Piaggio

Tanya Jawab Bersama Kawai-San, Otak Dibalik Desain Radikal CBR250RR [Video]

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. All New CBR250RR harus diakui – suka gak suka – memiliki lompatan desain yang sangat jauh dari previous CBR250.. Apa kata Kenji Kawai atas ide liarnya tersebut?

bersama kawai san

bersama kawai san

Pada satu kesempatan ketika kami para tukang ketik di komputer diundang perkenalan All New CBR250RR, ada satu sesi yang bisa disebut sharing group atau group discussion, yaitu momen dimana kami diperbolehkan bertanya kepada siapapun petinggi AHM yang hadir di sana..

Para petinggi AHM yang siap untuk ditanya dan menjawab itu a.l: Toshiyuki Inuma, orang nomor satu di AHM (PresDir), kemudian Margono Tanuwijaya (Marketing Director), ada Koji Sugita (Marketing Director) dan ini dia, Kenji Kawai, yang menjadi otak lahirnya desain radikal dari All New CBR250RR.

Kesempatan tersebut tak KBY sia siakan, eh ternyata lek IWB juga punya pikiran sama, yaitu bertanya pada Kenji Kawai terlebih dahulu, maklum beliau punya posisi sebagai Large Project Leader CBR250RR dari Honda Motorcycle Research & Development Center. So sudah pasti doi dan tim-nya lah yang “mencorat coret” kertas sketsa dan kemudian menerjemahkan ke dalam bentuk nyata…

Tanya Jawab Seputar All New CBR250RR Bersama Sang Desainer - Kenji Kawai

TENTANG KNALPOT DOUBLE BARREL

Kawai-san menjawab, desain muffler double barrel milik CBR250RR diciptakan untuk mengeluarkan suara sporty yang berbeda di setiap rentang kecepatan, makin tinggi putaran RPM dan kecepatan suaranya pun makin mantap, membuat adrenalin memuncak.. Tak hanya perbedaan suara, performa pun ikut terpengaruh,

TENTANG GULL SWING ARM & UPSIDE DOWN

Kawai-san menjelaskan, swing arm CBR250RR terbuat dari aluminium, lebih ringan dan lebih kuat dari steel pipe. Tak hanya itu, swing arm terbaru ini juga berpengaruh pada stabilitas, handling dan kelincahan si motor..

Sementara suspensi depan (front fork) berpengaruh pada linearity yang lebih baik, seperti pada big bike..

TENTANG PERFORMA MOTOR

Singkat jawabannya..”SECRET” sambil terkekeh. Namun ketika dikejar apakah spesifikasinya berada di atas kompetitor, sang designer CBR250RR yang demen riding ini mengangguk setuju..

Tanya Jawab Seputar All New CBR250RR Bersama Sang Desainer - Kenji Kawai 1

TENTANG DESAIN CBR250RR YANG RADIKAL

Kawai-san sedikit bercerita, menunjuk kepada dirinya sendiri.. “Kalau motor punya performa baik tapi penampilan/desainnya not good, saya gakan mau beli, tapi jika punya keduanya, wah saya tertarik banget pengen punya”..

“Juga..” tambahnya.. “Kalau kita parkir bersama motor lainnya, jika desainnya baik akan terlihat lebih berkelas, orang Indonesia kan senang yang terlihat sporty (tajam). Jadi tak hanya performa, appearance yang bagus juga penting”

bloggers

TENTANG SETANG YANG UNDER YOKE

Motor Honda, sudah identik dengan kenyamanan, makanya CBR series dan turunannya masih banyak yang setangnya belum under yoke (contoh mogenya CBR500R dan CBR650F) nah kenapa CBR250RR ini malah under yoke? Padahal CBR250 lawas tidak seperti ini..

Koji-san bilang “Kelas 250 cc sudah masuk ranah hobi (maksudnya sudah mulai mengabaikan kenyamanan), CBR250RR memang sengaja diciptakan dengan riding position yang lebih racy untuk mendapatkan rasa racing spirit yang kental”.

Ya gak salah juga sih, itu mengapa ada RR di belakang nama CBR250, sejarah kode RR pada CBR memang sarat dengan segala sesuatu yang bernafaskan racing. Itu juga mengapa CBR250RR yang baru disebut sebagai lightweight supersport..

Kode RR juga tidak selalu harus memiliki mesin dengan silinder berjumlah 4, kode RR yang jelas itu lebih kuat kepada sektor performa dan racy baik dari sisi desain, riding position dan mesinnya.

Nah itulah hasil diskusi KBY, IWB dan Vandra dengan Mr. Kenji Kawai, sang Otak dibalik desain radikal CBR250RR 2 silinder.. Yah, untuk sebuah CBR yang selama ini kita kenal desainnya kalem, memang mencengangkan mengalami lompatan yang jauh.. A quantum leap!

img_20160728_221853.jpg

link hp klik disini

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Tanya Jawab Bersama Kawai-San, Otak Dibalik Desain Radikal CBR250RR [Video]

  1. warungasep says:

    Ya betul kang Kawai San, melihat motor fairing 250cc bertanduk diparkiran itu rasanya gimana gitu, tapi kali ini anda warrrbyyyaazaaaa sekali… haturnuhun Kang Kawai San…

    https://warungasep.net/2016/07/29/jika-cbr250rr-ada-versi-repsol-tapi-tetep-gantengan-versi-rwb-lah/

  2. COCODOT says:

    Jamin pegel, mun nyaman mah ke versi nakedna

  3. || says:

    wanjeerr mang kobay FBH gening…

    pipilueun tutunjuk kitu jeung mang kawai….

  4. ardiantoyugo says:

    secret ah ga seru…

    Kenalan sama Fly By Wire Baby Airbus: http://wp.me/p1eQhG-1Rg

  5. PemadamKebakaran says:

    Gak di tanyain desainnya udah di tes di wind tunnel ato belum?
    Sebenernya penasaran juga sih ama produk produk sport fairing apa bener bener fairingnya berguna (membelah angin) ato cuma kosmetik doang.

  6. ndesoedisi says:

    wak Haji Taufik itu mah, dirimu mah tidak terlalu jelas kelihatan ngoahahahaha

  7. siapa bukan sih says:

    disain cbr ini emang warrbyassaahhhh.

    mang kobay, jangan ketinggalan angkat berita ninja 4 silinder .hahahahaha

  8. bdt says:

    artinya cbr 250 single tetep jalan,

    si jomblo mewakili kenyamanan, RR mewakili racing style

    tapi kayanya ahm dah ngak akan jual lagi,

    mungkin di erofa tetep dijual , supply dari thai.

  9. Robert says:

    KAWAI…, saingannya YAMAHA… di PIANO wkwkwkwkwkwk, ide Kawai juga reovolusioner juga, penekan string pada piano gak semua dari kayu, ada di ganti FRP ataukah Carbon fibre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *