jazz dan primavera

Kobayogas.com – Melanjuti artikel kemarin lads, masih seputar handling dan diteruskan dengan braking impression, mangga siapa tahu bermanfaat nambah nambah knowledge..

Handling (Continued)
Awalnya, pengendalian memang terasa kaku, maklum sudah terbiasa bawa SkuPang..walau menurut KBY jika dibandingkan LX dan S bahkan GTS series, Primavera sudah jauh lebih baik, cukup penurut dan mendekati kemudahan riding milik SkuPang.

Primavera

Dengan setelan tekanan ban yang sebelumnya sudah KBY sesuaikan dengan feeling berkendara, bantingan suspensinya sudah moderate dan dapat diterima. Masih agak keras, terutama saat melintasi jalan beraspal jelek atau sambungan jalan seperti pada flyover misalnya…tapi pada akhirnya diketahui ternyata tekanan bannya masih terlampau tinggi.

Di kemacetan, memang agak sulit meliak liuk diantara mobil mobil awalnya, namun setelah cukup beradaptasi, hal tersebut cukup mudah dilakukan, walau tetap belum semudah SkuPang. Pada jalan mulus, disinilah perbaikan suspensi oleh Piaggio berperan, gak lebay, tapi suwer, nggeleser mulus, stabil sekaligus nyaman. Addicted!!

Mungkin KBY harus mencoba PCX agak jauh sebagai komparasi bagaimana kenyamannya saat melaju di atas aspal mulus. Yang jelas, Scoopy yang suspensinya termasuk nyaman, harus mengaku kalah.

Braking
No offense Primavera, but your brake at the front is awful… Betul, awalnya KBY beropini mungkin karena kanvasnya belum bedding in, wong KM masih Nol. Namun setelah berjalan nyaris 40 km pun masih terasa sama. Nyelosor bin nyelonong.

primavera discbrake

KBY yang terbiasa mengandalkan pengereman dengan porsi rem depan lebih banyak, terkejut saat menarik tuas rem depan, bisa dibilang hampir tidak ada efek kecuali kita menariknya lebih kencang lagi atau memadukannya dengan rem belakang. Jadi teringat Vespa jadul yang remnya di kaki hehehe. Untuk performa rem belakangnya sendiri tidak ada komplen. Lebih dari cukup.

Sebenarnya hal ini bertolak belakang dengan hasil test ride Steve Farrel dari Visordown yang mengatakan rem depannya cukup baik. Mungkin ada perbedaan kualitas kanvas rem antara eropa punya dan rakitan Vietnam. Keknya sih gitu. Kalau mau pakem katanya pakai merk Malossi, testimoni kawan bilang pakem banget tapi 3 bulan habis. 160rb dalam waktu 3 bulan? Hmmm… Really something.

Brake lever Primavera

Untuk pengereman, even Scoopy is slighty better than Azzurro, oia mirip Vario gen 1 deh karakter rem depan Azzurro, masih agak nyelonong walau sudah ditarik full, harus dibantu rem belakang. Penasaran apakah jika sudah 100 km masih seperti itu karakter remnya…

Oke lads, itulah pengelaman First Ride sejauh 39 kilometer bersama Vespa Primavera. Sayang Azzurro masih di opname euy, padahal kangen bingit mau riding lagi.. Kecanduan πŸ˜€

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

86 COMMENTS

  1. vario gen 1 mmc di rumah rem depan pakem gan, malah pas nyoba vartec iss cbs temen rem depan nyelonong & sering mau nyruduk kendaraan didepannya.

    • ini juga masih ada sih tapi gak sekenceng sukupi atau beat… hehehe

      tapi somehow saya suka bunyi bletak, berkarakter… kalau gada bunyi serasa aneh malah wakakaka…dah biasa matik lain juga bunyi kecuali Vario dan PCX

  2. owwwww…. gass polll om…………. wkwkwkkwkw awas dlosorrr. la rem depan ngloyor wae….. wkwkwkwkkwkwk

  3. Eta remnya agak masuk angin kang, saruwa sama punya abdi primapera. Trus abdi bawa keberes dikerokin, pakeman deh… πŸ˜€

  4. Udah mas .. Diterima saja segala kelebihan dan kekurangannya .. Tetap ditunggu riview berikutnya .. Juuβ—¦Β°ΛšΒ°β—¦os♐gandoos⌣… πŸ˜€

  5. Salam kenal Om kobay. Kampas rem merk Malossi habis dalam waktu 3 bulan itu jalan brp km? Kalo jalan 2000-3000km sih ya murah juga,

    • Betul, kita jangan patokan ke bulan yah, ke jarak tempuh, makasih. 3 bulan itu teman saya jerambah kemana mana, harian bisa 40-50km PP, weekend bisa 60-70km katanya.
      Kalau kita pukul rata 50km/hari x 30 hari = 1500km… 3 bulan dah bagus donk yah berarti hehhee…

  6. rem-nya ABS.. Agak Blong Sedikit πŸ˜€ jadi was-was juga nyetir Vespa rada seruntulan. mungkin inilah kenapa, Vespa-an enakan santai tanpa grasak-grusuk hehehe

  7. Coba kasi tau Vespa, pakai nama resmi Azzura saja. Lebih keren itu. primavera kok jadi inget nama liga sepakbola ya..

    Rem ga dicek dulu bro, waktu persiapan delivery kadang lolos ga distel

  8. Numpang nyundul bro… Primavera ane juga klo di rem nyelonong aje..n mau tanya juga koq ane ga dpt buku manualnya yak..
    Cmn dpt buku garansi,toolkit doank..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..