CBR

Pojok Test Drive: Mazda CX5 Skyactiv G 2.5 Touring (Part I) – SUV Value For Money?

mazda cx5

Kobayogas.com – Halo lads, kumaha daramang? Bertemu lagi dengan pembahasan seputar roda empat. Alhamdulillah, kesampaian juga tes mobil yang diidam idamkan untuk dicoba sejak lama. Yoeh, Mazda CX5 2500cc dengan teknologi Skyactiv G tipe Touring dengan velg 17″ langsung dari dealer Mazda Kp Melayu siap untuk ditest.

Mazda CX5

Sejak Mazda memproduksi Mazda CX5 dengan teknologi Skyactiv, KBY sungguh penasaran dengan teknologi terbaru dari Mazda tersebut yang memang pertama kalinya secara keseluruhan, dipenuhi oleh teknologi Skyactiv. Oleh karena itu untuk jenis mobil yang memakai teknologi menyeluruh dari Skyactiv, Mazda menyebutnya Skyactiv G.

Yang membuat KBY penasaran adalah, sejauh mana kontribusi Skyactiv G terasa di Mazda CX5, apakah hanya gimmick semata atau benar benar berpengaruh secara feeling mengemudi terhadap performa keseluruhan? Selain itu, menarik mengetahui kenapa Mazda bersikukuh melakukan penelitian lebih advance untuk mengembangkan teknologi motor bakar yang dianggap nyaris mentok.

Di saat produsen lain terkesan mencari solusi mudah pada mesin mobilnya demi mencapai performa terbaik, yaitu penambahan turbo atau supercharger, Mazda dengan Mazda CX5 bersikukuh mengembangkan mesin naturally aspirated (n/a) karena menganggap mesin n/a tersebut masih bisa ‘dipoles’ lagi, sehingga lahir lah teknologi Skyactiv G.

Sebagai informasi buat kita semua, Skyactiv G tidak lah berdiri sendiri atau bukan hanya teknologi mesin saja, namun mencakup secara keseluruhan dari mobil itu, dari mulai mesin, transmisi, exhaust, chassis sampai bentuk mobilnya merupakan satu rangkaian dari Skyactiv G. Singkatnya semua bagian Mazda CX5 dibuat sedemikian rupa agar sesuai dan saling menunjang performa mobil secara keseluruhan.

Oke, enough for introduction, sebelum menuju ke impresi mengemudi sesungguhnya, terlebih dahulu KBY akan bahas fitur fitur yang ada pada CX5. Hari Sabtu pagi tanggal 4 Januari 2014 kemarin, Bro Victory bersama istri menyambangi rumah KBY, kami memang telah janjian untuk tes Mazda CX5. Irina, istri Bro Victory kebetulan bekerja di dealer Mazda cabang Kp Melayu dan tes drive ini bisa terlaksana atas bantuan Irina.

Mazda CX5 yang datang berwarna Silver, dengan mesin yang 2500cc tipe Touring. Sejatinya, KBY akan diberikan tes yang tipe Grand Touring, 2500cc dengan velg 19″. Ah buat KBY tipe yang ini sudah sangat cukup karena intinya mendapatkan impresi berkendara si CX5, kalaupun disodori yang 2000cc, i wont complaint at all though hehehe.

Duduk, amati sekitar, spion kanan, kiri dan bagian dalam. Setel posisi duduk yang pas dengan kita, dengan Mazda CX5 segalanya mudah, karena sudah mengusung setelan elektris, tinggal pencet, semua posisi duduk bisa dibuat sepresisi mungkin untuk pengemudi. Bahkan tersedia juga tombol lumbar support, itu loh bantalan yang menopang pinggang atas belakang, mantap…!! Yang kurang mungkin memory saja, kalau ada memory, settingan duduk kita bisa di save, jadi saat ganti driver, ga usah setel ulang, tinggal pencet angka 1 atau 2, maka posisi duduk akan berubah dengan sendirinya.

Menyalakan mesin, gak perlu pusing, selama kunci ada di sekitar mobil maka tinggal injak rem dan tekan tombol start/stop, maka mesin akan menyala dengan hening dan nyaris tanpa getaran. Multi Information Display (MID) milik Mazda CX5 cukup komplit. Ada info rata rata BBM per 100km, ada aktual rata rata BBM, sisa jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bbm dalam tangki, suhu udara luar, odometer, trip meter A+B. Pada speedo pun lengkap, ada petunjuk cruise control, i-stop, LWDS, TCS, airbags, ABS dlsb wis lengkap pisan lah pokoknya.

speedo mazda cx5

Setir Mazda CX5 pun penuh tombol, pokoknya kesan modern dan hi-technya dapet banget, kedemenan KBY nih mobil penuh tombol hehehe. Ada tombol audio, cruise control, setting MID sampai tombol telepon ada.

setir mazda cx5

Seputar dashboard dan AC dilaburi material kelas wahid. Plastik dashboard dilapisi busa empuk, sekeliling area AC dipakai plastik black piano yang sophisticated. AC digital dengan auto climate control plus dual zone, head unit touch screen dengan speaker BOSE yang jossss… Bikin betah berlama lama mengemudi si Mazda CX5 ini.

Hanya ada sedikit kekurangan menurut KBY, plastik area head unit Mazda CX5 harusnya bisa lebih baik materialnya, saat ini cat plastiknya bisa mudah pudar, apalagi kalau mobil sering dijemur.

Fitur keselamatan bukanlah kompromi bagi Mazda CX5, disaat beberapa kompetitor berkutat hanya menanam 2 airbags, CX5 menanam 6 Airbags di sekujur tubuhnya, dua di depan dan 4 di samping.Β  Tidak cukup yang pasif, yang aktif pun sangat lengkap, sebut saja ABS, EBA, EBD, DSC (Dynamic Stability Control), TCS (Traction Control System) dan LDWS (Lane Departure Warning System), itu yang seputaran kaki kaki dan rem, seputar lampu ada Adaptive Front-lighting System (AFS), High Beam Control (HBC) dan Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ringan SUV juga ada, seperti Hill Launch Assist (HLA) pada beberapa mobil fitur ini namanya Hill Descent Control (HDC), woohh ngowoh dan salut lah. Lads juga gak perlu kawatir dalam memonitor tekanan ban, karena ada Tire Pressure Monitoring (TPS) yang siap memberikan warning saat disinyalir ban kekurangan tekanan.

Beralih ke fitur efisiensi bbm, Mazda CX5 mengusung teknologi yang dinamakan i-Stop. Sederhananya, fitur ini sama dengan ISS pada Honda Vario, tau kan yah? Jadi saat mobil benar benar berhenti dan kondisi rem diinjak, maka komputer akan membaca dan memerintahkan apakah mesin perlu dimatiikan atau tidak. Saat pedal rem diangkat, maka mesin akan kembali hidup dalam waktu 0,35 detik saja, tidak terasa dan sangat halus.

Fitur Idle Stop System milik Skutik Honda

Dari sisi eklusifitas dan kenyamanan, Mazda CX5 yang KBY tes ini mempunyai fitur Sun Roof, jadi selain bisa melihat angkasa, juga bisa merasakan hembusan udara segar lads. Aura mewahnya sangat terasa.

 

Nah, sekian perkenalan fitur keselamatan dan kenyamanan dari Mazda CX5 Touring. Artikel selanjutnya akan membahas impresi mengemudi CX5 ini… See ya..

Baca juga artikel lainnya lads…

Thanks for reading lads..

KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3377 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

111 Comments

  1. ga nyebutin harga?
    sebagai penutup cerita, dan bagaimana menurut KBY harga VS fasilitas kendaraan nya?

  2. Muantep puol mobil kuwi
    kang koba, sekali kali raly dakar diliput kang, raly paling ganas 😁

    • ‘mitsu olen’, sebenarnya tenaga kurang, suspensi okey (untuk jalan garajulan), menang di jok belakang bisa dua stelan senderannya. fitur rada kurang. Memang rada beda segment, dikisaran harga 300 jt… (sebenarnya harga paling okey di suv)

      • subaru BRZ, yoyota cman nebeng emblem.. malu2in generasi ae86 aja :mrgreen:
        pernah nebeng doang ga berani minjem walo temen gw bilang silahkan πŸ˜†
        kalo gw ngegores takutnya rumah gw diserbu preman soalnya yang punya bokap temen gw yang jadi ketua ormas πŸ˜†

      • Huahahhaha… Gak tau kemaren itu gak enak kalau mau dibawa agak brutal, menikmati kenyamanan nya aja… Waktu Golf TSI malah gw kebut pol wkwkwk… Habis dipersilahkan sih, kan berarti dah diijinin, malah dia bilang, kalau pelan gakan dapet feel kencengnya pak.

    • Kalo bicara enak dari sisi mengemudi, enakan CX5 karena basisnya kaya sedan…
      PS sama Fortie basisnya truk (ladder frame). Memang di desain buat beban (misal: perkebunan, pertambangan, offroad ringan s.d berat).

  3. dari ukuran boil sudah beda. harga pun beda sekitar 100 jeteng cmiiw walo sama2 4penumpang
    harusnya saingannya crv

  4. Nih mobil paling lengkap fiturnya di kelasnya dengan material interior kelas wahid terasa elegan banget saat diraba…Ga kayak crv rm yang material interiornya murahan kayak material interior duo kaleng wkwkwk

      • Hahahhaa… Kalau dia bilang material kabin CRV lebih bagus, kayaknya tangannya kudu dicek lagi tuh…
        Dari sisi mana dia bisa bilang gitu yah, permukaan plastik busa empuk CX5 vs Plastik keras CRV dibilang bagusan CRV. Hadeuh.
        Malah jadi ragu kalau dia udah pernah tes .. Sorry to say deh.

        Btw nanti kalau om Juned ada kesempatan liat dan pegang interior all new crv dan cx5 silakan bandingkan sendiri, biar lebih afdol πŸ™‚

      • ok bro KBY, thanks informasinya :)..
        ane sendiri blm sempet test keduanya, baru sebatas baca2 di blog ama majalah aja. πŸ™‚
        sip bro..

      • Di artikel tes drivenya nanti ada di kesimpulan hehe.
        Autobild aja gak berani bilang kualitas material dashboardnya jelek. Coba aja baca baca pst ga pernah bahas detail soal material kabin CRV hehe. Kalau ada hanya sepintas doang.
        Kalau desain dashboard sih gak komplen, bagus.

      • hehehe.. iya takut ama nama besar Honda kali yah.. nitip review speed, akselerasi, konsumsi bensin(dpt brp km), dll ya bro πŸ™‚

      • Speednya gak maksimum soalnya mobil test drive wkwkwk ngeri ah. Malah waktu dulu jaman blm bikin blog, tes drive Golf TSI 1.4 sama mbaknya boleh di geber, 180-nya gampang banget… Josss…

      • justru karna mobil test drive bro, kalo mobil sendiri digeber2 kan sayang wkwkwkk…

      • 140an, terlalu kecil buat 2000cc bro.. yowis, nitip konsumsi BBM yah πŸ™‚ (pk pertamax).. ama aksel..
        thanks bro

      • honda emang kebanyakan materialnya cheapy.. abis duit di mesin soalnya
        sama kaki2 yang bikin potong leher kalo mau benerin πŸ˜†

      • Bokap ane dah kburu ambil all new Crv 2.0 2014 .. Bokap mikirnya nama besar HONDA, harga jual kembali, n bengkel HONDA yg d cibubur sini cihuy bgt gede n pelayanannya hehe
        Btw, harga jual kembali cx5 gini anjlok bgt ga sih om kobay ? Trims

  5. Awalnya mantap baca review ini tapi setelah baca respon penulis thd bbrp komen terus terang ilang respek saya. Beda pendapat ngga perlu lah dilanjut mendeskreditkan pihak lain. Satu lagi contoh kegagalan orang tua mendidik anak yang santun dan berkarakter

    • Oia mengkritik positif juga boleh kok om, saya open :), tapi gak usah bawa bawa orang tua saya di sini ya, om gak berhak menjudge karena ga tau apa apa soal itu apalagi bilang mereka gagal didik, wkwkwkkw… Deal ya?

  6. aku maniac mazda..mulai dari SMA pakai mazda familia…sekarang pakai m2 n cx5 tiap hari tergantung mood mw pakai yg mana..next target mw yang sedan sportnya kali yaaaa but tetap mazda..mazda forever deehh

  7. Very nice post. I just stumbled upin your weblog and wanted
    to say that I hawve truly enjoyed browsing your blog posts.
    Aftfer all I will be subscribing to your feed and I hope you write again vesry soon!

  8. akselerasi yahud buat mesin 2,5 liter, fitur melimpah, harga nego bisa sedikit di bawah 400 jt euy.
    nikmati mobilnya dan pake lama jangan pikirin harga jual….

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pojok Test Drive: Mazda CX5 Skyactiv G 2.5 Touring (Part II) « KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  2. Test Drive Exclusive New X-Trail 2014 – Lengkap, Mewah, Nyaman dan Kencang! | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..