CBR

Pilihan Roda Empat Rp. 100 Jutaan, Mending Mobkas Atau Baru?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber. Maraknya kendaraan roda empat baru yang bermunculan seperti yang belakangan ini Daihatsu Sigra dan Toyota Calya menuai opini pro dan kontra. Dengan harga 100 jutaan, mending beli mobkas berkelas atau tetap beli mobil baru?

Daihatsu Sigra Depan

Sengaja pilihan KBY batasi pada rentang harga Rp. 100 jutaan dengan maksimal mentok di Rp. 175 juta, soalnya di bawah 100 juta, mobil bekas banyak bangeeett.. Jadi untuk mobkas atau mobil Baru ada apa saja?

Sebenarnya pilihan ini dikembalikan kepada si empunya duit dan karakter individunya sendiri, pertama bagi yang ogah ribet akan tetek bengek mobil bekas dan kekhawatiran sang mobkas akan merongrong nantinya tentu pilihan pembelian mobil baru adalah hal yang paling bijak dan masuk akal – selama uangnya cukup tentu.

Simak seperti yang dikatakan salah satu komentator pada artikel Interior dan Eksterior Daihatsu Sigra Lebih Keren Dari Avanza Xenia di bawah ini..

okkydimaz says:June 28, 2016 at 08:08

Kalo menurut saya orang beli mobil atau motor baru bukan masalah gengsi tapi pertimbangan rasional.
Memang benar, kualitas mobil LCGC tidak sebaik mokas2 eropa.
Tapi kan pasar LCGC rata2 keluarga menengah dgn penghasilan yg tidak besar tapi tidak kekurangan juga.

Alasan beli biasanya karena butuh kendaraan dgn daya angkut banyak. Yang penting anak istri ga kehujanan :mrgreen:

Soal kenapa beli baru, biasanya keluarga kelas pekerja gini ga punya banyak waktu luang dan perlu kendaraan yg siap dipakai kapan saja.
Istilahnya asal isi bensin dan servis rutin aja udah cukup.
Jadi, pilih yg pasti2 aja. Sabtu minggu butuh jalan ya tinggal pancal, bukan sabtu minggu malah nongkrongin mobil di bengkel.
Senin – Jumat udah kerja eh sabtu minggu ngurusin mobil. Kapan waktu buat keluarga?

Saya kira gitu sih pertimbangannya. Hehe…

Tapi bagi mereka yang mementingkan value for money serta sisi logis, harga mobil baru di rentang Rp. 100 juta hingga 175 juta saat ini ibarat mobil mainan, bentuknya mungkin modern dan bagus, tapi kualitasnya? Tak sedikit yang meragukan. Oleh karena itu mereka melipir dan mencari tahu ada mobil bekas “keren dan berkualitas” apa di rentang harga tersebut?

honda jazz gd3 idsi cvt 2005

Untuk mobil baru, kita bisa menemukan cukup banyak model di sana, sebut saja dari kubu raksasa roda empat dulu – Toyota – mereka punya: Agya, Calya dan Avanza, Honda mereka punya Brio dan Mobilio, Datsun punya Go dan Go Plus Panca, dan Suzuki Karimon Wagon R..

Sementara untuk mobil bekas di rentang harga Rp. 100 juta – 175 juta banyak banget.. kita batasi saja paling tua itu 2010 dan mobil Non LCGC dengan alasan lebih berkualitas, lads bisa mendapatkan Suzuki Swift, APV, Ertiga GX, Splash, SX4, Daihatsu Xenia, Luxion Chevy Aveo, Honda Brio, Jazz, Freed, Hyundai Grand Avega, Nissan Evalia, Grand Livina dan masih banyak lagi..

splash jadi uber taksi

Jadi kalau siap dengan pilihan adanya tambahan perbaikan, maka mobkas alias mobil bekas sangat layak dipinang, tapi saran, kalau gak tau soal mesin, elektrikal (terutama mobil eropa) dan kaki kaki, mending bawa kenalan montir deh buat bantu bantu cek, kasih fee yang memuaskan biar semuanya senang daripada seperti yang bro okky dimaz bilang, masa weekend malah nongkrongin mobil di bengkel? Happy hunting lads!

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3359 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

86 Comments

  1. 160an udh dpt ertiga gx 2013 akomodatif, irit, gak rewel
    140an udh dpt yaris s.limited 2012 kenceng, irit, gak rewel
    120an udh dpt xtrail 2006 gagah, tangguh, gak rewel
    Masih banyak lg, sesuai kebutuhan
    Kalo awam ya jgn main olx, datangnya ke jaringan mobkas yg ngasih garansi kaya mobil baru, nanti pas mau upgrade jualnya ke sana lg
    Lcgc tuh kualitasnya ga cuma dibawah mobil eropa, tapi dibawah semua mobil non lcgc

    • Dari harga yang elu tempel tambahin 5-10 juta buat sehatin mobil… yang namanya mokas ga mungkin kondisinya 100% sehat..ini pertimbangan orang ambil mobil baru..paling ga 5 tahunan otak tenang karena tau mobil ga bakalan sering minta jajan

      • @subaru

        yaelah bro, makanya, kan uda dikasi tau sama mang kobay, bawa kenalan montir atau siapa lah yg ngerti mesin mobil,

        ane sendiri, beli kijang LSX bekas tahun 99,sekali lagi 1999 (itung tuh, udah 15tahun umurnye), gak sampek 5jt kok biar mobilnya sehat lagi,dan udah 3 tahun ane pake gak ada masalah berarti, apalagi mobkas yg relatif baru, 2010 keatas,

        pinter2 nyari barang aj sih menurut ane, hehe

      • itu kisaran rata2 yang sering orang alami buat bikin mokas sehat, elu bisa bikin sehat under 5 juta yang lain belum tentu. gw dulu beli escudo 1st gen juga ga sampe 5 juta karena mobilnya super jarang dipake. tapi apasemua seberuntung kita? ga kan..rata2 habisnya segitu buat bikin sehat dan nyaman….apalagi standar sehat dan nyaman itu beda lho buat setiap orang

      • ya emang kondisional sih,
        dan, ya itu, pinter2 pilih barang,
        kalau jelek, biaya buat bagusin mobilnya lbh dr 10jt ya ngapain dibeli coba 😀

      • Yoi… bro Subaru ada benernya kok. Saya dulu pernah beli Mitsubishi Kuda Grandia diesel bekas, pas lg test drive sih fine2 aja, tp setelah dipakai bbrp hari mulai deh muncul berbagai keluhan dan akhirnya jajan 10jt an. Hbs segitu blm kelar tuh urusannya. Krn udah terlanjur eneg, langsung dijokul aja dah tuh mobil. Jadi ngeri ama mobil diesel bekas, sekali jajan gak kira2…

  2. Klo sy sih direntang harga segitu mending ambil picanto apa mobil korea gtu, secara kualitas dah hampir setara mobil jepang n eropa, bahkan kenyamanan ane berani bilang antara mobil jepang n eropa dikelas yg sama, dripada lcgc kyknya qt dpaksa beli part n bahan yg didowngrade banget, jd klo ane mending bekas tp value for money, klo ga terlalu tua tahunnya juga ga terlalu jajan juga sih, asal servis rutin aja

  3. Xenia kok ndak masuk lcgc ya mang, padahal avanza masuk,,apa emang lebih bagus xenia ketimbang avanza?

  4. bekas berkualitas, km rendah, tahun gak terlalu tua. udh ngalamin sendiri, sama aja kayak mobil pertama yg baru, tinggal ganti oli + isi bensin… intinya, cari bekas ya kudu pinter milihnya

  5. Kembali ke preferensi yang ingin mengambil mobil sih sebenernya, kalau alasannya ga mau ribet pilihannya tentu ke mobil baru/mobil yg tau persis gimana pemiliknya merawatnya, problem solved.

    Tapi kalau pertimbangannya banyak, misal :
    1. Kenyamanan bantingan suspensi
    2. Keamanan (jumlah airbag, pretension seat belt, side impact reinforcement dll)
    3. Ketangguhan
    4. Kekedapan kabin
    5. Kenyaman jok
    6. Kisi2 AC sampai baris paling belakang
    7. Kelengkapan fitur
    8. Dst
    Akan lebih baik beli mobil bekas kelas menengah atas, dan siap2 keluar biaya tambahan untuk beresin item2 diatas, yg penting rangka dan body masih baik2 saja.
    Yg perlu diingat mobil itu punya DNA, sehancur2nya mercy E class misalnya akan tetap menjadi mercy E class setelah semua diberesin. Apakah mungkin lcgc bisa menjadi mercy E class? Diberesin/modif 100-200jt sekalipun?
    Yg kedua menyetir mobil ibaratnya menyerahkan keselamatan seluruh penumpang ke dalam kekuatan struktur mobil kalau terjadi hal yg tidak diinginkan. Di motor mungkin kita bisa melepaskan stang dan membiarkan motor meluncur sementara kita berguling2 di lokasi jatuh, di mobil?
    Tentunya masih pada ingat bagaimana mobil lancer salah satu anak artis bisa menyelamatkan nyawa drivernya sementara mobil satunya memakan korban banyak. Ini salah satu gambaran DNA sebuah mobil, yg tidak bisa di sejajarkan dengan mobil di bawahnya.

    • Setuju banget gan,ane juga lagi mikir2 antara mobkas apa LCGC baru soalnya liat yg udah2 sekelas xenia avanza aja bodynya kayak gitu apalagi lcgc 😂

  6. Di bawah 100 juta M-40 atau Greco plus biaya full servis dan ganti velg.
    Di bawah 170 juta Jazz generasi 2 atau 1 V-Tec.
    Lain dri itu, nabung smpe 250 juta beli All New Mazda 2.
    😁😁

  7. Kalo mokas kalo hoki yak. 100 jt kurang bisa dapet innova tahun 2004 tipe V loh.
    Cuman dapet bonus power steering bocor, pembakaran dah gk sempurna (baunya dah gk bagus).

  8. beli gerobak bekas yg isinya engine 1NZFE racikan 2011 pas angkat KM kinyis2 32.000KM cuman 120jt ajah mang obayy,,udah 2 taun cuman ganti per aftermarket aja biar agak ndeprok + ganti kopling set biar asoy walopun masi rapet,,,power mah masi kalah ama si kuro kayaknya,,,alhamdulilah nambah mobil yg katanya sejuta umat + kaleng kurupuk gress buat luar kota,,,tinggal nungguan forza lamun teu CBR250 yeuh nambah angkutan roda 2

    • Mobil bekas justru harus siapin biaya balik nama, biasanya pemilik lama ga mau dipinjem ktp-nya, atau malah udh di lock ke samsat bahwa mobil tsb sudah dijual.
      Hal ini berhubungan dengan pajak kendaraan kalau si penjual ingin ambil mobil lagi, karena statusnya mobil barunya akan menjadi mobil ke dua dst yg pajaknya makin besar.

  9. Kalo 100 jutaan dpt mobil yg low km (dibawah 30.000) tapi kelasnya diatas .. mending mobkas

    Misal
    Mirage / march / etios

    Kalo yg terlampau jadul. Ga deh. Mau gamau pasti perawatanya gede..walaupun pas kita dapet.. dalem kondisi fit mblnya

  10. Mobil bekas yang irit juarang sekali. Yang diesel tenaganya lemah, dan yang bensin borosnya bisa kurang dari 8km/liter. Sementara itu pakai Ayla bisa sampai 18km/liter. Luar kota malah gampang dapat diatas 20km/liter. Apalagi kalau lewat tol, bisa lebih.

    Kenyamanan juga lumayan, lebih nyaman dari kijang super atau jimni atau daihatsu zebra. tarikan juga enak. kalau pakai alat perubah bensin semacam pro capacitor akselerasi nggak kalah dari MPV / SUV.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/06/29/aman-di-jalan-licin-tanpa-abs-dengan-memperhatikan-prioritas-pengereman-dan-bahaya-pemakaian-cbs-di-jalan-licin/

  11. Kalo harga 100 – 175 jt sih ada New Honda Brio RS A/T Earth Dreams om Kobay …
    Tampang oke sejak pakai muka Mobilio RS, velg pun manis …

  12. yg bener ini kang.
    Monggo,nek arep degawe artikel maning.
    Org yg beli mobil lcgc itu mlh kbnyakan ORANG YG DAH PUNYA MOBIL sebelumnya!! Dlm artian mobil lcgc jd mobil yg ke 2(cek ajah kang klo ga prcya)
    nah. . .yg menarik,aneh,lucu mungkin . . Wow,, ,org yg pertama beli mobil mlh kbnyakan SEKEN!!(catet kang).
    Kang kobogas asli indonesia kan.
    Nah.. Yg td ditls diatas jg indonesia bgt!
    Knpa?
    Gini kang!
    Org beli mobil yg pertama ,,pasti dah berkeluarga dan punya anak.
    Mungkin,kng kobogas psti bil “mobil lcgc pas tuh,murah lg”
    Salah kang!
    Mreka ga kan beli lcgc yg cm muat 5 org(tu jg mped2an).
    Mreka akan beli mobil yg bisa 8 org ,cnth avanza.
    Knpa?
    Harga lbh murah,mesin terjamin(thn 2009 keatas),lbh mriyayi. .dan tentuya bisa ajak ortu dan mertua ato tetangga ato kerabat.
    Coba kang kobogas bayangin,kalo mobil pertama dah nikah ambil lcgc 5 penumpang,truz mudik.
    Apa iya mau pleziran sendiri(bisa dikatakan pelit ntar)
    Kalopn bisa cater,yo tmbh ngisin2ni.
    (Itulah org indonesia,unik).
    Tapi lain lg ,kalo lcgc ntar ada yg muat 8 org dewasa,,,dijamin mobkas hancur.

    • Hehe justru karena tau lcgc itu yg beli Ada first mover atau first buyer dari motor ke Mobil Dan keluarga baru/ kecil rata rata… Silakan cek sendiri hehr

      • saya lbh percy bloger kondang yg punya jazz 2005.
        Knapa ya,beliau ga beli lcgc?
        Mungkin dianya fby. . . Kan jazz nya soch.
        Hixz. . Hixz

    • Tergantung selera si org tsb jg sih bro. Mobil pertama saya Chevy Spark, nyicil 3 thn, hahaha…

  13. beli second tapi model avanzaan km rendah. atau kalo mau baru beli yang non jepang. hyundai atau kia. kalau nekat beli ford. beli mobil baru itu enaknya baunya baru mesin segar dan dapet asuransi. kalo beli second lihat usernya. ada beberapa yang gak peduli servis cuma make doang. ge pribadi sih second gak masalah asal ada bukti servis lengkap dan rangka masih lurus

  14. kang Kobay, ada pengalaman pake/nyobain jazz ge8 kah? bisa dishare ngga + sama – nya
    ane ada rencana minang ni mobil (2nd 08/09) biar kata harganya muahal buanget dibandingin yasir sama suwip tapi ane uda kecantol eksteriornya yg guanteng drpd mobil sekelasnya (gak kalah sama model2 baru kecuali mazda2 2015), interior yg lumayan dibanding yg lain (biar kata pake kenop jerigen), akomodasinya juga luas bingit, irit (relatif buat beberapa org), lumayan fun 2 drive jg.. *katanya
    Sama sekalian share bengkel hondul spesialis jazz yg recommended dmn yak? tempat kang kobay percayain servis n garap si kuro

    Makasih kang..

    • GE salah satu Jazz terbaik setelah GD.. Akomodasi juara di kelasnya, handling cekatan, bensin 1:10-13..
      Bengkel? Tinggal di daerah mana?

      • Lagi bingung antara jazz,mobilio, grand livina.. pengennya jazz.. cuma , muatan yg jadi keraguan…hemm gmn ya

      • Daerah jaksel..
        Klo kudu ngider2 area jkt gpp dah asal recommended
        Hehehe

  15. Kalo budget maksimal 175jt sih msh banyak pilihan mobkas yg thn muda, ketimbang beli mobil baru LCGC yg kualitasnya pas2an. Kalo lg hokky sih bisa dapetin mobkas yg amat jrg dipakai, yg keluar garasi cuma hr minggu doang. Yg pasti sih jgn ambil yg mobilnya dipake harian, apalagi pemilik sblmnya tuh kaga punya garasi jadi mobil dijemur tiap hari plus kehujanan. Hal yg paling penting tuh jgn keburu nafsu kl berburu mobkas.

  16. harga 150 juta mah udah dapet mobil 7 seater yg bagus n ga rewel kok

    taro lah buat mobil 130 juta, sisa nya 20 juta buat refresh part yg udah cape biar ga merembet

    kalo itu mobkas udah fresh lagi, LGCC mah jauhhh dari segi apaan aja

    grandis sekarang aja udah 100 jutaan, klo lg hoki 90 juta juga dapet, part emang agak mahal n bensin agak boros tapi dibayar sama part yg awet, body keker, tenaga sadis, n fitur safety yg mumpuni yg ga dimiliki LGCC

    alternatif 7 seater hyundai trajet yg cuma 60 jutaan/ innova V diesel (yg ini mesti teliti cz banyak yg udah cape)

    kalo 5 seater mah ga usah ditanya buanyaakk yg awet termasuk jazz RS GE yg awetnya kebangetan/ brio baru/ mitsubishi mirage

    IMHO

  17. Mang kobay gue tertarik beli makasih nih tahun 2010-2013 pilihannya antara honda jazz, yaris sama city. Menurut mang kobay yang lebih worth it yang mana ya mang?

    • jazz aja. ge bekas pemakai GE8 RS dari Swift GL build up. Space lebih lega dan karena kaca depan lebih luas, radius pandangnya lebih luas dan gak sumpek. after sales bagus, second sekitar 150an yg 2010. march? nggak indah dipandang. heheheheh. yaris nggak suka interiornya

  18. merem milih jazz

    city lemot, limbung, yaris buat gue speedometernya bikin kagok, march kagak ada enak2nya ngempos pula

      • Mang kobay perbandingan spesifikasi mesin, interior,. Harga..

        New grand livina vs sienta

      • Klo ngincer mobil baru, incernya di akhir tahun kang.. Biasanya banyak diskon. Meskipun tahun dah mo habis, tapi harga bisa lebih murah. Diskon 15-20 jt kan lumayan.. Hehehe..
        Malah kemaren liat berita, mobil2 100% baru tapi tahun dah lewat, diskonnya lebih gila..

      • Yg jelas harga jual diatas rata2 harga pedagang mobkas.
        Sayangnya baru mercy yg sediain gerai mobkas dari dealer resmi dgn syarat yg ketat :
        1. Harus memiliki track record service di bengkel resmi
        2. Km dibawah 40rb atau 50rb lupa
        3. Belum pernah terlibat kecelakaan parah
        4. Dll
        Coba kalau dealer/merk lain bikin yg serupa, bakal memudahkan pencari mobkas, meski harga memang selisih agak tinggi dari harga pasar

  19. Punya duit cash 100-175 mending seken ah.. masi dapat mobil2yg bahkan baru dipake brapa bulan da dijual lagi (pengalaman glung mobilio baru 8 blan pake wkwkw orangnya bosen katanya kegedean waktu itu).

    • Mobil baru tapi tahun lewat (stok agak lama) juga kayaknya ga masalah kang.. Harganya bisa dibabat abiss.. 😀

  20. Cuma ya itu ati ati kalo cari mobil seken tu walau masih tahun baru skalipun. Pengalaman Pakde ane pas glung avanza 2015 harga ko miring pas dicek di bengkel resmi ternyata airbag pernah keluar dan rangka depan da tambal sulam. Bekas tabrakan parah ternyata diliat dari luar si mulus

    • bukanny airbags pernah keluar bisa dilihat lewat indicator di speedometer kang? coba posisi kunci di tempatkan di acc otomatis semua indicator nyala, trus perhatikan di indicator airbags, kalau tidak nyala, indicator airbags sudah dimatikan sama pemilikny dengan kemungkinan airbagsny pernah keluar

  21. waduh kalau beli fortuner bekas jadi keder, entar sudah beli mahal-mahal ada yang rusak lalu ganti nambah lagi puluhan juta pusing deh. beli baru kemahalan wkwkwkwkwk

  22. Beli aza bmw second,,,, sementara cicilanya,,,,,??? Minta yamaha saza seperti juragan,,,,, ciaooo

  23. Dari tadi baca komen gak ada yg vote ertiga ya
    Hehehe.
    Padahal ini menurut ane mobil yg manusiawi banget,kenapa, mesinya bandel, modelnya bagus klo menurut ane gak bnyak lekukan jadi gak gampang bosen, interior paling mewah di kelasnya, muatnya juga banyak, irit bbm, suku cadang juga banyak bener,,

    Mobil pertama ane jatuh kepada ertiga, walaupun ane tergolong masih keluarga muda masih umur 25 th, hehehehe biasanya yg milih ertiga kan udah om2

    Pengalam diatas, merupakan pengalaman ane sendiri, dan semua merek udah ane coba, soalnya saya sendiri kerja di dunia otomotif tepatnya pembiayaan mobil, jadi kenal deket sama semua diler mobil,

    Sory panjang, sekedar share aja

  24. Suka hayang seuri liat kaka Beli Mobkas merk eropa yg lumayan tua under 1995.
    kerjaannya kebengkel mulu..bingung ko mau2nya dia ribet dan tambah2 biaya.
    keren sih keren, kenceng sih kenceng tp klo sering kebengkel ya pemborosan.
    akhirnya 2mobil dijual murah daripada pusing, jual 1mobil eropa cukup buat beli motor sport 150cc, itu jg masi harus nambah..wkwkwkwwk

  25. Akhir tahun kemarin ambil Ertiga GX non FL baru setelah diskon jadi 176,9jt. Dapat baru, garansi, gratis jasa servis s.d. 50rb km. Sangat cukup buat mudik jakarta medan.
    Mobil gak perlulah sampai semahal mobil Eropa tapi ya juga jgn yg 1.000cc 3 silinder.

    • Lah Honda yg dulu keukeuh Ogah aja akhirnya somehow takluk juga sama pembelian massal dari bluebird..

  26. Bung Koba, mohon dibahas mengenai antisipasi kebijakan APM soal suku cadang kendaraan ke depan.. bbrp model baru & merk terkenal kyknya sudah punya kebijakan beda soal jangka waktu jaminan itu.. Memang yg KW (palsu) tetap ada, tapi bgm kualitasnya?.. Khawatirnya, para APM itu sudah punya kebijakan berbeda soal motuba demi menggenjot pemasaran motor/mobil baru.. Bahkan sampai sekelas Supra X 2005/2006 saja, spare part untuk tebeng depan/lampu depan tidak lagi diproduksi/tersedia di Beres, nyarinya susah, ujung2nya mesti ke rombengan/2nd.. Apa iya, toko onderdil biasa masih mau nyetok lama (duit mandek) u yg part2 yg spesifik & slow moving begitu..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..