CB 500X Indonesia

Kobayogas.com – Salam geber lads.. Masih dalam tematis test ride Honda BigBike lads.. Kali ini yang dapat giliran dibahas adalah salah satu moge yang cukup mendapatkan perhatian terutama bagi penggemar adventure alias jalan-jalan.. Honda CB 500X..!!

Bagi mereka yang gemar dengan petualangan, menghabiskan banyak waktu di jalan dan berpetualang kemanapun mereka inginkan dengan menggunakan roda dua, tentu salah satu syarat adalah motor yang nyaman dibawa kemanapun hingga ke pelosok.. Mampukah Honda CB 500X memberikan jawabannya?

DESAIN HONDA CB 500X

Desain adalah selera dan sangat subyektif.. Inilah faktor yang membuat KBY agak malas-malasan menggunakannya, so this is purely subjective lads.. Bukan karena motor ini memiliki penampilan ataupun performa yang buruk, tapi ini murni karena KBY kurang suka bentuk motor adventure.. Ya termasuk si Honda CB 500X ini hehe…

Buktinya, foto-foto si Honda CB 500X ini sedikit sekali yang KBY abadikan hehe.. Saat si CS1 Bongsor ini berwarna hitam, maka sekilas dia akan mirip dengan saudaranya, Honda CB 650F. Sementara bagi penyuka motor-motor bertipe strada atau adventure, ya mereka akan fine-fine saja dengan desainnya.

Desainnya sendiri menurut KBY sih cukup luwes namun memang terlalu terkesan membumi, untungnya kesan moge atau big bike-nya bisa didapatkan dari dimensinya yang cukup masif, namun dari sisi penampilannya sendiri tidak ada yang terlalu spesial.. Secara keseluruhan desain Honda CB 500X ini mampu membuat orang awam pun tahu bahwa ini sebuah moge..

lbh mirip CB 650F atau CB 500?
CB 500X (kiri hitam) lbh mirip CB 650F atau CB 500?

ERGONOMI HONDA CB 500X

KBY agak-agak sawan kalau harus bertemu dengan motor-motor bertipe adventure, misalnya Ducati Hyperstrada, Kawasaki Versys dan BMW GS Series. Bahkan meskipun Mbah Satar sudah acapkali mempersilakan BMW GS miliknya untuk di coba namun KBY masih mikir-mikir. Bukan apa-apa lads, tingginya itu loh hadeuuhh, ya termasuk si Honda CB 500X ini..

Test Ride Special – Ducati Hyperstrada, Si Jangkung Yang Bersahabat

Tapi ternyata… Honda CB 500X ini hanya sedikit lebih tinggi dari CBR 650F lads.. memang jinjit, tapi gak sampai balet.. masih dalam tahap wajar. Buktinya wak Haji TMC maunya pake si CB 500X melulu kalau giliran dia yang dapat jatah turing 😀 Artinya, si CS1 melar dari Honda ini dari sisi dimensi cukup bersahabat dengan rata-rata tinggi orang Asia (Indonesia)..

Joknya bisa dikatakan luar biasa empuk dan nyaman, mirip dengan milik Kawasaki Versys dan ER6N.. Ergonomi Honda CB 500X yang tegak, membuat pengendara dapat duduk dengan nyaman dan santai. Tuas kopling yang enteng, bobot yang balance meski tidak terlalu ringan, membuat pengendaranya seakan-akan mengendarai motor yang berdimensi lebih kompak.

Dengan ergonomi settingan adventure yang memang berkonsentrasi kepada kenyamanan di jalan, membuat pengendara Honda CB 500X tidak merasa pegal dan lelah meskipun harus berjalan ratusan kilometer.. Ditambah lagi suspensinya yang mengayun dengan lembut bahkan ketika harus menerjang lubang, bikin betah untuk duduk di atas joknya lads.. dari sisi kenyamanan, ini lah motor ternyaman dari 6 line up Big Bike milik Honda..

Sendirian atau boncengan tetap nyaman
Sendirian atau boncengan tetap nyaman

SENSASI MESIN HONDA CB 500X

Setali tiga uang dengan saudaranya, CB 500, mesin Honda CB 500X 2 cylinder parallel memiliki torsi yang sangat lumayan. Tenaganya dapat diandalkan meski dia memang bukan speed oriented, namun melesat cepat juga dapat dilakukan, so jangan anggap remeh meski bodinya terlihat tidak intimidatif lads..

test ride honda cb 500x 4

Seperti juga kembarannya yang tidak identik, kehalusan mesin dan transmisi milik Honda CB 500X 2 silinder ini memang masih kurang, terutama saat melakukan perpindahan gigi dari Netral ke satu, suara bletak dan hentakan yang cukup kuat lumayan terdengar hingga dalam helmet.. Tak dipungkiri soal kehalusan masih dipegang duet Honda CB 650F dan CBR 650F..

Official Test Ride Honda CBR 650F 4 silinder, motor fairing bercitarasa turing

Official Test Ride Honda CB 650F 4 silinder, Honda BigBike Terbaik..

Handlingnya cukup mengejutkan, menurut diajak menikung meski tidak selincah varian Honda Bigbike lainnya. Meski jika diajak menikung agak cepat, suspensi belakangnya yang terlalu lembut membuat buritan milik Honda CB 500X ini sedikit bergeser terutama jika melewati cekungan jalan.. Namun secara umum, paket dari si CB berhidung mancung ini lebih dari sekedar kompeten dalam menemani sang adventurer..

HARGA CB 500X dan VERDICT

Honda CB 500X dijual seharga Rp. 135 juta.. Jelas positioning harga segitu pasti akan dibentur-benturkan dengan Kawasaki Versys yang dijual pada harga Rp. 164.600.000 dan memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, tenaga lebih besar pula dan bodi yang lebih ‘moge look’ … mampukah perbedaan sebesar Rp. 29.600.000 membuat si CB lebih menarik?

Harusnya sih iya, bodi yang justru tidak terlalu besar namun tetap mengesankan moge, membuat Honda CB 500X lebih user friendly dibandingkan rivalnya. Begitu pula kelincahannya dapat dipertanggung jawabkan, memudahkan pemilik bermanuver di segala kondisi.

Kapasitas mesin Honda CB 500X yang lebih kecil 150 cc pun seharusnya tidak terlalu menjadi penghalang karena secara performa keseluruhan, si hidung mancung dari Honda BigBike cukup kompeten kok, kan bukan untuk kebut-kebutan juga tipe ini hehe…

Sambut sang pendamping jiwa adventur.. Honda CB 500X!!

Special thanks: HC3 Astra Honda Motor

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

51 COMMENTS

  1. gw suka….lebih baik desainnya daripada new versys…tapi lebih jelek daripada old versys…subyektif yaa…

  2. Klo gtu berarti blm jdi adventure ternyaman ya lek karna blm nyaba adventure yg lain?
    Harus nya jngn TERNYAMAN, tpi cb500x big bike nyaman di kendarai,
    Klo ternyaman kesannya yg lain ga di anggep gtuh hehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.