Honda Beat Karbu vs Yamaha Mio gen 1

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Honda vs Yamaha, memang selalu menarik membahas kedua merek asal Jepang ini, salah satu penyebabnya adalah masifnya pengguna, pemakai maupun pemilik dari kedua brand tersebut. Belum lagi kadar fanatisme dari kedua belah kubu, beuhhh rame wkwkw. Saat ini pabrikan garpu tala memang dapat dikatakan sedang terpuruk dengan market share penjualan di bawah 20%, tapi tahukah lads kalau tahun 2009 dan 2010 Yamaha sempat menempel ketat penjualan Honda? Nah ini dia penjualan Honda vs Yamaha di Indonesia era 2009-2010, ketat!!

Belakangan ini terutama semenjak menurunnya penjualan alias market share Yamaha di Indonesia, tak sedikit ucap ucap kalau konsumen Indonesia itu kemakan iklan dan merek, serta tidak smart dalam memilih produk – ditujukan bagi mereka yang membeli dan memilih Honda sebagai tunggangannya, baik untuk sehari hari maupun sebagai motor kedua, ketiga dan seterusnya. Benarkah semata mata faktor merek alias brand image yang utama yang membuat konsumen memilih produk?

Tidak salah sih sebenarnya, suatu merek dipilih banyak orang karena reputasinya yang baik, dan reputasi baik alias brand image bagus tidak dibangun dalam semalam, seminggu, sebulan atau bahkan setahun lads! Butuh kepercayaan dari konsumen untuk kembali memilih merek yang sama saat mereka membutuhkan, kalau sudah gagal? Konsumen biasanya ogah kembali.

honda vs yamaha

Paling tidak kita bisa flash back ke tahun 2009 dan 2010, saat dimana kata kata “asal merek Honda pasti laris” tidak berlaku hehe. Info ini dari salah satu komentator blog Kobayogas, masbro Attila yang menurut KBY bermanfaat, terutama bagi diri pribadi. Bisa menambah wawasan juga sih lads, jadi tau jumlah penjualan Honda dan Yamaha di tahun tersebut. Ternyata merek Yamaha sama kuatnya dengan Honda saat itu, penjualannya bisa dikatakan ketat!

Jadi gada tuh istilah motor apa aja dikasih logo sayap pasti laris di tahun 2009-2010 tersebut, buktinya, penjualan sepeda motor Yamaha bisa berbeda tidak terlampau jauh yaitu 2.65 juta unit di tahun 2009 dan 3.326 juta unit di tahun 2010. Bisa dibilang brand image keduanya sama kuat! Berikut infonya di bawah ini:

  • tahun 2009 honda menjual 2,7 juta unit motor, sementara yamaha menjual 2,65 juta unit motor, hanya beda 50 ribu unit, bisa dibilang brand image kedua pabrikan ini sama kuat
  • tahun 2010 honda menjual 3,416 juta unit, sementara yamaha menjual 3,326 juta unit, selisih gak sampe 100rebu unit, bisa dibilang juga brand image kedua pabrikan juga sama kuat di tahun 2010.

Lantas mengapa pada akhirnya Honda bisa melesat jauh meninggalkan Yamaha yang perlahan market share nya semakin menurun? Ini menurut Attila yang KBY amini di artikel Suzuki GSX-R150 Non Keyless;

alasan mengapa yamaha bisa mengejar honda di tahun 2009-2010 adalah sama dengan alasan mengapa honda sekarang bisa melejit hingga meraup ms 70 persenan gemuk, yaitu : berkaca diri, berinovasi/bikin terobosan, melakukan improvement, mencari tahu aspek hakiki yang paling dibutuhkan/diinginkan konsumen dan kemudian mewujudkannya, serta mempertahankannya. intinya memperbaiki diri.

are you going to keep blaming others for your own failures/mistakes?

Kalimat penutupnya yang makjleb, jangan menyalahkan pihak/orang lain padahal kesalahan datang dari diri sendiri. Intinya gegara market share Yamaha turun, terus kompetitor (Honda) yang disalahkan oleh FBY gitu? Lebih jauh lagi bahkan menyebut konsumen pemilih merek Honda itu tidak smart (kasarnya sih bego) dan fanatik merek. Kemudian mencap motor apapun asal dikasih logo sayap pasti laris wkwkwkw.. tuh buktinya di tahun 2009-2010 gak berlaku.

Berkaca dari tahun 2009 dan 2010 berarti konsumen bodohnya 11-12 dong ya saat itu? Wkwkw.. Lebih jauh lagi, saat ini sering banget dibandingkan Honda kuat karena pabrik/ plant nya banyak, Yamaha lemah (sulit naik) karena plant tidak sebanyak Honda.. Kalau lads masih berpikiran seperti itu, saran KBY nih, kembali lihat quote di atas dari Attila tentang 2009-2010 ya.. kalau kata cak Lontong sih, mikirrr 😀 Dus, jika ada kesalahan dari data yang disebutkan di atas, tolong dikoreksi.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ya lads..

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

106 COMMENTS

    • kalo ane sih, ga peduli ms nya. Yg penting apapun merknya dan worth to buy, yha beli. Contoh jika scoopy itu bagus, harga pas dengan fitur dan sensasi, yha dibeli scoopy dibanding vario atau beat. dan juga r15 dan cbr150 mana yg lebih worth to buy, yha dibeli tuh.

      juga kesalahan yamaha adalah tidak merekrut tenaga marketing yg handal. Jujur aja sales yamaha rata2 ga mampu menjelaskan secara teknis motor yamaha alias kurang paham, padahal motor dan mesinnya canggih. yg digembar gemborkan cuma “teknologi motogp” lah tapi teknologinya yang mana? ga bisa jelasin.

      kalo salesnya honda lebih jos, contoh: meski mesin cbr ada kurang dan desain pas2an alias gepeng, tapi cara mereka menjual lebih baik. Sales honda mengunggulkan kelebihan2 dari produknya tanpa menyinggu g kekurangan mesin. Misalkan “motor irit lho pak buk mas” “honda sudah dipercaya banyak orang lho mas”.. dan jaringan dealer honda yg banyak.

      • ymh mesti rekrut om roy,

        dia professor paham teknologi sohc 4 klep turunan moto gp

  1. Ini 2009 – 2010 yamaha punya motor yang lain dari yang lain yang laku banget spt mx 135 (muncul awal 2006?), Vixion 1st gen yang injeksi.
    Masa-masa kuliah nih jaman motor ini…

  2. Itu jaman saya smp waktu itu yg paling laris dari brand Yamaha yaitu jupiter z, vega r, mio, lalu vixion.

    • Jaman motor tsb mesin msh kualitas japan/Thailand, vega zr dan vixion gen 2 mah dari Vietnam, downgrade, tapi bagi fby tabungan blg Downgrade

  3. Ya krna..honda selain onya banyaj duit,mereka cerdas ber inovasi..desain mkin baik n ky fitur..kl yamah skrng desain bnyak yg aneh2 n fitur yg telat..krg sreg rasany..

  4. Punya Yamaha Aerox 155 S nih dirumah. Agak kecewa karena suspensi belakangnya (belum suspensi tabung) yang bunyi kalo dibuat boncengan. Bonceng Bini & anak, paling berat total bertiga 140 kg-an.

    Di versi baru dikasih suspensi lebih gendut, lah yang versi lama dicuekin. Berharap ada recall sih, ato setidaknya tukar tambah suspensi lama sama yang baru. Sudah tanya dan komplain by contact center, jawabannya tetap sama, tidak ada penggantian.

    Ada yang bilang klo ini ‘personal sport scooter’, ga cocok klo dibuat boncengan. WTH?! Trus buat apa dikasih jok tandem donk? Overall Aerox 155 S semua OK kecuali hal tsb.

    Ane bukan FBYek atau FBHomo yang suka bikin rusuh ya. Hehehe. Beli merk apapun asal sesuai faktor design & value for money nya aja. Dirumah ada 2 roda dua, beat karbu & aerox 155 ini.

    Yamaha kalau tidak mendengarkan keluhan konsumen ya entahlah, mau turun jadi berapa lagi market sharenya. Memang bagus jg sih klo bisa ekspor, tapi apa artinya konsumen lokal/domestik jadi di nomor duakan?

  5. Kata siapa mang MS yamaha dibawah 20%, jgn lakukan pembodohan lah…..

    Noh baca dulu artikel zuragan, yamaha diatas 20%…….

    Eh ga taunya grafik per CC yg d tampilin zuragan…..

    Ngah ngah ngah

  6. Kl gw sih mendingan ‘bego’ tp banyak duit…..

    Daripada ngaku ‘smart’ tp pengangguran dan ga gablek duit……..

    Ngah ngah ngah

  7. Suka ndak suka h memang lebih nyaman. Klo motor baru semua brand pasti enak tapi setelah 2,3 tahun atau malah diatas 5 tahun baru kerasa,merk mana yg masih enek tumpak ane..ex jupi vs grand,atau jupi, vs supra x
    ??????

  8. Kalo kata bang Karni mang… “Kalau kamu tak pandai menari, jangan lantai kamu bilang terjungkat (jangan lantai kamu salahkan)”

    • Itu saat bang karni nyindir homo jasmev si deni siregar yg malu maluin adu argumenya. Ngah ngah ngah. Tapi wajar lah. Dia kan salah satu boss komentator di blog iwb karena iwb komentatornya sarang jasmev

  9. Wahh si kobay mau di shifting demam in zuragan nih bilang ms yamaha dibawah 20% wkwowkw
    Data zuragan ntu beda sendiri dari data lain, karena zuragan pake metode demam
    salah satu problem yamaha sekarang adalah malah desain hancur setelah update
    Contoh byson yg jadi total indihe2, x ride yg jadi aneh, mio s yg ga cucok bgt sama selera orang indo
    N final nya vixion yg baru jadi culun lagi apalagi bagian belakang aneh bgt asli dah padahal desain sebelumnya dah bagus tajam2

  10. Nurut ane sih dari dulu brand honda itu kuat banget. Cuma thn 2009, masyarakat ga punya banyak pilihan untuk brand honda. Paling mbeat yg dah coba ngelawan meong. Tapi masih blm kuat. Mx135, vixion, jupiter z( disaat bebek masih laris), masih blm ada lawan. Sekarang semua segmen dah dimasuki honda. Mati lah yamaha

  11. huss, fby bodoh, nanti fb smart ngak terima.

    rentang waktu itu fbh banyak yg selingkuh

    jadi tetap presentasenya FBH bodoh bodoh lebih banyak,

    FBY nya tetep dikit, nah ini yg pinter.,

    bisa dibilang MS ymh waktu itu naek karena banyak fbh selingkuh +

    FBY pinter, kiria kira waktu itu 20%FBY + 25% FBH selingkuh = 45% MS YMH

    MS ahm 45, 5 %

    masih ingat kan spanduk akhir desember 2010 di koran??

    ” KAMI MENUTUP TAHUN 2010 DENGAN MENJADI NO.1″

    • Gw masih ingat ….si mind genesis yg legend itu sudah memprediksikan ke jatuhan MS yamaha saat MS yamaha mendekati honda….krn dia lihat ada yg tidak beres di strategy dan terlihat sympton2 masalah di jaringan yamaha…..dan saat MS yamaha bener2 turun….si uban duda buluk mazapahit bikin artikel di blognya kalo itu hanya sandiwara yamaha dalam menurunkan MS (kalo ada linknya bisa di bantu deh…di hapus sama dia kali)

      What perusahaan internasional spt yamaha bisa bersandiwara main2 dengan ptofit …geleng2 kepala…si uban terlalu maksa krn ga mau kalah. (Uban sandiwara gate) …dan saat itu juga nobita cium knalpot panas di depan mind genesis wkwkwkwk

  12. nah mulai 2011, FBH yg selingkuh, mulai sedikit demi sedikit balik ke istri pertama,

    yach jadi tau sendiri akibatnya, MS ahm balik ke semula,

    ms ymh nek dikit dri semula,

    jadi sekarang yg masih selingku tuh FBS ke ymh, sebagian sih dah balik .

    kalu dha balik lagi ke suzuki, yach ymh balik ke semual msnya, sekitar 10 an persen

  13. pokoknya yg beli honda BODOH!!!!

    apa lagi yang inden PCX, hahahaha, di dealer sampe2 gw diingetin sama salesnya kalo ini beli kucing dalem karung, mulai dari spek sampe harga belom ada yg fix, nah smart ga tuh kira2 yg udah inden? zlub zlub zlub

    • Masalah gitu mereka msh jujur,, jual brg spek rendah segitu yach dikasih segitu. Sebelah beda, yg buat test drive gede, pas dijual disunat. Downgrade yach blg Downgrade

    • ow yg beli Honda bodoh ??
      klo gitu lu ngapain situ mampir ke dealer Honda ?
      mau ikutan beli juga ?
      atau situ gada kerjaan tapi main2 kesana ?
      atau situ sok2 aja kesana biar keliatan kaya tapi duit ga ada ?

      • satu FBH kena jaring ni, hahahaha
        kadang saya ngerasa malu jadi FBH kalo ngeliat kelakuan FBH yg kaya bgini.

        kemarin lagi iseng sih, tumben2 ada waktu luang n duit di dompet, lumayan lah cukup buat indent doang. kalo bayarnya liat nanti aja, saya sih udah punya stok promag buat nyicil 3 tahun. itung2 ngasih liat FBY kalo FBH ga cuma bisa beli beat aja.

        salam smart, ngah ngah ngah

      • ow sarkastik toh
        takira situ another FBY sok smart
        okelah gue goblok juga klo gitu
        masi polos gue rupanya kejebak komen sarkastik

      • dan lucunya zuragan juga suka ketipu sama komen2 gw yg bgini, ngoahahahahaha, salam smart, ngah ngah ngah

      • @maki maki,

        ente kejebak karena blm kenal semuanya

        mana fby ,

        mana fb smart

        mana FBH (om yg punya warung salah satunya)

        mana FBH garis keras

  14. semenjak komeng nggak ngiklanin motor yamaha, market sharenya langsung terjun bebas.. 😂😂🤣

    yamaha terlalu pongah nggak mau dengerin konsumen menurut ane, liat aja suksesor dari byson, v-ixion, scorpio dll, modelnya bikin illfeel liatnya, upping price dari dealer yg nakal, terus suspensi yg kurang dari maxi scooternya kaya aerox dll

  15. Ane setuju dgn kalimat “mencari tahu aspek hakiki yang paling dibutuhkan/diinginkan konsumen”. Ada banyak faktor tapi terutama karena Honda fokus membuat motor yg sangat cocok untuk dipakai harian: tidak bikin pusing, mules dan pegal. Sisi buruknya: pembonceng rentan jatuh krn mengantuk.

  16. jos artikelnya… semoga petinggi Yamaha dipertahankan.. yg penting kipas kipas dollar. tidak peduli market share turun..

    • saya maunya malah CBR 150R k45g msnya turun biar ahm berbenah dan balikin ke mesin overbore, di thailand aja masih pake overbore,kalo kepengen next facelift 21 ps euro 4 ? gampang broo, tu mesin potensinya tinggi sekali, yang penting balik dulu ke overbore dah itu saja, semoga AHM ga budeg

  17. kirana kemana ya? karisma koq merana? cs 1 cuma ampe disitu aja. megapro turun kasta malah makin ga bersuara. spacy tetep sepi. masih aja ada orang smart yg triak2 the power of brand.

    • Kalo yg yg sering memperhatikan hal2 kecil
      Beat gk pernah ganti jenis huruf 3 generasi,untuk varian lain fmc baru ganti jenis huruf,mio ganti striping ganti jenis huruf
      kabel gas stang telanjang(all sport naked,beat street,scoopy led) kabel gas push pull menjulang agak ke atas,yamaha hanya yg ori desain thailand xabre(mslaz) dan x ride(ttx) aja

      • mio ga cuma ganti huruf/stripping, tp juga model. ini rebrandding yg jelas salah kaprah. mio laku krn awalnya ini matic buat cwe. berikutnya malah pake model cwo sama bapak2. ketika beat melakukan penguatan dgn memecat maia yg sudah kadung ibu2 digantikan oleh cibi2, mio malah awur2an. terakhir si juragan rondo nyinyir jadi official brand ambasador. cwe juga jijik kali ngebayangin dirinya naik motor yg dipake aki2 nyinyir.

  18. Kalo kata zuragan smarts sih tahun ini msh 20%….

    Dan ane komen dengan jelek2in produk sebelah…. ehh komen ane di tongolin…
    Giliran komen miring produk sesembahannya di karungin…

    Benar2 blogger smarts dan netraal..

    Ciaaao…….

  19. Kl menurut ai sih mang, yamaha terlena dgn kejayaan mio dan vixion.
    Coba lihat, sejak era itu, ga ada terobosan dari yamaha yg bisa buat motor kompetitor nya keliatan jadul.
    Honda berbenah dr kekurangan nya. Baik desain sm jenis motor, di tambah SDA yg mumpuni, jd bisa penetrasi di hampir semua jenis motor yg di jual di indonesia.
    Kita pasti ingat dgn masa karisma, kirana dan supra x125. Bagai langit dan bumi kl di banding jupiter mx, begitu juga mega pro vs vixion.
    Tp kl sekarang? Yamaha model nya JELEK, BUILD QUALITY NYA ASAL JADI.
    Keliatan nya bagian R&D yamaha harus di rombak itu, selera nya PAYAH bin BURUK, NORAK.
    Ga cukup cuma berubah, tapi harus REVOLUSI..
    Kl ga mau ya bye bye…

      • Memang ga gampang mang, tp kan emang udah urgent, masa nunggu MS udah tinggal 1 digit baru kalang kabut?
        Nmax laris krn belom ada lawan, gitu PCX resmi brojol, taruhan tuh penjualan nmax pasti mengkeret.
        Liat aja mang, banyak motor yamaha fitur nya yg sekedar lebih baik dr kompetitor. Tapi bukan yg terbaik.
        Ditambah yamaha lebih pro ke handling drpd comfort. Yah gitu deh.
        Ai naek artupaip ai, banding nmax malah lebih empuk artupaip..
        Aneh kan mang? Yg sport yg mana yak?

  20. Baju motor ymh tebal dan kinclong, fbh pun akui itu. Tapi motor itu satu kesatuan, ngak diliat dari bajunya,aja. Itu napa ms honda stabil. Ngak cuma 4 klep. Klep itu kran funsinya buka tutup ngalirin bensin, konsumen ngak mau pusing. 2 motornya jalan, 4 juga jalan. Konsumen beli juga buat komuter, bukan buat balapan 🏁

  21. Artikel penggiringan by kogay.. klu bnr serius buat artikel coba cantumin line up produk masing2 merk pd jaman itu, biar sales2 & anak jaman now pd pinter..

    • Mksd lu line honda sedikit di banding yamaha saat 2009-2010 dan jadulw makanya bisa di dekati yamaha…tapi akhirnya honda bangkit mau koreksi diri sehingga banyak varian yg di sukai konsumen tapi tanpa mengorbankan keuangan dengan menggunakan 1 mesin dengan varian banyak ????….jadi salah honda yah kalo dia mau berubah jadi cerdik ??? Atau lu yg bloon cuma bisa ngeluh nyet

    • Kacung kogay sewot.. Kera ngomong monyet.. Yg pnya warung aja selow..

      Sales ijazah sd ya? Apa pria berdaster beat?

  22. Mnurut saya krn pda msa itu honda ketinggalan jauh dri yamaha soal teknologi dan inovasi. Saat itu sport naked ahm blum ada seadvance vixion, disegmen moped ahm belum ada bebek super sprti jupiter mx dan saat itu beat msih bru mulai menggerogoti pasar mio yg sdh terlanjur mengakar. Setelah semuanya kembali imbang dari sisi teknologi dan inovasi honda kmbali menguasai pasar tanah air pdhal saat ini yamaha terbantu pnjualan nmax yg termsuk luar biasa krn msih blum ada lawan sebanding(gak tau nnti nasibnya stlh pcx dan maxi skuter suzuki keluar apkh mngalami penurunan yg signifikan kedepannya). Bukan brmaksud membela yimm tpi stlah smuanya sdh imbang honda kembali mnjadi penguasa pasar tanah air mingkin juga krn terbantu image honda yg sdh mngakar sperti irit dan sebagainya atau kalo kata fb sebelah bilngnya asal dikasih logo sayap pasti laris.

  23. Yang harusnya ditanyain… kenapa kok dari kondisi sama sama kuat, Y bisa langsung terjun bebas githu??? khan berarti ada yang significant berpengaruh!!! he he he

    Tau khan maksud Gue?

    Gak mudah loh MS bisa naik Significant ataupun turun Significant untuk perusahaan yang super Gedhe begitu…dengan Brand yang kuat dan dukungan loyalist yang masive.

    Sebelum MS Yamaha beneran turun significant Gue pernah nulis artikelnya, sayangnya saat beneran terjadi si Nobita yang sumpah mau ngemut dan cium pantat knalpot malah lari…

    Euuuu Nobita Nobita…dimanakah engkau bersembunyi…. Wkkkkkk.

  24. Sampe d jadiin artikel komennya
    Mantap mang
    Yah memang sih banyak yg hanya koar2 aja ngikut2
    Dulu inget bgt jamannya jupie z burhan jdi idola anak sma tempat ane, smw pada pke, mio jga, waktu itu yamaha bener2 menghabisi pasar bebek honda, karna produknya enak di lihat, ane ampe ngidam jupie mx full clutch hitam merah zaman itu
    Tpi skrng, entah smw serba tanggung, mulai dri fiturnya, apalagi desainnya, padahal awal rilis bgus, setelah facelift jadi gaje,
    Ini nmax rentan sekali d makan pcx, tpi sebelah seperti propaganda pcx gak ada apa2nya, penggiringan opini smw fitur pcx ad d aerox, hellooooooo
    This is nmax we are talking about, bro…..
    Selalu bgtu, bcarain kekalahan telak r25 sma cbr lari k xmax, bcarain melempemnya r155, lari k nmax n aerox, lgi demam shipping2an bro
    Yg paling bikin gatel power of brand????
    Loe kira revo at laku????
    CS1????
    Spacy????
    Megapro????
    Gak analisa apa yg laku itu karena apa, why the hell man????
    Seperti yg gw bilang, loe gak bsa nyalahin pasar kalo barang dagangan loe gak laku, mending gak usah jualan aja….
    Dan komen ane itu sampe sekarang gak pernah keluar d blog junjungan…..
    Ane selalu kritisi nmax facelift yg fiturnya stgh2, knp sih, kan aerox punya????
    Menurut mang kobay gmn???
    Kyknya nmax bsa hbs nih d hajar pcx tahun ini

    • Nah itu. Forecast upgrade yamaha itu terkesan aneh bin ajaib. Padahal kondisinya dia gak punya barrier. Motor lakunya ya karena gak ada saingan. Begitu ada ya sudah tiwas

      Liat aja motor baru seharga 20 jutaan fitlur aerox masuk semua. Terus nmax yg jadi mesin uang yamaha. Lebih laku dari aerox dapet upgrade shock doank? Itu bukan upgrade. Tapi emang sepantasnya nmax awal hadir shock empuk bertabung. Terus udah punya fitlur ngaerox kenapa gak dipake? Bukanya pake mesin salome itu trobosan yamaha? Terus kenapa fitlur tidak salome? Aneh sekali

      Terus paling aneh r155 yg katanya super duper cangih. Penuh value. Harga beda tifis sama cbr150. Kenapa masih keok? Kok gak di evaluasi? Secara value menang telak. Terus kenapa masih gak laku? Apa ada sesuatu yg salah? Kalo dari produksinya bagus. Dari hulu bagus. Tapi di hilir bagaimana? Apakah yamaha pernah investigasi dealernya? Pernah cari tau kenapa r155 gak sesuai target nekuk cbr?

      Terus r25 gak laku kenapa? Gak ada evaluasi kah?

      Kenapa kesnaya yimm malah cenderung menjalankan strategi ala mazapahit? Sedangkan strategi ala mazapahit cenderung sering gagalnya. Orang bego juga tau kalo ada saran banyak salahnya ya sebaiknya jangan di dengarkan.

      Mending analisa fifauzi kemana mana. Masa s3 kalah sama petani bawang? Ngah ngah ngah

  25. Gue mah yg penting durability engine nya top.

    New blade aing taun 2011 kilometer 66000 masih adem ayem aja noh.
    Kemaren setahun kilometer nya off, mungkin kalo idup bisa tembus 80000 an😁😁😁

  26. Saya bangga punya vega r tahun 2008, punya motor itu bekas udah 5 tahun gak pernah minta yang aneh, ke bengkel juga baru 1x. Bandingin sama vega zr punya temen jauh bos, itu motor apa mainan anak2 ya?? Jupiter z1 sini dah guweh jabanin sama vega r guweh. New vega r itu yang baru namanya kualitas, kalau produk yamaha yang sekarang itu namanya ampas.

  27. Pengen beli motor sekarang berasa sulitnya beli yamaha, stok sering habis, pengen beli honda tapi kualitas body ya gitulah, gak sesuai harga, terpaksa sabar, tapi kalau lama2 ya terpaksa beli honda juga…

    • Klo stok abis mulu knp gak naikin kapasitas produksi? Abis apa di simpen dibgudang macem hp xiaomi yg aslinya kagak laku laku amat tapi di kesankan stok abis mulu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..