exciter top speed

 

Kobayogas.com – Hola lads, Yamaha kembali menunjukkan dominasinya di segmen yang menjadi expertise nya, segmen sport. Yamaha Exciter di Vietnam alias Jupiter MX King di Indonesia menebar psy war dengan menunjukkan kapasitasnya sebagai super bebek!

Sebenarnya jika penjualan menjadi acuan (simak artikel sebelah sini seputar motor bebek super dan ayago) kelas ini tidak terlalu wow, namun Jupiter MX King tetap bisa menjadi salah satu back bone dalam mendukung penjualan secara keseluruhan. Yamaha mempunyai pangsa pasar yang cerah di sini, buktinya sumber dari komentator menyebutkan bahwa penjualan Jupiter MX sempat menyusul Honda Supra X (CMIIW).

Artinya, kelas ini layak dilestarikan, itu mengapa Yamaha disebut sebut tidak lama lagi akan memasukkan Exciter 150 alias Jupiter MX King ke dalam line up bebek super-nya sebagai pengganti Jupiter MX, tepatnya dikabarkan tanggal 18 Desember nanti, wah tak lama lagi dong? Oh ya, sehubungan dengan kata-kata Super Bebek pada paragrap pembuka, maksudnya apa?

Well, paling tidak menurut KBY ada 3 hal dari Yamaha Jupiter MX King yang patut dan layak dikategorikan sebagai Super Bebek dan bukan bebek super lagi. Dengan foto-foto yang kini sudah lebih jelas, terlihat lah gagahnya MX King ini. Simak yah, jangan ngeces 😛

1. DESAIN YANG MEMUKAU!!

Memang, ini tetaplah bebek alias cub, namun bebek pun bisa tampil gagah, ganteng, menawan dan memukau bukan? Simak pahatan di sekujur tubuh Yamaha Jupiter MX King ini, sangat sangat kental aura sportynya… bagian fascia mencirikan sentuhan Yamaha, bahkan tak perlu lama untuk melihatnya kita tahu ada DNA Yamaha disana, sebagimana GT 125, Yamaha R1 baru dan R25.

Lampu-lampu sipit menghiasi bagian ini, memang tidak semua menjadi lampu utama, seperti pada GT 125 dan R1, lampu sipit ini berlaku sebagai lampu senja. Namun, jika kita berikan dia lampu led, maka aura sportynya lebih terpancar seperti LED pada Yamaha R1… Begitu juga lampu senja pada tebeng depan Yamaha Jupiter MX King… manis pake bingits.

Sisi samping depan, mengesankan ini motor back bone dengan pengaplikasian fairing mungil yang membuat tubuhnya terlihat atletis. Untuk samping belakang sih so-so ya, seperti bebek kebanyakan. Namun bagian belakang lah yang tidak kalah mengesankan dengan bagian depan. Spakbor menggantung ala kelas pure sport dengan sein terpisah, seakan-akan ingin menunjukkan bahwa Yamaha Jupiter MX King bukan lah sembarang bebek… BBB, Bukan Bebek Biasa! Buritannya juga mengingkatkan kita akan para kakak yaitu Yamaha R15, R25 dan R6.

Bagian knalpot alias exhaust Yamaha Jupiter MX King juga mengingatkan kita akan Yamaha R15, termasuk juga sektor kaki-kaki dengan ban gambot serta pemakaian Rim yang sekilas mirip milik R15.. Desain batok headlamp mungkin sedikit kontroversial, namun termaafkan oleh desain secara keseluruhan. Bahkan spionnya pun sangat menarik untuk dimiliki 😀

ganteng
ganteng

2. POWER MX KING IS THE KEY

Yang kedua adalah sisi power, dengan mesin berkubikasi 150 cc dan disebut-sebut menggunakan milik R15, powernya sungguh tidak dapat dipandang sebelah mata… Dari sisi tenaga mungkin sama dengan Suzuki Satria FU yang berada di angka 16 PS, namun simak torsinya! Suzuki Satria FU memiliki torsi sebesar 12,4 Nm pada 8,500 RPM, Yamaha Jupiter MX King memilik 14,5 Nm pada kitiran 7,500 RPM saja!

Artinya, ini motor gampang banget ngangkat ban depannya alias wheelie, torsi badaknya pun diraih pada 1ooo RPM lebih rendah dari Satria FU, jelas akan jadi raja akselerasi yang baru nih! Belum lagi, power Yamaha Jupiter MX King juga diraih pada 1000 RPM lebih rendah dari Satria FU, ngacir di depan bukan hal yang sulit secara teori… Ini lah SOHC yang dahsyat!

Hanya soal berat kosong Yamaha Jupiter MX King, tidak atau belum diketahui. Sebagai informasi, berat kosong Satria FU adalah 107 kilogram.

Sekilas spesifikasi Yamaha Exciter/ Jupiter MX King 150

  • Power: 16 PS @8,500
  • Torsi: 14,5 Nm @7,500
  • Berat kosong: N/A
  • Kompresi: 10,5:1 (Satria FU 10,2:1)
  • Isi Tangki: 5 Liter

3. RAIHAN KECEPATAN (TOP SPEED) MX King

Baru saja dikabarkan bahwa hasil tes dari Yamaha Exciter 150 alias Yamaha Jupiter MX King menghasilkan 136 km/jam pada foto, untuk bebek sih ini sudah kencang pake bingits! Bahkan dikatakan pula sempat tercatat kecepatannya mencapai 140 km/jam pada sirkit. Aje gile, cumin beda 5 km/jam dari Honda CBR 150 lokal K45! Wajar sih sebenarnya, wong beratnya mencapai 144 kg si CBR hehe..

Dari berbagai sumber, Satria FU mempunyai kecepatan antara 141 km/jam s.d 149 km/jam, jelas bejaban nih si Yamaha Jupiter MX King, tinggal bicara mana speedo yang memiliki deviasi terkecil saja deh.

KAPAN HONDA DAN SUZUKI MENYUSUL?

Jika Honda sudah terendus kabar akan hadirnya New CS1 (bebek) dan New Sonic (Ayago) – (artikel bisa dibaca sebelah sini dan sana) giliran Suzuki belum terdeteksi gerakannya. Adakah kejutan dari pabrikan berlogo S ini? Menurut KBY sih harus, itu juga kalau masih ingin mengenyam rasa manis dari potongan kue terbesar saat ini..

So, siapa yang akan jadi The Real King of Street tahun depan? Untuk sementara ini KBY pegang Yamaha Jupiter MX King!!

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Baca juga artikel lainnya lads…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

91 COMMENTS

  1. menurut ane ya, suzuki blm bakal ngeluarin update dr satria. Kalopun ada, ya paling stripping. Sukur kalo inject, gtw ada improve di power apa ga. Kurang menarik ngebahas juki skarang ini. Tinggal honda. Nama besar CBR di jantungnya cs1 ini (kalo bener identik sama k45), apalagi kalo desain ayagonya WOW, MX ga bakal melenggang bebas. Yg bikin penasaran itu versi mopednya. Bener” dibenturin ma MX, mungkin jd blade 150 ya? Hehe, menarik nih. Cukup V-max lah untukku (Vixion Max).

  2. YIMM lagi galau nih buat nentuin harga MX king harga endonesia tercinta.

    main di 20juta bakal kegerus deh sang NVL Dari segi harga n segmentasi

    blar blar . nice artikel om kobay

  3. nah gamechanger ini, kalo ga karna mx king / cs1 new
    pasti suzuki masih kekeh sama dohc jadulnya seenggaknya skrg mikir deh ada saingannya

  4. jangan lupa satria menang bobot ama gigi yg 6speed….
    tp mx king menang torsi ….
    kesimpulannya au ah gelap….males ma kelas mbebek mbleber

  5. Lah NVL ama R15 kalah nampol donk kalo dari segi PWR nya, bebek pastinya bobotnya kisaran 95-110 kg doank, bagh sport dikamplengin bebek nih namanya, xixixixiii….. *panas 😀

  6. Prediksi ane nih MX King pake mesin + gearbox NVL (dan juga velg + ukuran ban NVL).
    Soalnya sampe top speed 136 km/h @ 10000 rpm cuma dg 5 speed.
    Kalaupun itu speedometernya akurat, berarti pake sprocket gear 14-40.
    Sedangkan kalau topspeednya sampe 140 km/h itu berarti didapat pada 10300 rpm.
    Tapi…NVL kalah donk? 😆

  7. Secara disain sih emang bagus, cukup kreatif dan WOW… gak nyangka lampu sein dpn dibikin ala Ninja 250 FI dan buntutnya ala R25, mantap!!! Kalo Honda AHM sih kaga berani dah pake disain kyk begini, apalagi utk kelas bebeknya. Tp satu hal yg saya rasa percuma, soal ban gambot, hehehe… krn ntar jg bakalan diganti ama ban cacing. Udah bkn rahasia lg kl penyemplak motor bebek dan skutik di sini demen aliran ban cacing, dan ini bertolak blkg ama pemakai motor sport 250cc yg lbh demen bikin bannya makin bongsor. Sayang sekali kalo tampilannya yg udah kekar dirusak ama selera kampungan aliran cacingan, wkwkwkwkwk……

    • om bukannya standard lampu sein depan di vietnam emang spt itu.

      coba check dech semua motor posisi seinnya spt ditu di vietnam

  8. Sorry gan.. Ngasih masukan.. Klo soal topspeed sudah jelas mx ini kalah.. Kan cmn 5 speed.. Sedangkan sang epyu sudah 6 speed.. Mohon komen saya d koreksi

  9. mungkin bisa 5 speed + 1 speed buat mundur biar kayak tossa :hammer:

    nah gitu lah ban gambot, RPM meter, desain keren

    kalau dibilang NVL killer ? kayaknya ga juga deh, ergonomi motor bebek kurang nyaman apalagi dipakai buat jarak jauh pasti sangat terasa “sakitnya tuh disini”

    kalau dijejali part racing buat R15 gimana ya, 6 speed + ECU Racing + knalpot sakura

  10. pas launching lek iwb, lek tmc n pertamx7 bawa nvl, cbr, r15 langsung tes drag ma new exiter ato mx king ni.sapa yang plg ngibrit, sp yg plg top top speed

  11. masuk dimarih wajib bin kudu hrus ada kick starternya,ngeri euy mlem malem di totoang motor mogok gara2 aki soak…nvl ks aja lbh laku drpd non ks ya brrti mx king msti ada 2versi ks dan non ks

  12. ban gambot kecepatannya mencapai 140 km/jam, ginama kalo ganti ban cacing. Benar2 king of street beneran

  13. ingat bang kobay FU pake ban unyu lah ini pake ban segede badak kebayang kan kalo ban pake ukuran sama yakin FU kuat nariknya?
    mungkin bisa diakali pake perubahan rasio gigi tapi pasti ada inferiornya IMHO

  14. DOHC jadul vs SOHC terkini , power mirip

    jd S Fu biar pun udh lama teknologi nya tp bejaban ama mesin” terkini.
    gtw sFu yg terlalu maju atau mesin jaman skrg yg di costdown

Yuk Tinggalin Jejak Lads..