ninja-ZZ-11

Kobayogas.com – Hola lads, kumaha daramang sadayana? Gerakan antisipasi terhadap lawan dari Kawasaki untuk produk andalannya yaitu Ninja 250 FI sudah mulai dilakukan meski sebatas sentuhan minor…

Hal tersebut dirasa wajib dilakukan untuk membendung aliran tsunami dari R25 andalan kelas 250 cc terbaru Yamaha yang belum lama mengaspal namun sudah bisa mepet bahkan melewati jumlah penjualan Kawasaki Ninja 250 FI dalam sebulan. Tidak bisa tidak, sentuhan baru meskipun sifatnya minor wajib dilakukan sebagai gimmick penarik hati bagi para potential buyer Ninja 250 FI.

Mungkin pengunjung blog sudah mendengar atau bahkan mengetahui seputar pengimplementasian Slipper Clutch pada Ninja 250 FI. Slipper Clutch ini hanya disematkan pada tipe SE saja lads, dengan cat berlabur merah mengindikasikan bahwa warna itulah yang mengadopsi Slipper Clutch, jadi bukan yang terguling di tol tempo hari itu loh hehe…

FUNGSI ASSIST dan SLIPPER CLUTCH

Meski mungkin sudah pada tau, tapi tak ada salahnya KBY ulang agar lebih melekat dan tetap diingat di kepala 😀 Seperti yang dijelaskan M+, fungsi Slipper Clutch (SC) sangat berguna terutama pada kecepatan tinggi dan harus mengerem (deselerasi) karena akan berbelok maupun berhenti akibat sesuatu hal di depan.

Melakukan deselerasi selain menggunakan rem adalah memanfaatkan momen engine brake yaitu dengan segera menurunkan gigi ke yang lebih rendah, namun jika tanpa SC, efek back torque bisa membuat fatal pengendara, ban akan ngepot dan terkunci hingga goyang dombret dan mengakibatkan hilangnya traksi ban pada aspal. Efeknya sudah bisa ditebak ya?

Sedangkan fungsi Assist Clutch (AC) lebih terpakai untuk riding harian, karena membuat enteng tekanan/ tarikan pada tuas kopling sehingga tangan tidak mudah pegal terutama di kemacetan. Kondisi bekerjanya berbeda dengan SC, jika SC bekerja saat deselerasi maka AC bekerja justru saat berakselerasi. So, keduanya paket yang tepat toh?

wpid-cymera_20141201_141310.jpg

HANYA BEDA 300 RIBU

Semua sistem di atas hanya berbeda Rp. 300,000 saja dengan Ninja non ASC (Special Edition) lads, menarik kan ya?

TERSEDIA VERSI COPOTANNYA

Kepingin punya tapi gak butuh motornya? Katanya bisa didapatkan juga kok versi copotannya, nyomot milik Ninja 300. Tapi tanpa Assist Clutch, hanya Slipper Clutch nya saja… Sayang M+ tidak menginfokan harganya nih, googling aja yah lads …

Slipper Clutch

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com

KobaYogas from WordPress for Android

64 KOMENTAR

  1. Apakah masih perlu mengerem (deselerasi) dibantu sama pengurangan gigi? Mengingat rem sekarang udah canggih canggih dan dibantu sama ABS, masih kurang ya? Saya pakai mobil dan motor jarang ngerem dibantu ngurangin gigi, kecuali dipegunungan..

    • baiknya sih dibiasakan, karena kita gak pernah tau kapan rem blong om… kalau sudah biasa kita gak panik.. kalau terbiasa ngandelin rem bahaya juga… itu menurut saya

  2. ini sebenarnya salju apa ketombe sih yg turun di blog nya om kobagas .. eh kobagas mah bajai biru 😀

    pissss…

  3. numpang nulis.ada 2 kejadian saat motor berjalan:1.mesin menggerakan Roda.2.Roda menggerakan mesin.disaat Roda Menggerakan Mesin Slipperclutch bekerja seperti menarik tuas kopling setengah.dIsaat mesin menggerakan roda Assistclutch membantu perkopling mencengkeram kanvas kopling.

  4. Per Kopling pada Motor yg pake Assistclutch ndak perlu keras,sehingga jari ringan meremas tuas kopling.kopling ndak akan selip saat berAkselerasi karena Komponen Assistclutch akan membantu perKopling mencengkeram KANVASkopling dari gaya putaran inputshaft.

  5. Saat deselerasi(melepas gas/ngerem)kalau deselerasinya kuat(RPM tinggi gear rendah 1/2/3) maka Slipperclutch akan bekerja,seperti kita menarik tuas kopling setengah,Enginebrake ada tapi kecil/lembut seperti setengah kopling.

  6. walau “fungsi awal” buat deselerasi cepat saat masuk tikungan supaya Motor dgn Gear Rendah siap berAkselerasi saat keluar tikungan.pada pemakaian Harian Slipperclutch menyenangkan buat oper gear keatas “Tanpa Tarik Tuas Kopling”.seperti opergigi narik tuas kopling setengah.

  7. mengganti PerKopling Racing/keras meningkatkan “Power on Wheel”karena tenaga tersalur sempurna.cuma jari tangan sakit meremas tuas kopling.Assistclutch adalah Solusinya.jadi dgn Assistclutch Power on Wheel MENINGKAT.

  8. Trus ninja yg abs dan se warna hijau combine putih masih belum pakai asist dan slipper clutch ya om?…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.