KTM RC200
KTM RC390
KTM RC390

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kabar gembira bagi para pencinta motor eropa terlebih merek KTM.. KTM Indonesia akan mendirikan pabrik di Indonesia lads..!

Kalau ada lads yang gak tau merek KTM, KBY maklumi, tapi kalau Bajaj sampai gak tau ya keterlaluan lads wkwkkw. Tapi bukan Bajaj berisik roda tiga juga loh. Gini deh, secara singkat saham motor KTM asli Austria negara Arnold Schwarzenegger itu sudah dimiliki oleh Bajaj, raksasa roda dua asal India sebesar 45%. So untuk beberapa model atau line up, KTM akan bekerjasama dengan Bajaj dan membuat produk mereka di sana atau di negara yang sudah disetujui bersama..

Sebelum adanya kabar bahwa Bajaj-KTM (selanjutnya KBY sebut KTM saja) akan mendirikan pabrik di Indonesia, beberapa produk yang hadir di Indonesia seperti KTM RC200, RC250, Duke 200 serta RC390 memang merupakan barang impor alias CBU dari India yang dijembatani oleh RevPro dan 2Wheelies.. Singkatnya, barang CBU jelas sulit bersaing dari sisi harga jual karena terkena pajak tambahan yang lumayan mencekik..

KTM RC200 depan

artikel terkait KTM:

Kedatangan kembali Bajaj di Indonesia adalah sebagai part of the owner untuk mensupport eksistensi brand KTM di Indonesia. Kemungkinan support Bajaj berupa dana untuk mengembangkan jaringan KTM di tanah air serta membangun pabrik di Indonesia. Menurut Iwan Banaran ada tiga poin yang akan dilakukan KTM Indonesia a.l:

Membangun pabrik di tanah air, mendatangkan Duke serta RC series secara CKD dan kemudian melakukan revisi harga disesuaikan dengan statusnya sebagai completely knock down. Untuk gebrakan awal mereka sudah melakukannya di beberapa unit. Poin ketiga adalah yang paling menarik, KTM akan semaksimal mungkin menurunkan harga Duke 200 dan RC200 pada kisaran 31-33 jutaan. Menarik!

KTM RC200
KTM RC200

Bukan apa apa, KBY sudah tes keduanya lads, baik KTM Duke 200 maupun RC200, terlebih RC200, dia merupakan sport bike istimewa dilihat dari spesifikasi yang dimilikinya, bisa dibilang nyaris 2 tingkat dari kelas sport fairing 150 cc yang sudah beredar duluan disini! Dari sisi performa pun karena keduanya lebih besar 50cc ya pasti paten punya lads.. KTM RC200 menggunakan rangka trellis dengan ukuran cukup besar, upside-down WP suspension dengan diameter 43mm plus swing aluminium.

KTM Duke 200

Disebutkan ada dua pilihan lokasi yang akan dibangun yakni antara Semarang atau Surabaya. Selain RC200 ataupun Duke 200 KTM Indonesia juga sudah menyiapkan Duke 250 dan RC250. Untuk kedua varian kemungkinan akan di pepetin dengan harga Kawasaki Ninja RR Mono. Wah ini bisa bikin pabrikan Jepang garuk garuk kepala gak gatel nih..

Berikut perkiraan harga yang akan dipasang oleh KTM untuk beberapa produknya di Indonesia

– Duke 200 dari Rp 52 jutaan menjadi Rp 31 jutaan
– RC 200 dari Rp 58 jutaan menjadi Rp 35 jutaan
– Duke 250 dari Rp 67 jutaan menjadi Rp 44 jutaan
– RC 250 dari Rp 74 jutaan menjadi Rp 48 jutaan

Bicara dari spekulasi harga, dengan nanti berubah menjadi CKD, KTM Indonesia dapat menghitung ulang harga yang pantas untuk berjibaku dengan merek Jepang yang sudah established lebih dahulu.. Harga bersaing wajib dilakukan mengingat KTM belum terlalu kuat namanya di jajaran biker umum nasional, dengan harga turun tentu diharapkan calon konsumen akan tertarik meminang toh?

lampu rem KTM RC200

Namun, menurut catatan KBY ada dua hambatan terpenting yang akan dihadapi oleh KTM Indonesia.. Yang pertama adalah jumlah silinder.. Kita tahu bahwa kelas 250cc itu jumlah silinder menjadi hal terfavorit, masih ingat nasib CBR250R jomblo silinder? Bagaimanapun AHM menaikkan berita keunggulan mesin dan teknologinya, tetap saja rontok di penjualan kan? Begitu juga penjualan Ninja RR Mono dan Z250SL yang jauh dari harapan.. Nah KTM RC250 juga memiliki silinder 1, bisakah mencuri perhatian?

Ganjalan terkuat kedua KTM adalah soal isu reliabilitas produknya, tak dapat ditutupi kalau produk KTM baik Duke series maupun RC series adalah produk “manja”, belum terlalu dapat diandalkan sebagai kuda pacu harian, trouble seperti overheat kerap kali terbaca dari keluhan para pemiliknya.. Nah memang itulah dua tantangan terberat yang akan dihadapi KTM.. Jika semuanya terbukti lancar termasuk sales service di kota-kota besar, tugas mereka pun berkurang dua buah..

Kita pantau saja perkembangan dari berita ini lads.. gebeeerrr

via hp klik sebelah sini

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

23 COMMENTS

  1. itu sangat menarik sekali foto kecil terakhir yg telunjuk nekan seat utk boncenger
    itu duke atau rc series om?
    smisal rc jadi tau trnyata dia (rc) bkn motor egois (yg cuman buat single rider doang)

  2. kayak duke 200 temen ane, baru 3 bulan mika headlamp dah leleh, belum kalo garansi harus nyetir 90km (ane dari malang, dealer ktm paling dekat pada saat itu di Surabaya)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..