yamaha xmax kobay 2

Kobayogas.com – Hola lads, masih ingat penampakan Maxi Scoot milik Yamaha beberapa waktu lalu di jalanan? Si Yamaha XMax?

Saat itu Yamaha XMax terdeteksi keberadaannya oleh ayae azky alias Tatang yang dengan sigap mengabadikannya. Kini skutik besar Yamaha tersebut memberikan kabar baik bagi para pencinta maxi scoot, apa itu?

Di awal kemunculannya melalui spy shot, KBY sempat memprediksikan kalau Yamaha XMax ini juga akan diproduksi secara lokal seperti halnya Yamaha NMax mengingat untuk level CBU, Yamaha sepertinya tidak pernah tercium melakukan tes jalan. Namun bisikan yang didapat membuat kecewa karena konon status Yamaha XMax tersebut masih berstatus CBU.

Indikasi dan prediksi awal Honda PCX 150 lokal berkode K35

Yamaha XMax 1

Penampakan Yamaha XMax di jalan raya Bekasi

Mesin Yamaha XMax

Hingga akhirnya, kang Taufik TMC yang sepertinya sudah memegang banyak info seputar Yamaha XMax menginfokan melalui blognya kalau Yamaha XMax nantinya juga akan diproduksi lokal!! Kabar baik bukan??

Belum lagi hasil pengamatannya akan perbedaan mesin Yamaha XMax 125 cc dengan 250 cc, dan diyakini bahwa yang sedang dites jalan tersebut merupakan mesin dengan kubikasi 250 cc. Nya beuki weh bagja pisan atuh!!.. 250 cc lokal pula, sudah kebayang prediksi harganya.

tutup bulat itu konon yang membedakan dengan 125 cc
tutup bulat itu konon yang membedakan dengan 125 cc

Prediksi Harga Yamaha XMax

Lupakan Yamaha R25 yang lokal tapi harganya mepet produk CBU, karena mesin benar benar baru pasti tidak murah risetnya. Sementara Yamaha NMax jika ditelisik menggunakan basis mesin Yamaha SMax dengan tambahan pengaturan katup variabel VVA. Jadi secara teori harganya memang bisa ditekan. Begitupun nantinya harga Yamaha XMax.

Dengan mesin yang basisnya sudah ada, maka hanya tinggal membuat secara lokal saja parts dari Yamaha XMax dan sangat masuk akal jika harganya nanti bisa ditekan paling tidak berada di bawah Suzuki Burgman. Berapa ya pantasnya? Maksimal Rp. 45 juta dengan ABS gimana?

Kendala Yamaha XMax

Ini hanya merupakan sebuah opini saja, ada juga pengganjal yang bisa jadi membuat status lokal Yamaha XMax menjadi batal. Mengingat semua klan Max dari Yamaha lahir di eropa kecuali Yamaha NMax yang lahir di Indonesia, maka ada kemungkinan status Yamaha XMax menjadi tetap CBU.

Atau tidak menutup kemungkinan Yamaha XMax tetap dibuat lokal oleh YIMM dengan syarat sbb:

  • Yamaha XMax tidak untuk di ekspor, hanya di jual lokal
  • Yamaha XMax dibuat hanya untuk ekspor asia tenggara

Berita bagusnya, pelokalan beberapa produk yang sedianya model global yang dilakukan oleh YIMM dapat dijadikan sebagai pioneer dan harus terus konsisten, Yamaha NMax hanyalah awal, lalu Yamaha XMax berikutnya dan ke depannya Max Series lain tidak menutup kemungkinan untuk dilokalkan, bahkan bisa merambah ke motor sportnya juga toh? Who knows? Keep it up..!

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

37 KOMENTAR

  1. Wkwkwkkkkkkkk…
    artikel harapan wong ngidam…….
    tenang Om Yog…….
    tak temenin……
    ngidam bareng…..
    jiakkkkkkkkk……. 😀

  2. basis mesin xmax apakah 1 silinder kayak punya wr250 atau mungkin yamaha mau agak nyeleneh ngasih mesin 2 silinder punya r25? he..he…

  3. Bagian belakangnya keren, tp depannya agak kurang ya om….. Yg jadi pertanyaan mau dijual berapa ini??

    • Opini pribadi, sepertinya tujuannya berbeda, utk kasus NMax menurut saya lebih ke show off technology ke kompetitor. XMax gak butuh itu karena dgn kubikasinya sudah sangat memadai, tp kalau ada VVA ya lebih baik lagi sih…

  4. Yamaha bnr2 jozz memanjakan konsumen indonesia dg produk global.
    Ahm mana nih? Ayo buka matamu Ahm, manjakan indonesia dg produk globalmu, jgn bisanya jualan beat sama vario terus!! Ayo ikutin yamaha lokalin produk globalmu, bukatikan cintamu pada indonesia!
    Ngarep Ahm ikutan lokalin Forza.
    Kalo cuma PCX mah yg versi terbaru vietnam jelas jauh sama NMax walaupun secara casing sy lebih suka PCX tapi soal teknologi PCX sdh tentu inferior , Forza sekalian lokalin

  5. Om YIMM apa udah bangun fasilitas baru utk produksi motor lokal mereka? Yg saya tau yg punya plant baru utk produksi ke depan baru AHM sama Kawasaki hehe. Atau mereka tetep pake fasilitas lama?

    Kalo tetep pake fasilitas lama keren juga ya operasional YIMM, bisa bikin projek R25, R15, NMAX, sama kmungkinan XMAX tanpa bangun fasilitas baru…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..