GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Musim baru sudah tiba, bukan musim aneh aneh kaya di luar negeri karena negara kita hanya memiliki dua musim saja, kemarau dan hujan hehe.. Nah musim hujan sudah mulai hadir nih meski belum konsisten setiap hari datangnya. Well, pun begitu bagi bikers yang memang hari harinya menghabiskan waktu di atas motor, seharusnya musim hujan bukan kendala untuk tetap berkendara motor. Dengan perawatan yang sederhana dapat membuat pemilik tetap nyaman gunakan motor saat hujan, dengan melakukan beberapa hal, kondisi motor juga dapat terus nyaman dengan kondisi yang baik.

Memang bukan rahasia lagi, jika musim hujan jadi salah satu masalah dalam berkendara apalagi bermotor, selain bikin males kalau kehujanan, masalah juga datang dari kondisi jalan. Jalanan Jakarta dan Tangerang memang masih banyak yang tergenang air saat hujan turun dimana tentunya bisa jadi masalah. Namun untuk menghindari ketidaknyamanan, Technical Service Function (TSF) Wahana Honda berikan tips sederhana yang dilakukan untuk merawat motor sendiri.

Berikut tips sederhana agar motor tetap nyaman dan aman saat digunakan di musim penghujan sekalipun.

– Cuaca dingan dan lembab, panaskan mesin secukupnya sebelum jalan. Dengan kondisi udara yang lebih dingin, pelumas membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencapai semua bagian yang dilumasi. Jadi yang sabar yes

– Jika sampai kejadian terjebak banjir, cek kondisi oli mesin apakah tercampur air.

– Jika warna oli berubah, segerakan ganti dengan oli baru.

– Cek kondisi filter udara, jika basah keringkan, soalnya selain bikin susah mesin menyala juga dapat berbahaya untuk ruang bakar.

– Air yang tertinggal dalam knalpot, lakukan engkol mesin dengan kontak off.

– Bersihhkan kanvas rem setelah menerjang banjir.

– Menghindari karat, minimal siram body dengan air setelah terkena hujan atau banjir.

Nah itu lah beberapa tips yang bermanfaat bagi rekan rekan terutama mereka yang menhabiskan waktunya di jalanan, misal para ojol.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

7 KOMENTAR

  1. bersihkan kanvas rem setelah menerjang banjir?
    klo ga ada kompresor sih kayaknya bukan kerjaan ringan ya.. ya ga sih? apalagi klo rem tromol

  2. @Asyu
    nah parameter berapa lama ini masih rancu sih.. dulu jaman pakai GL-Pro sih saya buka tutup klepnya sampai oli muncrat, itu sekitar 1menitan, hampir 2menit. entah untuk motor sekarang yang olinya encer2 bagaimana

Yuk Tinggalin Jejak Lads..