Kuburan baru

Kobayogas.com – Karena lama tidak mengunjungi makam sang kakek dan melakukan doa sebagaimana yang sering dilakukan, sang Kakek pun mengunjungi sang cucu kesayangan untuk mengingatkanya…

Kontributor: Alfin aka John Cpu, editor: Kobayogas.com

Cerita ini memang bukan dari pengalaman saya sendiri tetapi dialamin ama adik ipar sebut saja KIKI. kejadian ini terjadi sekitar bulan Oktober 2014 kemarin, sebelum itu kita flashback dulu ke masa sebelumnya.

Kakek bagi seorang cucu adalah tempat untuk bermanja-manja tempat untuk meminta yah sekedar uang atau minta dibelikan mainan atau kue yang tidak bakalan dibelikan ama ortu kita, setuju kan? Almarhum kakek istri saya juga begitu dia sangat memanjakan cucu-cucunya tetapi cucu kesayangannya ya adik nyonya alias si KIKI.

Setiap Kakek mendapat rejeki seusai jual bambu atau hasil alam lainnya yang ada di kebunnya (profesi kakek petani) pasti beliau akan mengajak Kiki entah itu kewarung kopi untuk beli kue atau ke warung nasi, memang hobi kakek kalo sekarang namanya wisata kuliner kalo orang jawa bilangnya suka “marung”. Entah berapa banyak warung yang sudah didatangi mereka berdua.

Sebagai manusia, bertambah tahun dan usia, Kakek mulai kehilangan kemampuan panca indranya. Beberapa bulan setelah saya menikahi istri saya tahun 2012 Kakek meninggal, sedih juga karena teringat dulu waktu apel sering saya bawain nasi punel (nasi khas Bangil) kegemaran beliau dan yang paling sedih tentu saja KIKI  sang cucu kesayangan.

Tahun berganti tahun Kiki pun beranjak dewasa dan bertambah sibuk dengan kegiatan seabrek disekolahnya sehingga semakin jarang “nyekar” dan berdoa di kuburan kakek yang letaknya tidak jauh dari rumah sekitar 20 meteran dari rumah mertua saya. Hingga pada bulan Oktober 2014 tepat malem jum’at kliwon Kiki tidur di kamar mertua sendirian , sementara mertua tidur dilantai karena waktu itu cuaca memang lagi panas-panasnya.

Tiba-tiba sekitar tengah malam Kiki begitu saja terbangun dari tidurnya, dalam setengah sadar akibat bangun tidur yang disekaliguskan, betapa kagetnya dia melihat sesosok bayangan tepat berada ditengah-tengah pintu kamar (pintu kamar sengaja dibuka).

Lama Kiki memperhatikan dan membiasakan matanya terlebih dahulu dan sepertinya dia mengenal sosok tersebut, ternyata dia melihat wajah sosok tersebut ternyata Kakek! Awalnya Kiki jelas takut karena biar bagaimanapun Kakek sudah lama meninggal, namun lama-lama Kiki mulai terbiasa karena mau lari pun kemana wong berdirinya tepat ditengah-tengah pintu keluar.

“Kakek? Ini Kakek? akhirnya Kiki memberanikan diri bertanya. Sosok tersebut tidak menjawab…

Entah kangen atau bagaimana tiba-tiba sosok tersebut mendekati Kiki dan tidur disamping Kiki, Kiki sendiri tidak dapat melakukan apa-apa dan hanya berbaring antara takut namun juga senang karena dia dapat melihat Kakek lagi, akhirnya sambil berdoa sebisa-bisanya, Kiki bertahan dan hingga terdengar adzan subuh sosok tersebut pun akhirnya menghilang.

Saat matahari sudah menampakkan sinarnya adik ipar saya langsung pergi kekuburan untuk nyekar ke kuburan kakeknya sambil membaca surat yasin dan berdoa disana demi kebaikan sang Kakek di alamnya. Apakah kehadiran sang Kakek sebagai tanda protes bahwa cucu kesayangannya sudah melupakan berdoa untuk dirinya di alam barzakh? Wallahu alam bil shawab…

Wassalam

John Cpu

 

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

46 KOMENTAR

  1. Biasanya kalo baca cerita mang kobay saya lgsg g brn keluar kamar.

    Nah bru kli ini saya gatakut, malah saya langsung dapet hikmahnya.

    Lain kali buat artikel kyk gini aja mang kobay!

  2. Ora mungkin…arwah sdh di alam kubur mana bisa keluyuran ke alam dunia..lha malaikat mungkar dan nangkir apa g nyari tuch…time out dulu mau mengunjungi cucu..ha..ha…

  3. ruh orang meninggal gak bisa balik lagi ke dunia bro, yg ada adalah jin yg menyerupai orang yg telah meninggal. biasanya jin ini minta macam2 untuk ngerjain manusia atau sekedar menakut-nakuti. waspadalah, permintaan jin dilarang dipenuhi. apapun itu, bisa syirik kita.

  4. Orang yg sdh meninggal tidak bisa kembali ke dunia kang. Allah Ta’ala berfirman :

    “Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al Mukminun: 99-100)

  5. kerjaan jin/setan,roh manusia yg telah meninggal tidak akan bisa keluar & sibuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya di alam kubur hingga hari kiamat tiba.
    wallohu a’lam

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.