image

Kobayogas.com – Hola lads, seperti yang mungkin sudah diketahui bahwa KTM memasukkan tipe RC200-nya ke Indonesia dalam bentuk CBU. Pada dasarnya, RC200 ini memiliki kemiripan dengan saudaranya, Pulsar 200NS. Bagaimana jika diadu?

Konon, kedua motor ini disebut-sebut mempunyai atau dibuat berdasarkan teknologi yang sama, maklum wong ada kerjasama antar keduanya. Motor Plus berkesempatan mempertemukan keduanya guna melihat sebeda apa dan sesama apa dari keduanya. Tugas KBY adalah menginfokan kepada pengunjung blog terutama bagi mereka yang tidak atau belum membaca berita ini. Mangga digeberrr…

DESAIN

Motor Plus (M+) tidak membahas sisi ini sama sekali, so ini adalah pure opini KBY akan kedua motor sister company ini.

Pulsar 200 NS
Bentuknya masih cukup nikmat untuk dinikmati meski sudah memasuki tahun keduanya, sejauh ini KBY tidak mendapatkan kabar adanya refreshment atas bodi dari PNS ini (CMIIW). Bagi yang tidak suka desain dramatis, PNS sudah lebih dari cukup, wajahnya cukup ganteng dan menawan meski bagian buritan KBY nilai agak kurang naik sehingga keseluruhan sedikit mengurangi keindahan tarikan garisnya jika dilihat dari samping.

KTM RC200
Love it or hate it, itulah desain RC200 menurut KBY, impresi pertama bisa saja orang akan berkomentar aneh, jelek, culun dan negatif lainnya. Tapi jika diperhatikan lebih lama, desainnya lebih ke arah out of the box alias nyentrik. Desainnya memang nyeleneh, meski memakai fairing namun bagian depan lebih mirip motor dual purpose seperti Honda CB500X. Bentuk keseluruhannya juga mirip dengan motor yang belum jadi. Namun bukan berarti buruk, desainnya tetap saja memukau, eropa banget!

TEKNOLOGI MESIN

Kedua mesin mengusung bore x stoke yang sama, yaitu 72 mm x 49 mm. Kapasitas mesinnya 199,5 yang dibulatkan menjadi 200 cc. Masuk ke dalam kategori over square (kok bukan over bore ya?) dengan karakter mesin high speed. Perbedaannya, pulsar masih SOHC sedangkan RC200 sudah DOHC.

Perbedaan lainnya adalah di jumlah penggunaan busi, sudah tahu lah ya kalau PNS mengusung 3 busi yang memercik pada timing berbeda agar pembakaran lebih sempurna. Sedangkan RC200 masih setiap dengan busi jomblo. Terakhir, perbedaannya ada pada sistem suplai bahan bakar, RC200 menggunakan injeksi dengan beragam sensor sedangkan PNS masih setia dengan karburator (cek attachment untuk lebih detail).

KTM RC200

RIDING POSITION

Untuk KTM RC200, ternyata sigap seperti kakaknya si RC390, wajarlah namanya juga motor sport berfairing jadi posisi berkendaranya memang sport tulen. Hanya yang menjadi catatan bagi M+ adalah posisi tangan yang ngangkang akibat posisi setang yang lebar sehingga alih alih sikut menekuk ke dalam selaiknya motor sport lain, ini malah keluar. Untuk bobotnya, RC200 lebih ringan 9,5 kg dibanding RC390 akibat mesin yang lebih ringkas dan lebih kecil kapasitasnya.

Bagi Pulsar 200NS, jelas posisi ridingnya tourer banget, setang lebih tegak sehingga posisi berkendara lebih nyaman dan rileks. Jarak atau tinggi jok yang 805 mm juga tidak terlalu menyulitkan dibandingkan RC200 yang mencapai 820 mm, sedikit sulit untuk digapai bagi rider bertinggi kurang dari 170 cm plus sudut belok RC lebih kecil/sempit dibanding PNS.

KTM RC200

PERFORMA

Memang sejatinya kedua motor ini saling tukar teknologi mesin, namun karakternya tetaplah berbeda. PNS mengeluarkan tenaga sebesar 22,7 HP/9500 plus torsi 18,3 Nm pada 8000 RPM. Bagaimana dengan RC? Spesifikasi tenaga KTM RC200 adalah sebesar 25 HP/10,000 dengan torsi 19,2 Nm/8000. Wah ternyata torsinya diraih pada RPM yang sama lads.

Berbicara karakter, RC200 memiliki putaran tenaga yang lebih halus dan mengisi pada setiap rentang putaran mesin. Makin atas makin enak sebagaimana halnya motor sport pada umumnya. Di sisi lain PNS malah lebih terasa torqy dan tenaga maksimal lebih cepat di dapat akibat peak power yang didapat pada RPM yang lebih rendah.

Bila dibandingkan dengan karakteristik KTM Duke, maka kitiran bawah RC akan terasa lemot, untuk mengajaknya ber-wheelie ria menurut M+, RC kudu dipelintir lebih tinggi gasnya agar mau naik, sedangkan Duke cukup di panteng pada RPM 7000 saja…

wpid-cymera_20141209_083309.jpg

HARGA

Ini dia… faktor yang dapat menjadi pembuat keputusan. Tak dapat disangkal, harga Pulsar 200NS memang sangat terjangkau untuk ukurannya yaitu 23,4 juta sahaje, sedangkan RC200 harus ditebus dengan uang sebanyak 59,5 juta. Harga itu akibat didatangkan utuh dari Austria lads.

Bisik bisik, katanya KTM akan melakukan CKD terhadap RC200 agar harga jualnya dapat ditekan. Kapan? Belum ada kepastian lads, ya mungkin kapan-kapan kali ya?

THE VERDICT

Jelas sebenarnya keduanya bukanlah lawan yang head to head menurut KBY, satunya sport tourer dengan karakter yang kental dan sarat akan tenaga untuk turing, plus harga yang sangat masuk akal untuk dimiliki. Sementara kembarannya yang tidak identik ini dibanderol nyaris 3 kali lipatnya. Harga tinggi tersebut diganjar oleh fitur dan teknologi yang lebih advance memang…

Next: Komparasi singkat KTM RC200 vs Kawasaki Ninja RR Mono…stay tune lads…


Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

47 COMMENTS

  1. Tetep pilih all new PCX 150 putih pake shock yess yg ditempel stiker transparan
    #sambil melirik nakal…

  2. dalam hal ini ktm dalam posisi disadvantage si.. karena duke series sudah kadung lekat dengan bajaj tapi harga di atas ninja250 dan r25.. konon kabarnya dealer2 ktm pun sudah agak ogah jualan duke karena sulit.. lebih condong jualan motor yang lebih segmented tapi jelas pasarnya

  3. NS compare sama Macan dong kang? sama2 naked 200 CC, meski udah discont tp menarik ni buat di simak….

    • si tigong enga level mah.. cocoknya jaga kuburan aje 😈
      ns itu lawannya si zumi ama p220
      pio, lele, cebong bukan lawannya IMHO

  4. Busyet dah… tinggi amat joknya RC200? P200NS aja udah jinjit setengah, ini bisa2 cuman ujung jempol kaki doang yg nyentuh tanah, wkwkwkwwk……

  5. om kobay compare ama sekorpiyoh dong tiger dann kawan2 yg sejenisnya..
    senasaran nih..
    akankah motor2 jadul tersebut mampu mengimbangi???

  6. kayaknya istilah overbore ma overstroke cuman populer disini om, kalo globalnya pake istilah under square << square << over square, intinya mah sama saja

  7. Isih kalah karo cebong stritfayerku.. ngoahahaha.. 2x ketemu PNS raiso ngejar.. kocar-kacir ngos-ngosan ngebuntutin dibelakangku. PNS ora ono opo2 ne.. ngoahahaha….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..