg penting sihh dri kita juga yg ngerasain kondisi motor ny dah layak di ganti ap blm gtu,,,

  27. Numpang share om. Sya pke (ninja fi) oli motul ester 5100 10-40 jg, sebelum nya sempet ganti2 oli (KGO hijau, end*uro racing, she*l ax7, motul 5100 ester), berdasarkan felling motul paling enak karna mesin tidak terasa getar di rpm tinggi terus masa pakai hingga 2000km msih enak. Trus kmaren smpat service, di saranin ama mekanik pke oli KGO yg hitam. Karena klo pke motul lama kelamaan ada zat kya ingus yg nempel di blok/ bak mesin gitu.. jdi galau, padahal udah ngrasa cocok sma motul. Yg udh pke oli KGO hitam dan ester 5100, share dong plus minus nya?

  28. Ane pake mesran super tiap 1500km, banyak yg bilang oli murah dan memandang rendah, tapi nyatanya si supri udah 8 tahun (2006) masih joss, mesin masih alus, tarikan masih responsif, speedo udah reset 100rb km dan udah balik lagi ke nol, sekarang udah mau naik ke 27rb km. Jangan anggap rendah oli dalam negeri deh… Yg perlu diwaspadai tu oli palsu… Betul? Hehe…

  29. Kalau saya memakai olie evalube pro syntetic 10w30 API SL,di rekomendasikan ganti oli lagi 6000km.murah.irit bensin,tarikan dahsyat.motor gigi ke 3 mampu melaju 90kpj.gear set grand,motor viar speed x(taiwan)oke kan!

  30. Apa perbedaan pelumas untuk mesin mobil dan mesin motor?Secara fungsi, pelumas memiliki peran yang sama, mesin motor manual memiliki gearbox dan kopling yang menyatu dengan blok mesin, sehingga pelumas untuk mesin motor konvensional harus bisa melumasi mesin tanpa merusak komponen gearbox, terlebih kopling, karena kalau terlalu licin, kopling dapat selip dan mengakibatkan terbakar. Pelumas mobil secara umum tidak dapatmelumasi kopling, sehingga sangat tidak cocok digunakan kepadamesin motor konvensional.Mesin motor matic memiliki gearbox dan kopling terpisah dari blokmesin, sehingga pelumas hanya melumasi mesin saja, tanpa melumasi gearbox dan juga kopling. Hal ini sama dengan karakteristik mesin mobil yang memiliki kopling dan gearbox terpisah.Perbedaan selanjutnya adalah antar mesin mobil dan mesin motoradalah suhu operasional, putaran mesin operasiona, volume mesindan kapasitas pelumas, serta daya kerja operasional. Secara teoritis, suhu operasional mesin motor lebih tinggi daripada suhu operasional mesin mobil karena absennya pendinginan stabil, atauradiator pada mesin motor, meski beberapa jenis motor sudah mengadopsi radiator, tetapi terkadang hal ini sering dilupakan parapemilik, sehingga fungsinya tidak optimal.Selanjutnya adalah putaran mesin operasional motor lebih tinggi daripada mobil, tentu saja, mesin mobil memiliki lebih dari 1 silinder dengan kapasitas minimal 250cc per silinder, sehingga untuk menjalankan mobil tidak diperlukan tenaga putaran tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kapasitas mesin, maka putaran operasionalnya makin rendah. Mobil bisa berjalan 100 Kmh dengan RPM hanya 2,500 RPM, sementara motor membutuhkan lebih dari 5,000 RPM untuk berjalan pada 100 Kmh.Selanjutnya adalah volume mesin dan juga kapasitas pelumas. Dalam mobil berukuran mesin 1,000cc sampai 2,000 cc biasanya menggunakan 4 – 5 liter pelumas, itu berarti untuk dibutuhkan 2.5 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya, sementara motor dengan kapasitas 100 cc – 125 cc membutuhkan pelumas 0.8 L, sehingga mesin motor membutuhkan 6.4 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya. Hal tersebut tentu saja berpengaruh kepada tingkat retensi terhadap asam yang akan membuat pelumas cepat rusak.Terakhir adalah beban atau daya kerja operasional, mengacu kepada putaran operasional, bisa disimpulkan pelumas mesin motor harus mampu bertahan as heavy duty as truck meski hanya membawa beban yang kecil. Bayangkan mesin hanya sebesar 110cc harus mengangkut beban hingga 250 Kg, bandingkan dengan mobil dengan mesin 2,400 cc yang mengangkut beban 2,500 Kg. Itu berarti rasio volume terhadap beban pada motor adalah 0.44, sementara mobil adalah 0.96, itu berarti 2.2 kali lebih berat daripada mobil.Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?Secara umum, pelumas mesin mobil akan dapat digunakan untuk mesin motor matic, kalau untuk motor konvensional, ada beberapasyarat yang harus dipenuhi, karena ada karakteristik pelumas mobil yang sangat dilarang digunakan dalam mesin motor konvensional, hal yang perlu diperhatikan adalah:*.Sertifikasi JASO, untuk pelumas mobil tidak mungkin menggunakan standard JASO, sehingga pelumas mobil sembarangan tidak dapat digunakan pada motor konvensional. Pelumas dengan standard JASO biasanya mengacu kepada pelumas HDEO atau Heavy Duty Engine Oil atau dengan kata lain pelumas diesel.*.Jumlah Molybdenum, pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. *.API Resources Conserving atau API Energy Conserving, pelumas dengan API Starburst pasti mengacu kepada fuel efficiency, sehingga pasti pelumas akan sangat licin dan tidak dapat melumasi dan melindungi kopling secara bersamaan.Pelumas PCMO hanya bisa digunakan untuk motor matic saja, sementara pelumas HDEO bisa digunakan di motor matic atau motor manual, dan hal ini perlu diperhatikan. Penggunaan pelumas mobil pada motor akan menyebabkan beberapa dampak yang mungkin positif atau negatif tergantung kepada bagaimana Anda menanganinya. Tetapi, sepengalaman saya, penggunaan pelumas mobil lebih banyak efek positif ketimbang negatif-nya.Mengapa Harus Pelumas Mobil (PCMO/HDEO)?Apa alasan lebih memilih pelumas mobil dibandingkan pelumas motor?*.Better Performance.*.Longer Drain Interval.*.Better Protection.*.Better Fuel Efficiency.*.Low Evaporation.DISCLAIMERSaya sebagai TS tidak berafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, posting saya di sini netral dan tidak mendikreditkan suatu merek dan atau jenis pelumas. Pendapat dan teori saya belum tentu benar, sehingga perlu didiskusikan di sini. Saya mengundang para expert disini untuk berdiskusi bersama mengenai penggunaan PCMO dan HDEO untuk mesin motor, berikut ini rules untuk thread ini:*.Setiap sanggahan terhadap hal teknis dan juga yang berhubungan dengan kondisi dan atau kualitas suatu pelumas dan umur pakai pelumas, harap disertakan dengan bukti empiris yang kongkret, bukan sekedarkatanya atau rasanya.Hal tersebut sudah diluar dari teorema dengan tanpabukti empiris, sehingga sanggahan tidak akan dilanjutkan.*.Dilarang Junk, SARA, flaming, ataupun nitip lapak disini,karena disini hanya untuk berdiskusi, mohon hargai anggota lainnya.*.Do at your own risk penggunaan pelumas PCMO/HDEO pada mesin motor agan mungkin akan berdampak buruk, sehingga sehingga resiko pemakaian pelumas PCMO/HDEO selanjutnya adalah tanggung jawab user, saya hanya menyarankan yang terbaik dari datasheet dan pengalaman.http://www.kaskus.co.id/thread/51963782582acfeb0100000b/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor/

  31. Tergantung pemakaian pak dhe. Jika buat harian pergi pulang kantor saja mending pake yg encer.5w30 misalnya.. Tapi klo buat niaga ato sales klilingan, mending pake yg 20w40. Karena di jamin oli d paksa kerja keras dan untuk mengurangi penguapan oli.
    Buat motor matik pergantian bisa 2000-3000km. Buat yg pake gigi sebaiknya 2000km ke bawah..

    • Biasanya API servicenya di atas rekomendasi, misal rekomendasi SJ, kita pake SL atau SM atau bahkan SN. Terus base oilnya Ester atau rekomendasi semi synth kita pake full synth..
      Kalau SAE biasanya turun, misal dari 10-40 pakai yg enceran jadi 10-30 atau 5-30

  32. kalau Piaggio liberty 10.000 km. Inipun aja, udah mulai muncul gejala aneh dari motor om. Kayaknya mulai tidak stabil sama tenaga mulai ngadat. hehehe….

  33. Mas Kobay .. klo bisa next artikel kasih info toko2 oli yg rekomen buat di kunjungi di daerah jabodetabek .. biar infonya langsung nyambung dan lengkap

  34. klo mtrku yg vario wtf per 4000km,tp punya nyonya vario fi per 2000km..klo dibkl biasanya Mobil Honda diatas 2008 per 10.000 km tp pake HAO

  35. Kalo untk.metic gampang pake punya mobil gak papa(jaso MB ).Untuk yg pake kopling basah harus pake jasoMA. Jangan gonta ganti oil dari jenis mineral ke sitentic atau sebaliknya karnanjenis film berbeda. Untuk kekentalan sesuaikan anjuran pabrik.

  36. pertama punya motor jupiterz diisi oli yamalube, trus fu diisi motul 5100 ester dari harga 80rb/botol sampe naik 110an/botol, cs1 si domba garut yang tarikannya joss diisi motul terus iseng nyobain elf ,sekarang cbr sempak cuma diisi spx bawaan, mo diisi motul ampun dah harganya gila gilaan sekarang, si mio diisi yamalube..semuanya diganti per 2000km yang penting servis/ganti oli teratur om kobay..alhamdulillah ntu motor semua awet, kecuali jupz sama fu dah dilelang buat bayar semesteran jaman kuliah..

  37. gk nyangka kang vesva metik olinya agip padahal setahu saya tanya kebengkel ato ke bangkel motor oli motor paling murah ya oli agip .. huehuehue ..

  38. wah shogun kebo ogut klo depok-gatsu tiap hari yg kena macet di tanjung barat-pancoran, bawa boncenger, 2000 km gk berani..ogut ganti 1500 an lahh..ane gk percaya rekomendasi pabrikan (anggap aja pabrikan memberikan rekomendasi terburuk)..

  39. kalo nurutin km, bisa2 eempat bulanan baru ganti Si Basma(jarang pakai sih) tp ya tiap 2bln udah ganti, biar kualitas pelumasan tetep terjaga…
    πŸ˜€

  40. artikel seperti ini yg tokcer..sundul lagi biar gak tenggelem..si kuro can pnah disundul sugan ku F126AS

      • mang kobay, mau tanya oli yg rekomended yg bisa tahan 4000km/bulan merk dan tipe apa ya ? soalnya sy sebulan pp -/+ 2000km. penggunan utk harian/kerja. supaya sy tidak tiap bulan mampir ke bengkel utk isi oli. utk servisnya rekomen tiap brp bulan/km ya? utk motor metik(nmax). ths sebelumnya

  41. Motor ane “All new CBR 150 R” Di manual book dari AHM sih spesifikasinya 10W-30 s.d 10W-40 API Min. SJ, MA/MA2..
    Pertama ane pake oli pabrikan AHM Oil SPX 1 Spesifikasi SAE 10W-30 API SJ JASO MA, cuma entah kenapa mesinnya klotok-klotok kalau panas kaya helikopter mungkin terlalu encer kali yah, ane coba naikin viskositasnya 1 grade lebih kenal yaitu 10W-40 cuma bingung waktu itu mau pakai merek apa.. Keingetan alm. babeh ane yang selalu pake produk oli lokal dalam negeri semasa hidupnya ane ikutin jejaknyapake Enduro Racing 4T keluaran Pertamina (spesifikasi SAE 10W-40, API SL, JASO MA2) -> Masuk spesifikasi walaupun bukan pakai oli pabrikannya AHM. Sebagai Testimoni aja untuk operasional standar masih bisa sampe interval 3500 – 4000 km Bro.. jadi promosi nih.. Hehehe
    Salam One HEART.

      • setelah pemakaian 4x (sekitar 40.000 KM) ane iseng untuk overhaul ruang bakar, buat lihat kondisi liner cylinder, piston bagian dalam (itu loh bagian yg ada engsel/pin mounting setang piston ke piston, soalnya bagian itu kalo oli jelek pasti banyak deposit nya), sekalian cek kebersihan ruang bakar.

        Jadi saat overhaul itu ada 3 produk yg ane uji coba: Oli yg ane sebut tadi, Nano Energizer, dan Yamaha Carbon Cleaner.

        BTW, ane pake Ferrox (filter udara yg pake stainless steel), jadi anggap aja 4 produk yg ane test/pembuktian.

        1. Oli Mesin

        Hasilnya menakjubkan,, saat buka tutup cylinder head saja udah keliatan bersih banget,, gk kaget juga sih, coz ane tiap 10.000 KM selalu cek celah klep sendiri di rumah πŸ˜€ (inget, cuma dicek loh, bukan disetting ulang), dan emang bersih tuh cylinder head. Entah kenapa celah klep gk pernah berubah dari standard, apakah kualitas oli berpengaruh ke celah klep ?

        Trus ane lihat piston bagian dalam juga bersih, deposit berwarna kuning sih tetap ada (wajar) tapi sedikit banget, beda dengan yg pake oli biasa (oli motor khusus matic sekali pun), BTW motor ane Vario 125.

        Bagian Camshaft mulus gk ada aus, wajar sih,, teknologi pelatuknya udah Roller Rocker Arm.

        2. Nano Energizer

        Liner Cylinder gk ada baret (padahal ane pake ferrox yg pori-pori filternya gk serapet filter oem/kertas beroli), bahkan bisa merefleksi bayangan, udah kayak cermin aja, saat diraba udh pasti licin.

        Eksistensi coating keramik si Nano Energizer ini gk kasat mata, jadi gk bisa tau apakah keramiknya ada di liner cylinder, atau tidak ada,, tapi kondisi liner cylinder yg mulus gitu kayaknya udah jadi pembuktian. Keramik dari Nano Energizer ini menurut produsennya sih clear/transparan, bukan warna putih kayak cairannya pas kita tuang ke oli.

        Tapi line cylinder kinclong itu juga dipengaruhi kualitas oli mesin juga.

        3. Yamaha Carbon Cleaner (Bensin ane Pertamax padahal gan)

        Hasilnya tetap ada deposit karbon di dome piston/kepala piston tapi sedikit dan warnanya coklat kekuningan, bukan hitam seperti kalo pakai bensin Premium. Dibersihinnya pun mudah.

        So, ekspektasi “bersih” harus diturunkan, jangan berlebihan. Kalo mau kinclong mesin motor jangan dinyalakan, motornya jgn dipake πŸ˜€

        Justru yg paling bersih disini adalah Nozzle Injector dan Klep In, serta Intake Port. Bersih banget gan, gk ada deposit sama sekali. Yang ada deposit cuma klep Ex aja, depositnya kayak pasir yang menyatu karena panas. Mungkin karena ane pake knalpot free flow (gk pake catalytic converter), bisa juga mungkin itu karena debu halus yg terbuang ke klep ex (karena pakai ferrox), tapi gk melukai liner cylinder (mungkin karena diproteksi Nano Energizer).

        Sejak ane tau kalau Additive Detegancy yg dipake Pertamina buat Pertalite, Pertamax 92, Pertamax Plus, dan Pertamax Racing itu adalah PEA (Poly Ehter Amine) yg notabene sama seperti Yamaha Carbon Cleaner (Rebranding dari Chevron Fuel System Clener Concentrate Plus), maka ane udah gk pake Yamaha Carbon Cleaner itu lagi gan,,, EcoSave Technology dari Pertamax sudah cukup untuk memenuhi keinginan ane yakni Detergancy, Corrotion Inhibitor, dan Demulsifier. So, gk ane udh gk pake Post-Mixed Fuel Additive (fuel additive pihak ketiga) lagi.

        Itu artinya pengujian Yamaha Carbon Cleaner by ane tidak bisa diambil kesimpulan, soalnya Pertamax sudah mengandung PEA juga, ane pake Pertamax itu reguler/selalu, bukan sekali-sekali.

        4. Ferrox

        Nah ini gk bisa diambil kesimpulan juga, coz ane pake Nano Energizer sih πŸ˜€

        Yang jelas, pake Ferrox bikin box filter bagian dalam kotor, tapi uniknya Throttle Body tdak kotor, dan Intake Manifold kotor.

        Akhir kata, maka ane katakan menggunakan Oli Mobil pada Motor Matic = Upgrade Oli

        Jadi gk cuma upgrade CVT, upgrade pengapian, dll saja buat ningkatin performa, oli juga perlu diperhitungkan πŸ˜€

  42. Thanks om KBY infonya..
    Btw, apakah sama info Kawaski Z250 FI tahun 2013 diatas dgn Kawasaki Z250 tahun 2016?

    Makasih..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..