image

Malem lads,

Akhirnya beres juga nih artikel yang tertunda. Kali ini KBY ingin berbagi seputar pengalaman KBY dalam memodifikasi tunggangan harian yang cupu milik KBY ini. Kebetulan KBY punya Kawasaki Z 250 FI. Sebelumnya KBY sedikit flashback dulu kenapa memilih Kawasaki Z 250 FI dan bukan Ninja 250FI atau CBR 250 maupun Inazuma 250 atau bahkan Duke 200.

The Story
Sebelumnya, untuk kategori motor sport, KBY menumpaki CBR 150 jadul Repsol (Kunyit Remasol kalo kata FBY :D) Edition tahun 2004 yang ditebus dari sahabat KBY. KBY memakainya satu tahun lebih sedikit, Januari 2012 sampai dengan Februari 2013. Pada masa itu, Ninja 250 FI sudah mulai ada, begitu juga CBR 250 yang lebih awal bersliweran dan Inazuma sudah diperkenalkan.

Dalam rentang waktu itu, ketertarikan KBY hanya pada CBR 250, karena pada dasarnya KBY memang suka sama Honda hehehe, ditambah sobat KBY yang menjual CBR 150 kepada KBY sudah menumpaki CBR250 nya. KBY sudah pernah tes CBR250 miliknya dan jauh sebelum nongol CBR250, KBY juga pernah tes Ninja 250R (karbu) milik kawan.

image

Munculnya Ninja 250 FI sempat membuat KBY tertarik saat itu, model yang bagus, mesin yang lebih advance dari yang karbu (injeksi) dan 2 silinder yang khas. Sempat membuat perbandingan antara CBR dan Ninja melalui hasil browsing dan literatur. Well, memang CBR kalah dari penampilan dan jumlah silinder dari Ninja. Keinginan mempunyai CBR pun tidak menggebu gebu lagi seperti di awal, namun rasa ingin memiliki Ninja FI juga tidak terlalu besar. Singkatnya, KBY sudah puas dengan CBR 150 jadul yang dimiliki (sebenernya, duitnya aja yang gada wkwkwkwk).

Akhir tahun 2012, gencar pemberitaan bahwa Kawasaki akan menelurkan model baru di kelas 250cc dengan genre Street Fighter yang disebut-sebut sebagai klan Z entry level. Waduh, naon deui ieu teh…Di sela-sela kesibukan, KBY menyempatkan diri untuk memantau perkembangan kabar new gen tersebut, sampai saat sneak peek nya nonghol, jebule bikin KBY jatuh cinta pada pandangan pertama.

Selain itu, teringat akan cerita salah seorang kawan yang selalu mantau blog TMC, KBY pun coba ikut memantau blog tersebut dan memang saat itu (Januari – Februari 2013), TMC sedang cukup banyak membahas seputar Kawasaki Z 250 FI termasuk upload foto-foto saat launching. Akhirnya, setelah yakin dan mantap serta sedikit berat hati karena tidak ada pilihan lain selain menyekolahkan si Oren CBR buat nambah-nambah, Z250 FI pun ditetapkan untuk dipinang.

Teaser ini yang bikin KBY kepincut...
Teaser ini yang bikin KBY kepincut…

Singkat cerita, si Oren dah disekolahin dan KBY super gak sabar buat nunggu nongolnya si Z 250 FI di garasi. Sempat menunggu sekitar 1,5 bulan, sementara pake motor permaisuri, Scoopy FI (hasil mahar dan lobi-lobi biar diapprove buat minang si Z) buat ke kantor. Hari yang ditunggu tiba, 8 Maret 2013 si Baby Shiro Z – begitu nama panggilan sayangnya – nongol di rumah.

image

The Modification

Dasar gatel, gak betah liat kondisi standar yang kek gitu, KBY berikan sentuhan ringan ala KBY untuk si Baby Shiro, ini dia modifikasi Kawasaki Z250 FI sbb:

1. Ban belakang

Ubahan awal yg dilakukan saat si shiro Z250 FIย  berusia satu hari adalah membawanya ke toko ban, pilihan jatuh ke ban belakang dulu (pengennya sih depan belakang sekaligus tapi disesuaikan bujetnya drpada dapur gak ngebul hehe).

Alasan ban belakang dulu buat KBY sih karena:

– utk manuver dan grip dgn alasan yg bergerak adalah roda belakang.

– gaya, karena dari belakang kan langsung keliatan sama yg laen ๐Ÿ˜›

Sebelumnya sudah diskusi sana sini dan akhirnya pilihan jatuh ke Bridgestone Battlax tipe S20 ukuran 150/60. Sempat tertarik sama michelin Pilot sporty 2, tapi sayangnya tdk ada ukuran profil 60, plus dengan ukuran yg sama, harganya beda cukup banyak…yo wis, mantapkan hati pilih S20 yang katanya sebagai pengganti Battlax BT92.ย  Hasilnya sangat puas lah, walau belum berani rebah ala MM93, tp buat belok miying miying sih Z250 FI ini jadi wokeh pisan ehehe.

Ini hasilnya
Ini hasilnya
Lebih keliatan semog kan? hehe
Lebih keliatan semog kan? hehe

2. Wrap up body dengan stiker transparan.

Haregene walau kita merasa parkir udah aman n jarak antar motor dirasa cukup jauh, pas kembali tau2 ada motor yg seenak udelnya parkir mepet2…bah! Alhasil bodi lecet suka kejadian. Dengan pertimbangan antisipasi dan meminimalisasi bodi kinyis2 si Z250 FI dari lecet2, dibawalah ke salah satu bengkel stiker di daerah tebet. Butuh 1 hari penuh dari pagi utk membungkus bodi si Kawasaki Z250 FI yg semog bin demplon hehe. Semua dibungkus kecuali tangki…loh kok? Iya alasannya biar kalo dipoles tangkinya kinclong kekekek.

3. Tank Pad

Penting gak penting, buat KBY sih penting, untuk melindungi tangki si Z250 FI dari baret akibat jaket, sabuk atau kancing celana.

Pilihan jatuh ke merk ProGrip, sama seperti di si Oren dulu. Alasan, model elegan gak murahan, harga sangat terjangkau, bahan bagus. Cekidot penampakannya pada Baby Z250 FI

Progrip tank pad
Progrip tank pad

3. Penggantian air filter

Gak puas sama nafas Z250 FI yang berasa ketahan di rpm atas, mulai lah ngubek2 cari info soal air filter K&N tipe replacement, sialnya dimana2 kosong, akhirnya dipakai merk Ferrox setelah baca2 reviewnya…dasar rejeki, baru 3 hari pakai Ferrox ada kawan nawarin K&N ninjanya yg gak kepake karena dia pakai K&N tipe open pod, barang baru msh dibungkus plastik dgn harga dibawah harga toko, sikaatt n langsung pake. Memang terasa beda, merk satu ini sudah malang melintang di dunia per filteran sejak lama, itu alasan KBY pakai merk ini, di R4 pun KBY pakai merk ini hehe.

Air FIlter K&N 1

4. Bohlam

Walau bohlam standarnya sudah cukup terang, tapi tetap kurang puas, osram cool blue intense 55 watt sesuai watt bawaan diinstall ke si Z250 FI utk low beam, sedangkan high beamnya pakai osram night breaker plus. Kok beda2? Yg cool blue dapat dari kawan hehhe…jd night breaker 1 lagi disimpan buat cadangan. Cahaya? Jgn ditanya, maknyus walo blm sedahsyat sinar HID…hehe.
image
image

5. Ban depan

Sudah hampir 2 bulan, akhirnya ban belakang Z250 FI punya teman sepenanggungan, yup battlax S20 120/60 ikutan nangkring di depan ehehe. Yang dirasa sih respon setang lbh responsif, semua kontur jalan diterjemahkan langsung ke setang, positifnya, kendali jadi reaktif. Sempat kaget di awal pemakaian karena saat belok biasa aja si ban udah “ngajak” rebah. Trade off-nya, setang terasa lebih berat terutama saat selap selip di kemacetan.

image

Sampai disini dulu modifikasi Z250 FI part 1 nya ya lads…biar gak kepanjangan. Nanti diulas sambungannya di part 2, thanks for reading.

Modifikasi Kawasaki Z250 Part II – Sektor exhaust dan Pengereman..

image
Ini juga modifikasi loh kang.. ๐Ÿ˜€

Baca juga yah lads…

159 COMMENTS

  1. Modifikasi Kawasaki Z250 (Part 1)
    ================
    sorry kang Kobay, aku komen nya nanti sekalian kalo udah nyampe part 9 ya… Hehe…
    Yg naked emang lebih sekseeeeh…

  2. waduuhhh….ane jd kepengen tuh dijepit ditengah kek minumannya….
    ane jg FBH bang,tuh drmh ada supri ama bety bwt komuter,,,weekend warior jgn ditanya yah!! bln dpn ru ngandang…hehehe

    #bang yogas emang sll mengerti kesukaan pengunjung warung,,dikasi yg seger2…

  3. old cibibi disekolahin…., dilipet kali bang .. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    kurang dudukan tempat minumnya, coba cari kayak yang ntu ntu #nunjuk_pic_terakhir

    • Hehe…ay gak suka modif ektrim apalagi sampe merubah penampilan..fungsi tetap diutamakan…keren tapi ga bisa lari buat apa? Bisa lari ga stabil mana enak, bisa lari ga bisa ngerem? Modiarrr kwkkekke

  4. Saya ada rencana beli Z250, sedang tunggu moment-nya, tolong nanti dibantu yah Mas Kobay dengan informasi2 tempat modifikasi seperti yang Mas sebutkan diatikel ini. Soalnya saya baru banget di dunia permotoran. Thx

  5. Mantepp om kobay, oia bt92 masih diproduksi kok om, di planet ban masih ada stoknya, tahunnnya juga baru tahun 2013, tapi ya ada budget mah emg enakan s20 sih. Gak pasang frame slider om kobay?

    • Oia frame slider masih ragu ragu, disisi lain melindungi bodi dari baret kalau jatuh bego, tapi kalau jatuh jalan bisa jadi yg kena chasis dan mesin…nempel kesitu soalnya dudukannya

  6. utk mengatasi torsi yang lemas di bawah, ada baiknya ganti knalpot FS hasil riset. Cari yang silencernya tdk terlalu panjang agar tenaga di putaran bawah lebih spontan.

    Kalau FS yg cocok, recommendnya Two Brothers (buajingan tenan iki) atau Prospeed yg black..

    Z250 menurut sya utk ukuran street fighter harusnya di mapping berbeda dengan versi Ninja nya.
    Tidak terlalu penting top speed, tapi galak di putaran bawah-menengah.

    • Betoel…kudu RX8 RC1 kalo mau pendek… Ya yg kek gitu lah hehe

      Twobros yah? Ngepet dulu aahhh biar kebeli ngahahaha…
      Mappingnya kudu diubah yah, karakternya kudu mirip CBR atau ER6… Joss

    • kalo ga yah yang agak murah aja lah
      gir sproket depan turun 1 mata,torsi naik tapi top speed turun

      filter udara juga tuh,pengaruh lumayan gede ke karakter mesin

  7. tadi ningali z250 hideung-hejo,anyiiiisssss bikin cessss hayang meuli ๐Ÿ˜€ d tingali sepintas teu gede teuing kawas ninja,tpi lwih gde dari cbr ๐Ÿ˜€

    • Aminnn semoga kahontal yah keinginannya si amang…
      Hitam polos saya mah gak suka, kecuali mun saeutik bermain warna…
      Kalau polos sekilas teu jauh jeung byson, megi, tiggy…

  8. Sering baca blog nya om, tapi belakangan inis sering muncul penampakan yg buat bulu tubuh merinding .. Hahaha .. Semeriwiinnng.. โ”ฃโ”ซร…ยชhร…ยชยชร…โ”ฃโ”ซยชร…

  9. Kang kobay, pengen bgt minang z250 tapi lagi galau ney gara2 R25. Mau nunggu R25 apa langsung minang Z250 yah…hehe

  10. sesama bekas pemakai cbr150 lama. beda setahun keluarannya. hahahha. cuma dulu ge jual karena udah uzur dan bocor radiator dan seal radiatornya. motor nyebelin nih z250!!!! telat setahun keluarnya!!!! kalo nggak, dah ganti ini!!! hahahahaha. mau nambah dipikir2 jakarta udah nggak baik hati lagi sama motor kopling.

  11. wow sempet make ferrox juga ya om? sama knn replacement enakan mana yak? galau bgt ni ada yg nawarin knn replacement 2nd harga okeeeee hehehehe

  12. Bang Yogas, ane baru beli Z250 warna merah ni, secara umum uda cukup puas…tp masih pgen ganti ban ma klaksonnya juga, kalo boleh tau ban yg tipe s20 itu harganya brapa?,truz amankah tanpa ganti velg?,sama klakson FER itu jug harganya brapa?,
    maaf banyak tanya, butuh pencerahan ni ๐Ÿ˜€ thans lads… (niru…)

    • Helow, sori baru bales yah.
      Ban S20 tergantung ukuran, anggap saja sama dengan ukuran si Shiro ya, depan 120/60 dan belakang 150/60. Kita asumsikan saja beli di Planet ban, depan 1,280 dan belakang 1,5. Di tempat lain bisa lebih murah kalau mau nyari nyari.
      Amab tanpa ganti velg, gak masalah, sampai 160 utk belakang maksimalnya. Velg standar enkei masih sangat mumpuni kok.
      FeR buat pengunjung warung 200rb aja, diluar ongkir, hehe.
      Silakan kalau ada pertanyaan lagi usah ragu ya.

  13. Bang Yogas, ane baru beli Z250 warna merah ni, secara umum uda cukup puas…tp masih pgen ganti ban ma klaksonnya juga, kalo boleh tau ban yg tipe s20 itu harganya brapa?,truz amankah tanpa ganti velg?,sama klakson FER itu jug harganya brapa?,
    maaf banyak tanya, butuh pencerahan ni ๐Ÿ˜€ thanks lads… (niru…)

  14. Thanks bang atas pencerahannya, dan semoga si merah juga bisa jadi teman sejati ane dijalanan kyak baby shironya abang ๐Ÿ˜‰

  15. buset!
    habis lihat motor keren lanjut ke buntut ada foto wahwah,edan tenan ๐Ÿ˜€
    btw si om di jalan bawa ninjanya ga sembarangan kan?
    di sini,yg pake ninja baik standar ato pake knalpot racing pasti gila bawanya.mereka anggap jalanan sirkuit kali ckck

  16. Bro yoga bs minta alamat bengkel yg bagus untuk service? Yg di jakarta saja…
    Untuk brigestone battlax s20 harganya brp ya? Motor saya sama seperti bro yoga Z250

  17. Hahaha…lupa ui. Saya di sunter bro…
    Itu motor masih perawan blom dipke2 (jok dan spion masih diplastikin) cuma dipanasin saja sehari2nya. Inginnya sih saya mau modif sperti bro yogas. Klo boleh tau abis untuk modif keseluruhannya brp ya bro?
    Saya dolo biker ninja 250Fi tp sempat mengalami kecelakaan. Jadi nya ambil Z250 sebagai pengganti…
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  18. Hmmm.itu ban depan rotasinya gak kebalik toh om KBY,kan kalo bridgestone sama michellin kan saling berhadapan roda belakang sama depan.

  19. Mas, kmrn wraping clear utk motornya kena brp? Dan namanya sticker apa?
    Saya mau wraping bening di ninja 250fi juga nih.
    Soalnya warnanya putih, berdasarkan pengalaman saya yg di mobil putih saya, belum setahun udh mulai menguning sedikit di bagian2 yg pinggir,padahal bmw serie 5 tahun 2014 awal, apalagi yg di motor yg notabene fairing nya dari plastik kan.
    Boleh di share di mari kah nama toko dan ongkos nya wraping kmrn.
    Hatur nuhun nyak.

      • Boleh hayuk kl mau cobain, tapi gantian ajarin saya naik motor ya hehehhe.
        Krn saya beli ninja tapi nggak bs naik motor, baru belajar sedikit2 nih.
        Kursus mengemudi motor gak ada soalnya, jd learn by doing n by gabrukin juga.
        Ok saya coba ke tebet aja lebih enak kayanya tempatnya.
        Btw mesti ditinggal kah atau bs ditunggu mas?

      • wah si om sayang amat ninin buat belajar hehe, no pain no gain tapi…

        520D? Bisa ditinggal tapi gondrong itu ngantri luar biasa, usahakan paling telat jam 8 sudah disana, paling telat

  20. Misi bang Kobay..
    saya lg bingung bang soal letak Nopolnya bagusnya di letakkan dmn biar estetika motor tetap ada dan juga estetika peraturan tetap berjalan .. Apakah ada solusinya bang soal letak nopol Zezet ini ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..