2016_YAMAHA_MT10 diperkenalkan di milan

Kobayogas.com – Hola lads, pada satu gelaran di EICMA 2015 tahun ini, Yamaha memperkenalkan satu moge sangar yang dinamakan Yamaha MT10, apa saja keunggulannya?

Sebelum menuju dan membahas apa yang dimiliki oleh sang monster 1000 cc Yamaha MT10 ini, KBY akan membahas dari sisi desain terlebih dahulu, bagaimana? Setuju? Setuju lah yah hehehe..

KBY setuju dengan apa yang dikatakan oleh asphalt and rubber, Yamaha MT10 memiliki semua warisan yang ada pada MT series, yaitu desain yang “edgy” alias penuh dengan pahatan menyudut yang jelas dapat menaikkan penampakan sangarnya dari sisi desain..

Yamaha MT10 memiliki desain yang unik, dia tidak cantik, itu jelas, namun sangar dan gahar, itu pasti..!! Dari sisi kemolekan mungkin si MT series kasta tertinggi saat ini masih kalah dengan merek atau bahkan adik-adiknya yang lain..

Jika diperhatikan, sosok Yamaha MT10 ini sekilas mirip dengan BMW K1300 series, hanya saja sang MT lebih berotot dan kekar seperti body builder. Lihat bagian wajah dan headlampnya yang seperti makhluk luar angkasa.. Memang masih ada DNA Yamaha R1 lawas yang matanya belo disana, terlihat seperti bagian yang terpisah kemudian disatukan.. Bengisnya dapet banget!!

yamaha-mt10-headlamp kobayogas

Efek wow paling dahsyat menurut KBY sih ada di bagian sisi dari Yamaha MT10, terutama sektor mesin sepertinya nyaris tidak ada celah yang tidak tertutup di bagian ini.. Gila padat dan intimidatif banget.. Ya wajar sih namanya juga mesin 1000 cc lads.. tapi tetap saja terlihat full, apalagi si delta box yang tebal dibiarkan terekpos begitu saja.. ditambah warnanya hitam pula, tambah gahar aja deh..

Yamaha MT10 memiliki semua hal yang disyaratkan dari penampakan sebuah moge, apa misalnya? suspensi USD udah, dual discbrake 4 piston radial caliper juga sudah.. mesin besar juga sudah, suspensi monoshock dengan link ada.. arm besar kokoh dan ringan juga hadir.. speedometer juga sudah full digital, lengkap lah ya.. Nah kini kita menuju kelebihan dari sisi mesin dan teknologi yang dimilik.. lanjuuttt

Yamaha MT10 yang memiliki race DNA dari Yamaha YZF-R1 diberikan seabrek teknologi.. Tanpa harus mengendarainya pun sang MT monster ini sudah pasti memiliki performa yang luar biasa dan dengan personality yang melimpah ruah, memang sudah seharusnya begitu ya, apalagi dengan tampang sangar seperti yang dimilikinya..

gila, padet banget!!
gila, padet banget!!

Salah satu fitur unggulan pada Yamaha MT10 ini adalah Yamaha D-Mode, dimana terdapat 3 opsi mode berkendara yang disebut Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T). Seperti pada moge lain yang memiliki fitur serupa, D-Mode memberikan Mode Standart (normal), lalu Mode A yang mempunyai karakter sport dan Mode B yang memberikan karakter lebih lembut saat kondisi jalan yang licin misalnya seperti musim salju atau hujan. Rain mode sih di beberapa moge lain namanya..

Yamaha MT10 juga dibekali dengan fitur Traction Control System juga. Ketika terdeteksi slide pada roda belakang, maka sensor YCC-T akan otomatis mengontrol bukaan gas, timing pengapian dan volume FI. Ada 3 level TCS yaitu Level 1 sport, Level 2 Untuk Normal riding dan level 3 untuk keadaan basah. Buat lads yang brutal, fitur ini bisa dimatikan kok..

Selain itu, bagi yang hobi nge-track Yamaha MT10 2016 sudah dibekali sistem kopling Assist and Slippery Clutch layaknya Yamaha YZF-R1, dan ini yang menarik, sang monster bermesin cross-plane ini juga sudah dibekali Cruise Control yang hanya aktif di gigi 4 hingga 6.. Di sini sih udah jelas bakal mubazir wkwkwkkw..

Spesifikasi Yamaha MT-10:

Mesin
Engine type liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valves, cross-plane
Displacement 998cc
Bore x stroke 79.0 mm x 50.9 mm
Compression ratio 12 : 1
Maximum power N/A
Maximum Torque N/A

Chassis
Frame Aluminium Deltabox
Front suspension system Telescopic forks, Ø 43 mm
Rear suspension system Swingarm, (link suspension)
Front brake Hydraulic dual disc, Ø 320 mm
Rear brake Hydraulic single disc, Ø 220 mm
Front tyre 120/70 ZR17 M/C (58W)
Rear tyre 190/55 ZR17 M/C (75W)

Dimensions
Overall length 2,095 mm
Overall width 800 mm
Overall height 1,110 mm
Seat height N/A
Minimum ground clearance 130 mm
Wet weight (including full oil and fuel tank) N/A
Fuel tank capacity 17 litres
Oil tank capacity 3.9 litres

Bakal masukkin si Yamaha MT10 ini ke Indonesia gak ya YIMM? Kalau iya dahsyat juga tuh..

Baca juga artikel artikel New Product lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

29 COMMENTS

  1. Muka ngajak berantem gini memang bukan buat semua orang. Bukan buat orang yang main aman tapi buat orang yang pengen beda.

    Overall masih lebih proporsional mt-09

  2. terlalu radikal. jadi perlu penyesuaian..

    emang bener gak keliatan cantik deh. musti orang yg fansboy yamaha pasti yg bela-belain belo motor ini kwkwkwkwkw…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..