CBR

Email Pembaca: Pilih Mana, Nissan Livina X-Gear atau Honda BRV?

livina x-gear

Kobayogas.com – Hola lads, jika kemarin sudah membahas konsultasi dan pertanyaan akan pilihan roda dua, kali ini ada permintaan untuk memilih kendaraan roda empat…

Email permintaan ini datang dari lek Hidayat yang bermukim di kota Semarang, pertanyaannya dia sedang bingung untuk memilih Nissan Livina X-Gear atau Honda BRV yang tahun depan akan meluncur..

Yth Admin KobaYogas,

Selamat sore, saya senang dengan website anda yang cukup informatif. Saya baru searching tentang BRV dan nemu laman http://kobayogas.com/2015/08/30/first-impression-sosok-honda-brv-tipe-s-transmisi-manual-gagah-dan-keren-sesuai-ekpektasi/.

Saat ini saya sedang mempertimbangkan mobil MPV 7 seater untuk keluarga saya tapi yang agak sporty. Pilihan sementara adalah Grand Livina X-Gear 1500 cc. Tapi melihat beberapa review, BRV yang jg 7 seater bisa dipertimbangkan dengan kisaran harga yang tidak terpaut jauh. Tapi sayangnya pengalaman saya melihat Mobilio, kualitas material body tipis dan interior kurang bagus dan pengerjaan agak kurang rapi. Untuk BRV ini apakah anda berpendapat material body lebih baik dari Mobilio?

Mohon saran terkait harga dan kualitas mobil, apakah sebaiknya saya ambil Grand Livina X Gear atau BRV ini.

Demikian terimakasih sekali atas masukannya.

Hormat saya,

Hidayat

Semarang

Halo lek Hidayat, langsung saja saya coba jawab ya.. Kalau dari email lek ini sepertinya cenderung memilih yang MPV atau SUV 7 seater jika memang memungkinkan, tapi 5 seater pun gak masalah ya? Baiklah..

NISSAN GRAND LIVINA X-GEAR 

Grand Livina X Gear belum pernah saya coba, namun sejauh yang saya amati si X Gear ini hanyalah crossover jejadian, alias basisnya MPV Grand Livina dengan aksesoris aksen tebal pada bumper..

Grand Livina X Gear 1500 cc dengan basis Grand Livina membuat saya yakin kalau pengendalian dan kenyamanan hanya 11-12 dari saudaranya tersebut. Namun itu tidak berarti buruk, karena sejauh yang saya coba dan rasakan, suspensi Livina series adalah yang terbaik di kelasnya, nyaman namun tetap stabil di kecepatan tinggi.

Bicara interior Livina X-Gear juga setali tiga uang dengan saudaranya, kualitas materialnya baik dan solid namun desainnya sudah membosankan tanpa adanya pengembangan berarti.. Fitur X-Gear juga cukup namun kalah jika dibandingkan dengan rival..

Bicara spesifikasi Livina X-Gear crossover terutama sisi mesin, HR15DE DOHC CVTC sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 109 PS dengan torsi besar 148 Nm. Dari spek yang ada tenaga X-Gear 1500 sudah sangat cukup, setara dengan rival sekelasnya..

Grand Livina X-Gear kini menjadi 7 seater, dengan dua pilihan transmisi, MT dan CVT. Demi kenyamanan saya rekomendasikan Livina X-Gear tipe CVT seharga Rp. 242.900.000 yang halus nyaris tanpa hentakan. Fitur keselamatan sesuai nissan.co.id adalah hanya memiliki dual airbags tanpa ABS dan EBD. Pun begitu, X-Gear sudah dilengkapi roof monitor untuk entertainment.

Kekurangan Grand Livina X-Gear:

  • Desain mulai usang
  • bukan SUV
  • minim fitur (gimmick dan safety)
  • bila mempertimbangkan resale value, nilainya kurang dibanding saudaranya grand livina
  • isu lemah di tanjakan
  • angin AC berisik karena terlalu kencang

HONDA BRV

Dari sisi desain ekterior dan interior tak diragukan Honda BRV 1500 cc layak dapat acungan dua jempol. Namun beralih ke kualitas perakitan dan interior, hasil sharing lek Iwan Banaran katanya mengecewakan. Saya reserve opini tentang hal ini karena belum membuktikannya sendiri. Ada baiknya lek Hidayat melihat langsung jika ada kesempatan..

Meskipun bukan pure SUV namun Honda BRV memang dibuat Honda sebagai SUV/ crossover dengan 7 tempat duduk. Artinya dari sisi daya angkut alias akomodasi, BRV memiliki keunggulan dibandingkan dengan Livina X-Gear.

Bicara fitur Honda BRV crossover, sesuai dengan artikel saya sebelumnya, Honda kembali memberikan fitur yang dapat dikatakan terlengkap di kelasnya.. BRV memiliki fitur yang kaya seperti transmisi matik CVT 7 speed, lampu projector LED, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, ABS+EBD, Dual Airbags dan banyak lagi..

Spesifikasi mesin Honda BRV baru juga mumpuni, mesin L15 series SOHC i-VTEC memiliki ouput 120 PS dan torsi 145 Nm, juara dari sisi power. Sementara handlingnya dipastikan akan khas Honda, stabil namun biasanya memiliki bantingan yang cukup keras, pastikan hal ini bukan jadi masalah.

Mengingat Honda BRV merupakan mobil baru maka harga second nya belum dapat diperkirakan, namun brand Honda biasanya memiliki resale value yang baik.. Jika pilihan cenderung jatuh ke BRV, KBY merekomendasikan ambil BRV tipe E CVT dengan harga Rp. 246.500.000..

Kekurangan Honda BRV

  • Isu kualitas material dan perakitan
  • Isu batch 1 seringkali ada trouble
  • Belum test drive

Jika boleh menyarankan, lek Hidayat dapat juga mempertimbangkan Suzuki Ertiga AT jika Honda Mobilio dirasa kurang sesuai ekpektasi.. Semoga membantu. Bagaimana pengunjung blog ada saran lain atau opini tambahan?

Selamat Datang Honda BRV!
Selamat Datang Honda BRV!

Baca juga artikel artikel DISKUSI lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

Advertisements
About Kobayogas 3232 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

58 Comments

  1. Baik livina x-gear maupun grand livina x-gear masih keluar barunya kok lik. Build material sih bagusan Grand Livina kemana mana kalo dibandingin sama mobilio (karena br-v based dr mobilio).

  2. Kekurangan Grand Livina X-Gear:

    Setau saya sudah tidak dijual lagi, jadi harganya Livina X-Gear tidak diketahui
    Desain mulai usang
    5 seater
    bukan SUV
    minim fitur (gimmick dan safety)
    bila mempertimbangkan resale value, nilainya kurang dibanding saudaranya grand livina
    isu lemah di tanjakan
    angin AC berisik karena terlalu kencang

    tambahin lagi om

    1. kalo pake premium mesinnya ngelitik. jadi musti carbon clean per 10k atau ada gejala ngelitik
    2. kaki-kaki rada lemah kalo daerah rumahnya banyak lobang kayak dibekasi
    3. ac kalo gak rutin dibersihin minimal setahun sekali gampang jebol evaporatornya tipe xgear lama belum ada kabin filternya
    4. ground clearance rendah

    – ac kalo seri xgear yang 2 baris gak seberisik yang 3 baris 🙂
    – lemah ditanjakan iya. tapi tergantung jokinya :v

    nissan emang kurang resale valuenya. tapi kalo nyari mobil 2nd murah tapi gak murahan ya lipina lah pilihan bijak dan gak gila merk wkwkwwk… (dibanding duo kembar apanja xenia)

    paling enggak sih gak malu-maluin lah kalo dibawa ke kondangan di gedung :mrgreen:

    *imho*
    *pengguna livina series*

  3. keknya akhir taun banyak yg galau milih kendaraan ya? mungkin mang kobay bs buka jasa konsultasi juga nih.

  4. Dua opsi yg bener2 sempit dan nggak bijak hehe maap,,
    Bro hidayat kayanya belom tau apa yg dia mau jadi ane kasih pilihan yg lebih sporty, kebanyakan fitur, dan kelihatan mewah:
    – Livina HWS CVT 240jtan
    – Ertiga GX AT elegant 235jtan

    BRV yg E CVT 245 jtan cuma menang power 🙂

  5. BRV blum pernah liat & jajal..jd blum bs komen banyak. tapi kalau diliat2x dari pendahulunya, kualitas interiornya so so..

    untuk livina series, kenyamanannya ga ada lawannya untuk harga sekelas.. kaki2x agak lemah, tapi standard layaknya sedan lah menurut saya. dgr2x sih tipe penggerak roda depan memang ky gitu.

    coba tes langsung aja, biar puas 🙂

  6. Saya pilih mobil amerika.
    Kita terlalu japanese sentris. Kalo mobil ga toyota – honda.
    Menyebabkan mobil jepang mahal di indonesia dan kita menjadi tertutup dengan mobil2 sekitar yg ada. Contoh chevrolet.
    Chevy seperti underrated di Indonesia.
    Padahal menurut saya mobil reasonable dengan kecanggihannya.
    Seperti spin, saya masih tidak mengerti orang menyukai avanza-xenia dengan bodi kaleng mesin tidak segalak dan seirit spin bahkan tidak semewah spin yg drive by wire tsb.
    Memang purna jual menang mobil jepang.
    Tp mindset purna jual menurut saya mindset yg kepengen gonta ganti mobil.
    Tp apa kita pengen melengserkan kenyamanan dengan purna jual ?
    Saya masih ingat harga avanza-xenia hanya 90 juta tahun 2004 dengan tipe terendah
    Sekarang tipe terendah sekitar 150juta.
    Dengan sedikit perbedaan. Dual vvti baru muncul sekarang. Sedangkan mobil amerika sedari dulu.

    Saya bukan sales. Saya hanya penggemar japanese car insaf atau murtad ke american car. Hehehe. Sekedar berbagi jajak pendapat saja.

    • pendapatnya sbnrnya kurleb sama dengan sy… hanya yang tak dapat dipungkiri adalah produj jepang sekali lagi dapat meladeni ‘kebawelan’ orang indonesia..
      dalam arti ya tangguh dapet, spare parts gak ngeselin nunggu.. akibatnya dari printilan begitu muncul lah kepercayaan..
      kepercayaan lah yang bikin harga jadi mahal..

      kalau mobil eropa dan amerika mau dapat kepercayaan harus terbukti produknya gak rewel…

  7. Toyota Rush keren reliable service murah. Dapatkan di dealer dealer terdekat kesayangan anda……

  8. Klo d tambahin opsi ertiga ane vote ertiga banget donk,luar sih biasa,dalem nya wooow,160kph ane tes di cipali stabil,gas masih nyisa(ertiga matic pinjeman taun 2013)matic konvensional tapi perpindahan giginya nyaris g berasa dan responsif,tenaga g seberapa d bandingib kompetitor tp bisa disalurin dgn maksimal sm transmisinya,minus d transmisinya pnah trouble spt gejala nyantol d gear3 ke4 pas jln,tp overall puas bgt wktu d pinjemin buat pulang akap tangerang blora bawa 5 penumpang..
    Klo ada opsi mobilio ane juga suka wlopun lbh suka ertiga,eksterior paling cuakeb,interior kalo material sama suzuki y d bandinginnya sm carry,suspensinya enak nyaman kyk innova,tp isu limbung emank ane rasain juga,tnaga gede dan maticnya bisa nyalurin tenaga baik bgt,aluuss bertenaga,klo brv ane yakin bisa lebih,nyoba bntar dalkot,g punya mobil jg,kembali lg ke belalang tempur legendaris ane..
    Lg nabung bwt innova bekas ato exora rasa lotus..

  9. Brv liat di Autonetmagz bqnya masih beti sama mobilio….
    Grand Livina sebenernya kalo terawat enak bngt. Kabin senyap, tarikan lumayan lah 160 mah gak susah2 amat. Cuma kalo sering lewat jalan jelek, kaki2nya lemah. Shock gl ane udah ada yang bocor tp untungnya dealer baik diganti gratis. Tp kata dealer sih vendor shocknya udah ganti. Kelemahan lainnya, karena di Tangerang Selatan jalannya banyak yang ancur, sekarang gl ane udah beda jauh sama yang dulu. Udah banyak bunyi2 ngik2 gitu. Gatau itu dari kaki2 ato ada yang bilang itu bunyi dari pintu bagasi.
    Intinya, belilah Grand Livina kalo jalan yang sering dilalui mulus dan anda suka agak ngebut tp masih pengen nyaman. Saran saya sih kalo emang anda pengen tarikan yang oke, ambil yang xv mt karena cvtnya sangat lamban, sisa duidnya lumayan bisa buat beli ratjoen….
    Btw ane pengguna ogl ultimate…..

  10. Mending tunda dulu kl mau beli mobil Honda, HRV maupun BRV ! HRV di Kaskus lg rame yg dikomplen. Banyak mamasalahnya

  11. Mas nek gak salah tadi aku liat BRV sama jazz diatas truk di daerah semarang tepatnya jalan perintis kemerdekaan ke arah ungaran ga bisa foto soalnya berlawanan arah dan lagi agak kenceng tadi,tapi loat dari stoplampnya yakin banget itu BRV,bukannya masspronya 2016 ya?

  12. Kalo resale value bukan masalah, ambil spin ltz atau ertiga gx. Value for money-nya bagus.

    Tadi siang lihat unit display brv yang kebetulan sebelahan sama mobilio. Mirip banget. Cuma beda tampang depan dan buntut. Interior mayan beda soalnya pakr dashboard jazz. Tapi kualitas bahan dan finishing 11-12 sama mobilio.

    Grand Livina (all series)? Nyaman pol, ac (terlalu) dingin, irit, tapi kaki2 ringkih dan ground clearance gak tinggi2 amat.

  13. Kalau saya pribadi pasti ambil BRV tutup kuping aja apa kata orang. Livina memang nyaman tapi lemot, eksterior dan interior biasa banget gak ada efek wownya (dimata saya), udah gitu livina series terkenal penyakitan kaki2nya dan mahal2 partnya. Pilihan kedua ertiga udah bener banget tuh kata mang kobay, meskipun ekstrior biasa aja (gak wow) tapi terbayar dengan interiornya yg wow dikelasnya hehe

  14. Mang kobay, All New Grand Livina trmsk yg punya fitur safety lmyn lengkap di kelasnya, bahkan dibanding mobilio sekalipun,selain airbag, GL jga pnya ABS+EBD+BA

    autonetmagz.com/7-fitur-unggulan-nissan-grand-livina-facelift-2013/3049/

  15. honda brv, hrv, er3 pernah testpakai semua , plg weeeenak tenan livina 1.8 ultimate, xv manual type lama apalagi yg bru x gear 1.8 manual, dari tarikan, kenyamanan, safety. spart part yg ori agak mahal tapi awetnya 2 x, kw nya udah banyak, kaki kaki ngak jelek – jelek amat dibanding lainnya asal ngak masuk jurang, yg lain juga sama rusak juga kalau masuk lubang jurang. skrang mobil ane ford ranger tahan banting buat medan luar kota.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..