shock breaker PCX lokal miring

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Skutik premium terbaru Honda, Honda PCX 150 lokal sedang dilanda kabar tak sedap, skutik yang punya nama terkenal akan kenyamanannya ini dikabarkan punya part yang disinyalir “cacat”, Skok alias Shock Breaker Belakang All New PCX 150 lokal yang sedang laris larisnya ini diinfokan memiliki posisi yang miring, miring bukan posisi kalau dilihat dari samping ya, kalau itu mah emang dari sononya miring hehe, melainkan antara tube (tabung) bagian dalam dengan per terlihat tidak lurus (center/ simetris) lads.. Lantas apakah ada pengaruhnya terhadap kinerja suspensi itu sendiri? Atau bahkan ada issue seputar safety? 

Kabar ini dihembuskan di grup facebook Honda PCX Indonesia lads dimana salah satu pemilik masbro Suwardi mengeluhkan atau tepatnya sharing kalau shock breaker PCX lokal miliknya bagian belakang tidak lurus/ center antara tabung dengan per. Tentu penampakan ini membuat pertanyaan di benak konsumen dan calon konsumen, baik pemilik, maupun calon konsumen, apalagi tim BC wah langsung autoklimaks ngah ngah ngah..

shock breaker PCX lokal miring

NGARUH KE KINERJA SHOCK?

Pertanyaannya rata rata sih sama, aman gak? ngaruh gak ke kinerja shock breaker alias suspensinya? Jujur aja kalau terkait aman sih KBY gak atau belum tau ya, maksudnya bakal patah apa gak? Gitu kan? Ayo ngaku aja haha.. Tapi kalau bicara performa alias kinerja soknya sendiri sih sejauh ini KBY tidak merasakan gejala aneh pada All New PCX 150 lokal tersebut.

Buktinya ada pada 5 unit All New PCX lokal yang dibawa dari Kota Serang Banten menuju Pantai Tanjung Lesung. Unit unit tersebut dibawa blogger dalam acara Fun Turing Blogger & Vlogger menemani unit lainnya seperti CBR250RR, CRF150L, Supra GTR150, Sonic 150R dan CRF250 Rally. 5 unit PCX 150 sendiri digunakan bergantian pulang pergi dengan jarak kurang lebih 200 kilometer. KBY salah satu yang menggunakannya lads.

fun touring blogger vlogger tanjung lesung
Alki Indoride bobot 1 kwintal lebih juga nyobain

Tidak ada sih ya gejala ngebuang, atau saat berbelok shock breaker bouncing ngawur, atau di jalan lurus jalannya miring.. semuanya normal! Jalanan juga variatif, ada yang mulus, ada yang berlubang kecil, dangkal hingga besar dan dalam, bumpy (bergelombang), juga jenisnya aspal dan beton. Rider lain yang KBY lihat juga normal saat berbelok atau pas sial kena lubang, gada mental sampe setang dan motornya goyang goyang..

fun touring blogger vlogger tanjung lesung

Karena membaca kolom komen dan FB, KBY jadi penasaran melihat kelima unit shock breaker PCX tersebut, dan memang tidak bisa dikatakan lurus simetris, ada yang covernya sudah lecet kena per seperti pada foto (yang ada watermarknya). Begitu juga unit tes dari Honda Wahana Makmur yang KBY pake harian sempat difoto (baca: Konsumsi BBM All New PCX 150 lokal).  Jadi shock breaker PCX 150 miring tersebut yang KBY rasakan sih normal ya..

shock breaker PCX lokal miring
ini unit warna putih

Well kalau melihat penampakannya sih KBY jadi inget cover bagian dalam sokbreker (skok) milik CBR150R beberapa waktu lampau.. Karena symptom (gejala) nya mirip, yaitu cover dalamnya tergesek per. Dalam kurun waktu tertentu pasti kalau gak kuat bakal pecah. Apakah shock breaker PCX lokal akan mengalami hal yang sama? Kalau ini KBY gak bisa jawab.

Baca juga: Cover Shock Breaker CBR150R Mudah Pecah

TINDAKAN AHM?

Terkait dengan hal di atas, pihak AHM sendiri sedang memantau perkembangannya, seperti biasa Honda gakan heboh dan gempar akan hal ini, karakternya kalem, gerilya, yaaa seperti yang sudah sudah lah, kayak gak tau aja wkwkw.. Kebijakan pabrikan kan beda beda, ada yang heboh, ada yang baper, ada yang misuh misuh .. wes hop stop mandeg o ndisik 😀 Intinya, AHM gak diem lads..

Lantas kudu bagaimana kalau yang sudah tertarik ingin beli? Saran KBY sih ga usah dipaksain untuk beli kalau hati udah gak sreg, masih ada pilihan skutik lain di kelas itu kok.. Yang mau beli itu kan lads, bukan tetangga, bukan saudara, bukan teman, bukan sebelah sono, apalagi sebelah sini.. Kalau hati sudah gak nyaman ya lupain..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

164 COMMENTS

  1. yg onoh gradag grodog..yg nnihhh mleot2…itu bikinan manungso..ga ada yg sempurna…kecuLi dimata fb akut..ngah2

    • Fby nangis berjamaah di bantar gebang..lihat lele kuning bau di kali…

      Mi asli klah m mi kawe. Wkakakka… .
      Mending ikut lomba omr kusus yahama aja wkakakakka

      Wkakakkakakaka….
      Fby balapan di sentul aja ikut sunday race aja…OMR antar FBY yg suka lele kuning di bantar gebang…..wkakakka

    • TFby nangis berjamaah di bantar gebang..lihat lele kuning bau di kali…

      Mi asli klah m mi kawe. Wkakakka… .
      Mending ikut lomba omr kusus yahama aja wkakakakka

      Wkakakkakakaka….
      Fby balapan di sentul aja ikut sunday race aja…OMR antar FBY yg suka lele kuning di bantar gebang…..wkakakka ajuurrrr

    • bakal tapi kecil kemungkinan di tahun ini mang.. yang sabar ya, pihak jepangnya yang ribet nih.. SIS sih pengen desain keren, tau sendiri Jepang suka nyeleneh kalau bikin desain..

      • Kami fans setia suzuki selalu bersabar menunggu rilis produk terbaru. Saking setia dan sabarnya nih , sampai skrng sy masih pakai hayate dari thn 2011. Tapi klo dikasih honda pcx gratis mau saya om…

      • Saya pengguna pcx 150 lokal. Semoga ga laku…biar pcx 150 ga pasaran…kayak nmax di jalan…udah seperti avansa….motor ojek online…hiii….amin…ato kalo perlu AHM stop produksi pcx…fokus ke beat aja dulu…jadi kolektor item motor ane…wkwk

    • Fby nangis berjamaah di bantar gebang..lihat lele kuning bau di kali…

      Mi asli klah m mi kawe. Wkakakka… .
      Mending ikut lomba omr kusus yahama aja wkakakakka

      Wkakakkakakaka….
      Fby balapan di sentul aja ikut sunday race aja…OMR antar FBY yg suka lele kuning di bantar gebang…..wkakakka hahahhahahhahahhaha

    • Per ngak simetris pastinya ngak normal = kenyamanan bakal terkoreksi selain itu kestabilan jg akan terkoreksi sekian persen krn asimetris #Ripsimetris

  2. insinyur Honda kurang teliti dalam desain penempatan shock absorber dengan frame,

    Klo dibiarkan jangka waktu lama,,,,seal shock akan lebih cepat aus,,,,ujungnya shock bocor, rembes oli nya

    Biasa nya tuh motor bakal haus shock absorb bukan haus oli lho yaaa

  3. ” Lantas kudu bagaimana kalau yang sudah tertarik ingin beli? Saran KBY sih ga usah dipaksain untuk beli kalau hati udah gak sreg, masih ada pilihan skutik lain di kelas itu kok.. Yang mau beli itu kan lads, bukan tetangga, bukan saudara, bukan teman, bukan sebelah sono, apalagi sebelah sini.. Kalau hati sudah gak nyaman ya lupain..”….kwereeee….khas mang kobay….lugas…pertahankan masbro….aku bocahmu….he…hee…

  4. Mungkin juga,,,insinyur honda cuma copy paste basic frame yg sudah ada,,,,trus tinggal menyesuaikan dengan part baru

    Karens kejar tayang jadinya miring-miring gitu

    Menunggu klarifikasi pemilik PCX impor Thailand apakah shock juga miring kyk bikinan AHM,,,

    Wait n see

    Ciaooo

    • Berjilid bikin muntah vroooh..
      Wes ga ane kunjungi lagi..
      2 blog aja yg rutin..
      Wak haji taufiq sama dimari..
      Kadang2 ke indoboker..
      Kadang lagi ke lwk ibw.. kwkwkkw

  5. Setau saya shock itu murni buatan vendor bukan pabrikan (AHM) disesuaikan dengan permintaan spek dari pemesan

    Biasanya pada saat uji part pihak vendor mengirim beberapa part (entah type sama ataupun beda).

    Sekilas per ny terlihat terlalu panjang
    Dan tidak diimbangi dengan diameter rod yg terlalu kecil
    Efek ny pada saat terjadi tekanan maka si per akan membuang kelebihan beban k arah luar (samping)

    Kasus seperti ini gak cuma terjadi d sowa aja
    Kayaba pun ada yg demikian

    Saya setuju dengan mang kobay
    Untuk calon pembeli
    Jika ragu mending Jangan dibeli
    Kalo boleh sya tambain mang
    Jika calon pembeli gak masalah dengan itu silahkan tetep d beli (khusus biker yg anti pake part ori dan lebih milih part bermerek olhins misalnya)
    Motor 30jt masa beli shock mahal gak Kebeli sih
    Kalo mo murah ada tuh modifikasi shock ori grand yg udah d bikin buat nmax, katanya sih cocok buat nmax (lebih mentul mentul gak pake batu) bisa jadi kan cocok buat pcx

    • Jangan salahkan vendor, salahkan pabrikan berani bayar berapa ke vendor, harga murah ya sesuai kualitas, pabrikan satu ini dari dulu selalu untung terlalu besar mengesampingkan kualitas

      • pabrikan Y recall ambil tanggung jawab sendiri (bahasa FBY) huahahaha…palagi yg direcall produk global masak press relase..it’s a defect item by our 3rd party supplier..hueueue
        beda pabrikan beda cara lah untuk menyikapi kata rrecall yg memang masih tabu di mari..
        dilihat dari helikopter sdh kebaca kok model2 buat menyikapi update/recall ini dari konsumen..
        btw update status di medsos dari user yg kecewa memang mengerikan om..
        secara harga motor sdh bisa dibilang nggak murah lagi sekarang..
        fitur(mau) banyak, dolar melejit, daya beli kurang tapi banyak maunya ..sok lah diterusin analoginya
        #salamsokmiring

  6. Nitip nanya k ahm mang
    Boleh beli tanpa shock gak
    Soalnya bakal gak kepake & dah beli yg bagusan

  7. lama2 sealnya bocor tuh… kemaren review ada bilang shock yang lokal lebih firm kan? mungkin karena ini jadi friksinya meningkat..
    tp kompetitor jg sama aja kang, ane dah ktmu 2 nmax di beres berbeda (dds cemput & cibubur), mesinnya tiba2 bunyi kasar… denger2 bearing apa gitu di dalam mesin..
    bagi yg mo beli mending nunggu facelift deh, ato nunggu burgman

    • @bro martin

      Klo urusan kemungkinan shock bocor saya rasa bukan karena kondisi per yg benkok bro

      Umum ny shock model terbuka tanpa cover dalam emang rentan bocor karena debu dan pasir apa lagi biker yg betah motor ny buluk gak pernah d cuci setelah kena ujan

      • @Medimore
        ya memang kalau hanya karena per ga akan bocor… tapi coba perhatiin deh itu pernya neken sampe as tengahnya rada bengkok ke samping.. apa efek lensa kamera?

    • Shock absorber (sokbreker), utamanya buat motor itu gerkan nya lurus boss,,,,maju-mundur atau naik-turun pada satu garis center yg lurus,

      Sampai saat ini sy belum pernah membaca/melihat bahkan memegang shock absorber, gerakan nya bengkok/melengkung, kecuali shock absorb pada motor bikinan AHM,

      Bikin tabung nya yg bengkok pake mesin lathe (bubut) apa ?

      • Yg miring kalau sepenglihatan dan sepemegangan itu per nya. Kalau shock nya lurus.. Jadi kalau kita sentuh, pegang, sama dorong dorong terutama dalam keadaan standar dua, itu per emang gampang bergerak

      • Bkn’y di grup itu jg ada yg share (foto) shock’y jg bengkok ya mang??
        Bkn cuma per’y yg miring.

    • Lain kali kasih foto dulu spy bisa meyakinkan , klo tanpa foto lebih baik nga usah ditulis dimari , nga salah klo dibilang bece new model buat counter opini point minusnya pcx ini

  8. Tetep aja intinya produk kejar tayang. Yang ngetest sebentar ya pasti efeknya belum terasa. Terasa ya pasti untuk jangka panjangnya. Namanya juga cacat dipake terus ya zonk. Selamat menikmati produk khas berkualitas ala ahaem.

  9. Emang ga ngaruh ke feel riding tapi Shock yg ga sentris gitu bisa ngurangin masa pakai bay alias resiko bocor lebih gede, tanya aja sama montir2 pinggiran kalo ga percaya

      • udah gay, jgn ngambek kalau motornya produk kejar tayang

        ngah ngah ngah

        nanti dikasih voucher “update”

      • @Mang kobay : emng sengaja mang di buat keder.hehehe
        Ane aja yg nulis keder…..hehehehe
        Merk H matic’a halus2 mang mesin’a jd laku keras tp klo merk Y matic’a kenceng2 tp getaran masih ada.
        Selera masing2…….

      • Maksud ane masalah geter Y& H saicrit ae 11-12 , beda klo H nya Harley nah tuh geter beda jauh dah kwkwk
        Maksud ane ga ngaruh , saicrit feel geter di kelas motor 125-155 cc , lha ane pake mesin pio z th 2005 225 cc (selangkah lg udah masuk kelas 250 cc) tapi feel geternya masih sedang aje, dan bakal hilang klo udah tarik gas oper gear 2 , oper gear 3 mulai dah sensasi joyride dapet banget mang, ini bicara geter motor jadul kelas 225 cc loh yak , yg blom pake teknologi balancer

    • @R.janggo , metik honda halus mesin cuma sensasi krn kenalpot lebih senyap dikit, klo metik yamaha mesin ngak geter biasa aje cuma knalpot rada lebih kedengeran , tapi ngak masalah krn kebayar sama riding quality Y yg diatas H khususnya handling, rem , dan power.
      Klo bicara getar sih nih kerasa scorpio z , tapi entah kenapa justru joy ride nya lebih kerasa enak banget , jg diatas 3000 rpm getar pio makin alus & tambah ngacir , makanye skrg ane lebih sering naik pio z , beat karbu ane sering anggurin dirumah

    • Maksud ane masalah geter Y& H saicrit ae 11-12 , beda klo H nya Harley nah tuh geter beda jauh dah kwkwk
      Maksud ane ga ngaruh , saicrit feel geter di kelas motor 125-155 cc , lha ane pake mesin pio z th 2005 225 cc (selangkah lg udah masuk kelas 250 cc) tapi feel geternya masih sedang aje, dan bakal hilang klo udah tarik gas oper gear 2 , oper gear 3 mulai dah sensasi joyride dapet banget mang, ini bicara geter motor jadul kelas 225 cc loh yak , yg blom pake teknologi balancer

      • Saicrit feel Geter hehe.. Saran gw mending lo punya dua duanya dulu deh Antara pcx sama Nmax.. Baru nanti bisa bilang apa bener Saicrit beda geternya wkwkwk.. Ini kita bicara Geter loh ya yg imbas nya ke kenyamanan saat berkendara..

    • Yo kang, nti ane pinjem klo tenen/ tetangga/ sodara ada yg punya, nnti ane kompare sama nmax 2018 sub tank , suspensi , keempukan jok, akselerasi , cornering , complit compare dah in syaa Allah

  10. waaaah siap-siap nih bagi yg udah beli pcx dikasih amplop disuruh update, dengan iming-iming voucher. Atau nggak sama sekali wkwkwk…

  11. Terkait dengan hal di atas, pihak AHM sendiri sedang memantau perkembangannya, seperti biasa Honda gakan heboh dan gempar akan hal ini, karakternya kalem, gerilya, yaaa seperti yang sudah sudah lah, kayak gak tau aja. Tau tau rangka putus wkwkwk

  12. Bukan ga ngaruh ke feel riding
    Cuman belum ngaruh aja hahaha
    Tapi biasa yah grup ngastral mainnya rapi di r2 maupun r4, cuman tinggal “edukasi” pembeli masalah selesai
    Ga kek yakampret yang mainnya kek HPM yang baperan, walau ujung2nya si jonpis ganti unit juga

  13. Wahhhh syerem jg nya mang masuk the merinding series nih harusnya, itu kalimat2 paragraf terakhir punchline bgt klo hati udh gg sreg ya jgn dipaksain masih ada skutik lain, klo hati udh gg nyaman ya lupain ngahahaahahaa, tenang lebaran bentar lg, btw SKUTIK LAIN yg dimaksud Kimko ya mang ?

  14. Wekekekekek, alhamdulillah deh, tim sebelah dapet bahan BC juga akhirnya, semangat terus bro2 skalian…. Tapi inget, setelah BC produk sebelah jangan lupa beli produk warung sendiri, kalo ga dibeli atw nunggu2 produk update (yg katanya lebih joss) ya ga ngaruh BCnya….

  15. Napa yach kalu produk sebelah ada part yg cacat, trus diganti malah dipuji pula. Kalu ahm, bilang nya tau sendiri kualitas ahm. Padahal sama sama protol. Yg satu protol part dalam mesin, yg satunya juga sama

    • Hhaha biasa laah. .Double standar emang sukanya fby itu..

      Tp emang masalah desain pas ketemu langsung bagusan nmax menurut saya..

      • Setuju, pcx ini kalo diliat dari depan kaya barong.. kegedean kepala perasaan

      • bukannya dari 1’st gen juga udah gede depannya
        ini cuman masalah selera aja sih

    • masalahnya kalau ahm diganti ga? nanya serius nih

      kalau R25 kan jelas partsnya diganti free of charge

      • Kata insinyur2 per miring ngak ngaruh kok normal2 aja he..he #Ripsimetris

      • Kalo per itu cepet bocor ..ow itu bukan krn miring asimetris , tapi krn ente yg jorok n kasar makenya he ..he #Ripsimetris

    • ketika produk yimm ada kasus begini, pasti akan ada komen yang seperti ente ini.

      kecap ngga ada yang no 2

    • produk sebelah ada part yg cacat pastinya ulah pabrikan tapi kalau produk junjungan yang cacat itu salah vendor

  16. Shock breaker sebelah kanan kamsudnya. Mudah2n ada solusi dari ahm. Karena setelah tahu jadi kurang nyaman juga…

  17. Shock breaker sebelah kanan kamsudnya. Semoga ada solusi dari ahm. Karena kurang nyaman juga ngelihatnya.

  18. Jangan lupa, garansi rangka dan kaki2 6 bulan
    Kalo di rasa cacat, misal sampe tergores buruan di klaim

    Klaim di HC3 jauh lebih mudah dari sebelah kok, pasti dilayani

  19. Sudah ngak kaget Om hahaha
    Namanya produk all new pasti ada, saja termasuk yang kelas premium…
    Mau aman beli setelah batch 2…
    Tapi rasa wow motor barunya ngak kerasa hahaha
    Maksimalkan klaim garansi saja, kuncinya ilmu sabar indent sparepatnya hihihi

  20. itu shock belakang gak center, kalian pikir cacat??
    itu memang sengaja insinyur ahm bikin begitu supaya rebound dan center of gravity nya balance jadi ketika melakukan cornering ada titik kestabilan yang mantap….
    congor aja gedu lu FBY…..

    • iya tong. mas @Ikaz Zaky itu fby ya? soalnya dia bilang shock belakangnya sampai tergores karena mepet dengan pernya.

      hoax itu mah

      Ngah ngah ngah

    • kalo ada orang yang bilang produk AHM cacat meskipun dia beli motor honda di bilang FBY ama sales dan FBH… kan dongo jadinya wkwkwkwkwkwkwk……

  21. teruskan membeli ploduk seadanya dengan harga maksimal. Indonesia cuma jadi pasar yang gampangan hahahahaha

  22. mending jangan dlu kalo masih awal2 meluncur….wait n see aja dulu pengalaman yg dulu2 ngah..ngah..ngah…

    lagian yg matik entry levelnya juga banyak keluhan kok, jok keras serasa bokong di suntik kebal, spidometer gampang rusak, lampu2 gampang putus…tapi masih laku, aneh memang.

  23. Tp bener mang, ane beberapa waktu lalu pernah liat juga, agak melengkung shock nya. Ane mau liatin lebih jelas, dah keburu belok motornya.

  24. Ayo Honda berani tanggung jawab recall apa nggak? Contoh Suzuki itu yg berani recall GSX 150. Tapi kayaknya nggak mungkin kalau liat pengalaman sebelumnya.. paling diperbaiki untuk produksi yg berikutnya. Yang sudah terlanjur beli ya nasiib..

  25. Kalau posisinya gak sesuai, Untuk jangka waktu panjang sih seharusnya ada efeknya. Berdasarkan pengalaman pada motor yang berbeda kalau ada masalah pada shock, yang paling terlihat nanti ban bentuknya jadi gak simetris. Semoga ada tindakan dari AHM jika memang ada kecacatan dengan melakukan tindakan recall bukan “edukasi”. 😀

  26. Kalau shockbreaker yg CBU,kayak punya saya aman,cuma minusnya cuma masalah di clucthnya saja yg gampang kotor sehingga tarikan awalnya jadi grenjel. Ini masih nyari clucthnya Vario 125 karburator Lom dapet,😁

    • itu mah smp yang sekarang juga masih.. tinggal nunggu waktu kotor aja.. ini penyakit gak mau diberesin apa ya? ganti kanvas yang panjang dan lebar sih selesai..

      • Lah yang pcx lokal juga ada yang udah kena di grup, mangkok dibersihin masalah selesai (besok nongol lagi)
        Di nmax juga banyak yang kena masalah mangkok kotor

        Solusi mangkok dibolong2in
        Tapi kok ai ngeri liatnya hahaha

  27. Nah ini nih kang. Punya saya baru 33KM belom turun plat masih 4hari shock belakangnya udah bunyi2. Dari awal dateng udh duga sih, ini shock belakang kok ringkih amat ya. Masalah performa shockbreaker nya sih ngga masalah, yang jadi masalah itu motor baru 33km kok udah bunyi2 🤔. Nanti kalo sempet saya videoin saya kirim ke mang kobay

    • Nah kasus @elang bagus nih kang jadi bahan artikel kekurangan² pcx lokal (klo kelebihannya udah banyak dipromosi-in eh diulas)

  28. “Kalau hati sudah gak nyaman ya lupain”…. kalau udah ga sejalan, ngapain di paksain…
    okeh, note for my self, bye… #ehsalahfokus..

  29. lah wong harganya aja didiskon sampe 50%, moso minta kualitas bagus. Mbok sadar diri yg beli.

  30. seperti biasa Honda gakan heboh dan gempar akan hal ini, karakternya kalem, gerilya, yaaa seperti yang sudah sudah lah, kayak gak tau aja wkwkw..
    ————————————————————–
    tenang… ada blogger attacker yg akan counter berita beginian… tim ngepbeha dan sahwat akan bikin counter issue biar gak gempar. cukup bahas boros oli sazaaa udh bikin ngepbeha ayan dari pagi ampe sore…

    MS aman…

  31. PCX saya sudah 1300 km, konsumsi pertamax kemarin sy pernah share disini 47,6 km/l, sekarang dapat 48 km/l, benar2 irit.
    Ada juga masalah shock bunyi dan miring di PCX saya, solusinya saya putar pirnya masalah bunyi hilang walaupun miringnya tetep, secara fungsi gak masalah dengan shocknya
    Over all, saya puas pakai PCX Indonesia

  32. Solusinya tinggal dibeliin stiker “YAKALI GAK MIRING” terus tempel di area deket shock, misal di box cvt samping per atau di bodi samping dkt ujung shock, kelar masalah.

  33. Mirip kasusnya nvx di vietnam.. bedanya divietnam langsung direcall. Aerox standar di indonesia ga kena recall.
    Katanya vendor indo sama vietnam beda.
    Tahu2 kemaren shock belakang aerox direvisi, per nya jadi gede. Kalo ga salah, yang udah keburu beli, ga dapet recall ya?
    Kayanya kasusnya sama nih

    • Mungkin ngga mang..
      Tapi setahu saya, shock belakang aerox banyak bermasalah terutama bunyi srek sreek.coba baca2 forum aerox kaskus. Banyak yg bahas shock belakang aerox

    • Aerox awal memang shock bermasalah. Terlalu lembut dan bunyi sreksrek kalo boncengan. Makanya langsung kucopot. Ganti pake YSS yg sejutaan…Baru mantap!

    • setidaknya kasus aerox bisa deselesaikan dengan mengganti shock aftermarket. kalau emang cacat dari desain gimana? soalnya dudukan shocknya yg ga center, mau diganti aftermarket pun hasilnya akan sama.

      tapi tetap saja Yamaha harusnya merecall Aerox keluaran pertama sih.

  34. pernah ganti shock blakang supra x sama supra 125.itu ulir pernya emang bisa digeser2, biar makin center ato enga. kadang juga geser sendiri, apalagi kl lewat jalan jelek trus maen trabas. ketauan ya pas dicuci. entah kl shock skarang, apa memang dipaten mati ke porosnya ato tidak.

    nah yh k45a juga bener, baru sbulan cover yg besi tengah udah pecah dan non klaim garasi. wkwkwk…

  35. Emang g heboh mang , melihat kasus yg sudah2 bahkan samapai bikin celaka riddrnya pun ahm tetep adem ayem . Kecuali kalau dah menjalur ke jalur hukum baru sigap

    • lu pasang stiker gede tulisannya “PCX GW SHOCKNYA MIRING”

      baru mereka tanggap

      tapi elu dikasi “edukasi”

      habis edukasi

      habis perkara

      bye

    • memang betul kalau buatan manusia tidak ada yg sempurna. tapi kalau situ manusia yang waras pasti akan bertanggung jawab atas kesalahan lu. contoh R25 gear pompa oli rompal, diganti tanpa dikenakan biaya samsek

      • beruntung lah R25 dan MT25 itu produk lokal untuk global (gak cuma di Asia – Asia Tenggara). Jadi meskipun gak suka tapi recall wajib dijalanin..

        Coba kalau produk lokal untuk global regional atau cuma lokal doang.. bakal beda cerita hehe.. ya kaya yang lagi di bahas di judul 😀

  36. Wah kang kobay malah ngasih bahan … 😀
    diganti sama shock astrea grand aja … lebih keren ada cover chromenya … modif antingnya dikit tapi … 😀

  37. Wah namanya udah ga center ya pasti udah ga bener walaupun merasa fine fine aja.. Berarti jelek tuh qc nya masa sok miring bisa lolos.

  38. Untung waktu ibu negara ama si sulung ane tawarin PCX kompakan keduanya gak mau. Katanya desainnya terlalu “sesuatu”. Kalao jadi beli, kasus Aerox bakalan terulang he he he …. (Aerox ane langsung copot shock, ganti sama YSS tabung. Shock Aerox nganggur di gudang). PCX batal malah kini keduanya ribut minta XMax aja yang lebih keren! Hadeuuuhh….

  39. Ada yang sdh ngecek posisi dudukan atasnya yg di bodi antara kiri dna kanan ngga sejajar kang

      • Saya sendiri masih bingung beli Pcx ini apa Nmax generasi baru?
        Tp nmax baru gak segera di launching. Haduh fitur tua gitu.
        Semoga yamaha sadar.

    • Dari group kuskas
      makin percaya info2 sebelumnya, kyknya memang waktu rancang bangun rangka msh dng crankcase model lama (ban kecil rem tromol), pas dipasang dng crankcase ban lebar rem cakram jd gak center.

  40. Enak pabrik Honda pembelinya kurang kritis sok belakang miring dibilang normal ,rantai berisik dibilang normal

  41. Keliatannya sih karena dudukan shockbreaker atas dan bawah yg tdk segaris ya, dan ini bisa berarti bberapa hal.
    Dari pengguna pcx belum ada ya yang membongkar shock lama nya, utk diliat kemungkinan adanya bekas gesekan antara liner dalam dan piston dari shockbreaker akibat misalignment keduanya? Kalau ada bekas gesekan kan artinya ada keausan dan sampai tahap tertentu mungkin akan mempengaruhi fungsi dan mengalami kegagalan. imho

  42. itulah pentingnya tes jalan seperti yang dilakukan merek2 lain, jadi bisa menggambarkan endurance motor dengan kondisi jalanan riil

    AHM ngetes cuma di sirkuit pabrik jelas tidak bisa menggambarkan kondisi jalanan riil

Yuk Tinggalin Jejak Lads..