ilustasi
ilustasi

KBY – Singkat dan kurang padat..begitu tepatnya kalimat yang bisa menjabarkan test drive mobil ini. Hanya dikemudikan dengan jarak sekitar 3 KM PP dari kantor ke resto toko Tiga yang ada di Tebet.

ilustrasi
ilustrasi

Bro Barly, kolega di kantor KBY yang juga kompatriot seangkatan di perusahaan langsung pede menyerahkan kunci mobil CRV hitamnya kepada KBY saat ada temu kangen angkatan beberapa waktu lalu.

Nih loe yang bawa..katanya. Melihat logo H yang terdapat pada kunci mobil itu KBY tak kuasa menolak.

Masuk mobil, colok kuncinya dan putar (sorry, gada tombol start stop dan smart key nih ya). Mesin menyala dengan halus. Setel posisi duduk yang pas, bagusnya jok driver sudah menganut setelan elektris sehingga semua posisi sempurna bagi driver dapat diraih, begitu pula dengan setir, walau masih manual tapi sempurna dengan penyetelan naik turun dan maju mundur. Seperti biasa, driving position Honda adalah salah satu yang terbaik, tidak butuh waktu lama bagi KBY untuk medapatkan posisi mengemudi yang tepat.

wpid-CYMERA_20140112_134144.jpg

wpid-CYMERA_20140112_134233.jpg

Sebenarnya, model All New CRV 2400cc Gen III sudah pernah KBY coba beberapa kali, dahulu, jaman belum kenal blog. Karena senang mengemudi terutama mobil-mobil yang asik dikemudikan, membuat KBY seringkali didaulat untuk menjadi chaffeur dalam beberapa kesempatan. Oleh karena itu, feeling mengemudi All New CRV gen III begitu membekas di benak. Joknya nyaman, posisi mengemudi superb khas Honda, kualitas plastik interior bagus, malah lebih bagus dari New CRV 2013 (Gen IV).

Fitur memadai walau sebenarnya bisa lebih baik, AC digital auto climate control dengan dual zone, MID pada area speedometer lengkap disertai konsumsi bbm realtime. Too bad tidak ada audio switch control pada setir padahal ini tipe tertinggi. Arm rest pada sisi kiri jok driver sangat membantu mengatasi kelelahan. Bantingannya memang agak keras terutama jika diisi sedikit, namun seperti biasa, itulah khas Honda yang mendewakan handling dan kestabilan, tidak terkecuali di Honda All New CRV ini.

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi
CRVInterior2
ilustrasi

Akomodasi merupakan yang terbaik di kelasnya, belum ada rival yang dapat menandingi. Jok belakang nyaman dan luas, dilengkapi dengan reclining seat bagi penumpang, fitur yang tidak terdapat pada Mazda CX5, Nissan Xtrail dan Mitsubishi Outlander Sport. Bagasi pun yang terluas, mudik atau bawa barang banyak dengan mobil ini tidak perlu berpikir panjang, hanya Nissan Xtrail yang bisa mendekati kelegaan bagasinya. Andai saja tipe teratas ini dilengkapi Sunroof, mau terpakai atau tidak yang penting ada, dan itu akan menjadi value yang sangat tinggi di kelas ini.

Bagaimana dengan tenaga? Sudah pasti baik, mesin 4 silinder 2400cc i-VTEC 16 valve dengan transmisi otomatis 5 kecepatan adalah salah satu yang terbaik saat itu (hingga datangnya Mazda CX5 tentunya). Mengeluarkan tenaga sebesar 180PS, terbesar di kelasnya, lari 120-140 km/jam mah ibarat seperti berlari 80 km/jam, sangat tenang. Konsumsi BBM yang tertera pada MID ada di 1: 6.7 km/ L. Problem klasik pada CRV semua generasi tetap ada, ban standarnya cukup bising dan suaranya masuk ke kabin, selain itu peredaman Honda memang dikenal kurang baik, downgrade? mungkin hehehe.

wpid-CYMERA_20140112_134040.jpg

Demikian impresi singkat KBY  dalam mengemudi singkat All New CRV lads, kurang lebihnya KBY mohon maaf. Mangga digeber and thanks for reading.

Thanks for reading lads..

KobaYogas from WordPress for Android

55 COMMENTS

  1. Selalu sesuatu nih klo dah ngomongin nie mobil..hehe…muach2deh pkoknya..wkwkwkwk..kdinginan jd eroer

  2. ni salah satu yang desain dan dalemannya lumayan daripada next gen yang ceper atapnya n proporsi aneh

  3. kalo dilihat dari judul postingan, kalo menurut Melinda pasti bilang : CInta satu malam Oh indahnya, cinta satu malam,, buat ku melayang.. ayeee .. xixixixi

    btw, ngga bisa komen, kusabab.. belum pernah naek Mbim mahal .. (^.^)>

  4. wah CRV, saya jga ngidam CRV Gen1, yang masih 7 penumpang dan 4WD hehe, aneh ya CRV gen terbaru gak 4WD, malah penggerak roda depan kaya sedan,
    kalo dulu CRV lebih ke SUV murni, kalo sekarang jadi CITY SUV, alias ogah dibawa bertualang :mrgreen:

    • CRV gen 2 yg 7 seater, itu pun 7 seaters maksa hehhe.. Blakangnya hanya cocok buat bocah mang.
      Kalau gen 1 tepatnya AWD, otomatis, gak full time. Kalau ban loss traksi baru 2 roda belakang ikut muter…
      Mahal mang makanya yg kesini gada yg AWD lagi. Hehehe..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..