GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Pada artikel lalu KBY sudah membahas seputar top speed All New PCX 160 di atas mesin dyno, hasilnya ternyata di luar dugaan, karena awalnya prediksi KBY kecepatan maksimal PCX 160 akan bisa lebih tinggi dibandingkan aspal sirkuit, tapi kenyataannya malah lebih rendah.. Pasti ada sebabnya yekan, nah kali ini KBY akan membahas penyebabnya disertai dengan video. Cekidot.

Dalam mencobai mengail dan mengetahui kemampuan dari mesin baru All New PCX yang memiliki kenaikan tenaga yang signifikan dari versi sebelumnya dan bahkan di atas kertas – lebih tinggi dari sang seteru yaitu All New NMax, setidaknya KBY sudah mencoba tiga kali..

Dua yang pertama saat di Sentul; silakan diklik artikel berikut bagi yang terlewat (Adu Drag Test All New PCX 160 vs All New NMax). Yang kedua iseng banget pakai metode standar tengah wkwkw.. sebelah sini artikelnya (Top Speed All New PCX 160 Versi Standar Tengah). Dan terakhir, di atas mesin dyno axis milik Alfa Jaya Motor Petukangan.

cek juga: Top Speed All New NMax Dari Diam Beda Tipis Dengan PCX 160

Artikel hasil top speed PCX 160 di atas mesin dyno juga sudah KBY tuangkan. Kini giliran penyebabnya mengapa top speed di atas mesin dyno malah lebih rendah dibanding sirkuit, yaitu 111km/jam (speedometer) atau 104,5km/jam (mesin dyno) vs 117km/jam. Jadi ini dia asal muasalnya setelah dijelaskan oleh Mas Imam yang ogah disebut sebagai teknisi Axis, pengennya disebut sebagai operator dyno aja wkwkw..

Di awal KBY berpikiran bahwa di atas mesin dyno itu setidaknya beban roda atau gesekan roda akan lebih minim dibandingkan sirkuit, iya dong.. seberat apa sih paling roller-nya.. Ternyata untuk dyno Axis milik Alfa Jaya Motor ini punya setingan sendiri.

Pertama, mesin dynonya sendiri memiliki dua beban, pertama dari disc atau pemberat yang dapat disesuaikan dengan simulasi berat pengendara BERBONCENGAN. Untuk PCX ini diberikan 3 disc dengan total berat sekitar 150 kilogram. Simulasi juga tanpa adanya kondisi rider menunduk/ tuck in.

Beban kedua setelah gaya inersia roller berkurang akibat diputar oleh ban, bebannya pindah ke bagian lain yaitu ada sproket mekanis yang akan memutar turbin dan menghasilkan angin di depan motor. Kecepatan/ besarnya angin sesuai dengan kecepatan motor. Silakan dicek video penjelasannya.

Bukan tanpa alasan mengapa Alfa Jaya Motor menseting mesin dyno axis mereka sedemikian rupa. Biasanya yang datang kesana kebanyakan untuk riset modifikasi lads, jadi dengan dyno simulasi berboncengan kemudian sang pemilik suatu saat melakukan modifikasi sebut saja kirian, hasilnya akan terlihat sebesar apa..

Harapannya, jika berboncengan saja sudah mumpuni hasilnya di atas dyno, apalagi kalau sendirian di jalanan nyata.. Begicuwww.. Semoga bermanfaat yess.. Tunggu ya hasil dyno All New NMax sedang digarap, termasuk top speednya. Akan ada komparasi juga dengan NMax milik YIMM yang hasilnya.. wowww mengejutkan!!

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

100 KOMENTAR

  1. Emang mau berapa km mang… Udah kenceng itu pcx… Si cbr pego aja lewat kalo di lamer hehehe… Ngopi mah… Keur ronda yeuh..

    • Sebenernya bukan mau berapa kenceng wkwkw.. tapi sharing aja ilmu yang ay dapet dari hasil dyno dyno-an itu wkwkwk..

      Kuy ah ngopi heula.. ulah kopi jagung ya mang, ga bagus untuk lambung wkwkwk

    • Kayaknya perang itu gak seru jika selalu menyerang duluan , terkadang kita perlu nungguin misil lawan sebagai semangat untuk Ngebalas πŸ˜‚

        • Tapi ngomong2 nih mang kobay , nanti kan ada sesi Nyemex nya nih , nah apakah proses dan cara pen dyno annya persis dengan PCX ?
          Semisal PCX kemaren dipasangin 3 disk yg setara 150 kg , nah di Nyemex apa juga sama …berikut hal2 lainnya πŸ˜‚

          • Sama dooonk..

            Isi sama sama Pertamax Turbo full.. top speed dyno ay yang geber, bobot 3 disc..

            Tapi ada yang beda sedikit, karena sensor Speedo nmax di depan jadi kudu diakalin biar gak cut off pas running..

    • Cbr itu 0-200 bisa dibawah 12 detik, lu kalo bisa bawa pcx dibawah 12 detik ajaib namanya

      Tmc yg enteng aja ga bisa

      • Baca heula komen urang mang… Pan di lamer urang nyebut na ge(guyonan).. hehehe.. soklah urang ngulub hui heula, biar anget perut.

        • Tapi apapun yang dilakukan … Kok sepertinya dimana mana Fby gak pernah terima apapun cara tes tes an πŸ˜‚

          • Sorry mang kobay maksudnya fi atau apa gitu ay juga belum nyimak tuntas πŸ˜€ ay lihat di Vidio tDR cara lain ngambil datanya Nyemex karena tidak bisa dari ban belakang jadi diambil lewat tengah gitu. Deket TB nya.

          • Kalau di ajm sensor Speedonya di copot trus disambung.. keknya sama ngambil dari tengah jg.

            Yg jelas ga bisa dipake yg di speedometer, jadi ngaco .. jadi ngandelin angka di layar dyno.. tunggu aja videonya wkwkw..

    • Siap mang kobay πŸ˜€
      gak sabar lihat Son wet yang selama ini mukanya ditekuk jadi gembira πŸ˜‚

    • Tuh Weeeettt ?
      Gua kasih contoh dikit bagaimana berinteraksi dan tukar pandangan sama penulis , walau sepele dan kecil , setidaknya bisa nambah2 ilmu .
      Ngajak perang mulu siiiih….mending menang πŸ€ͺ

  2. blm nongol …kubu sebelah
    ternyata yg sering lembur bang nobody can’t …. gede nih pasti komisinya ya bang
    klo bang sonwep jarang lembur mungkin yahaha kurang budget nya … jadi meniadakan lembur
    maklum sih penjualan beda jauh antara ahaem sm yahaha

  3. kalo saya seh lebih enak ‘torsi’ yang gede, daripada top speed kang. colek dikit ndangak ndangak lah..

    • Akang TestDrive apakabar?πŸ˜†..ini unit GeARott dah ready DP gopek cicilan harian ceban sesuai permintaan..kapan bisa antar unitnya? Hehehe..πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  4. dengan julukan matic besar seharusnya top speed bisa di atas nmax…..apalagi sensor ada di crank case…..sementara nmax ada di roda depan
    yang lebih mendekati actual

    kalau alasan safety ga masuk akal
    tp klo alasan durability baru masuk akal
    terlebih sudah banyak kasus PCX 160 piston macet dan jebol

    gmn jadinya tuh mesin klo dipaksa berkitir lebih tinggi lagi

    • 1 . Ini motor global yang juga dibuat secara lokal , tentu Gua lebih percaya enJenir2 hnd daripada ulasan dangkal Fby sekalipun ada asosiasi Fby sedunianya πŸ˜‚.

      2. Aslinya PCX punya top speed melebihi Nyemex , tapi diCut 117 kmh , yang mana PCX 160 ini pun masih kalah sama ADV gua .
      cuman ada bagusnya…ukuran Hp atau torsi sudah melebihi Nyemex , biarpun Hp itu gak terlalu penting ya ( soalnya X-Max saja HP nya dibawah PCX ini πŸ˜‚ )….
      Yang penting adalah ; PCX bisa lihat nyemex 122 kmh dari Spion 117 kmhnya πŸ˜‚

      3. Yakin lebih banyak kasus PCX jebol πŸ˜‚ mau banyakan Naro link kita ?

        • Betul broh , ini perang antar sales
          Sales Sultan H vees sales kasta bawah Yahama 🀣

      • pantesan di cut…..klo engga ya jebol semua itu PCX……terbukti dah.kualitasnya seperti apa…..mau.alasan apa kek…..pokoknya jebol tuh.piston.menandakan durability PCX amburadul

        • Yah kalau cuma 1 dari sekian belas ribu masih wajar πŸ˜‚ tunggu saja perkembangannya.
          Kalau di Brazil ada yang protes dan minta recall berarti perlu dibenahi , tapi kalau ecek2 digede2in kek disini ya ….gak penting πŸ˜‚

  5. Memang tiap2 tempat dyno hasilnya akan berbeda sesuai cara penerapan pengoperasiannya. Namun selama Penerapannya sama dan data pengetesan dan perbandingan antar produk lahir dari tempat yang sama maka itu ” Sah ” . πŸ˜€

    Ask dikit mang…apakah di TDR juga menambahkan disk2 tsb ditiap2 pengetesan dyno nya terhadap motor apapun selama ini ? πŸ˜€

    • Baru tau soal disc saat di AJM aja mang, jadi di TDR saia kurang paham jatuhnya ..

      Tapi setuju, selama beberapa unit di tes di tempat dan metode yang sama, perbandingannya akan tetap valid regardless hasilnya beda beda..

  6. Jadi … hasil tes dyno ini lebih diperuntukkan buat pengembangan atau modifikasi dengan tujuan…menutupin apa dan dibagian mana kekurangan dari mesin tsb ( jika pengguna menginginkannya , jika tidak ….maka abaikan ) πŸ‘.
    kalau ada gunung , tentu ada Lembah . ( Bukan limbah plastik Fby lowh ya ) πŸ˜‚
    Mau lihat hasil yang akurat perbandingan dari perseteruan tentu dengan pertunjukan yang real dilapangan , dengan berbagai syarat kesetaraan hingga mengumpulkan beberapa Bukti .
    πŸ˜‚

    • dengan penambahan 3 disk yang setara dengan beban diatas motor sebanyak 150 kg , hasil yang didapat mampu berlari 110 111 kmh itu mah sudah cukup memuaskan dari mesin 156 koma sekian CC πŸ‘
      Harusnya Nyemex bisa lebih dari yang didapat PCX ( berbunga bunga hati Son wet πŸ€ͺ )

  7. Nyanyi dulu ah

    Zel takozel kozel picek dikepret nmax
    Zel takozel kozel picek dikepret aerox

    Mau berapakali dyno test dan pembelaan berapa kalipun kalo real fakta dilapangan tetep dipecundangi nmax dan aerox ya percuma 🀣🀣🀣

    Zel takozel kozel picek sehernya gancet 🀣🀣🀣

    Bikin artikel nmax seher gancet dong mang yg banyak sekalian kasian beha dari kmaren ga ada perlawanan 🀣🀣🀣

    • Kan dah gue bilang , diatas dyno walopun tetap mnang PCX..tapi abaikan saja , wong hp xmax saja kalah sama PCX πŸ˜‚
      Yang penting hasil Real dilapangan , udah dites tanpa Abal2. 2 unit yang anyar di adu diSentul , malah ada 2 Nyemex vs 1 PCX . Dan terbukti.
      122 kmh masih bisa diintip lewat spion 117 kmh πŸ˜‚πŸ˜‚

  8. Di artikel kemaren ada yg komen picek terinspirasi dari dna lele dumbo πŸ˜‚
    Asli ngakak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ mungkin karena tampangnya yg terlalu lebar πŸ˜‚

    • Bisa jadi πŸ˜‚ atas kesuksesan lele Dumbo makanya Nyemex hadir bukan ?
      Tapi lu boleh cari ukuran PCX itu sama Nyemex , dalam cm ukurannya sama πŸ˜‚ sukur2 nasib si Nyemex bisa
      ” sama ” suksesnya kek pCX

  9. top speed setara lexi
    RPM dicut eh ternyata durabilitynya lemah
    piston pada jebol tenaga ngempos
    CC 160 oli mesin cuma 0,8L
    ditambah gimik jet piston biar adem katanya
    eeehh over heat piston memuai lebih cepat
    dan akhirnya mesin mati dan…..piston dan segala yang ada di dalamnya rontok

    • Yah , makin kasian gue sama 155 lu
      122 kmh masih bisa diintip lewat spion 117 kmh , trusss Lexy lebih powerfull ??? πŸ˜‚
      Terlalu lebay sampe piston rontok , kan lu lihat difoto ring sehernya doang yang kena .
      Lu protes oli 0,8 liter …di ADV gua aman2 saja sampe sekarang πŸ˜‚
      Owh mungkin lu protes karena , kok bisa ya Hnd dengan oli segitu aman nyaman tenang …sedangkan di 155 junjungan lu kok olinya pada hilang gak jelas hingga berjamaah turun mesin ??? πŸ˜‚

      • Ane yakin TakDaBisa akan bertahan Mang…kalo yang ngerubutin mah laskar TestDrive..Jezjoz tapi tetep gak beli kokπŸ˜€..tapi kok gerombolan ini lama nongol ya? Apa tadi lagi antri paket sembako internet dari juragannya? Sekali keluar kayak tsunami aja…hihihiπŸ˜€..

      • 1 dari sekian belas ribu unit wajar lah , tapi kalau 4 ribu dari 5 ribu unit ..nah itu kacau Peng πŸ˜‚

  10. Dan terjadi lagiiii….
    PCX si matic besar dikentutin abis-abisan oleh aerox di pantura.

    Wkwkwk…. Bonyok bonyok.

    • Mungkin pcxnya masih inrayen , tapi gua yakin Nyemex atau Ngorox itu dikentutin duluan ….ayooo jangan ngeleeeezzzz πŸ˜‚

    • Speknya harus terbuka dong , Pidiohnya juga jangan diedit edit gak jelas …dah ditinggal 1 km oleh PCX baru bisa nyalip ya 🀣

    • Ay mencatat beberapa komen yang mengadu aerox dengan PCX…

      Semoga memang cuma iseng aja, seperti ay juga penasaran sih wkwkw…

      Jangan sampe tar kalau Vario 160 nongol dan diadu Ama NMax n Aerox tau atau ada komen…
      Gak sekelas kok diadu… Wkwkkwwk

      • Sabar mang kenyataan memang kejam, akibat terlalu pede dengan spek brosur 🀣🀣🀣
        Mungkin kedepannya harus ditingkatnya pengecrotan oli jangan cuma kebalakang seher, kalo bisa sekalian pengecrotan oli ke arah speedometer siapa tau top speednya bertumbuh 🀣🀣🀣

      • Kenyataan yang kezamm adalah bertahun2 mBeCe tetap gak modal beli unit baruπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†..baik yang pakek 1 nick maupun pendekar 1000 bayangan..hehehe. MS 17% mentok berakhir di test drive doang…beli lah 1 buat bantuan nyataπŸ˜†πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      • Capeklah Mang kalau ikut maunya laskar JezjozπŸ˜†πŸ˜† ntar disuruh impestasi spit sensor lah, sensor geter lahπŸ˜† padahal yangkoar beserta segenap bayangannya masih pakek mbebek karbu..abis test drive di mal pulang nampung Iker sekobokan, tetep aja gak beli 😁😁lhaa kan gak cuocokk wakakak…

        • Yang anehnya , efbeye sampe sekarang masih sengaja Budeg dan kaga terima dengan dyno dyno an yang dilakukan ,
          Masih mempertahankan kalimat : ahhh hasil tiap dyno kan beda2 . kaga terima mereka walaupun udah dibikin gede2 : DATA2 HASIL TES DYNO PCX DAN NMAX ADA DIMESIN DYNO YANG SAMA πŸ˜‚
          Ntuh baru dyno ye , gimana bisa MENGAKUI kena Kentut PCX di lintasan 🀣

  11. Metik fungsional lampunya LED semua..metik canggih supranatural seinnya masih bohlam kandang ayam😁😁 #itoelahadanja

    • Lampu sein led cuma gimmick dan bc murahan, bukan sebuah kelebihan yg perlu di elu-elukan… Mending itu rem abs 1 chanel piscok perlu di update, biar ga jomblo dan lebih saferty… Versi eropa pake 2 chanell loh, versi ahaem malah di pangkas jadi 1 chanell..

      • Versi eropah 2 channel ??? Weeeeettt….πŸ˜‚
        Junjungan lu Dewe gak paham..apalagi junjungan orang.
        Pcx125 versi Eropa 2 channel ABS ? 🀣
        Ngakakk gua Weeeet !!!!!!
        Respon ha Wet 🀣

  12. Kok pada hilang ini pendekar 1000 bayangan??? Haaaa…ane rasa paket abis gegara terlalu juosss di awal😁 kebanyakan Nick sih..hihihi gapapa..antri paket sembako internet lagi di pager juragan, nanti balik lagi yaaaa πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    • Kata2 offside mendadak hilang dr congor mbing-H, sekarang mbing-H ngarep-ngarep keluar vario 160 buat lawan aerox 155 πŸ˜‚,

      • Nampak sekali ketakutan efbeyek dengan calon Vario 160 . pengalihan issue ? Topix ? πŸ˜‚
        Trus PCX dah dilepas nih…lu gak sanggup lagi ngelawan ? PCX baru Pemanasan lowh
        BCan lu baru 5 persen ….masih bikin geli2 efbeha πŸ˜‚

    • Dah nongol lagi😁..paket sembako internet dah cair. Gunakan yang cermat yaπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. Oiya SPG deler kemaren kirim salam, kapan unit bisa diantar? Kesian lho abis test drive gak jadi beli🀣🀣🀣 #bantulah

  13. Terlepas urusan kenceng kencengan, masalah satu persatu mulai muncul. Setelah cvt dikeluhkan kasar, piston macet saat dipake jalan, kini shock belakang antara ulir dan pelindung terlalu rapat. Rawan gesekan dan biki baret-baret ulirnya. Kumpulin Bay. Bikin tulisan khusus. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      • Kan dah gampang mang kobay , tinggal comot sana sini beritanya truz di tambahin bumbu2 manis pedes atau pahit πŸ˜‚

        • Dulu sih gitu, masih banyak waktu… sekarang dah males kudu browsing, pengen jadinya aja 🀣🀣

          Eh kalau ga salah sonwep ngasih link ya? Apa Jono?

          • Beda nicknya aja mang , orangnya itu juga…mang kobay sebut sikoplak juga boleh 🀣

          • Pendekar 1000 bayanganπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†…makanya paket data cepet ambrolnya😁😁😁

    • Iya , terkadang hal yang biasa digede2in om , biasalah …tabiat wajib efbeyeh dari dulu sept itu . Tapi , jualan jalan terus margin meningkat terus dan pastinya posisi lawan makin dan makin terdesak . mau ditulis berzilid zilid ala Monologhhh rupanya kaga ngaruh .πŸ˜‚

      • Yg ngajak kenceng kencengan kan beha duluan nih, gembar gembor spek brosur ngibul. Eh malah dikentutin nmax 🀣🀣🀣
        Crit 110 kpj on dyno, padahal mah mau 180kpj on dyno sekalian tp kenyataan dilapangan dibabat habis sama nmax 🀣🀣🀣

  14. Motor baru piston macet kok biasa ?
    Karena gak biasa, makanya konsumen minta AHM ganti unit !!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..