banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kreatifitas tanpa batas hehe, kadang memang suka aneh aneh saja ya keinginan seseorang itu. Sudah disediakan produknya, bukannya dibeli malah merubah unit yang dimiliki agar mirip dengan produk lain hehe. Tapi wajar sih mengingat harga antara yang diubah dengan produk sudah jadi terpaut begitu jauuhh.. Yang satu Vario 150 satunya lagi mode X-ADV 750, jadi memang jomplang sih ya. Tapi ide dan kreatiftas dari masbro Ricki Sabastian pemilik rumah modifikasi Ribas Custom asal Kediri ini layak dapat apresiasi loh, hasil modifikasinya adalah modifikasi Honda Vario Menjadi X-ADV! Memang bisa? Lah ini hasilnya di bawah..

Ogah melakukan modifikasi mainstream seperti laiknya yang sering dilakukan para pemilik Honda Vario pada umumnya, masbro Ricki punya ide lebih gila, yaitu merubah tunggangan kesayangannya, Honda Vario 150 menjadi ala moge Honda X-ADV 750! Serem kan hehe.. Kalau jadi ADV 150 mungkin masih bisa maklum, tapi kalau jadi moge? Pasti banyak yang dirubah dan mahal biayanya. Tapi apakah demikian? Biar gak penasaran kita telusuri penjelasan pemiliki bengkel Ribas Kediri Jatim tersebut dari hasil percakapan dengan mang Asep juragan warungasep.net.

Dan hasilnya bisa diberikan dua jempol, pangling super! Jika kita tidak focus ke bagian atau area CVT maka hampir dipastikan kita akan menebak kalau motor tersebut adalah moge X-ADV hehe. Yak, tidak akan menyangka jika motor ini adalah sosok skutik 150cc Honda lads. Itu berkat sentuhan mang Ricki dimana secara keseluruhan motor ini benar-benar jadi mirip banget dengan sosok moge adventure Honda berkapasitas 750cc 2 silinder tersebut.

baca: Mengenal Moge Adventure Keren X-ADV 750!

ini x-adv ori

MODIFIKASI VARIO 150 JADI X-ADV 750 GARAPAN RIBAS CUSTOM

Pria dibalik ide kreatif ini adalah cak Ricki Sabastian, pemilik Honda Vario sekaligus bengkel modif Ribas Custom ini sudah sejak lama menekuni modifikasi Honda Vario series menjadi tampil ala motor touring atau juga konsep adventure. Jadi apa yang dilakukannya bukan dadakan, tapi memang sudah berpengalaman. Di bawah ini adalah penampilan Honda Vario miliknya sebelum dirubah :

UBAHAN YANG DILAKUKAN

Menurut cak Ricki saat ditanya mang Asep apa saja detail modifikasi, beliau menjawab “Untuk body, saya menggunakan full fiber. Dibikin konsep ala Honda X-ADV, sehingga merubah beberapa bagian diantaranya bagian mesin yang mundur 8 cm yang kemudian saya pakai suspensi belakang monoshock yang pindah kesebelah kanan dengan penambahan Arm Custom alumunium billet” ujarnya…

Cak Ricki juga menambahkan jika bagian kaki-kaki juga ia rombak menggunakan suspensi depan Upside down yang dipadukan dengan ban model enduro dengan ukuran 100/80-14 inch untuk depan dan 110/80-14 inch untuk belakang, velgnya pakai model jari-jari sehingga tampak lebih muncul aura motor adventure-nya dengan ukuran tapak lebih lebar. Tak lupa juga ia menambahan rem cakram belakang untuk mempermanis tampilan..

Untuk bagian headlamp, karena mirip dengan X-ADV banyak yang menyangka menggunakan part asli moge tersebut. Ternyata cak Ricki hanya menggunakan reflektor headlight punyanya Honda CBR150R. “Untuk headlamp depan pakai CBR K45G yang saya custom sendiri, lalu bagian cockpit saya tambahkan aksesories berupa stang fatbar, hand guard dan holger GPS, dan dibagian belakang saya tambahkan panier side ukuran 24l dan yang atas 27l” tambah Ricky.

 

BIAYA MODIFIKASI VARIO JADI X-ADV

Terakhir, saat mang Asep kepo tanya-tanya kira-kira butuh budget berapa untuk membuat Honda Vario miliknya menjadi tampil ala Honda X-ADV? Cak Ricki menjawab, “Untuk budget sekitar Rp 20jutaan kira-kira mas” jawab Ricki, “Itu juga saya desain konsepnya sendiri dan custom sendiri di bengkel sendiri(Ribas Custom)” tambahnya…

Ternyata gak terlalu mahal juga ya, kirain bakal habis 40 jutaan. Lumayan juga sih kalau misalnya kudu beli X-ADV beneran seharga Rp. 450 juta, nambahnya kebangetan wkwkwk.. Kita kaum mending melipir dulu yess..

Nah, bagi lads yang tertarik bikin tampilan Honda Varionya atau PCX-nya atau mungkin Beat-nya tampil ala Moge X-ADV pakai Upside down dan Monoshock, bisa langsung tanyakan lebih detailnya di akun IG Cak Riki yaitu di https://www.instagram.com/rickisabastyan/ . Silakan tanya tanya sama beliau yesss..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

26 KOMENTAR

  1. kan udah disediakan vario modif namanya adv 150.
    Mesin sama,cvt sama cuman body aja dan rangka yang beda.
    Tinggal datang saja ke dealer honda terdekat.
    GITU AJA KOK REPOT.

  2. Hahaah
    Sarkasm, klo r15, vixionR, mt15, wr155 itu termasuk JUPITER MX/mx KING modif g bos..??
    Mesin sm, cc sama cm beda rangka sm cover plastik doang
    Mohon pencerahannya, syukur g bikin repot

  3. Kreatif dan keren ,sedikit Saran…baiknya bodi dibikin dari plat saja..pengalaman bertahuntahun didunia perFiberan, fiberglass gakkan pernah awet dan bobot lebih berat dibanding plat , apalagi buat harian ?

  4. Adv150 akan selalu jadi Tampilan berbeda untuk tahun2 kedepan, tiap dilihat susah untuk tidak dilirix ?

  5. Dipikir2 iya juga… Vario baru 20+ modif 20 lgi .. dah 40jt aja
    Adv masih kembali tuh kkkk

    Kalo ngomong hobi susah di taker harga ya broo

  6. Bagi yg tdk demen modifikasi,biasanya komen gini :
    * Kenapa ga beli adv sekalian ?
    * Kenapa repot² modif ?
    * Kenapa buang² duit ?
    * Kenapa buang² waktu ?
    * Kenapa begini,kenapa begitu ?

    Modifikasi itu tujuannya inner satisfaction,yo opo ora mang ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini