Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Lagi lagi artikel yang mengendap lamaaa banget di folder draft, first impression moge Suzuki Katana 1100 yang saking lamanya, lupa buatan tahun berapa infonya hehe, anggap saja tahun 1980-an yak. Entah kebetulan atau gimana, lagi iseng mau kelarin artikelnya eh kemarin dan hari ini lagi heboh hadirnya Suzuki Katana versi 2020 di dunia maya! Bagusnya, malah bikin tambah semangat buat kelarin artikelnya malam ini juga meski mata udah mulai kriyep kriyep nih haha.. Yuk liat Suzuki Katana yang reviewnya tentu versi KBY, bukan mobil loh tapi motor hehe.

Bulan April lalu, di tahun 2018 ini, KBY dan beberapa sahabat blogger berkesempatan pergi ke Jepang, happynya luar biasa membuncah, apalagi ketika tahu salah satu agendanya adalah mengunjungi Museum Suzuki di Suzuki Plaza di daerah Hamamatsu. Jujur nih lads, banyak banget yang bisa diliat disono, foto motor dan mobil Suzuki yang gak pernah KBY lihat sebelumnya di Indonesia, buaaanyaaakk.. saking banyaknya beberapa artikel sampe cuma jadi draft doang karena ketiban info info lainnya.

SUZUKI KATANA DI SUZUKI PLAZA HAMAMATSU

Apalagi para pengunjung setia blog ini pasti tau karakter KBY bukan yang ketik sedikit terus publish, wah bukan KBY banget dah, apalagi kalau ngebahas tentang test ride atau review mau motor atau mobil. Makanya kadang 1 artikel bisa lama banget jadinya, apalagi kalau kepotong info hot lainnya. Lah kok malah jadi curhat wkwkw.. Yaudah geber dulu seputar Suzuki Katana, moge legendaris dari Suzuki yang disimpan di lantai dasar Suzuki Plaza.

Ada bagusnya juga mang Ericko “Eno” Anderson bikin artikel Suzuki Katana 2020, karena KBY bisa mengkuot alias menyadur beberapa info dari blog yang terkenal akan literaturnya yang aduhai tersebut, seaduhai cewek idaman mang Eno, Aura Kasih wkwkw.. Jadi jangan aneh ya kalau beberapa kalimat atau info ada kemiripan dengan artikel miliknya.

SUZUKI KATANA 1100 THE LEGEND

Pada dasarnya, Suzuki memiliki beberapa line up sepeda motor (dan mobil) yang menjadi legenda di jamannya hingga kini. Selain moge Suzuki RE-5 500 Rotary yang fenomenal dan pernah KBY bahas sebelumnya, Suzuki Katana 1100 ini juga menjadi model yang hingga kini masih dibicarakan hangat di kalangan para pecinta motor. Bahkan menurut KBY, Suzuki Katana punya nama yang tidak kalah mentereng seperti Ninja di Kawasaki, meskipun nama Katana sekarang sudah mulai tergeser oleh nama Hayabusa.

Salah satu bukti sahih kalau seri Katana dianggap sebagai legenda Suzuki adalah posisi penempatannya. Begitu kita masuk ke lobby utama di lantai dasar Suzuki Plaza di Jepang, maka mata kita akan langsung tertuju kepada Suzuki Katana 1100 yang punya warna khas yaitu Silver. Barulah sisanya ada berbagai macam mobil seperti Suzuki Swift Sport, Suzuki Wagon R dan lain lain.

DESAIN SUZUKI KATANA 1100

Apakah Suzuki Katana masuk kategori keren? Jika dibandingkan dengan moge moge saat ini tentu bisa dibilang kalah, tapi Katana punya desain yang unik serta timeless, keren dari sisi lain. Katana tidaklah beautiful tapi lebih ke sangar dan punya aura gahar sebagai sebuah moge berkapasitas 1100cc 4 silinder..

Menurut literatur dari Mang Eno, guratan desain Suzuki Katana ini berbau Jerman kalau melihat dari nama para desainernya, Hans Muth, Jan Fellstrom & Hans-Georg Karsten. Konon desain trio tersebut ditolak oleh pabrikan sepeda motor asal Italia, MV Agusta, disebabkan desainnya tidak mencirikan karakter sang MV. Terus desainnya diambil dan sosoknya diciptakan oleh Suzuki Motor Corp? Sepertinya begitu lads.

PANJANG DAN BONGKOK!

Sudah ada di depan mata, kayaknya sayang banget kalau gak dinaekin ya, meskipun sekedar duduk gak sampai jalan haha. Dari sosoknya saja sudah ketauan ini moge bongsor dan panjang! Yang unik menurut KBY sih desainnya seperti mengawinkan motor touring plus sport fairing, karena di bagian buritannya cenderung datar dengan busa jok tebal dan empuk, sementara di depan pakai fairing setengah dengan setang rendah. Bagaimana saat dinaiki?

Bener saja lads, KBY kudu meraih setang lumayan jauh hehe, bongkok dah, apalagi kalau tangan ditekuk, gak cuma perut nempel tangki tapi si udin juga ikutan nempel haha.. Dari sisi ini Suzuki Hayabusa bisa dikatakan lebih bersahabat bagi rider bertubuh mungil, imut dan charming seperti KBY. Btw, saking excitednya, lupa jeprat jepret, bentuk speedometernya aja lupa kaya gimana haha.

ALL NEW SUZUKI KATANA 2020

Hampir 2 dekade Suzuki “menidurkan” Suzuki Katana sejak versi terakhirnya di awal babak millenium, tanpa ada info gembar gembor heboh, tiba tiba Suzuki Katana terbaru reborn! Dan kabar baiknya, Suzuki tetap mempertahankan basis desain originalitas Katana di era modern ini, for the best old time sake!

Keseluruhan desain Suzuki Katana 2020 hanya berubah sedikit dari Katana versi Original, menyesuaikan masa kekinian. Edisi reborn ini tetap dibekali shape body yang identik, lampunya masih kotak, tangki bahan bakar & buritan unik, plus warna abu-abu yang jadi identitas asli Katana-series! Yah meskipun terlihat seperti perkawinan antara Honda CS1 dan Suzuki Intruder 150 dari samping akibat setang yang lebih tinggi kali ini – mungkin untuk memberikan nuansa dan feel touring yang kental. Katana terbaru tidaklah cantik, tapi jelas pesan unik dan orisinalitasnya kena!

Seperti halnya Katana original yang lahir dari varian GSX-S – Suzuki Katana 2020 juga lahir dari basis GSX-S1000F. So, jangan kaget kalau melihat desain sasis, swingarm, suspensi upside down, serta kaki-kaki yang mirip laiknya sport tourer Suzuki yang pernah berminggu minggu di tangan KBY tersebut. Artinya? Jelas gakan mengecewakan karena GSX-S1000F merupakan moge 1000cc terenak yang pernah KBY review.

Suzuki Katana 2020 dipersenjatai mesin berbasis GSX-R1000 K5 yang powernya dituning ulang hingga menghasilkan power yang diklaim tembus 150 HP @ 10.000 RPM dengan torsi 108 N.m @ 9.500 RPM, ada kemiripan dengan GSX-S1000F, ya 11-12 lah dengan Gixxer 1000 wong basis mesinnya juga sama hehe. Tapi kalau dibuat persis GSX-R1000 K5 waduh bisa ndut ndutan di kitiran bawah tuh.

SUZUKI KATANA 1100 ADA DI INDONESIA

Bicara di Indonesia, ternyata ada salah satu pemilik Suzuki Katana lawas lads, warnanya putih, entah buatan tahun berapa hehe. Yang punya adalah masbro Dimas Champ, temennya Mbah Dukun Abdul, pemilik IG ridelikechamp. Secara total KBY ga tau persis ada berapa jumlah Katana 1100 di Indonesia. So, welcome – back Katana!!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

20 KOMENTAR

  1. Entah kenapa kok banyak yg blg klo modelnya jelek. Tapi menurut saya ini cantik bgt mang. Klo saya orang kaya mah uda indent yg beginian

  2. yg foto bawah warna putih apakah pake headlamp pop up? spt model mazda astina pura?

    liat posisi ridingnya, motornya yg kegedean atawa mamang kobayna nu alit teuing?

  3. katana diindonesia pernah dijual om taun 80 an, namanya suzuki trz katana 125 kembarannya trs bedanya cuma di desain tanki dan kapasitas aja

    maaf kl keliru tau nya cm itu

  4. Makannya mang klo punya bahan jgn ditimbun, lgsung cepet2 publish, keburu ekspire looo….
    *eh sory hahahaha pis ah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.