Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr.. beberapa hari belakangan ini ramai perbincangan akan – tak hanya kata “TURBO” dari Yamaha Indonesia, tapi juga penampakan spy shot dari sebuah motor yang diindikasikan sebagai sebuah Yamaha NMax Turbo..!! Naaah apakah Turbo disini beneran sebagai pemasok udara paksa seperti pada kendaraan berturbo lainnya, atau ada arti lain? Cekibrot dulu kuy kita bahas bin spill…

Pada dasarnya Turbo bukanlah hal yang baru di dunia otomotif terutama dunia roda empat, sudah sejak puluhan taun lalu teknologi ini hadir dan ditanam di beberapa jenis kendaraan dunia roda empat. Mungkin paling lawas yang kita bisa ingat adalah Daihatsu Charade Turbo ataupun Isuzu Panther Turbo ya..

YAMAHA NMAX TURBO..!!

Nah kembali ke pembahasan di awal, adanya info dari Yamaha terkait TURBO.. membuat kami para pengamat berpikir keras wkwkw..

Dengan kalimat tambahan di bawah kata Turbo yaitu – makes your heart skip a beat, sempat terlintas di kepala KBY apakah ini sebuah PRODUK BARU YAMAHA untuk melawan Honda BEAT 2024 yang baru rilis? Karena kata kata skip a beat bisa diartikan juga sebagai – melewati/menyalip Honda BEAT ..

 

Tapi kemudian muncullah penampakan Yamaha Nmax yang kena spy shot… mau tidak mau relate nya dengan kata TURBO dari Yamaha merupakan Yamaha Nmax Turbo dong, ini yang paling relevan sih jatuhnya. So kata kata skip a beat adalah harfiah, yaitu “bikin deg degan” dalam arti terkejut karena senang, excited!!

Nmax Turbo

BENERAN TURBO?

Kemudian tinggal prediksi Turbo nya sendiri dari sang Yamaha Nmax Turbo ini.. beneran TURBO atau ada arti lain? Pasalnya kalau beneran ditanam alat turbo – ini kecil kemungkinannya – meski bukan tidak mungkin karena dulu VVA pun sempat diragukan tapi ternyata nempel beneran kan??

Yamaha Nmax Turbo

Kedua, di harganya, tidak seperti VVA yang menjadi satu kesatuan dengan mesin, sehingga membuatnya lebih ringkas dan simpel, tidak demikian dengan piranti Turbo, dia akan nempel sebagai tambahan yang tentunya akan menaikkan harga jual.. hmmm

Kemudian ada komentator di IG yang menyebut TURBO sebagai TORQUE BOOST..!! Nah ini yang paling masuk akal untuk disematkan pada Yamaha Nmax Turbo lads.. mengapa? Karena “boost” ini sudah ada di mesin Fazzio dan Grand Filano yang Hybrid ..!!

Di kedua tipe blue core Hybrid tersebut Yamaha menyebutnya sebagai Electric Power Assist Start (EPAS) yang membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus .. ini efeknya sama dengan boost/dorong di akselerasi awal akibat naiknya torsi secara tiba tiba, bisa dikatakan ada kemiripan dengan cara turbo bekerja..

Dari penjelasan singkat di atas, maka Yamaha Nmax Turbo yang dikabarkan akan diperkenalkan pada tanggal 12 Juni mendatang merupakan NMax Hybrid dengan fitur Torque Boost alias TurBo hehe…

Bukan yang pertama memang, karena di PCX Hybrid pun fitur “BOOST” ini sudah ada dengan sebutan Sport Mode .. tapi mengingat cara kerja dari mesin Blue Core Hybrid Yamaha yang simpel, maka tak seperti PCX Hybrid – harganya pun bisa sangat ditekan.

Ah jadi gak sabar… stay tune ya lads.. oia dari penampakan spy shot Yamaha Nmax Turbo alias Yamaha Nmax Hybrid aka Yamaha Nmax 2024 tersebut, bagaimana menurut lads?? Makin oke kah?

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

21 KOMENTAR

  1. mengingat ini yamaha, pasti ada aja poin yg justru minus dibanding generasi sebelumnya. bikin penasaran apa blundernya…

  2. Sekilas dimensinya lebih kecil ya dibanding model sebelumnya, atau karena drivernya yang jangkung
    Semoga pandangan saya keliru

  3. klo kidz era 80 – 90an mah TURBO eta TURunan BOkir / TURunan BOneng wkwkwkwk

    Mang Kobay udah dapat kaos seragam buat dress code loncing, ane tungguin dah ripiew khas Ghost rider X Malang

    #khas yg udah ilang : foto SPG

    • bentuk jok Nmax (gen 1 atw 2) menurut saya gak ada yang salah, bentuknya lebar bikin nyaman duduk, dan sebenernya dibonceng belakang harus ngangkang pun gak masalah.

      yang masalah tuh posisi footstep belakang yang agak masuk ke dalam, dan bikin bentuk kaki harus nge-“0”
      kalo cuma sebentar sih gak berasa pegel, pernah naik gojek agak jauh dapetnya nmax, sepanjang perjalanan susah dapet posisi kaki yang pas.
      mungkin kalo saya pasrah dan peluk abangnya akan lebih nyaman posisinya….

  4. TURBO = Tuorsi Bousarrr
    Secara mesin, Lexi torsinya memang lebih besar dari NMax lawas. Meski bedanya cuma 0,3.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini