CBR

Seberapa Pentingnya Helm Bagi Anda? (Part I)

wpid-helm.jpg

Hellow lads, kumaha daramang?

Kali ini Helm atau Helmet bakal diangkat menjadi trending topic oleh KBY. Sejatinya, artikel ini milik blog KBY di blogspot lalu, tapi tidak apa apa toh, tujuannya sharing ke khalayak dan pengunjung blog pinggiran ini :).

Helm alias pelindung kepala, menjadi salah satu perlengkapan penting dalam berkendara, terutama roda dua. Tidak hanya motor, sepeda bahkan balap mobil pun mewajibkan penggunaan si pelindung kepala ini guna melindungi si pengemudi terutama bagian kepalanya dari benturan dari mulai ringan s.d kecelakaan (benturan parah) tentunya untuk mencegah cidera yang lebih parah.

Dulu, saat kesadaran keselamatan berkendara masih sangat minim, banyak pengendara (dalam hal ini motor) yang tidak menggunakan helm. Banyak faktor yang mempengaruhi sih ya menurut KBY, antara lain; jalanan yang relatif masih lengang, tenaga motor yang masih pas-pasan dan force atau paksaan dari sisi hukum yang masih belum diberlakukan.

Nah lads, seperti yang kita ketahui, saat ini hukumnya sudah wajib dalam menggunakan helm saat berkendara (motor), malah sampai wajib ada SNI-nya hehehe (yang ini akan kita bahas nanti ya). Dengan adanya kewajiban tersebut, tentunya dimanfaatkan bagi produsen helm baik lokal maupun impor untuk memproduksi helm dengan berbagai merk dan jenis, ditemani dengan model helm yang bentuknya eye catching. Sebut saja merk KYT, NHK, MDS (Mang Deden Silet kalo kata temen saya :D), HIU (ikan kalik), INK, Zeus, Alice (logonya persis alice yang ada di Ducati MotoGP loh) sampai dengan Nolan, AGV, Shoei, ARAI, Airoh, HJC, NEXX dan KBC. Well, itu hanya sebagian besar yang KBY tau (kalau ada yang terlewat harap maklum ya).

Berikut beberapa penampakan helm yang diambil dari hasil jepretan kepunyaan sendiri dan ngambil dari eyang gugel hehehe.

 

AGV GP1 dan Airoh Miro XRP High Visibility punya KBY
Airoh seri C
KYT replika Airoh seri C
Airoh XRP High Visibility
INK replika Miro XRP High Visibility
Airoh tipe Modular seri J
Nolan yg sempet KBY punya, N102 kalo ga lupa hehe

Nah pada artikel berikutnya KBY akan bahas sekaligus berbagi pengalaman yang KBY punya dengan helm-helm yang KBY sempat punya. Selain itu KBY pengen tau juga kira-kira apa pertimbangan lads dalam memilih helm dan kenapa memilih helm tersebut.

See you on next chapter lads….

Kaya gini ya kang?
Kaya gini ya kang?
Asal jangan kek ginim nggilani... :D
Asal jangan kek ginim nggilani… 😀
About Kobayogas 3423 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

71 Comments

  1. jadi inget salah satu gambar yg diposting wak haji yang ada tittle nya ” used helmet make me look so stupid ” kalo ga salah seperti itu. gambarnya orang yang abis dioperasi kepalanya.

  2. secara positif dan sehat, menurut sy itu sangat amat penting sekali. I’m human…

    😆

  3. sangat penting!

    apalagi buat helm fullface, makanya d rumah ada 4 helm fullface dan 2 half face

    fullface d pake setiap mau berkendara jarak lumayan dan jauh, sedangkan halfface d pake buat berkendara d sekitar rumah atau d pake buat boncenger!

  4. Penting banget bro….. Kl aja temen sy pake helm sesuai peruntukannya, gak bakal dia bonyok gitu wkt mwngalami kecelakaan. Hobby hi-speed riding cuma pake helm half-face. Alhasil, kepala mengalami pendarahan di dlm, tulang rahang retak dibagian engselnya dan matanya bonyok sebelah. Sampai skrg blm ketahuan tuh matanya bisa sembuh kembali atau gak, krn terjadi benturan keras yg menyebabkan biji mata melesek ke dlm dan bergeser posisinya, sehingga fokus mata antara kiri dgn kanan tdk sama alias berbayang penglihatannya. Yg parah jg skrg kelopak mata temen sy gak bisa dibuka tutup dikarenakan sarafnya putus. Saya sendiri jg pernah tertolong ama helm full face saat mengalami kecelakaan di thn 2012. Saya saranin bro2 semua jgn pernah tawar-menawar soal helm deh. Lbh baik pake helm full face yg baik kualitasnya. Saya gak nyaranin kl pake helm half face, krn banyakan gak nolong, terutama bagian muka dpn yg hanya dilindungi mika tanpa penutup bagian bwh. Kepala lo lbh mahal hrgnya drpd hrg helm semahal apapun.

    • Waduhhh semoga temannya bisa pulih ya, turut berduka cita…

      Kalo kira kira mau hi-speed biasanya ay turunin tutupnya ke bawah jadi full face.

    • wah, sharing bagus Lek kodok. Bs jd peringatan utk semuanya. Saya klo keluar rumah 100m aja klo gak pake helm rasanya was2 banget. Asli, gak tenang blas..walaupun dianugerahi wajah tampan, ane gak segan2 pake helm half face biarpun jarak dekat..[hahahayy]

  5. penting banget lah & cari yg kualitas bagus& murah
    helmku kyt troy 50 rebu beli diloakan
    ngebuttt tetep adem& senyap

  6. Penting banget Kang. Saya pernah ngalamin kecelakaan, waktu itu saya mau nyalip kendaraan di depannya, gak taunya di depannya ada motor berhenti ditengah jalan mau nyebrang. Ya sudah saya tabrakkan sekalian ke belakang motor dia+hard breaking. Mau tak ambil jalur kanannya ada anak sekolah, yowes. Damai ditempat bayar 50rb gantiin selebor belakangnya yang penyok. Segitiga motor saya bengkok betulin kena 60rb. Dan untungnya waktu itu pake helm + saya tutupin kaca helmnya. Kalau gak, muka saya sudah cipokan ama aspal. Kaca helmnya yang lumayan baret, padahal ntu helm baru beli belum ada seminggu 😀

  7. selain helm perlu ditambah kaos tangan, jaket yg ada pelindung sikunya [klo ada], sepatu, celana panjang. Kira2 2bln yll saya mengalami kecelakaan ringan. Kira2 kecepatan 40-50 kpj. Alhasil, saya jatuh. Dgn safety gear helm, jaket, kaos tangan, sepatu saya sama sekali tdk lecet. Jempol kaki kiri sempat keseleo dan sekali diurut b’angsur2 pulih..Thank’s God..

  8. Bagi ane dan keluarga serumah. Motor=helm, tanpa helm berarti tanpa motor.
    Keluarga dirumah biker semua,
    k minimarket dalam komplek aja kami berhelm…. Termasuk anak2 ane yg berusia 5 dan 10 tahun, yg sudah memakai hel kyt dan bmc for kids, apalagi ane sama istri….
    Ane pk mobil yg jauh lebih aman dr motor aja jga udah otomatis pk seatbelt, masa pk motor ga pk helm?…. Pengalaman pribadi juga, krna ane pernah jatuh menghantam trotoar, dan helm ane pecah… Alhamdulillah bukan kpala ane yg pecah… Sjak itu ane mewajibkan helm kalo bermotoran d keluarga ane….. Ga ada istilah pembenaran “dekat” buat ane, karna kecelakaan bisa dimana aja.

    • Sebagai contoh aja bro, ane pernah jatuh didepan rumah pada saat akan pergi k minimarket ga pk helm, dan jalan didepan rumah ane itu masih tanah, dan habis ujan pula, saat itu ane pk motor mpro ane yg jadul, ntah jalannya yg licin ato bukan, ban blakang ane malah spining ditempat yg membuat ane jatuh, dan setang motor menimpa pelipis ane…..
      Sakiiit sangat bro…. Sampai sobek…
      Padahal sebelumnya udah diingatkan sama istri agar pk helm, tp ane ngeyel dngan “ah deket ko, cuma k alfamart doang”.
      Sekarang mah yg namanya apes bisa dimana aja, cuma kitanya aja yg harus siap,
      pk helm kan ga harus kecelakaan, pake airbag d mobil juga ga harus nabrak dulu,
      pk sepatu safety (kalo lg kerja) juga ga harus kejatuhan palu dulu kan….

  9. ane mau riding deket sebisa mungkin pake helm meskipun cuma helm lokal half face 😀
    kadang2 suka lucu ngeliat orang baru beli motor helmnya malah dikaitin di lengan 😀

  10. Mau tnya ni boss.. NHK tu sbnrnya product mn ya?kbtulan sya dpt hadiah helm trsbut(dri dynojet chalange)yg d tnda tngani cassey stooner..dsitu tulisanya made in japan n di branding honda

    • NHK sebenarnya lokal, soal dipakai di moto2 dan ada embel2 japan, rumornya itu Arai/Shoei yang direbrand sama NHK, itu info yg saya dapat. Karena NHK ga lolos sertifikasi something lah … Ini masih blm firm infonya, buat yg lebih tau mangga ditambah2in. Kasus yg sama buat event ente masbro keknya.

      • Ooh gtu yaa??iya soalnya stau sya product lokal boss..tp ko ad tulisan made in japan nya..n di kardusnya jg black doff n lmbang honda n nhk.itu info sumbernya drmn ya??asli pnasaran bgt..soalnya wkt sya mau ngcilin ukrn (dptnya xl) d twar 5jt sma tkang helmnya.. Mau tak lepas galau jg…mslhnya dpt hadiah.hahahaa..

  11. paken helm wajib hukum nya

    udah beberapa kali kecelakaan dan yang terakhir ditabrak mobil dari belakang waktu berenti karena yang punya mobil lagi panik gas pol, mental keseret di aspal 50 meter alhamdulilah kepala selamat tanpa ada cidera apapun karena pake helm full face walaupun merk nya cuma bmc belom nolan hehehe….

    cuma kesian aja liat alay apa cabe2an ga pake helm, kalo muka nya ciuman ama aspal udah ga berbentuk tuh

  12. …….Banyak faktor yang
    mempengaruhi sih ya menurut KBY, antara lain; jalanan
    yang relatif masih lengang, tenaga motor yang masih
    pas-pasan……

    Bro,bukannya dulu jaman 2tak tenaganya malah gila gilaan ya? Tuh tzm nsr rgr ninja. Kurang gila apa coba?

    • hehhe itu kan motor “spesial”, kebanyakannya kan astrea. Tapi anggaplah bro prikitiew benar, berarti law enforcementnya yang masih lemah, setuju? 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Seberapa Pentingnya Helm Bagi Anda? (Part II) « KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Yuk Tinggalin Jejak Lads..