Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Di nusantara, Yamaha Soul GT125 2023 memang sudah dikatakan selesai masa baktinya, silakan dicek, menemani Mio S, skutik ini sudah lama menghilang dari jajaran skutik Yamaha di website resmi. Hilang di sini, bukan berarti total tidak ada dari peredaran di negara lain lads, faktanya skutik 125cc ini masih ada versi terbarunya dan malah menampilkan atau memasang rem yang dikecam cukup banyak orang karena gak safety? Rem UBS alias Unified Braking System, singkatnya, sistem rem ini adalah CBS Honda tapi diterapkan pada motor motor Yamaha.

Yamaha Soul GT125 2023 terbaru yang akan dibahas ini bukan berasal dari negara tetangga, ya bisa aja sih kalau mau disebut tetangga, tapi tetangga sangat jauh!! Tepatnya di Brazil! Hehehe..

YAMAHA SOUL GT125 2023

Yak di negara yang terkenal dengan golf-nya tersebut skutik ini masih tetap dijual dan kini mendapatkan penyegaran warna baru. Dan sebagai tambahan informasi lads, All New Soul GT 125 bukan hanya dijual di Indonesia (dulunya), tapi juga hadir di beberapa negara dengan nama yang berbeda seperti Ego Avantiz (Malaysia), Mio Soul i125 (Filipina, di sini skutik Yamaha hampir semuanya punya nama depan Mio) sedang di Brazil namanya adalah Neo 125 UBS, apa itu UBS?

Yamaha Ego Avantiz 2023

UNIFIED BRAKING SYSTEM

Bicara usia, fitur ini sebenarnya sudah cukup lama disematkan di Neo 125 UBS sejak 2018 silam, jadi bukan fitur yang benar benar baru lagi…! Dan ngomongin kinerja atau cara maupun sistemnya, sebenarnya rem UBS atau Unified Braking System ini sama persis dengan rem CBS punya Honda dan juga i-CBS nya Suzuki. Jadi, rem UBS ini adalah system pengereman yang saling terintegrasi antara rem depan dengan rem belakang.

Bicara rem ini, gak tau gimana malah cukup banyak yang hujat, alias gak suka dengan kinerjanya yang bersinergi antara rem depan dengan belakang. Bahkan gak sedikit yang bilang CBS itu gak aman! Terutama FBY sih wkwkwk, waduh berarti UBS dan i-CBS juga dong?

Kalau natural feeling alias rasa alami mungkin sih iya, karena KBY pun merasakan hal tersebut terutama di model yang masih menggunakan sling/kabel/kawat untuk pengoperasian sinergi rem depan dengan belakang. Di model hydraulis kaya PCX LED 150 Vietnam sih gak ya yang KBY rasakan fine fine aja.

Apa mungkin karena jalanan kita yang gak selalu mulus ini berpengaruh? Bisa jadi. Atau karakter pengendaranya saja yang kurang paham cara menggunakannya dengan tepat? Bisa jadi juga.. Tapi intinya rem UBS, CBS atau i-CBS dibuat dan diciptakan dengan mengedepankan safety sih.

DESAIN

Wah kok malah ngalor ngidul yak wkwkkw.. Kembali ke Soul GT 125 2023 terbaru. Dari sisi desain hanya sedikit perbedaan antara versi Indonesia (Asia) dengan Amerika Selatan (Brasil). Yaitu bagian buritan.

Yamaha Soul GT125 2023

Versi negara Matador tersebut memiliki aksen dan penempatan lampu sein yang terpisah, tidak menyatu alias menjadi satu dengan mika lampu rem. Dan ciri khas produk luar, di spakbor ada mata kucingnya tau catcalling eh cat eyes.

Begitu juga dengan fitur2 nyaris standart karena tidak banyak yang bisa ditonjolkan pada Neo 125 UBS ini. Pertama adalah side stand switch, LED dan UBS pastinya, bahkan speedometerpun juga analog belum digital. Untuk mesinpun demikian. Yamaha Neo 125 UBS ini mengusung engine 125cc Blue core yang mampu memuntahkan tenaga hingga 9,8 hp pada 8.000 rpm dan torsi 1,0 kgfm pada 5.500 rpm

HARGA

Dibanderol R$ 11.990,00 atau setara Rp, 36 jutaan, Yamaha Neo 125 alias Yamaha Soul GT125 2023 ini dijual dalam 3 pilihan warna yakni biru atau Metallic Blue, Metallic Black dan yang ketiga Matte Grey.

Yamaha Soul GT125 2023

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini