image

Hello lads,

Akhirnya artikel BIKE OF THE YEAR 2013 dapat terbit juga setelah sempat tergusur oleh update news seputar produk baru Kawasaki, fiuuhh… Sulit, mumet, puyeng dan bingung… Itu yang KBY alami dan rasakan saat harus memilih pemenang BIKE OF THE YEAR 2013 versi KobaYogas.com. Sulit karena semua kandidat pemenang punya amunisi lengkap, mumet karena amunisi mana yang bisa dikategorikan maut untuk layak digunakan guna menyabet gelar bergengsi ini.

Sebelumnya, para kandidat juara pasti sudah lads ketahui pada artikel sebelumnya, beserta masing masing amunisi yang dibawanya. Faktor-faktor yang dianggap signifikan dalam penilaian KBY adalah: fitur, desain, teknologi, kualitas material/ buatan serta value for money. Agar fair, KBY mengeluarkan faktor faktor seperti 3S, reliability, durability dan resale value. Karena hal hal tersebut akan mengikuti setelahnya (after), bukan pada saat awalnya (before atau present).

Setelah para kandidat dikerucutkan, maka muncullah 3 kandidat terkuat, yaitu:

1. Honda Vario 125 PGM FI ISS Helm In

Amunisinya adalah:

  • Mesin ESP (performa terbaik dengan efisiensi bahan bakar tinggi)
  • Helm-In – Bagasi luas dengan kapasitas 18 liter, Akomodasi terbesar di kelasnya
  • Tangki bahan bakar yang jauh lebih besar dan mampu menyimpan BBM 5.5 liter.
  • Teknologi ACG Starter ( proses start menjadi sangat halus tanpa menimbulkan suara tumbukan dan pergesekan mekanis yang biasa ditemui pada motor starter konvensional dan kerap dikeluhkan konsumen. Teknologi ini pertama hadir di Indonesia diusung oleh skutik premium Honda PCX)
  • Pengereman combi brake system (CBS)
  • Fuel injection PGM-FI
  • Side stand switch
  • Brake lock
  • Teknologi ISS (Idling Stop System)

Sumber: Honda-Ramayana.co.id

Vario 125 Idling Stop Nitro Blue

2. Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS

Amunisi yang diusung:

  • Harga terjangkau (23,5jt)
  • Mesin advance, 200cc  SOHC dengan 4 klep berpendingin radiator berteknologi triple spark dengan 3 busi, 6 speed
  • Model gagah dan berkarakter
  • Fitur pada speedo lengkap (side stand indicator, service reminder, tripmeter (A dan B), jam digital, temperature indicator, oil indicator, digital speedo, shift light)
  • Performance:  Power 23,5 bhp/9500 RPM, Torsi 18,3 Nm/8000 RPM.
  • Chassis Perimeter Pressed Steel (Delta Box non casting – monocoque)
  • Kaliper rem depan belakang dari ByBre (anak perusahaan brembo untuk motor low end)
  • Monoshock suspension

bajaj_pulsar_200ns_bikes

3. Kawasaki Z250 FI

Amunisinya adalah:

  • Mesin dua silinder (paralled twin engine), 250cc DOHC 8 Valves, 6 speed
  • Berpendingin air
  • Fuel Injection dengan dual throttle valves
  • Fitur speedometer lengkap (Eco ride icon, jam digital, speedo digital, oil indicator, temperature indicator, Tripmeter A+B)
  • Stand swicth safety (mesin tidak akan menyala jika standar samping On dan gigi masuk)
  • Performance: Power 32 HP/ 11000 RPM, Torsi 21 Nm/10000 RPM.
  • Suspensi belakang monoshock dengan UniTrak, 5 way adjustable
  • Desain street bike yang gagah dan, dual headlamp mengambil desain Z800

wpid-CYMERA_20131219_232427.jpg

Pemenangnya adalah…sambut sang pemenang BIKE OF THE YEAR 2013 versi KobaYogas.com…

pulsar-200ns_headlamp

Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS

Mengapa menjadi pemenang?

Walau tidak dramatis dari sisi penjualannya, namun dari banyaknya respon positif dari banyak pengamat amatir dan profesional, serta panjangnya daftar inden, membuat kemunculan KBP 200 NS ini bisa disebut mengusung tema Vini Vidi Vici.

Sempat dilirik hanya sebelah mata terutama dari para redneck produk Jepang dan bahkan konon sampai dianaktirikan oleh Kawasaki sendiri, tidak lantas membuat pesona P2NS ini memudar, bahkan setelah KBY melihat langsung produknya, KBY beranggapan, inilah produk baru 2013 terbaik di kelasnya, bahkan secara value for money, P2NS adalah produk terbaik diseluruh jajaran roda dua dengan rentang harga maksimal di 65 juta.

Bukan semata mata tubuh gagah, power dan torsi besar, desain sentuhan kecil Kawasaki yang elegan sekaligus sporty, namun karena Bajaj cerdik dengan menurunkan sebagian besar desain KTM Duke 200 langsung ke tubuh P2NS, begitu juga basic mesinnya, dari KTM Duke. Sehingga bisa dibilang, inilah paket hemat KTM Duke yang tidak dibuat ‘hemat’ oleh Bajaj. Walau demikian, desain P2NS tidaklah 100% orisinal, ada beberapa sentuhan desain motor lain di tubuhnya, misal CB1000R. Toh justru malah menjadi salah satu daya tariknya. Hal yang lumrah dalam dunia desain. Yang membuat dirinya menjadi kampiun adalah, dengan segala kelebihan yang ada, P2NS mempunyai harga yang diset sangat masuk akal lads. Singkatnya, mempunyai Value for money tinggi.

Pun begitu, kemenangan P2NS sungguh tidak diraih dengan mudah, Kawasaki Z250 FI yang berada di posisi dua, hanya benar benar kalah tipis dari sisi harga, karena secara keseluruhan, paket Z250 sudah sangat lengkap, power, desain, teknologi, dan fitur semua dimilikinya, andai powernya disetting sesuai genrenya yaitu street fighter dan harga sedikit lebih rendah dari saat ini, KBY yakin akan tambah kesulitan dalam menentukan pemenangnya.

Vario 125 ISS PGM FI Helm In, dirinya dapat melenggang dengan kepala tegak walau harus puas berada di posisi tiga, semua fitur dan teknologi serta akomodasi yang disematkan sebenarnya layak mendapat predikat kampiun. He’s the best in his class. Namun desain yang belum melakukan perombakan sudah mulai terlihat membosankan, tidak ada yang dramatis dari sisi desain. Better luck next time Vario.

Pulsar-200NS

So, selamat kepada Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, selamat juga kepada MasBro ABGTUA sebagai pemenang dalam kuis menebak kampiun Bike of The Year 2013… yang lain jangan kecewa ya, soalnya masbro ABGTua pertama komen langsung nebak dan langsung benar hehe. Silakan japri alamat lengkap dan nomor telepon ya, ditunggu selama satu minggu dari artikel ini muncul, jika tidak ada kabar maka akan dialihkan ke pemenang kedua. Terima kasih.

Demikian lads, artikel BIKE OF THE YEAR 2013. Akan selalu ada ketidakpuasan dari result ini, well, you can not please everyone lads 🙂 See you in BIKE OF THE YEAR 2014!!!

90 COMMENTS

  1. wah tiger ane ga masuk nominasi cuma WTF ane ygmasuk
    kalah lagi wasemmmmmmmmmmmmmmmmm………………. :mrgreen:
    PS:sory kang belum bisa ngirim pesenan lagi update firmware ini baru selesai langsung bungkus lagi 😀

  2. Mas kobay,awas lho di semprot sama tante2 BH.

    Tante2 BH kan gak suka sama motor indihe

    Hihihihihihi

  3. wwaallahh..pilhanku mbleset !! Pelajaran penting : ntar klo ada kuis beginian hrs tirakatan 7hari 7malam, mandi di 7sumur, dan siapin kembang 7rupa..*alih profesi dadi dukun

  4. kok p200ns ya? Ga ada kandidat laen? Tapi ane sepaham ame ente? Masalahnye ane ga berani pake p200ns ah! Garasinya buat pies aja udah mentok depan belakang! Apalagi adeknya yang bongsor gitu! Kalo ngeliat sekilas rider2 p200ns bawanya gesit2 bener tuh om! Apa cuman ane aja yang menilai gitu!

  5. Sempat curiga bahwa penulis blog ini adalah indian product hater, ternyata his pick of bike of the year proved otherwise. Salute

    • hehehe beratnya karena dua kompetitor lainnya berhak menang juga, jadi P2NS menang tipis, kalau dia Fuel Injection bisa jadi agak jauh pointnya hehehe

  6. setuju coy… 2 bln kemaren sy coba p200ns ternyata lebih keren aslinya dibanding fotonya… bodynya beda tipis ama cbr250 dan ninja250 yg jg dah sy coba… overall ini barang oke buanget…. sgt value for money dan ga ‘operprais’ hehehe… cuman rem belakangnya pakem bgt mirip suzuki rk cool… bln dpn mo inden aahh… tapi kok takut keluar yg injeksi yaa???

  7. waduh, aku baru saja transfer utk bawa pulang pulsar 200 ns….baca2 terus lihat tulisan ini…bike of the yea….weleh…tengkyu bang atas pujiannya terhadap pilihan saya…wahaha

Yuk Tinggalin Jejak Lads..