Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Memasuki pertengahan bulan Oktober, akan menarik menanti info Data Aisi penjualan sepeda motor bulan September 2017 terutama di kelas sport fairing 250cc 2 silinder. Data Aisi bulan Agustus di kelas ini menyebutkan Honda CBR250RR terpuruk penjualannya, hanya 106 unit! Terburuk sepanjang masa penjualannya sejak akhir tahun 2016 lalu. Akankah sport fairing terkuat di kelasnya ini kembali bangkit? Benarkan pendekatan penjualan Honda CBR250RR yang salah kaprah membuatnya terpeleset? 

Opini KBY, Honda CBR250RR adalah suatu produk yang sudah masuk ke kelas berbeda, bersama sama dengan Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25.. Bahkan kelas ini dulu KBY anggap sebagai kelas moge entry level, karena melihat Ninja 250 karbu yang harganya tinggi dan kayaknya susah untuk terbeli oleh KBY saat itu.. Kelas 250cc 2 silinder itu sudah punya ranah sendiri, masuk ke ranah eklusif sebenarnya..

baca juga: Data AISI penjualan sport fairing 250cc Agustus, CBR Juru Kunci!

Nah belakangan KBY melihat AHM atau tepatnya dealer dealer Honda memperlakukan Honda CBR250RR ini kok selayaknya Honda Beat, skutik entry level terlaris di Indonesia bahkan di dunia.. Perlakuan disini adalah cara atau pendekatan penjualan Honda CBR250RR.. Style alias gayanya seperti halnya menjual motor seharga belasan juta, sama sekali jauh dari imej eklusif si CBR itu sendiri.

Contohnya, KBY pernah buat artikel tentang Honda CBR250RR dipamerkan di pasar (baca: Honda CBR250RR dijual dipinggiran) nah sebenarnya kalau melihat dari usaha jualan, gada yang salah, dimanapun sah sah saja jualan produk, hanya saja untuk kelas CBR250RR mungkin di tempat seperti itu bukan lokasi yang tepat, apalagi ceritanya si sport fairing 2 silinder ini diposisikan sebagai produk flagship-nya AHM (made in lokal)..

Memang tidak ada survey akan hal ini, kebenaran akan posisi berjualan CBR250RR berpengaruh pada terpuruknya penjualan di bulan Agustus belumlah terbukti, tapi jika memang sebuah produk eklusif maka penjualannya pun harus menggunakan cara yang berbeda, tak bisa disamakan dengan Honda Beat, Blade atau Vario 110. Kadang calon konsumen yang membeli pun berdasarkan rasionalisme prestige, melihat motor incarannya dijual dengan cara “murahan” seperti itu bisa saja membuat ill feel dan batal hehe..

Kita lihat saja nanti apakah penjualan di bulan September meningkat atau sama saja? Jika sama saja, maka opini KBY di atas mungkin ada benarnya.. Atau memang pasar sport fairing 250cc belakangan ini sedang lesu karena sedang hype beralih ke skutik bongsor 250cc .. Kalau KBY sih demen aja yang make sedikit wkwkwk..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

91 COMMENTS

    • Selera warna yang jelek (selera petingginya yg nga hobi motor, cuma jago financing itu pun di dukung fif dan keuangannya) ….warna gelap dan sticker yang rame bin norak dgn tujuan promosi team balap lokal udik sehingga membuat motor tidak terlihat besar spt ciri khas moge yg ga norak bin udik (mang lu kira motor gede pake stiker rame spt motor bebek matic?).

      Pemasaran yg pelit jual di pasar bukan di mal2 besar spt motorave kawasaki….

  1. Pemilihan warna keknya juga bs jd sesuatu pembeda kang..warna hitam doff memang elegan, tp kurang wah..kalo yg merah, liverynya terlalu rame,versi Kabuki jg orang tertentu yg suka..nah konsumen jd ga ada pilihan warna yg lain..beda dgn ninja yg hampir semua warna tersedia..

      • Ane sih berharap bulan september msnya si cebong naik tajam, spy banyak terbit artikel di bloger ternak. Ngah ngah

      • Menurut saya jualan cbr250rr d pasar itu lebih ngaruh k sasaran calon pembeli yg kurang tepat, dimana orang orang yang mampir adalah mayoritas pembeli motor kelas midle k bawah

        Jadi bukan masalah gengsi si calon pembeli tapi lebih k penjual yg salah tempat

    • Betul banget. kayanya memang permainan warna dari CBr ini kurang wah, paling cakep yg repsol tapi muahal bener, mungkin kalo ada warna macem putih atau RBW honda mungkin beda lagi. lebih menarik, kepalang tangung kenalin awalnya yang item doff. keliatanya sangar sih ,tapi kurang menarik,

  2. ane rasa strategy kerja sama ama 86 kemaren yg anak cbr clubnya disuruh mengenalkan fitur2nya lumayan bagus,soalnya yg nonton 86 kan biasanya cowok2 ”laki”/mature,bukan kayak sinetron yg bikin anak sd/smp langsung kojel2 minta beliin nggak peduli keadaan orang tua kayak gimana

    • benul tapi kalau buat penjualan sinetron lebih kena, nah kalau di 86 memang tujuannya AHM agak beda nih dibanding promo di sinetron.. bebas aja sih..

  3. Mirip artikelnya komeng..
    Uhhuuuyyy..

    Cbr salah treatment..
    Yang mau beli pada mikir lagi,, motor mahal kok masuk pasar? Wkwkwkwk

      • Comment :
        Ini tentang Prestige mangg,.
        The Best Name in Sportbike “Ninja”!!
        So, Cbr, Yzf, Gsx?? Hmm b aja sih hehe 😂

    • Nuritku sih mau nama ninja,gsx.cbr tuh beda dikit aja.
      Kelas ini beli bukan cuma nama. Tapi karena design ninja yg timeless bgt.. gedeee..
      Semoga next ninja facelift,,designnya ngga blunder

  4. Mungkin jualan dipasar biar para juragan sayur pada beli buat anaknya…kan juragan duitnya karungan..

  5. Memang benar kata om kogay, kualitas cebong setara beat. Plastik icikiwir, cat bulukan, tbw nyangkut. Ngah ngah

  6. berani banget elu bang.nyentil tuan takur…
    entar di transfer bochor bochor baru alibi. server error …
    guyoonn kamuuuhhh ….
    ekekekeke

  7. ekekeke bentar lagi juga ilang ini artikel ganti artikel sijuki ….
    bakar kuping kobay …

    guyooon kamuuu

  8. Harusnya pke brand ambasador.. tuh si daviddxo.. vlogger dgn 9 nyawa yg sruntulan dijalan raya pke cbr250rr.. pasti laku..

  9. Ninja 2cyl dimari itu ibarat Apple om Kobay..
    Spek boleh deh orang bilang biasa ajee. Tapi finishingnya memang asli cakeep..

    Komentator2 diluar sana bilang iphone itu kameranya kalah pikselnya lah, speknya juga biasa aja lah.. orang yg beli iphone dianggap orang dungu lah, dst… soalnya menurut komentator2 itu ada banyak kompetitor yg jual spek lebih tinggi dari iphone dengan harga yg lbh murah atau sama.

    Tapi ujung2nya yg beli iphone tetep aja banyakkkkk. Ditengah serbuan merk berbasis android punya, iphone gak pernah tuh tergerus pasarnya kayak windows phone #eh…

    Nahloh knp ya..

    • Karena pecinta Apple dari awal pakai iPhone. Disuruh pindah android pasti kagok, begitu juga sebaliknya. Makanya market smartphone sekarang stagnan kecuali sesama produsen smartphone Android yang saling makan.

  10. Mnurut ay motor 250 2cyl sdh bkn motor premium lg soalnya bnyk bngt yng keliaran bhkan ada anak smp yng kliaran pake 250 2cyl, mngkin effect smakin baiknya prekonomian msyarakat.
    Yng msh klhtan exclusive skrng motor ss atau sbk soalnya msh jarang bngt kliaran apa lg yng pake ank smp. Haha..

  11. Kalau sekarang yang saya liat adanya perubahan mindset user yg condongnya ke comfortable style yg mengarah ke skutik premium mang Kobay.

  12. Jika Honda ingin CBR 250RR laris di pasar,maka bisa nyomot gaya marketing Kakaknya yg bermain di Moge ( Big wing) sehingga kesan eksklusif premiumnya dapat, sehingga orang yg beli serasa ada rasa kedekatan dan pride tersendiri. Ingat karena harga yg sudah melebihi angka sikologis wajar,jika konsumen ingin dimanjakan.

  13. Lebih parah dari R25.
    R25 mulai seliweran 6 bulan setelah rilis.
    Ini hampir 1 tahun rilis, jarang amat di jalan.

  14. Nah loh…padahal dulu katanya strategi jualan kek gini sah2 aja dan jenius, katanya bisa menjaring pembeli dari kalangan petani dan pengusaha warung kaya..

    Bukan ai sih yang bilang gt

  15. pemilihan warna jg tanggung bgt …..terlalu menonjolkan kebanggan diri, trlalu AHM bgt …..seolah konsumen dipaksa utk suka dg warna bikinan desainer mereka ……seolah tdk melihat selera pasar …… coba klo ada warna putih polos, merah polos ala ducati, atau RWB …..motor ini garis desainnya tajam, klo pake warna kelam jadi mati aura sport nya ……blunder supra150 jgn sampe terulang

  16. Warnanya kayaknya ngaruh jg mang, ada yg pengen beli hitam,tapi bukan doff, merah stripingnya ribet ganahan

    • kalau sy maunya mesin cbr tp body ninja namun bagian headlamp di desain ulang. entah knapa sampai sekarang sering sampai lama memandang mandangi cbr tp kok kesan moge seperti yg aku rasa kalau lihat ninja sulit muncul. mana lg secara dimensi kok rada kecil ya dr ninja. mungkin juga honda perlu strategi warna baru dan striping ala gtr. kali aja berhasilseperti gtr.

      • Dimensi betul tuh bang, kayaknya agak kecil ya klo disejajarkan ninja atau r25

  17. Sebenernya udah sering liat di jalan. Ternyata aslinya kecil ya hahaha. Dan setelah semakin sering diliat keliatan ‘biasa’ aja. Beda kalo liat ninin, dr awal keliatan wow, makin diliat makin ganteng..

  18. Harusnya sih jumlah produksinya lebih dibatasin ya, jadi keliatan lebih eksklusif sama euforianya kejaga selama setahun.

    Pas lebih dari setahun, baru deh tuh hajar produksi banyak.

  19. Wah, sama banget om kobay. Ane demen juga kalau yang pake ga banyak2. Biar ga kelihatan mongtor sejuta umat. Demen banget dah klo mongtor yang ane pake larisnya biasa aja, tapi ekspornya luar biasa laris. Biar ga banyak2 amat yang pake di jalanan Indonesia, biar kelihatan lebih eksklusif

  20. Bekas nya lebih menggiurkan ketimbang baru nya kang wkwkwk harga nya mnurut gw lebih rasional.. Pemakaian 2 – 8 bulan bisa dapat 50.xxx juta wkwkw

  21. Selain kalah nama dgn ninja dam soal warna,,justru karena terlalu eksklusif nya si cbr ini…
    Masak sekabuapten di tempat ane gak ada yg jual? Lha wong dealer kawak juga ada majang ninjanya,,disini ada 3 dealer yamaha juga R Shop semua,,majang r25nya…
    Dealer paling besar jg bukan dealer wings jadi gak majang si cbr…gimana org mau beli,,lha wong display nya aja gak ada

  22. Mungkin orang nunggu Ninja 250 versi 4 silinder om Kobay …

    Sama kan kayak nasib BR-V yg laku 1 unit hehehe … org pada
    ngantri Xpander / Confero …

    Org yg beli “moge entry level” juga sudah sedikit …
    Segmentasinya geser ke “anak orang kaya” …
    Kalo kelas pekerja mah mikir buat nambah DP rumah / mobil
    buat keluarga kecilnya … mulai beralih ke maxi skutik kalo
    mau beli motor … soale maceett om … buat motor urban harian.
    Makanya kayak XMax (250) dan NMax (150), bukan Aerox ya,
    lebih laku … org nyari motor dgn wheelbase panjang … krn artinya nyaman
    Cuman Honda aja yg belum keluarin lokal … untung Vario Beat laku keras.

    Ya begitulah kehidupan om Kobay … kadang di atas, kadang di bawah.
    Khusus 250 sport … mungkin harus ke international school / campus
    promosinya wkwkwwk …

  23. IMO ini karena desainnya terlalu compact, kurang moge-look.
    motor berdesain keren seharga 70 juta tapi begitu diduduki biker dengan tinggi badan 180cm ke atas langsung kelihatan wagu.
    padahal mayoritas pembeli motor 250cc kan orang2 yg kepingin punya moge tapi budget terbatas.
    coba desainnya dibuat lebih bongsor, minimal masih kelihatan wajar kalau dipakai oleh rider yg jangkung, pasti konsumennya bertambah.

    • Bener, desain 11-12 dengan cbr150cc, ban dan velg nanggung, bahan motor kurang solid masih dibawah ninja kualitas si cbr

  24. Motor sport 250 kok dianggap exclusive… di jalan sudah bejibuun om, bahkan arahnya bisa jadi motor alay. Sama kayak motor 150 yg dulunya premium vs 125 ttp sekarang jadi alay.
    Jadi wajar aja CBR 250rr dijual di pasar becek barengan sama scoopy or vario, gak ada yg aneh.
    Jaman sdh berubah,

  25. Yg pertama
    Ninja posisinya emang moge banget…

    Ga semua orang tau mesin
    Mesin holik
    Apalah itu namanya

    Sugesti cbr emang entah knp kyk motor 150an
    Mungkin gara2 cbr 250 keluar di jaman motor 150an desainya udah ganteng

    Jadi begitu naik
    Fellnya emang ga seperti moge
    (Sugesti saja sebenarnya… tp orang awam mah itu yg di cari)

    Beda dengan ninja
    Mesin fitur belum tentu lebih bagus dr cbr
    Tp sugestinya sudah dapat

    Oh ini lo ninja yg dulu moge (dalam pikiran)
    Jd

    Image brand jg mempengaruhi mang
    Honda itu udah lekat bgt sama beat
    Yamaha jg gt… udah lekat bgt dengan vixion

    Beda dengan kawasaki
    Ga bakal kepikiran bebek blitz dr kawasaki
    Hahaha

    Klu suzuki
    Hmm
    Masih mesin kencang kali..
    Belom pernah punya dr suzuki

  26. Kalau gua lihat cbr tu warnanya kurang memikat, material bodynya kurang solid. Tpi kalau soal mesin ga perlu ditanya. Dan soal history ninja menang banyak sampe di buat lagu juga… and mainseat orang indo yang terlanjur lihat ninja tu mewah kang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..