GSX

Kobayogas.com – Hola lads salam geberrrr.. Lads tentu masih ingat bahwa KBY sudah melakukan dyno test untuk skutik kelas 150cc terbaru Honda, yaitu si Honda PCX 160. Dyno dilakukan atas dasar penasaran apakah mesin baru 159,6cc yang secara pengucapan digenapkan menjadi 160 tersebut benar benar memiliki tenaga yang naik? Mesin dyno adalah alat ukur yang bisa mengungkapkan hal tersebut. Namun yang lebih menarik justru hadirnya prediksi posisi aktifnya VTEC berdasarkan hasil dyno di Alfa Jaya Motor tersebut.. cekidot

Berita bahwasanya mesin All New PCX 160 yang sudah VTEC ready sebenarnya sudah bukan rahasia lagi. Awal terkuaknya piranti pengatur bukaan katup secara variabel pada mesin skutik Honda tersebut adalah adanya desain paten (patent design) di salah satu web site (baca: Honda Terciduk Patenkan Desain Mesin VTEC Untuk Skutiknya, Setelah Sport, VTEC Merambah Ke Skutik? dan Terciduk Mesin All New PCX 160 Sudah VTEC Ready!).

Awalnya rahasia dan tetap menjadi rahasia saat Honda PCX 160 rilis di dunia termasuk Indonesia karena tidak ada embel embel teknologi andalan Honda tersebut.. tapi rahasia tersebut terbongkar juga saat ada bengkel yang membedah mesin PCX 160 tersebut dan mendapati bahwa ada satu ruang kosong yang klop jika piranti selenoid VTEC disematkan disana! Netizen +62 gitu loh wkwkkww..

Makin klop lagi saat ada half cut mesin PCX 160 yang dipajang di aula saat sesi test ride skutik elegan dan premium andalan Honda tersebut.. Terlihat banget di half cut tersebut bagian yang kosong dan sangat bisa menjadi tempat untuk teknologi VTEC.

Nah lads, saat KBY melakukan dyno test All New PCX 160 beberapa waktu lalu di Alfa Jaya Motor Petukangan Joglo, karena sudah tau kabar mesin VTEC tersebut, jadilah kami mencoba iseng iseng memprediksi di kisaran RPM berapa nantinya VTEC Honda PCX (dan atau mesin serupa) akan aktif?

sebelah sini kurang lebih posisi selenoid vtec nantinya

Berkat adanya kurva yang dihasilkan dari dyno test tersebut, tim AJM dan KBY dapat memprediksi aktifnya selenoid VTEC di mesin PCX yang ada di ruangan dyno test tersebut. Ya lads, kita bisa memperkirakan karena membaca hasil running yang ditampilkan dalam bentuk kurva.

HASIL DYNO TEST ALL NEW PCX 160 DI ALFA JAYA MOTOR

Sebelumnya, kita bahas dulu hasil dyno-nya ya. Sebagai informasi, kilometer Honda PCX 160 milik Ikhsan berada di angka kilometer 400-an, diisi Pertamax Plus sejak berada di tangan KBY, belum ganti oli, semua dalam kondisi standar, cuma muka ridernya aja yang gak, yaitu charming. Mesin dyno sasis merek Axis dengan operator mas Imam.

Sudah ada dua artikel terkait dyno tes skutik 4 klep tersebut di tempat yang sama yaitu Tes Top Speed Honda PCX 160 Di Atas Mesin Dyno dan Alasan Top Speed PCX 160 Lebih Rendah Di Mesin Dyno. Silakan di klik artikel dan videonya tes.. yang belum subcribe, silakan atuh wkwkw..

hasil running 5, 6 dan 7

Dari gambar di atas kita bisa tahu setelah 7 kali running dengan menutup gas di kecepatan 100km/jam, dimana 3 run terakhir yaitu 5,6 dan 7 sudah tidak ada lagi kenaikan signifikan dibandingkan running 1 hingga 4. Pada foto terlihat juga tenaga yang dihasilkan yaitu sebesar 13,3HP dengan torsi real time (pergerakan roda belakang menggerakan roller seberat 150kg) sebesar 20,9Nm (nama di foto lupa di rubah).

perbandingan run 1 dengan 7

Artinya, kalau mau dibandingkan dengan dua hasil sebelumnya di BMS dan TDR, (baca: Hasil Dyno Test Honda PCX 160 di BMS dan Hasil Dyno Test All New PCX 160 di TDR), maka hasil di Alfa Jaya Motor ini ada di tengah tengah, BMS 12,2hp, TDR 14,8hp dan AJM 13,3hp.

Apabila kita ingin mengindahkan hasil TDR karena dirasa terlalu besar hasilnya? baiklah, maka perbedaan antara hasil dyno test di BMS dan AJM hanya berselisih 1,1HP saja.. tipis kan? Anggap saja yang paling valid adalah hasil AJM karena KBY banyak belajar soal dyno di sana.. maka Hasil Dyno Test Honda PCX 160 adalah 13,3HP.

Data hasil akhir sudah didapat, tapi perhatian ada pada kurva, garisnya sudah mepet semua pada 3 run terakhir sehingga sudah bisa didapatkan hasil yang valid. Nah karena sudah tau ada ruang VTEC di mesinnya, kita jadi iseng memprediksi, jika VTEC jadi diterapkan, kira kira bakal aktif di RPM berapa ya?

MISTERI LEMBAH VTEC?

Pada foto di atas terlihat dengan jelas kurva yang melandai setelah di awal naik, kemudian turun dan kembali naik hingga gas di tutup pada kecepatan sekitar 100km/jam. Penurunan tersebut membentuk semacam lembah, dimana KBY menamakannya sebagai “lembah VTEC”.

Jika dibandingkan dengan kurva milik NMax dan Aerox (sabar ya nanti artikelnya terpisah wkwkkw), tidak ditemukan adanya lembah yang sama pada dua skutik dengan teknologi VVA tersebut lads. Sooo memang disitulah fungsi dari pengaturan katup variabel, saat terjadi pembentukan lembah alias penurunan, disitulah VVA (NMax dan Aerox) ON alias aktif.

Bagaimana dengan VTEC? Dengan menggunakan kurva dyno test PCX sebagai dasarnya, kami mencoba melihat di RPM berapa kurva mulai turun alias melandai, dan setelah digeser ada di sekitar angka 6000-an RPM, kalau di foto ada di 3 angka yang muncul, mulai dari bawah yaitu 6.172, 6.180 dan 6.225.. Artinya sekitar di angka segituan lah ya jika kita beranggapan VTEC terpasang dan mulai aktif..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

183 KOMENTAR

      • Dari BENTUK saja DAH BEDA, Bloon…

        Yg sama itu R25 vs 250RR…!! LU ADU TUH…?

        Jangan bawa2 4 silinder khas ngeles elu ber jamaah ya..itu PRODUK BEDA MESIN. ?

        ?????? Suliiiing..

      • Kalau diatas dyno masih menang PCX , mungkin kalau ikutan drag siNgorox bisa juga diintip PCX lewat spion ,?

    • Dari 6 tahun yang lalu koar-koar vtak-vtek ehh nyampe skrang ga nongol2 itu vtek nya…. Haha beda dengan Real Sultan Y, tanpa gembar-gembor langsung klik tau2 muncul 4 klep + vva,,,

      bikin 2 klep gredek, bikin 4 klep gancet.
      bikin vtec cuma narasi ?

      • Beli Mobil H , son…klo mau lihat wujud VTEC..!?

        EH LUPA..Y JUGA PUNYA P 4 Roda….P iano 4 roda !!
        NGAAAHAHAHAAAAAY..????

        Suliiingggg?????

      • Yaaa…6 tahun Sultan hnd masih lihat Yahama merana , buat apa dikeluarin VTEC
        Lagian VTEC bukan kelasnya Pea2 mini aka Banci ?

    • Mangkanya terlihat , antara non Selenoid sama yang pake Selenoid mono gak terlalu jauh perbedaannya.. boleh dibilang gak keliatan ngaruhnya ?

      • Kalau dikilas balik ke drag Sentul, harusnya yang pake Selenoid bisa nge Beat non Selenoid dikecepatan 60 70 kmh , tapi nyatanya? Baru bisa setara diangka 100 kmh. Itupun karena si Selenoid dipake mang kobay , kalau Selenoid dipake yang lain? Jadinya 117 kmh bisa melirik lewat spion si selenoid 122 kmh ??

    • Mampir ke blog Charming kejang, ke blog CakBewok kejang…lagunya Bujjer YiaBonYok adalah…disini kejang disana kejang..dimana2 otakku kejang??? lalalalalalala.???

  1. ??
    Mesin terbaru Pcx ini sgt terbuka utk update ke depannya..
    Baik sisi performa maupun efisiensinya…
    Menarik utk menunggu respon sebelah.. apa kembali manaikkan cc atau malah pasang turbo..?

    • Keknya 10 tahun lagi dipasang . karena tanpa VTEC pun setelah melewati Lembah , bisa njengat sampe akhir ?

      • Kalau tenaganya gak di cut…alhasil capaian puncak si Non Selenoid masih mampu kembali mensejajarkan diri sebelum meleset ke depan ?

      • Sebelum keluar VTEC, kita sdh mulai beralih ke EV, inget….. 2030 semua produk baru harus EV

  2. orang jepang geleng2 liat kelakuan netizen +62 ….
    bisa tau apa yg di umpetin …
    orang indonesia … jgn kan motor … keburukan blogger aja di korek2 … udh jelas2 benci sm si empunya blog tp tetap aja dia buka tuh blognya artikel2nya ….

    • Kemampuannya keknya memang bisa segitu , tapi dibatasi juga sama gigi rasio…karena ini metik ?

      • Ay gak paham banget sih ? tapi jika dari roda saja segitu termasuk gimana tuh mang .

    • Whew.. ini yang juga kurasain janggal.
      Pio torsinya 18an dan tiger 16an. Kayanya utk kelas 150cc torsi biasanya “cuma” di sekitaran 14. Ini semua data spek yg artinya on crank.

      • Nah ntu dia..boleh sih janggal , cuma di mesin dyno berbeda tetap saja kebaca tinggi ?
        Tapi baiknya abaikan….

  3. Tahun 2021. Baru sibuk buat selenoid untuk katup variabel di mesin 4 katup baru. Lha nmax itu datang dari masa lampau apa? 6 tahun yang lalu sudah ada vva? Wkwk. Ntar 2025 honda ngeluarin Pcx160 dan adv pake abs dual channel+connected. Lha kok lama2 ngekor.. Beda ama jaman grand, supra. Payah lah sekarang..

    • Kalau sekarang sih emang situasinya kek gitu.

      Tapi gimana dengan sebelum ini, dimana fitur2 upil macam parking brake lock, acg starter, idling stop system, dah ada di motor honda macam mbit karbu, picek gen1. Yamaha? Kasarnya baru kemaren2 ini aja dia punya fitur itu, sekalinya bikin kasih nama ‘smart’ biar kelihatan canggih. Itupun bbrp fitur yang disebutkan tadi masih belum juga kesebar ke semua lineup.
      Perkara ekor mengekor, dua2nya sami mawon.

      • Klo connect sih ga tertarik sama sekali. Percuma, lokasi parkir cuman nitik peta. Motor diangkut maling juga titiknya masih disana. Wkwk. Yg buat gw nyesel, kenapa udah ada tempat buat vtec kok masih di pending, Ngga di terapkan. Semahal apa tetep gua beli lah. Tp kaga nunggu waktu lama

        • Konek itu pengganti Remot yang cuma dapet 1 ? biaya aplikasi yang 50 ribu jauh lebih murah daripada ngasih remote yang 1 nya seharga 500 ribu ?

        • Gw lupa soal Y Connect ini, apakah berarti fitur answer back nya ilang?

          Secara pribadi sih memang connect gak ngaruh buat ay, gakan terlalu kepake juga soalnya. Lebih cepet answer back..

          • Tetep ada kok mang, coz remotenya tetep identik sama keyless yamaha yg lain yg sekali pencet answerback itu.

            Tapi buat saya sih, kalau perkara fitur ya jelas jauh mendingan fitur alarm di pcx daripada y-connect di nmax. Non-gimmick, lebih fungsional dan hampir selalu kepake. Plus gak usah keluar duit lagi buat pengaman aftermarket, warranty tetep kecover. Lucunya kok gak ada yang mengekspos perkara ini loh mang. Padahal fitur ini sudah khasnya pcx sejak awal brojol gak sih? Yg saya dengar cuma “y-connect canggih, pcx primitif”

      • Memang, sami mawon jatohnya.. wkwkww

        Itu kalau mau ditarik ke belakang ya.. tapi biasa laaaah..
        Yang dianggap ngekor itu selalu si sayap.. ???

        Padahal kalau smart ya gakan ada tuduhan itu, wong sama sama saling ngekor

    • Y sematkan Selenoid 6 tahun lalu.
      H dah berpuluh tahun lalu sematkan Selenoid di motornya ?

      Lagian punya Y ini masih mono…atau masuk kategori banci . Jauh banget pastinya jika harus dibanding sama VTEC.

      VTEC di mesin H itu bisa bikin grafik di Dyno naik seketika….alias nge boost ??

        • Owh kirain…soalnya gak ada juga kalimat penegasan pengaplikasian Selenoid di 150 CC ??

          • Soiciro masih ingusan dan ngompol, yamaha dan kawasaki sudah buat pesawat jet tempur untuk ekspansi militer di dunia

    • Kalau kawak gua percaya , kalau yahama ane belum tau, minta linknya dong …kali aj mirip sama kasus PCX 2 channel eropah ?

      • Yah vtec itu kan cuma topik gorengan dr marketing… Lah barang nya kagak ada… Terus apa yg mau dibahas?

      • Delusi ASBUN khas benYek…
        Bikin pesawat bareng kawasaki ??…BOKIS NYA ITU LHO…WUJUD GA ADA FAKTA APALAGI..

        Beda sama H,..jualan pesawat private jet 73, 5 MILYAR ITU LARIS MANIS di seluruh dunia..!???✈

  4. AHM harus meningkatkan kualitas material klo mau pasang vtec…..terutama komponen piston,ring dan cylinder

    pertanyaannya…..mau.dijual harga berapa itu.motor……yang sekarang dengan fitur lebih inferior aja harga lebih mahal sedikit dari nmax untuk yg varian abs yah

    AHM harus berusaha keras untuk se efisien mungkin dalam biaya produksi
    bisakah?klo bisa apa yang mau dikorbankan?
    plastik di tipisin?cat di tipisin?mengurangi karyawan?

    • Terlalu jauh membayangkannya bro ? sebagai penguasa ….tentu sangat mudah bagi Hnd melakukannya. Masih ada proses sederhana sept subsidi silang untuk menyiasati itu ??
      Khan kita tau , bunga Bank dari Kanvas rem beat itu bunga berbunga setiap bulan. Nah dari 1 sumber itu saja septnya mampu nge backup wong buat tim balap ahrt saja dia bisa ??

      • sekarang aja harga udah lebih mahal……subsidi yang mana…..buktinya sekarang udah lebih mahal untuk yg sama sama type ABS

      • Dan masih banyak sumber2 lain yang bisa dibuatkan listnya. Bisa jadi dari jualan ADV yang sudah ngesport ngesporrt , atau kalau lagi mentok diambil dari keuntungan jualan Brio. Masih mentok lagi minta suntikan dana ke induk semang di Japan ??

        • ADV yang terlemot dikelasnya itu jualan payah…….harga mahal fitur lebih inferior lagi……apanya yg mau di subsidi

          • Setidaknya ADV gua lebih ngacir dari PCX ?
            Dan adv itu adalah bonuuusssss buat Hnd indo , karena ini motor bukan model global atau produk global. Ini fix produk lokal tapi bisa ngeksport2….dengan kata lain,, keuntungannya 100 persen masuk hnd indo .
            Nah kalau PCX kan model global yang juga produk global ??

      • klo memang bisa,mampu,mudah sebagai penguasa…..ya buktiin aja…..harusnya harga jual PCX abs bisa jauh lebih murah dari nmax abs……inget fitur lebih inferior ngoobbb

        • Nah iki….iki yang perlu di pahami ngoooob ? penguasa itu mutlak punya rasa sosial yang tinggi .terlebih sesama saudara sekampung semudiknya .
          Jika itu dilakukan , memberikan harga yang murah buat produk Hnd tsb , apa hasil grafik dari dyno Market ?
          Piwerrrr dan torsinya bisa 200 persen. Kerak2 pun yang lain bakal gak kebagian ?
          Jangan berkaca dari domestik saja ngooob , secara global pun Hnd itu tetap berada diharga diatas para rival dikelasnya.

        • Bykan masalah lebih murah apa gak tapi sebagai market leader AHM punya bargaining power lebih kuat daripada oabrikan lain buat nentukan harga, gak semua produk AHM lebih mahal dari kompetitor, contoh CRF150 awal release paling murah dari KLX begitu lebih laku baru naik terus harga CRF, sonic juga lebih murah dari satriaF, kalo pun mau bandingin liat aja PCX cbs sama nmax std, harga lebih mahal PCX tapi lebih dari itu fitur PCX lebih oke udah keyless udah CBS ada power outlet udah ISS, fokus honda bukan hanya performa tapi paket keseleuruhan yang diberikan, knapa yamaha jual performa karna cuma sisi itu yamaha bisa serang honda, yamaha gabisa serang honda pake bahasa merketing irit karna kata irit udah melekat dan punya honda, itu sama aja kek beli laptop ato smartphone murah tapi kenceng macem beli xiaomi apa realme tapi secara package jauh dari samsung buat klas flagship ya

    • Kejutannya bisa jadi kaya PCX sekarang yang ternyata naek cuma sedikit dari versi lawas. .

      Kalau sama kompetitor lebih ke strategi sih, kaya positioning yang ceritanya levelnya ada di atas kompetitor..

      • Hubungan biro sama ahm bisa dijelaskan mas sales?tau bedanya ahm sama hpm gk sih?ane pikir no body cant ini setara manajer dealer ternyata sales dangdutan pasar kaget juga ternyata.?

          • Sebenernya kalau gw buka satu tirai lagi bisa bikin kaget..

            Karena apa yang dibilang nobody can’t itu 90% bener..

            Dari Brio dll, ngastra itu dapet duit..

            ?☁️☁️☁️☁️

  5. Suara pria dibagi 3 tenor,bariton,bass..tapi suara mang kobay beda…epbeye banget…suaranya krosplen,serak2 sember gitu…tapi yg bikin bingung mang kobay fbh jg secara tingginya 160…macam pcx aza…kabooooooooor

      • soale dulu katanyah beha … yang 5cm eh 5cc itu itungan nya offside Mang wkwkwkwkwk

        netijen demen banget pada ribut soal komparasi yak … padahal mah ada duit ya dibeli ajah sesuai kebutuhan dan selera masing-masing dan klo duit nya gak berseri … tinggal beli dua produk dari masing2 merk buat diadu buat bahan bakar-bakaran ngoahahahaha

        ahhh sutrah lah … kudu diajak kopdar biar bisa diskusi santai nih antara kubu Sonwep x kubu Takada

    • Bolehlah bahas vtec klo emang vtek nya itu ada, lah barang nya aja kagak ada… Trus apa yg mau dibahas

      • Mungkin dia perlakukan kek gua perlakukan motor baru ? inreyen Hajar maksimal , cuman dia lagi gak beruntung saat itu efeknya jebol..untungnya dah dapet ganti baru ,langsung Fby terdiam ??

          • Ya bisa jadi dia gak beruntung ? apa bedanya sama yang beli Nyemex mesinnya jebol ? bisa jadi sept yg gua sebut sebelumnya.masih inreyen dia coba secara maksimal kek gua ..cuma dia kebagian apes . Tapi malah dapat unit baru ??

  6. Inti dari pandangan saya…. Selenoid sistim mono aka Banci belumlah ancaman dari Grand design sebuah 4 katup dari hnd yang boleh dibilang canggih. ??

      • nah ,, ini yg gue suka. setiap pabrikan ‘ingin’ produknya di katakan “IRIT”. lha bedanya pembeli maunya ‘KENCENG’.masa mau kenceng kok minta irit. kan bego namanya. kalo cuma sebatas 125-130kpj scoopy ane juga masih sanggup kok.

  7. Pamit dulu, sebelum pegang HP lagi nanti.
    HP , bukan Horse Power tapi HandPhone ?????

  8. Analogi sarap mendidih…penguasa 70% MS adalah produk pengekor yang buannyakk kekurangannya??? #bysmartjezjozdhuarrrr

  9. Yang bikin penasaran sih satu, oke honda memang jelas rencana bikin vtec, bukti konkrit kelihatan jelas di bagian cyl head. Terus di ecunya kira2 ada gak ya function buat pengoperasian solenoid vtec itu tadi? Siapa tahu mmg sudah ada dan bekerja tapi slotnya didummy atau gimana.

    • Sebelum soiciro lahir yamaha sudah bikin pesawat jet tempur bersama kawasaki… Makanya kalau soal kualitas jangan heran kalau pcx160 baru keluar deler mesin bisa gancet….

    • Keknya komen Son Wet diabaikan saja….gak berkelas ?

      Nah tambahan dikit nih bro2…om2 abang2 dan penulis yang Charming , asumsi liar tentu berkembang dengan adanya tanda vitec ini.
      Gua punya Asumsi begini :
      Dibeberapa produk hnd menerapkan harga yang tinggi, contoh Deket ADV . Gap antara PCX tertinggi dengan ADV ada sebuah Slot kosong. Asumsi ( gua ) slot tsb bakal diisi oleh PCX versi VTEC. ?
      Nanti….dengan mengeSampingkan unit PCX HeV. Maka PCX punya 3 varian yang pas. Jika sekarang posisi PCX ABS berada di tipe tertinggi….maka nanti Varian tertinggi dari PCX ini adalah ABS dan VTEC.
      Angka untuk harga adalah dikisaran 35 atau 36 jt. Persis diharga ADV sekarang. Nah untuk ADV yang kebanting sama PCX…setelah ADV ganti mesin jadi 160…harganya bakal dikerek lagi diangka 37 hingga 39 jt ruuoiah ??
      Garis besar dari asumsi gua melihat dari strategi yang dimiliki hnd adalah : Hnd meluncurkan produk tertentu dulu di harga yang lumayan jauh diatas…kemudian perlahan hnd menyiapkan senjatanya untuk mengisi Slot kosong yang berada ditengahnya. ??
      Silahkan ada opini dan adu.si lain yang mungkin bisa lebih membuka mata dan lebih bermanfaat ketimbang “ketikan Son Wet yang tak bermanFaat ??

    • Bro @ ebul..itu memang perlu di cek lagi, namun jika pun tidak …ECU atau ECM tsb pasti sangat mudah dipersiapkan nantinya . Yang ditunggu hanya lampu hijau dari japan ?

  10. Bisa juga bukan vitec dulu yang dikeluarkan hnd , tapi memanfaat kan tempat yang sudah tersedia tsb dengan Selenoid mono aka Banci….persis dengan yang digunakan yahama ?
    Karena bakal terlalu super power jika VTEC disematkan , sept yang gua bilang …grafik di Dyno bisa naik njengat….bukan naik merayap kek sebelah ?

        • sial amat beli honda….belum kelar kasus piston jebol eh nongol problem CVT kasar….duh sial sial tuh orang yang beli

          • Lowh bukannya ada Nyemex terbaru langsung kasar jg mesinnya ? Tapi lu ngeles gak mau kasih link ya .
            Kalau gua mah ogah narok2 link ?

  11. Ayolah liat penampakan ENeghhMakk feat. Henponkonek setelah 1tahun diluncurkan apakah sebaik gen1?? #jujuritubagus #burhanjugabagus #tetepgakbeli

  12. Masuk blog Kobay kejang, masuk blog CakBewok kejang, liat artikel Honhon kejang. ..sering amat kejang2? belom lagi siklus kejang per 2 minggu kalau MotoGP dah live ???

  13. Untung ada mang kobay…kalau gak…drag 10 x kemaren tuh PCX 117 kmh selalu didepan gak terkejar sama Nyemex 122 kmh ?

  14. Jadi maunya nih mang….maunya Son wet dkk , belum perlulah ngurusin VTEC .
    Karena barangnya belum ada tapi nambah mumet isi kepala mereka ?

    • Setelah gagal pake strategi test drag, strategi marketing kali ini vitek ready?
      Anjir ini sih artikel terngakak keduan setelah top speed picek standar tengah ???
      Haduh mang kobay ngelawak pinter banget dah, komeng aja kalah ???

      • Yah itulah strategi virtual namanya, bikin produk virtual agar bisa bersaing dicongor-congor untuk melawan VVA, yah biar keliatan superior lah nih gua juga punya vtec? , walau produk sesungguhnya itu tidak ada tetep aja digoreng selama 6 tahun ?

      • Gak punya kuota buka link apalagi vidio2 mereka mang ??
        Makanya Fbyek pada gak ngerti ??

    • Eneghmakk itu kuencenggg full racing spek, buktinya? Belum sampai tujuan aja mesin dah dikedipin lampu sensor standar samping alias disuruh matiin???????

      • Udah disematkan….cuman karena tekhnologi ngawur….jadi harus di Non aktifkan dulu ke dealer.

        Tau2 mesin jebol tanpa peringatan ?

  15. Vitak vitek njiiirr, mang kobay kagak kasian apa sama fbh disuruh ngehalu terus banyakin delusi ???
    Jangankan vtek, buat bikit mesin sohc 4v aja mesti ditabokin bulak balik dulu sama nmax ???
    3 tahun lagi picek pasang vitek, nmax udah update mesin lagi keles power mendekati r15
    Jadi mohon harap sabar buat mbeha picek akan selamanya dibawah telapak kaki nmax ???
    Dyno test menang
    Drag test mencret ???
    Penjualan modol ???
    Kenyataan memang kejam ???

    • Fby halu ??
      122 kmh cuma diintip lewat spion 117 kmh ?
      Malah ngomong nanti2….gak usah sampe nanti , tahun ini yahama dah sekarat ?

  16. diketemukan kembali lagi lagi masalah kualitas PCX 160 suara CVT sangat kasar padahal belum sampe 100km jarak tempuhnya

    kualitas semakin diragukan
    bakal mati sebelum dibayar huahahahahaha

  17. Ayo mbeha diborong dong ini picek vitek redi loh, jangan cuma jas jes jos doang belinya nmax ???
    Jujur gw pengen ngakak bercampur kasian sama mbeha.
    Dari awal udah dibohongin spek brosur ngibul, udah berdelusi picek kalah dari nmax karena dilimit, yg paling ngakak sekarang dikasih khayalan vitek njirr ga habis habisnya mang kobay bikin halu mbeha. Mang kobay ga kasian apa sama mbeha? ???

  18. Spek brosur PCX Nyemex sama2 diangka 15 hp
    Diatas dyno PCX masih 15 hp….Nyemexxx 12 hp ?
    PCX dilimit 117 kmh tapi berada didepan Ntemex 122 kmh ?
    Issue VTEC semakin membuat Kepala Fby gosong ?

    • cuma nmax durability lebih jos sampe mekah tanpa kendala…..bukan seperti.PCX baru sampe depan rumah pistonnya jebol
      duh sial sial beli honda

      • cuma nmax durability lebih jos sampe mekah tanpa kendala…..bukan seperti.PCX baru sampe depan rumah pistonnya jebol.

        Jika ini fakta kedepan Ik mau buka bengkel aja, dan Ik jadi FBH sejati karena menguntungkan dan anti FBY karena tak ada celah untuk untung wkwkwkwkkwwkkwkwk

      • Opa Guru dari Denpasar mudik ke Belanda numpak Supra X125?..kagak pakek Pea2 kagak perlu ditemenin. ???

  19. Eneghmakk itu kentjang dan serba racing? gak percaya? Bahkan sein yang bohlam kandang ayam itu aja race spek, makanya berkedip 5x lebih cepat lampu sein biasa????

  20. dari banyaknya kasus problem quality PCX…..apakah AHM berani recall?
    jawabanya ora waniiiiii
    huahahahaha…..duh sial bgt beli honda

    • Balikin ke dealer unit diganti baru..kalau Yiahaha disuruh tandatangan di atas meterai??? sudah lupa?? Wkwkwkwk

    • PCX didealer Ludesssss…..sial bagi yang belum kebagian ….tapi masih siap dan sabar antri ?

      Sebelah berjejer diTeras dealernya , tapi kaga dilirik ?

      • Ternyata oh ternyata ada yg ngarep pake pitek ?
        Dulu kan mbeha bilangnya 4klep ga guna, sekarang jilat ludah dikasih 4klep meskipun hora payu ?
        Terus mbeha bilang vva ga guna, eh kenyataannya picek dikepretin pake vva ?
        Dan sekarang malah minta pitek, kalo dibikinin pitek ntar dibeli ga tuh? Jgn cuma jas jes jos doang tapi belinya nmax. Rugi bandar tuh belum balik modal ???

        • Baru disiapkan slot buat selenoid aja udah pada kejang????…dasar kalian ini…wakakak???

        • Gua gak ngareo2 tuh ? tanpa VTEC aja dah mampu lihat Nyemex 122 kmh lewat spion PCX yang 117 kmh ?

      • udah beli eh jebol…..lagi pandemi beli.motor jebol……duuuuhhh sial banget dah beli honda

        • Wkwkwk..

          Btw mending mana motor 30 jutaan belum sebulan piston udah macet… Atau 303 juta, baru Dateng banget, kaliper rem bawah Oblak karena pas ngirim gak dicek ..?

          Gada mending, sama aja… ??

    • Ledis En jentelmen ternyata jet tempur buatan YiaMaap yang dimaksud SiSon bernama ILLERU?. Dioperasikan saat PD II di kawasan Eropa Barat dan tidak terdeteksi pihak sekutu, karena beda dimensi alias astral???. Diyakini sampai hari ini pun masih berkeliaran di atas sana dan gak pulang2…YiaBegitulah??? sumber: ensiklopedia Uganda

  21. Konsumen setia inden pcx karena gak lama lagi lebaran ?
    PCX
    Motor Indonesiah Asiah eropah dan amerikah
    Juara diatas dyno
    Juara di Sentul
    Lirix di Spion….eeh ada Nyemex 122 kmh dibelakang ?

      • Ssst Bro ..SPG deler tempat test drive GeARRot kemaren masih nyari2 ente tuh?? Katanya mau ambil 1 buat bantu2 kok malah kabur tanpa berita? ???. BTW dia sepupuan ama lady biker yang beli NgoRox kenceng kemarin lho. Kan malu kalau ntar ketauan Jezjoz test drive pulangnya ngumpet2..#foreverBurhan #testcongor #dahbelibelum

  22. Holy Breaking News : Ledis En jentelmen ternyata jet tempur buatan YiaMaap yang dimaksud SiSon bernama ILLERU?. Dioperasikan saat PD II di kawasan Eropa Barat dan tidak terdeteksi pihak sekutu, karena beda dimensi alias astral???. Diyakini sampai hari ini pun masih berkeliaran di atas sana dan gak pulang2…YiaBegitulah??? sumber: ensiklopedia Uganda

  23. Harusnya dipetik 1 hal .
    Mana ada yang ngetes PCX ini sampe bela2in ( usaha sendiri ) dari duren sawit ke Sentul…ke TDR…ke ajm…buat cari data. Bukan buat belagu apalagi memenangkan si pCX .
    Yang lain kebanyakan cuma ambil / sadur data2 yang sudah jadi , trus punya banyak pertanyaaan pulak
    Bukan ngangkat2 mang kobay ( beraaaaat , 71 kg ? )
    Tapi setidaknya , kita wajib meng Apresiasi apa yang dilakukan , juga termasuk blogger2 lain yang punya ” usaha ” mencari tau sesuatu hal.
    Kalau nulis2 doang sampe berjilid jilid …Fby gak lulus SD pun bisa ??

    • Karena kejang merupakan kebutuhan, mau disuguhin berita apapun tentang Honhon pasti auto kejang???. Subjek lain liat ntar lagi MotoGP mau mulai maka tradisi kejang per 2 minggu akan kembali???. Gak ngerti ane mereka itu menjadi jarang hidupnya normal lantaran blogger rajin nulis? Entalah wakakak ..

    • Wkwkwkw makasih mang, yah jarang banget yang liat ke situ..

      Dilihatnya – mencari tempat dimana PCX bisa dimenangkan ??

      Kadang disitu saya merasa seduh kaya kopi ??

      Nanti giliran gw bahas nmax berjilid jilid nih, dianggap mencari cari tempat dimana Nmax kalah.. ???

  24. Alhamdulillah rame warungnya mang wkwkwk
    Tiap artikel yg menyangkut pcx sama nmax komennya pada tembus 100an, mungkin kalau keluarin satu lagi bakal tembus 200++ komen wkwkwk

  25. Waduh rame banget ni….

    Baru ikutan nimbrung saya.
    Jadi ternyata charming nya mang kobay ga standar ya? Modif dimana emangnya mang?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..