selamat tinggal SGO

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Chemical dan Pelumas atau yang sering disebut oli, sangat lekat hubungannya dengan otomotif, terutama sektor permesinan. Say goodbye to Suzuki Genuine Oil karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan produk pelumas dan chemical bagi para pecinta otomotif di Tanah Air dengan nama ECSTAR. ECSTAR merupakan pelumas resmi mobil Suzuki yang didesain untuk memberikan performa terbaik saat berkendara, sesuai dengan slogannya yaitu The Ultimate Performance. Yuk kita mengenal lebih jauh terutama harga oli Ecstar, spesifikasi serta sejarahnya.. Benarkah dibuat di Indonesia?

Peluncuran ECSTAR dengan spesifikasi SAE 0W–20 SN ini dilakukan di Kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta pada Selasa (4/2). Menurut Ignatius Ratrianto, Spare part Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai produsen ECSTAR, “ECSTAR diformulasikan secara khusus untuk memberikan kinerja terbaik pada mesin agar mampu mengurangi gesekan, membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal sekaligus melindungi mesin,” ujarnya.

HARGA DAN SPESIFIKASI OLI ECSTAR

ECSTAR 0W–20 SN memiliki Viscosity Index 120 dan merupakan oli mesin yang memiliki spesifikasi API Service “SN”. Spesifikasi tersebut merupakan standar kualitas oli tertinggi yang diakui oleh API (American Petroleum Standard) saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa ECSTAR sudah berstandar internasional. Secara ekonomis, ECSTAR 0W–20 SN sangat kompetitif yaitu dibanderol dengan harga Rp95.000 per liter, konsumen sudah dapat menikmati keuntungan menggunakan pelumas bertaraf internasional dengan kualitas tertinggi dan telah tersertifikasi SNI.

SEJARAH OLI ECSTAR

ECSTAR sendiri telah dikembangkan sejak tahun 1980 di Jepang. Dengan visi menciptakan pelumas dengan performa terbaik di pasar domestik Jepang pada saat itu, pelumas ini lahir dengan nama “ECSTAR” yang berarti “STAR” (bintang) yang menuntun menuju performa yang “ECSTATIC” (menyenangkan).

Seiring besarnya ekspektasi terhadap produk ECSTAR, dengan teknologi tinggi yang dikembangkan melalui sejarah panjang dan dedikasi, tim engineering Suzuki telah menformulasikan ECSTAR dengan tepat untuk memberikan perlindungan dan daya tahan optimal bagi mesin dan lingkungan.

“ECSTAR berkembang di sirkuit balap MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini kami meluncurkan ECSTAR untuk para pengguna mobil di Indonesia. Kehadiran ECSTAR diharapkan dapat memberikan The Ultimate Performance bagi seluruh konsumen otomotif dan tentunya menjadi bukti nyata komitmen Suzuki untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik di Indonesia,” tutup Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS.

selamat tinggal SGO

LINE UP PRODUK OLI ECSTAR

Selain ECSTAR 0W-20 SN, pada kesempatan yang sama PT SIS juga meluncurkan ECSTAR 5W-30 SN/GF-5 sebagai pilihan pelumas berkualitas lainnya, serta tiga tipe pelumas transmisi dengan seri ECSTAR ATF AW-1, ECSTAR ATF 3317, dan Gear Oil MT 75W-80 GL-4.

Untuk Suzuki Ertiga terbaru yaitu All New Ertiga dan Suzuki XL7 menggunakan oli Ecstar 0W-20 SN. Naaah kalau mau pake di motor (skutik), Ecstar tipe 5W-30 SN/GF-5 bisa dicoba tuh, acuannya ada sertifikasi GF-5 hehe.. Sayang nih yang 0W-20 kok gada ya, bukan berarti gak bisa, karena kadang spesifikasinya sudah memenuhi GF tapi sengaja gak didaftarin, soalnya konon berbayar juga lads.

Selain itu, untuk mendukung pemeliharaan kendaraan, tersedia pula produk chemical ECSTAR Brake Fluid DOT3 dan Long life Coolant 50/50 Pre Mixed.

Jenis Oli Pelumas ECSTAR:

1. F 7000: Pelumas berbasis Semi Sintetis
2. F 9000: Pelumas berbasis Full Sintetis dengan performa lebih tinggi dengan 0W–20

Kelebihan & Keunggulan Oli ECSTAR:

1. Hemat Bahan Bakar.
Formulasi yang menghasilkan performa tinggi dan memenuhi standar efisiensi bahan bakar mesin Suzuki.
2. Perlindungan Mesin Luas Biasa.
Teknologi pelumas yang inovatif, mencapai kestabilan temperatur sehingga memberikan perlindungan mesin bahkan pada saat menyalakan mesin di kondisi dingin.
3. Mesin Bersih untuk Usia Mesin yang Lebih Lama.
Performa yang bersih memperpanjang usia mesin dengan mencegah pembentukan lumpur dan endapan sehingga mesin bebas dari masalah.

Keunggulan API-SN

1. Meningkatkan perlindungan piston terhadap deposit akibat temperatur tinggi.
2. Pengendalian sludge yang lebih baik untuk membantu memperpanjang usia dan menjaga kondisi mesin tetap bersih.
3. Meningkatkan perlindungan pada kondisi putaran mesin rendah.
4. Ramah lingkungan.
5. Lebih kompatibel terhadap alat pengendali emisi, seperti katalitis konverter.
6. Lebih kompatibel terhadap seal-seal di dalam mesin.

Mengandung Teknologi Molybdenum

Teknologi Molybdenum membentuk lapisan keras yang rata di permukaan metal pada mesin. Hal ini memungkinkan adanya pengurangan gesekan yang membuat penghematan konsumsi bahan bakar.

DIBUAT DI INDONESIA

Setiap pabrikan otomotif biasanya memiliki formulasi sendiri untuk pelumas alias oli mesin mereka, maka sudah tidak aneh kalau kita mengenal nama Honda Genuine Oil (Mobil), TGMO (Toyota Genuine Motor Oil), SGO (Suzuki Genuine Oil – kini jadi Ecstar) dan lain lain.

Karena mereka tidak memiliki oil refinery atau kilang minyak untuk memproses sendiri, maka biasanya formula mereka diberikan kepada pabrikan khusus pelumas, misal Pertamina, Castrol, Shell atau Idemitsu dan banyak lagi. Nah untuk Ecstar di Indonesia, prosesnya diserahkan kepada Idemitsu dan Pertamina lads. Contohnya di Ecstar tipe F9000 0W-20, produksi oleh Idemitsu. Bisa jadi yang F9000 5W-30 buatan Pertamina.

Sayangnya, kenapa ga sekalian buat motornya yah, secara pengguna motor itu jauh lebih banyak padahal. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

25 KOMENTAR

  1. Jd Sgo motor buatan pertamina atau mana mang ? Berharap ada varian ecstar motor ful sintetis / ester buat saingan sm motuLL

  2. Bisa diterapin di motor nih, matic atau manual tinggal gas aja. Harga juga lumayan murah buat ukuran oli 0-30

  3. Oli ecstar ini direkomendasikan sampai brp kilometer mang? Sekarang sy pakai TMO 5w30 bisa sampai 10rebu km. Cuma harga per liternya bisa sampai 160 rb di shop n drive.

  4. Kalo saya kurang suka oli encer2 begini mang, cepet panas & kasar. Masih setia pake oli sesat HDEO 15W-40 saja sudah enak & bisa longdrain, hehee.

  5. Gf5 bikin selip kopling. Jangan dipake di gsx r/s. Tp metik address nex dkk oke bgt pake ini sih

  6. mang kobay atau yang lain… apa sudah ada yg punya pengalaman untuk all new ertiga, pakai oli SGO 5W-30 dibanding ECStar 0W-20? enakan mana? apa emang masih enak dipakai s/d 10.000km? (mohon yg di share riil ya mang, jangan teori). hatur nuhun

  7. MOTUL full sintetik 5w-40w.135rb. ganti tiap 10.000 km (suzuki adress)..tp ada oli gojek sudah pake ester cuman 50rb an…

  8. Share aja, sy pakai all new ertiga oli bawaan ecstar 0-20, harga 86 rb/ ltr belum pph, hrg oli segitu memang belum ada aditif ester nya wajar agak murah ya, sy belum mau ganti oli merk lain krn msh dlm periode garansi, umir mobil skrg baru 11 bulan, odo meter msh 6800, sdh 2 x ganti oli di km 1000 dan 6000, krn mbl jarang jalan jauh meski di rekomen ganti oli sampe 10.000 km walhasil tetap hrs ganti oli krn oli sdh ngendap 6 bln lbh di mesin, secara oli ecstar performa nya standar aja meski pakai bbm pertamax atau pertalite, maklum cuma kelas low mpv, kalaupun upgrade ke oli yg lbh tinggi spek nya pun gak signifikan efeknya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..