GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Tips Merawat CVT Pada Motor Skutik Biar Makin Asyik. Saat ini, dari berbagai tipe dan jenis sepeda motor yang dijual di Indonesia, sepeda motor matic atau skutik menjadi sepeda motor yang paling digemari oleh masyarakat. Alasannya adalah, karena penggunaan yang mudah, beban motor yang lebih ringan dan juga body  yang lebih ramping serta dapat membawa barang banyak dan mudah. Konsumsi BBM pun masih dianggap efisien alias irit. Tak heran penjualan terbesar sepeda motor di Indonesia dihasilkan dari jenis skutik.

Ada satu bagian penting pada motor tipe matic yaitu Continuously Variable Transmission (CVT). Dimana CVT atau biasa disebut transmisi otomatis adalah sistem transmisi yang digunakan pada motor matic dengan menggunakan belt yang diatur oleh pulley (puli) sehingga pengendara tidak perlu melakukan perpindahan gigi selama berkendara. Tinggal gas dan rem aja.

baca juga: Tips Merawat Skutik Usai Dibawa Mudik

Tentunya bagian ini perlu secara rutin diberikan perawatan, minimal dibersihkan saat servis. Jika tidak dibersihkan dan dibiarkan dalam keadaan kotor, maka akan berpengaruh buruk pada komponen lain yang ada di dalamnya sehingga kenyamanan saat mengendarainya akan berkurang.

Waktu perawatan sepeda motor dapat dilihat pada buku servis yang dimiliki konsumen. Untuk CVT sendiri pemeriksaan dilakukan setiap 8.000 kilometer dan ada beberapa penggantian yang dilakukan setiap maksimal setiap 24.000 kilometer.

baca juga: Tips Bikin PCX Gak Getar Dan Makin Ngacir

Tips Merawat CVT Pada Motor Skutik Biar Makin Asyik

PT Daya Adicipta Motora (DAM) berbagi informasi beberapa komponen apa saja yang perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan CVT berkerja dengan baik.

V-belt
V-belt merupakan komponen penting dalam bagian CVT, fungsinya sebagai penghubung puli primer (penggerak) dengan puli sekunder (yang digerakkan). Kondisi V-Belt yang mulai rusak harus segera diperiksa bila perlu diganti. “Dengan memperhatikan V-Belt keamanan saat berkendara dapat terjaga, karena V-Belt yang tidak terawat dapat menyebabkan masalah dan bahaya saat motor sedang melaju di jalan,” ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service DAM.

Roller Weight
Selain itu komponen CVT yang harus diperhatikan atau dirawat adalah roller weight. Kondisi roller yang rusak atau hancur harus segera diganti dengan yang baru. “Rusaknya roller bisa disebabkan kerja roller mengalami keausan seiring pemakaian,” kata Ade. Kerusakan satu roller harus diganti dengan satu set roller. Gejala yang bisa terjadi jika roller rusak adalah terdengar bunyi atau suara yang berisik di dalam bagian CVT bagian depan.

Kanvas Kopling
Ketebalan dari kanvas kopling wajib diperhatikan, karena jika sudah di bawah batas service maka akan sangat berbahaya jika digunakan. Hal tersebut akan merusak komponen CVT lainnya seperti mangkok kopling. “Agar pemeriksaan dapat dilakukan secara menyeluruh, konsumen dapat melakukan pemeriksaan secara langsung oleh mekanik ahli di bengkel resmi Honda atau AHASS,” ujar Ade.

Kalau sayang sama kendaraan, apalagi kendaraan tersebut merupakan sarana mencari rejeki dan hasil dari keringat kita sendiri, maka rawatlah kendaraan tersebut. Kalau bebas trouble yang senang kita, kalau ada masalah, yang rugi juga kita lads hehe. Itulah tadi Tips Merawat CVT Pada Motor Skutik Biar Makin Asyik…

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

19 KOMENTAR

  1. Benar mang harus di rawat, kmrn aja abis ganti kampas kopling rmh kopling (kebakar) roller 3 biji, busi dll habis 800rban, nyesek jg mang, rencana cm mau service biasa eeeh pas di bongkar bnyk yg rusak nya

  2. Di jalan tuh sering liat skuter yg bunyi kemrosak gitu. Kok ga pernah kepikiran di servis kek gitu. Apa ya enak gitu lho kalo kendaraan ga berfungsi normal.

  3. agak oot dikit. skrg rame aksesoris filter cvt semacam corong gitu. jd cover box filter yg diatas cvt diganti dgn yg ada lubang yg ada sekat meshnya dan sekelilingnya ada spt paralon jd aman kalau hujan. pertanyaannya apa ga cepet kotor tuh filter dan kalau kena semprot pas nyuci gmn tuh? apa gak langsung masuk karbu / ruang bakar?

  4. beat pop ce ane rutin servis di BeRes dari awal beli (2015).. tapi ga pernah tuh dibersihin sama mereka, bahkan sekarang kondisi kick starternya udah nyangkut. disono cuman ganti oli, cek angin, udah.. padahal wing dealer itu…
    nama beresnya “sumatera ps (parakrama susthira)”, nomor ahass nya ga dipajang sejak direnov.. di internet juga uda ada yang share kerjaannya kayak gimana..

    bikin kesel, ane mo servisin sendiri tapi lom sempet…

  5. kalau punya matic sebaiknya bisa bersihin cvt sendiri minimal di blow pake angin lah atau mepetnya pake kuas kering….ati2 diboongin beres belum waktunya ganti udah disuruh ganti mulu…pengalaman pake matic itu yg cepet abis mah kampas rem bukan kampas cvt….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.