banner

Mobilio

Honda Mobilio merupakan produk fenomenal kedua dari Honda setelah Honda Jazz sukses menjadi mesin uang Honda Prospect Motor. MPV yang lahir di Indonesia ini langsung dibenturkan untuk bermain di pasar gemuk…. Low MPV.

Kobayogas.com – Baru saja santer akan kemunculannya, para kompetitor terutama sang penguasa pasar kocar kacir dibuatnya. Dan ini adalah serangan kedua kalinya bagi duet maut Astra, Avanza-Xenia setelah sempat ketar-ketir akan penjualan Suzuki Ertiga yang mulai memepet singgasana Avanza-Xenia.

Setelah campaign “Kill Ertiga” sekarang sudah ada kabar campaign “Kill Mobilio”… wowwww… sebegitu dashyatnya kah si Honda Mobilio ini? Nah kebetulan saat KBY mengunjungi PARJO tempohari, ada satu unit display Honda Mobilio yang KBY eksplore puas dari sisi eksterior dan interior. Memang tidak semuanya, tapi yang KBY incar adalah hal-hal yang sifatnya major dan pantas menjadi senjata mematikan bagi para kompetitornya. Sayangnya, file video hasil rekam rusak, gagal total, dan KBY telat melakukan test drive karena sesi test drive Honda Mobilio sudah di tutup pukul 4 sore.

Apa saja faktor-faktor yang menurut KBY membuat kompetitor ciut? Simak ulasan berikut lads….

Desain

Fresh from the oven, Honda sekali lagi menunjukkan bahwa desainernya memang ciamik dalam selera. Walau tidak 100% orisinil karena ada sentuhan Honda Brio disana terutama bagian depan, tapi secara keseluruhan desain Honda Mobilio futuristis dan mewah, bisa terlihat dari mulai Pilar A s.d belakang (D). Kesan mahal yang coba ditonjolkan Honda pada Mobilio sukses terpancar, membuat penampilannya dari sisi samping dan belakang seakan-akan menjadi mobil yang pantas dihargai tinggi.

Kualitas Interior

DSC_0382

Sebelum melihat langsung, KBY pesimis bahwa material plastik Honda Mobilio terutama sektor dashboard dan doortrim akan baik, hal tersebut berkaca dari Honda Freed dan Brio Satya yang menurut KBY material plastik dashboard dan doortrimnya, downgrade bingiiittt… Well silakan kecewa wahai para kompetitor, diluar dugaan KBY material plastiknya Honda Mobilio baik dan solid, bukan yang terbaik memang, tapi sebanding dengan ertiga dan Grand Livina.

Desain dan tata letak tombol Honda Mobilio pun senada dengan Honda Brio, maklum saja wong serancang sebangun. Warna trim coklat dengan pada padan warna hitam di mata KBY sukses memunculkan nuansa mewah. Namun terlihat ada satu bagian yang terlihat kurang solid, yaitu pada bagian laci penumpang depan, terlihat kurang rapat. Hati-hati Honda Mobilio, hal sekecil ini akan dimanfaatkan kompetitor untuk membanting image dirimu.

Akomodasi

Fleksibilitas Ruang Kabin

Honda Mobilio (Brio MPV) -  006 IOTOMOTIF.com

Tanpa pengukuran yang akurat, KBY hanya mengandalkan feeling dan ukuran lutut alias dengkul dalam mengukur luas kabin Honda Mobilio. KBY tes 4 kali, pertama dari posisi duduk paling belakang dengan jok tengah disetel pada posisi paling mundur. Hasilnya lutut KBY menyisakan sekitar 3cm dari jok tengah, masih cukup lah, posisi duduk Honda Mobilio juga memadai tidak nyaris jongkok, jika jok tengah dimajukan pasti akan lebih nyaman. Catatan, soal kenyamanan tentunya harus dicoba langsung saat mobil berjalan. Dari mobil sekelas yang pernah KBY rasakan, Suzuki Ertiga adalah yang terbaik dari sisi kenyamanan sebagai penumpang paling belakang.

Yang kedua, KBY duduk di jok tengah Honda Mobilio dan bulak balik keluar masuk menyetel jok pengemudi Honda Mobilio, dengan posisi jok tengah pada setelan mundur dan jok pengemudi mundur, menyisakan ruang lutut sekitar 10 cm, Ketiga, posisi jok tengah sedikit dimajukan (asumsi ada penumpang di belakang) dan jok pengemudi tetap, ada ruang sekitar 5 cm untuk lutut. Keempat, kebetulan ada pengunjung yang bisa diajak kerjasama, dia menyetel posisi menyetir yang nyaman dan jok tengah tetap pada posisinya, lutut KBY menyisakan ruang sekitar 15cm. Jadi tergantung tinggi dan kebiasaan pengemudi juga, cenderung dekat atau menjauhi setir.

Keluar masuk dan naik turun dari jok baris ketiga Honda Mobilio pun sangat mudah, hanya dengan satu kali sentuhan pada tuas… sayang KBY lupa tuas Suzuki Ertiga, GL dan Avanza, sepertinya sih dua tuas untuk merebahkan dan melipat jok tengah. Chevrolet Spin yang KBY ingat itu dua tuas.

Overall, ruang kabin Honda Mobilio dari depan sampai belakang cukup lega, sedikit lebih luas dari Suzuki Ertiga dan GL dan kurang lebih sama dengan duo kaleng kembar. Fleksibilitasnya pun sangat baik, sama seperti yang lain di kelasnya, sedangkan Spin harus puas dengan posisi buncit karena jok tengahnya tidak ada reclining dan sliding.

 

Sekian Part I -nya… Pada artikel berikutnya KBY akan membahas Ruang Bagasi, Fitur, Mesin serta harganya… Stay tune lads… 🙂

74 KOMENTAR

  1. gw saya blon tes ride langsung sih, tapi temen samping meja bilang bodinya gak jauh beda sama kaleng kembar. walo interior, design dan fiturnya menang jauh. monggo di konfirm yah kang

  2. Td lihat dr blkg tampilan lumayan gk murahn.
    Posisi sopir pandagn moncong kiri dpn lapang ato ketutup kap mesin om?

  3. hpm memang berani. apik memang. apalagi beberapa waktu lalu liat langsung dan diliat dari belakang joss banget. walau kalo boleh jujur agak kurang sreg dengan bagian depan. coba kalo pake bagian depan ala jazz i-dsi mesti tambah ciamik. #wanipiro udah dikasih mesin jazz kok masih kurang. 😆

  4. Yang penting ganteng…kurang sana sini dianggap wajar yg suka pada lupa spare partnya mahal wkwkwkwkkwk

    • Semahal apa siiii hehhee…dikelas sama ya mirip mirip…tapi kaki kaki emg mahal Honda tergantung banyaknya Link dan sistem suspensi….
      Dari oil filternya aja dulu deh, avanza berapa, ertiga sama grand Livina

  5. kualitas plastik interiornya sebanding GL or R3? gak salah tuh?
    kl menurut saya sih plastik interior mobilio kelihatan murahan banget, jomplang banget sama ekteriornya.

    • Kelihatan iya, silakan pegang dan ketok sendiri aja 🙂
      Pemilihan warna hitam mengkilap di bagian dashboard memang kurang cerdas, looks cheap walau sekaligus elegan.

  6. Dari luar kliatan lebih kecil. Apakah kabin lebih luas dari kaleng kembar dan ertiga? Bgmn dengan double blower? Hmmm menunggu apakah akan ada versi upgradenya

  7. Pernah lihat unit yg sedang dipamerkan terlihat besar, pas ketemu di jalan saya jejerin dg innova saya ternyata lbh kecil si mobilio ini. Saya sempat cek dalamnya, kurang sreg dg interiornya, terutama dashboard bahannya terlihat seperti murah, mungkin itu hanya kesan saya yaa…

    • Wah ipah mah gede om hehehe…
      Di kelas LMPV sih cukup lah yah… Jgn terlalu banyak berharap mewah juga kita, karena kudu tau tujuan si Mobilio ini awalnya hehehe…

  8. Udah banyak penampakan di surabaya mobilio emang lebih keren,irit bbm,nyaman,perfoma lebih di banding sekelas lowMPV lainnya, jadi pilih nii mobil …..,udah ngak sabar nii…… nunggu unitnya nyampai

  9. udah pake si lio sebulan ini, so far nrimo nya hanya di bagian kesenyapan kabin. harus pasang peredam extra euy 🙁
    udah gitu di row paling belakang ga ada gantungan (handle), jadi gak bisa gantung kemeja/jas deh. hiks..

  10. Promo ahkir tahun datang lagi??
    Buruan pilih mobil yg kamu suka & kredit sekarang juga ???

    ——- PROMO AKHIR TAHUN TOYOTA ——-
    > SIENTA DP : 10 Juta
    > AVANZA DP : 13 Juta
    > AGYA DP : 10 Juta
    > CALYA DP : 19 Juta
    > RUSH DP : 13 Juta
    > INNOVA DP : 58 Juta
    * ANGSURAN MULAI 150.000!
    * ASURANSI FULL ALL RISK (bisa ditambah TLO dan hura hura)
    * MEMBER ASTRA WORLD
    * Avanza, Calya, Agya, Sienta, Rush = Free Paket Servis gratis selama 3 tahun/40.000 km ( Oli, Busi dll )

    For More info:

    Toyota Auto 2000 Ciledug
    Rizka
    081314992344
    Phone / Whatsapp
    PT.Astra Internasional,Tbk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini