Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Modifikasi Ruang Mesin CBR250RR Ini Ditutup Full Tapi Gak Overheat.. mengherankan bukan? Benar benar di luar nalar, ruang mesin ditutup tapi gak panas.. yuk dibahas..

Saat memodifikasi kendaraan sudah seharusnya ke arah yang lebih baik dan gak salah kaprah serta tidak menyalahi aturan yang dapat merusak kendaraan tersebut ke depannya, cepat atau lambat.. Seperti modifikasi Honda CBR20RR yang nyeleneh ini.. ruang mesin Honda CBR250RR ditutup oleh semacam pelat yang kata pemiliknya ditujukan agar ruang mesinnya selalu bersih meski terkena cipratan kotoran air..

Tujuannya sih oke, biar ruang mesin si motor selalu bersih dan terlindungi dari kotoran.. tapi sebenarnya dia paham gak ya kalau ruang mesin untuk sebuah motor yang menggunakan radiator dan juga berkompresi tinggi itu membutuhkan pasokan udara segar dari depan untuk membantu memperingan kinerja kipas dan radiator mendinginkan mesin? Juga agar panas mesin dapat keluar saat di kemacetan.. Lah kalau ditutup apa gak lebih berat kinerja pendinginannya?

Nah lucunya si pemilik Honda CBR250RR tersebut mengaku semuanya baik baik saja, tidak ada yang namanya overheat dan temperatur tetap pada posisi 3 bar.. Aneh? Banget! Against all odds, bertentangan dengan segala teori tentang pendinginan mesin.. Mengherankan bukan? Guyon kamu.. sialnya KBY lupa screen shot percakapan di grup CBR250RR di facebook tersebut, cuma ada foto motornya doang deh..Menurut lads gimana? KBY sih jujur aje, bingung pake banget!

Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • YouTube Channel: Kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

47 KOMENTAR

  1. Eta mah teu sabaraha mang, urang mah ngamodif motorna lewih edan deui, stang motor diganti ku stir mobil biar greget..

  2. Kalau diteliti kang, itu platnya ada lubang2 kapilernya, buktinya ada cahaya dari lubang fairing kiri yg ketangkep kamera.

    • Bener gan
      Itu kayaknya bukan plat / plastik
      Tapi semacam wire mesh/saringan (kayak ferrox)
      Tembus cahaya itu & kayaknya jg tembus udara

  3. Jalan 10 menit ga masalah, jalan jauh baru mamam
    Tapi, kalau sensor masih menunjukan 3 bar wah kudu hati-hati itu sensor nya error kudu “recall”

  4. Waladalah… sampe nutupin radiator…
    utamanya ya jangan nutupin ruang buat radiator….

  5. dia ini mgkin pengikutnya pak bambang ( komentator diiwebe)
    ktanya msin honda makin panas makin kenceng apalagi radiator dilepas…???

  6. Selama mesinya enggak dibawa ngebut kayaknya gpp. Mungkin cuma nambah sedikit, karena perpindahan panas bisa tetap melalui sela-sela di belakang mesin. Masalahnya, di kecepatan tinggi yang harusnya perpindahan panas juga sangat cepat karena hembusan dari depan, di sini enggak ada. Ya, kemungkinan baru akan overheat kalo dibawa ngebut konstan. Gitu kali ya…

  7. Cuma mesin depan bawah, Radiatornya ga ditutup ya?

    Selama radiatornya ga ditutupin ya susah utk overheat, secara pendinginan utamakn tetep masih dpt dari radiator, apalagi motor msh baru, kipas & smua parts pendukung kerja radiator masih prima

    • Wkwkwkw.. di awal gakan overheat lama lama kerja kipas mengendur karena kerja keras terus untuk mendinginkan mesin, Oli juga kerja keras.. hasilnya bisa ketebak. Ingat udara juga dibutuhkan dari depan untuk membantu pendinginan..
      Udara Panas juga dibuang ke depan, bawah dan samping .. kalau ditutup?

    • Klo radiator ga ketutupan tentu masih dpt semburan angin dr depan pas ngelaju.

      Klo full retard radiator juga ditutupin, ga dpt angin dr depan, cuma ngandelin kipas, tapi ga overheat juga, itu baru hebat & heran.

      Di jupi mx first gen, ada asesoris plastik lebar tanpa lobang, nutupin bawah mesin depan. full ketutupan. kecuali radiator – tetep kebuka. 9 tahun sudah wara wiri dijalanan ga sekalipun overheat.

  8. wooow….
    Jenius sekali modifikasinya… wkwkwk,,,
    pnya ane g di tutup gitu aja udh nyos2 rasa panas merasuk kedalam jiwa apa lg di tutup gitu… wkwkwkwk…
    oh ya tp ad yng aneh lo sma indikator tempratur cbr250rr ini cz bar cpt bngt nongkrong di 3 bar padahal mesin baru di nyalain skitar 10mnt dan baru jlan bentar dan ane pegang mesinnya pun belum panas tp si indikator temp udh nongkrong di 3 bar aja dan pas udh d pake berjam2 smpe panasnya kya strikaan si indikator temp ttp di 3 bar…

  9. Tipe biker yg beli motor 250cc cuma buat nambah kegantengan aja sih biasanya begini. motor di dandanin ae biar ganteng. Ngebut mah gak pernah. Makanya dia bilang “aman”.

  10. klo motor cuman d pake minggu pagi yg jalanannya selalu lenggang sih ya ga bakal overheat.

    klo mau bersih terus, motornya di pajang di etalase. ato bawa jalan d angkut pickup kemana”. bersih terus toh

  11. Ya overheat sih ngga bakalan, selama fan masih sehat, oli masih bagus dan radiator coolant masih baru.. liat aja ntar 2-3 bulan.. tungguin mana yg duluan jebol. Kipas leleh, thermostat error, apa radiator mleyot..

    Motor “mahal” dan mutakhir tapi yg beli kudet.. emang bener, punya duit bukan jaminan pinter

  12. Welah ni orang nyalahi kodrat mesin. Mesin kotor ya dicuci, males amat. Tinggal tunggu waktu jebol mesinya. Atau kita aja yg ga tahu mungkin ni motor dipakeknya mundur terus jd radiator tetep kena angin.

  13. Modifikasi yang di luar nalar justru yang ditemui sehari-hari = knalpot berisik dan spion dilepas. Jelas-jelas melanggar hukum.

  14. Apa mungkij sang pemilik merasa telah mengeluarkan segala tabungannya dan cicilannya yang begitu sangat mepet buat kehidupan sehari2.. Sehingga maksud menutup tsb adalah untuk menjaga keawetan dr radiator n mesin itu sendiri. Mungkin takutnya klo kena air kenceng n pletot2 bakal repot klo belo partnya karna mahal. Dan pemikiran seperti itu d tuangkan.. Dan hasilnya seperti pintar tp bodoh… Jangan terlalu percaya dgn hasil yang tidak knp2.. Pasti dia jarang kluar. Jaramg betot2.. Jarang macet.. Jangan sampek segitunya nemelihara sesuatu….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..