CVTF

Kobayogas.com – Hola lads, pada saat KBY mengunjungi salah satu toko spare parts Honda di Atrium Senen, KBY menemukan satu informasi yang mungkin bermanfaat bagi pengguna mobil Honda, khususnya Mobilio dan Brio… apakah itu? Singkat saja, yaitu jenis pelumas transmisi otomatis untuk mobil khususnya mobil Honda lads. Ternyata kini Honda memiliki 4 jenis pelumas transmisi otomatis yang berbeda lads, paling tidak untuk kendaraan yang berada di Indonesia. Keempat jenis fluida otomatis tersebut adalah ATF-Z1, CVTF, ATF-DW1 dan yang terbaru adalah HFC-2.

Mengapa berbeda beda? Secara kandungan sih KBY tidak terlalu paham, namun yang jelas perkembangan teknologi khususnya transmisi otomatis terus mengalami kemajuan sehingga jenis pelumasnya pun bisa berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan pelumas yang dibuat khusus sesuai teknologinya.

Berikut informasi sejauh yang KBY tahu akan perbedaan jenis oli transmisi untuk mobil Honda – plus info tambahan dari koko pemilik Toko Hero Atrium, jika ada tambahan atau koreksi silakan dikomentari ya, atau dikoreksi…

  • ATF-Z1: Untuk jenis transmisi otomatis konvensional yang masih menggunakan sistem gigi pada rumah transmisinya, biasanya untuk mobil-mobil lama atau mobil baru bertransmisi otomatis konvensional non CVT, misal accord lama, civic lama, Jazz GE8 (gen 2), Freed dlsb
  • CVTF: Pelumas untuk jenis transmisi otomatis yang menggunakan sistem belt (CVT), misal Jazz GD3 (Gen 1), City GD8 (yang sebangun dengan jazz lama).
  • ATF-DW1: Nah ini ternyata pelumas untuk transmisi otomatis konvensional milik Honda Brio lads, padahal sistem transmisinya mirip dengan Freed dan Jazz, afaik ya
  • HFC-2: Pelumas ini  ternyata untuk transmisi CVT milik Mobilio lads…

Nah, semoga info di atas dapat membantu lads semua dalam menentukan pilihan pelumas transmisi otomatisnya terutama mobil Honda ya, jangan sampai salah pilih apalagi salah pake, bisa bisa rontok entar itu transmisi hehe… semoga bermanfaat..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

45 COMMENTS

  1. Belum punya mobil,.. nyimak saja dulu,.. tapi bisa juga barangkali saja ane jual sawah trus beli mobil,.. heheh Pengetahuan tentang oli-nya dari sekarang,,, :hammer:

  2. Kalo oli transmisi matic sih biasanya ada 3 jenis. Konvensional, cvt & dual clutch..
    Tapi kalo itu kyknya sengaja dibedain biar bs neken harga jual. Liat aja hraga jual mobilnya lumayan jauh dibandin mobil honda lainnya..

  3. emang bedanya CVT punya Boilio vs Jazz & Freed apaan om? secara mesin cuma beda nomer buntut doang..

  4. Nambahin om kadang2 ada orang yang kejebak pake oli atf-multi katanya bisa buat semua tipe transmisi otomatis
    Itu ga akan bisa buat cvt karena ga seencer oli cvt pada umumnya.
    Terkadang bisa dipake pengganti dextron tapi harus agak panas dulu supaya mencapai viskositas yang sama dengan oli dextron cmiww

  5. Maaf Mas Yogas, kalau unt jazz 2007 MMC automatic yg ada tombol Padle Shift 7 speed nya itu pake olie apa y, Apa Olie jenis CVTF juga?
    Matur Nuwun Mas 🙂

  6. kalau untuk honda yang manual transmisi aka MTF buat jazz GE8 aftermarket penggantinya oli apa? SAE dan API berapa?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.