iklan gma

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber… Speedometer pada motor modern saat ini semakin lengkap saja fiturnya.. Seperti fungsi AVG Trip A dan B pada speedometer Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150.. Buat apa sih memangnya? Nah disimak yah..

fungsi AVG trip A dan trip B pada speedometer Suzuki GSX-R150

Dulu fungsi speedometer hanya sebagai penyampai informasi berupa kecepatan dan odometer thok, seberapa cepat dan sejauh apa kita berjalan di atas motor, beberapa tipe sport dilengkapi RPM. Kemudian mulai ada indikator lampu sein, lampu jauh, gigi netral, top gear dan oli samping.. Kesini mulai ada posisi gigi biasanya pada motor bebek, tambah kesini makin lengkap, gak cuma moge doang yang punya, ada indikator tripmeter A dan B, jadwal ganti oli, konsumsi bbm, jam digital, posisi gigi, shift light dan lain lain..

Nah kalau lads sudah menonton youtube channel kobayogas akan review Suzuki GSX-R150 di sentul (belum kelar dituangkan dalam artikel sih) pasti tahu kalau KBY juga menjelaskan fitur apa saja yang ada pada speedometer GSX-R150 yang serupa dengan milik GSX-S150. Termasuk adanya fungsi AVG Trip A dan B pada speedometer Suzuki GSX-R150.. Kenapa ada dua gitu? Untuk apa sih sebenarnya? Pertanyaan yang sama diajukan oleh pembaca blog, mangbro Zhindoe .. digeber lads..

Holaa lads hehehe…malem kang, saya silent reader blognya kang Kobay dari dulu.. Kemaren saya ngeliat review sampeyan tentang Suzuki GSX-R150 di link ini:

https://m.youtube.com/watch?v=byd1ukz1ItA

Nhaa..saya penasaran satu hal, pas sampeyan nerangin masalah tripmeter (sekitar menit 7:43 ato 7:44 lah) ada penjelasan yang gak kedengeran karena suara motornya.. kalo gak salah “tripmeter A untuk konsumsi BBM” kemudian “tripmeter B untuk **** BBM”. Tolong jelasin ya kang tripmeter B-nya…penasaran nii hehehehe… terima kasih & semoga tetep objektif nge-review produk2 selanjutnya.

Salam,

Zhindoe

Nah terkait pertanyaan apa fungsi AVG Trip A dan B pada speedometer Suzuki GSX-R150, begini jawaban KBY lads..

halo, jadi gini.. fungsi AVG Trip A dan B pada speedometer Suzuki GSX-R150 tak seperti 150cc fairing yang lain (dan beberapa sport 250cc) punya perhitungan rata rata konsumsi bbm (AVG – average) dua buah, baik di trip A maupun Trip B.

Biasanya pada motor lain itu perhitungan bbm rata rata nya hanya satu, ada di trip A saja.. kalau kita reset tripmeter biasanya AVG A akan ikut ter-reset (contoh PCX 150), atau sebaliknya, kita reset AVG A, tripmeter A ikut ter-reset (contoh CBR250RR).

fungsi AVG trip A dan B pada speedometer Suzuki GSX-R150

Sebenarnya adanya dua AVG tersebut sangat berguna untuk mengetahui konsumsi bbm rata rata dari satu tempat ke tempat lain tanpa takut hilangnya perhitungan average bbm pada trip A sebagai fungsi AVG yang utama.

contoh: Saat AVG trip A di on-kan, konsumsi BBM nya ada di 1:40.. anggap saja angka tersebut merupakan konsumsi bbm rata rata yang kita gunakan harian baik dari rumah ke kampus atau ke kantor dll..  kemudian suatu saat kita pergi ke Kota C, kita ingin tau berapa sih konsumsi BBM rata rata kita saat menuju kota C?

fungsi AVG trip A dan B pada speedometer Suzuki GSX-R150

Nah disini AVG trip B bisa digunakan tanpa harus mereset atau menghilangkan AVG trip A yang sudah kita pakai sebagai AVG sehari hari (utama).. Karena ada dua, hal ini bisa dilakukan terbalik, bisa saja masbro pakenya AVG B sebagai yang utama, sementara AVG A sebagai hitungan “iseng” dari satu tempat ke tempat lain.

Oke banget kan? Kita bisa tahu AVG dari rumah ke kota C tanpa harus takut kehilangan AVG A/B sebagai patokan harian kita..

Nah lads, itulah fungsi AVG Trip A dan B pada speedometer Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Gimana udah gak bingung lagi kan? Berikut video review Suzuki GSX-R150 saat KBY selesai mengetesnya di Sirkuit sentul beberapa waktu lalu

Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • YouTube Channel: Kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

13 KOMENTAR

      • Bila average mengukur irit dari 0 km, instant mileage menunjukkan angka irit di setiap sampling. Jadi angka irit instant mileage berubah rubah terus menerus sesuai dengan situasi. Kalau angka instant mileage di total akan ketemu AVG.

        Contoh misalnya alat pengukur irit after market semacam scan gauge atau ultra gauge. Kalau di datsun go, di angka km/l yang tidak ada tulisan AVGnya.

        Kalau nggak ada bisa itu pakai trik reset AVG saat jalan.

        • Real time average toh .. sesuai gas dan kondisi Jalan.. ada di Nmax dan CBR cuma gw ga suka soalnya berubah ubah setiap saat .. mending avg yg udah Jadi kesimpulan dari real time average

  1. Kang kobay saya mau nanya bukan trip a trip b malah tombol yg satu nya adj ada Tiga menu : low, high , sama z tah tolong di jabarin ada perbedaan apa gmn , kalau di high perpindahan Gigi berasa kasar dari awal

Yuk Tinggalin Jejak Lads..