pertalite

Kobayogas.com – Salam geber lads.. Senang mendengar Pertamina mengeluarkan varian baru dari bahan bakar minyak bumi? KBY sih antara ya dan tidak. Soalnya harga Pertalite ini bikin bingung…

Senang karena Pertalite dengan angka Research Octane Number (RON) 90, artinya akan ada pilihan bbm jenis baru dengan performa yang lebih baik dari Premium yang cuma 88 saja.. Artinya si Kuro Honda Jazz i-DSI CVT lawas tua bangka bisa menggunakan bbm jenis ini dibandingkan premium..

Tapi gak senangnya, dengan angka RON hanya berbeda 2 angka saja baik dari premium (88) dan Pertamax (92), harga Pertalite ini juga di set lumayan dari Premium yang Rp 7.400 (beda Rp. 1.000) begitu juga dengan Pertamax yang Rp. 9,300 (beda Rp. 900). Itu harga bbm di Jakarta ya..

Kalau kita isi tangki bensin mobil, mungkin masih lebih memilih Premium karena isi tangki BBM nya kan besar bisa di atas 40 liter.. dikalikan saja Rp. 1,000 x 30 liter misalnya. Tapi kalau untuk isi tangki motor, maksimal berapa sih dari kosong? Paling 17 liter-an, mengisi dengan Pertamax 92 masih cingcai lah, apalagi skutik yang tangkinya cuma berisikan 4-8 liter, isi Pertamax Plus saja masih bisa merem 😀

Apalagi kalau benar nanti harganya Pertalite ini naik menjadi Rp. 8,700, akan semakin jauh saja perbedaan harganya dengan Premium namun menjadi tambah dekat saja dengan Pertamax 92 menjadi hanya Rp. 600 perak lads..! Hanya benefitnya, harga si Pertalite hijau ini konon tidak terpengaruh oleh harga minyak dunia seperti Pertamax dan Pertamax Plus..cenderung stabil. Katanya sih..

pertalite 2

Jadi opini KBY sih, si Pertalite ini cuma apa ya, sebagai pelengkap varian saja, karena dengan selisih Rp. 900 dan atau Rp. 600, kita pastinya akan lebih baik memilih Pertamax 92 toh? Keknya PNA memang tetap menggiring masyarakat untuk membeli Pertamax nih hehe.. Dari sisi performa juga nanggung..

Tapi target utamanya Pertalite memang pengguna bbm premium sih, terutama mereka pengguna roda dua, dengan tangki bensin kecil, harapannya perbedaan Rp. 1.000 untuk mengisi 2-3 liter bukan hal yang dianggap signifikan. Andai bedanya cuma 500-700 perak saja.. bakal happening berat nih..

Oia terutama bagi pengguna roda empat, bisa juga mengakali mengisi Pertalite agar tidak terasa boncos dompet, yaitu pelan-pelan beralih dari Premium dengan mengisi rutin si bbm Pertalite lads, begitu jarum bensin turun seperempat atau setengah, isi lagi, ulangi konsisten seperti itu. Tapi kalau selisihnya sedikit dengan Pertamax, lads pilih mana?

isi berapa baangg...??
isi berapa baangg…??

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

30 KOMENTAR

  1. kalo ane mah daridulu motor pake pertamax, kalo mobil, pertamax cuma buat keluar kota, sisanya ya 😀

  2. justru karena ga ada harga pasarannya.. alias harga gelap untungnya jadi lebih gede.. sudahlah aman dari demo karena ga ada subsidi.. akal2an pemain minyak

  3. nunggu review pengguna :3

    klo soal ron, premium kan juga sama2 90. IIRC kompas otomotif pernah riset tentang ini dan ternyata ron premium = 90. orang pertamina jg pernah keceplosan soal ini di media. tapi katanya pertalite ditambah aditif sekelas pertamax. sapa tau performanya lumayan.

    • Haha, jangan terlalu percaya deh dengan apa yg diomongin pertamina, apalagi yg keceplosan. Yang berita resmi aja kadang banyak salahnya.

      Premium = Nafta + HOMC
      Pertalite = Nafta + HOMC kadar lebih tinggi vs Premium

      Bila seperti ini, masih mau minum Pertalite?
      Ane mah mending Shell Super/Pertamax aja.

    • Lagian juga bensin di Indonesia masih kualitas EURO2 semua, baik Pertamina, Shell, dkk.

      Kalau sama2 kualitas jelek, ngapain beli yang mahal. Mending Premium aja.

  4. ini ramalan ane, kalau performa katakanlah tidak beda jauh dengan pertamax, maka pengguna pertamax akan berkurang (asumsi harga tetap).
    Kalau performa d tengah2, kemungkinan pertalite yg kurang laku. Ya jelas aja, orang lebih pilih premium karena lebi murah, mau lebi bagus ya mending pake pertamax..daripada nambah harga dikit, performa juga beti..

    kalau harganya dinaikkan, pertalite bunuh diri (asumsi harga mepet pertamax). Intinya pertalite bisa sukses kalau premium dihilangkan, kalau tidak ya tinggal kita lihat kue siapa yg dimakan.

  5. pertalite warna nya apa ya ??
    pertamax lebih value IMHO .. klo jadi 8700 harganya terlalu mefet ke pertamax .. sama kayak naik kelas di motor .. ngapain beli yg nanggung kalo bisa lebih..

    pertamax trus lahh
    kaze jadul aye aje pake pertamax kadang v power.. masa yg lbih keren mikir2 sih buat yg tersayang ..
    karna jasa n kontribusinya dulu gede . jadi biarpun udh hampir pensiun ..apa sih yg kga buat do’i … 😀

  6. Misal laku, sptnya premium n pertamax 92 bkl menghilang! dipaksa naik kelas! premium memamg non subsidi lagi tp sptnya labanya =0 rp, kl pertamax 92 pasti pas2an! kira2 begitulah ramalannya!

  7. Bener kang,,selisihnya nanggung..saia klo ngisi ndak nyebutin liter..pke nominal 15-20rebu,.slisih 3rebu per pulteng dg performa nanggung jlas pilih pertamak

  8. kemaren sempet nonton wawancara salah 1 PRO PNA,,udah ditest pertalite di papanja,,pas pake premium dapetnya 13,3…sementara pake pertalite dapet 14,7km/liter…nanggung banget dah perbedaannya itu….20 liter cuman beda 28 km..hmmmm

  9. tanggung, mending pertamak, altis dan vixionku pake pertamak terus tapi aku tetep beli premium buat fizrr dan v80 ku,,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini