Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Yamaha Neos 2023 sudah dijual!! Urusan penjualan motor listrik ternyata Yamaha lebih dahulu daripada Honda loh.. Yak Yamaha sudah lebih dulu menjual motor listrik mereka ke khalayak umum alias konsumen!! Tapi sayangnya kejadian tersebut bukan di Indonesia lads, melainkan terjadi di Vietnam.. Yah entah sayang sekali ya atau justru membahagiakan? Karena di sini pabrikan Jepang sendiri masih cenderung adem ayem terhadap motor listrik tuh. Masih pede dengan cita rasa motor bakar yang memang lebih punya jiwa sih wkwkwk.. Yuk kepoin lebih lanjut!

Maaf ya lads kalau tematiknya motor listrik, bukan karena KBY benar benar suka sama motor listrik, hanya saja kebetulan momennya kok kendaraan listrik semua gitu.. wkwkwk.. Kemarin kita sudah bahas Zeeho AE8, skutik listrik tercepat yang pernah KBY coba..

YAMAHA NEOS 2023

Dan kali ini KBY akan membahas motor listrik lagi yaitu Yamaha Neos 2023, motor yang spesial bukan karena bentuk atau spesifikasinya, lebih kepada karena motor bertenaga baterai ini sudah resmi dijual ke konsumen!! Yak betul, bukan disewakan atau hanya sekedar disuruh tes doang ke media, tapi dijual dan ada harganya!!

Yamaha Neos 2023

Untuk Indonesia, dua pabrikan Jepang baik Honda ataupun Yamaha masih seperti cek ombak doang, keduanya hanya merilis motor listrik yang sejauh ini hanya sekedar tas tes tas tes belaka ke media, vlogger dan blogger. Tak ada satupun dari mereka yang sudah menjual resmi motornya, baik PCX EV maupun Yamaha E01.

Untuk Yamaha E01 merupakan produk terbaru Yamaha di sektor kendaraan listrik. Motor ini memiliki desain yang lebih baik dari PCX EV karena memiliki bentuk yang benar benar baru, tidak mengambil desain dari motor manapun. Sayangnya skutik listrik ini belum juga diinfo untuk dijual bebas.

Kembali ke Yamaha NEOS 2023 terbaru, Yamaha Vietnam ternyata selangkah lebih maju karena sudah menjual skutik bertenaga baterai ini ke khalayak umum alias pasar bebas. Apa sih keunggulan atau fitur yang dimilikinya?

Yamaha Neos 2023

FITUR

Yamaha Neos sendiri bukanlah nama baru untuk Yamaha, tepatnya si empunya nama asli NEO’s ini sudah pernah tayang di jaman mesin 2 tak alias two strokes loh. Dan ternyata desainnya juga masih menyisakan DNA skutik jadul tersebut.

Neos 1997

Dari desain secara keseluruhan, mengingatkan kita akan MINION, yoi sektor wajahnya. Tapi bukannya jadi buruk, malah lucu dan imut serta menggemaskan, meskipun akan balik lagi ke selera ya. Ya dibandingkan Vinoora Suneo sih mending ini wkwkwk.. Bagian tengah ke belakang terlihat adanya sentuhan saudaranya, si E01 ya? Meskipun ada juga garis Fazzio tuh terlihat.

Fitur-fiturnya pun sudah memenuhi syarat akan demand dari skuter listrik modern, selain lampu serba LED, sudah pakai smart key system, colokan charger ternyata masih pakai adapter tambahan dan karena masuk kategori motor listrik kelas entry level, maka panel speedometernya masih menggunakan model digital biasa, terlalu sederhana hanya lebih canggih karena bisa terkoneksi dengan smartphone.

Yamaha Neos 2023 speedo

Suspensi depan pakai model teleskopik biasa, sok belakang single, rem depan cakram dan belakang model teromol, bagasi dibawah joknya cukup luas karena bisa memuat barang bawaan. Dua buah baterainya bisa dilepas, tak seperti Yamaha E01 yang fixed. Ukuran bannya bikin mengesankan karena berani menggunakan ukuran besar, yaitu 110/70 dibagian depan dan 130/70 dibagian belakang dengan ukuran 13 inch, seperti Nmax. Yang layak dapat dua jempol, velgnya benar-benar baru!! Tak lagi model pelek prasejarah seperti Mio series, wkwkwk!

Yamaha Neos 2023

SPESIFIKASI

Skuter listrik Yamaha NEO terbaru ini menggunakan motor listrik generasi baru yaitu YIPU 2 – desain eksklusif dari Yamaha. Pada YIPU generasi ke-2 ini, mesin, rem belakang, dan sistem kontrol MCU terpasang pada arm belakang kendaraan. Sistem mesin ini dipasangkan pada pelek dengan baut, sehingga tidak menyulitkan bahkan sangat mudah melepas roda untuk menambal atau mengganti ban.

Yamaha Neos 2023

NEO’S menggunakan motor listrik brushless berpendingin udara yang berjalan mulus dan halus, sekaligus meminimalkan kehilangan energi kinetik. Motor listrik ini dikembangkan khusus untuk menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah untuk pengendaraan yang mulus.

Untuk spesifikasi mesinnya, motor baru Yamaha yang mengusung kode Yamaha BFM4 ini menggunakan baterai li-ion 51,1 V, 23,2Ah berkapasitas 2,3 killo watt, mampu mencapai tenaga 3,1PS dengan torsi maksimum diangka 138,4Nm, gede gede yak!

Motor ini menjelajah sejauh 72 km dalam sekali cas, waktu pengecasan sampai penuh membutuhkan waktu sekitar 8 jam lah lama juga yak?? Tapi bobotnya cukup ringan hanya 98 kg sudah termasuk baterai. Uniknya, joknya kok kaya kurang bersahabat yak? Yaitu cukup tinggi mencapai 795mm! Sepertinya karena sebelumnya dikhususkan untuk konsumen di Eropa sih.

Yamaha Neos 2023

HARGA YAMAHA NEOS 2023

NEOS ini sudah diperkenalkan terlebih dahulu di Eropa akhir tahun lalu, dan yang menarik ternyata motor listrik Yamaha ini diproduksi oleh Yamaha Vietnam, dan warga Vietnam sendiri baru kebagian jatah motor ini setahun kemudian, tepat kemarin tanggal 30 Desember 2022, Yamaha Vietnam merilis Yamaha Neos versi 2023 kepada publik dengan banderol harga yang cukup mengejutkan loh!! Berapa??

SEHARGA NMAX DI SINI

Harga Yamaha Neos ini di Vietnam, Yamaha membanderolnya dengan harga 50 Juta Dong atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar Rp. 32,9 Jutaan, wah ini benar benar gak jauh beda dengan harga Nmax nih ya lads..

Untuk versi 2023, skuter listrik Neos ini dijual dalam 3 pilihan warna, 2 warna sudah ada sebelumnya di Eropa yakni warna hitam dan putih sedangkan satu lagi secara ekslusif baru dihadirkan di Vietnam, warnanya sama persis dengan Yamaha Fazzio yakni warna Cyan atau Tosca. Foto studio ada di bawah yes.. Gimana menurut lads ini skutik listrik?

Yamaha Neos 2023 Yamaha Neos 2023 Yamaha Neos 2023 Yamaha Neos 2023 Yamaha Neos 2023

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

6 KOMENTAR

  1. Motor listrik memang torsi nya gede mang, apalagi kalo watt nya gede, 3000 – 5000 watt aja udah pasti ngalahin moge mesin bakar, dan itu sama aja, mau listrik atau bensin, 200 nm listrik, ya 200 nm bensin. Trus kalo Mang Kobay nanya, kok ngga salto itu motor? Ya karena dibatasi sama controller alias ecu nya, diatur ngga semua energi dari batre dilepas ke motor, supaya ngga salto dan ngga ndut-ndutan.

    Angka yang dicantumkan juga biasanya “peak”, energi maksimalnya, tapi realitanya apakah dipakai? Untuk tarikan awal dari diam, ya ngga dipakai, supaya ngga salto tadi, tapi kalo dipake akselerasi ketika sudah jalan, silahkan uji nyali, itu juga kalo controller nya ngasih….

  2. jok model gitu bikin penumpang merosot ke belakang terus tuh, pcx yang landai dikit aja begitu, apalagi ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini