Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Gara gara lagi IG walking, terus ngeliat postingan masbro Eko blogger Bali tentang foto spy shot motor berjenis skutik (akan dibahas terpisah). Yang membuatnya sangat menarik bukan postingannya, tapi komennya, ada yang menyebut itu adalah PCX dengan mesin 2 silinder 1 piston. Heh, KBY terhenyak, lalu membalas komen dengan maksud heureuy alias bercanda dengan menyebut mesinnya 1 silinder dua piston wkwkwk. Tau gak ternyata ada, namanya Split Engine alias Twingle! Yuk kepoin mesin unik ini!!..

Setelah komen KBY jadi penasaran, asal menyebut mesin 1 silinder dengan dua piston, kaya gimana coba.. Eh pas nanya mbah Google, nongol lads!! Ternyata beneran ada mesin dengan teknologi seperti itu loh, namanya split engine, sering juga disebut sebagai TwingLe alias Twin Single, terpasang di motor dan juga mobil!.. Sudah kebayang belum kaya gimana isi mesinnya?

ini motor spy shot yang dibahas

Mesin tersebut memiliki teknologi unik yang pernah ada di dunia otomotif dan hanya diaplikasi di beberapa mesin 2 stroke alias 2 tak saja. Dari luar, tampilan split engine atau bisa disebut twingle (Twin-Single) ini sama saja alias tidak beda seperti motor satu silinder pada umumnya lads, yakni memiliki 1 karburator dan 1 output atau pipa knalpot.

SPLIT ENGINE, TEKNOLOGI TAHUN 1900

Namun jika dibedah, maka akan terbongkar lah rahasianya, coba, siapa yang menyangka jika didalamnya mesin tersebut memiliki 2 buah piston? Unik kan? Lebih kaget lagi, ternyata Split Engine ini merupakan teknologi lawas, yang ditemukan pada tahun 1918 dan digunakan hingga tahun 1950-an.

Mesin ini memiliki keunikan tersendiri, seperti yang KBY sebut di awal paragraf, yaitu mesinnya memiliki piston 2 buah tapi silinder alias ruang pembakarannya cuma 1! Terbayang dempet dempetan dan gancet kan si piston kembar tersebut? Tapi mesin ini juga bisa dibilang berjenis 2 silinder dengan 2 piston tapi combustion chambernya hanya ada 1 (lihat foto di atas).. So, bagaimana sih cara kerja mesin Split Engine Twin-Single?

Cara Kerja Mesin Split Engine:

Kedua piston bergerak bersamaan ke atas, mengompresi campuran udara-bahan bakar di kedua silinder. Disini sebuah busi memicu terjadinya pembakaran dengan menyalakan campuran bbm dan udara yang masuk melalui intake (sebelah kanan dalam gambar animasi) ketika piston berada di dekat bagian atas silinder.

Tekanan dari campuran udara-bahan bakar yang dinyalakan mendorong kedua piston ke bawah. Dan di saat bersamaan port pembuangan di sisi silinder lainnya menjadi terbuka (piston sebelah kiri gambar kotak dalam animasi), gas buang pun keluar dari kedua silinder. Pada saat yang sama, port intake terbuka pada silinder lain, menyebabkan campuran udara-bahan bakar segar masuk terhisap kedalam untuk digunakan pada siklus/ pembakaran berikutnya.

KEUNTUNGAN/ KEUNGGULAN MESIN 2 PISTON DALAM 1 SILINDER

Keuntungan dari split engine 2 stroke ini dibandingkan dengan 2 stroke konvensional adalah bahwa split engine dapat memberikan performa yang lebih baik dengan meminimalisir hilangnya bahan bakar / udara segar yang tidak terbakar kemudian terbuang melalui knalpot. Mesin ini juga dapat bekerja lebih optimal pada bukaan gas kecil/minim. Karakternya ada kemiripan dengan mesin diesel karena idlenya stabil dan torsinya sudah siap di putaran bawah.

KEKURANGAN MESIN SPLIT ENGINE – 2 PISTON 1 SILINDER

Namun seperti di sebut di atas, mesin ini tidak berusia panjang, hanya bertahan hingga tahun 1950-an saja. Loh tapi kan fakta keunggulannya jelas? Ya ternyata karena mahalnya biaya untuk produksi mesin tersebut lads. Biaya produksi untuk membuat sebuah split engine ini sama saja dengan membuat mesin real 2 silinder pada umumnya. Kalau begitu kan jelas mending bikin 2 silinder 2 piston bukan?

Triumph TWB BD250 Split Engine

Selain itu, mesin ini juga memiliki bobot yang terbilang berat, serta karena desain dan karakternya seperti diesel tersebut, membuat mesin ini sulit mencapai putaran rpm tinggi, demikian pula vibrasinya yang besar akibat desain piston + conrod yang panjang.

DKW SS250

Mesin jenis ini juga menjadi kurang populer seiring kemajuan teknologi yang terus berkembang pada mesin kendaraan, hadirnya mesin 4 stroke dengan efisiensi yang baik dan lebih minim polusi serta tenaga efektif membuat mesin Split Engine tenggelam. Tercatat ada sejumlah motor yang menggunakan mesin ini diantaranya Puch 250 SGS, Triumph TWN BD250, TWN Cornet, DKW SS250 dan mobil kecil unik BMW Iso Isetta.

Nah itu lah mesin dengan 2 piston 1 silinder lads, tapi kalau mesin 2 silinder 1 piston KBY sih gak nemu di google, kayak gimana kerjanya coba??

Iso Isetta

sumber: Google dan imotorium.com

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

20 KOMENTAR

  1. Mau nanya dong itu mesin twingle buat mobil bmw apakah juga berjenis two stroke, soalnya batang piston dua”nya hanya nempel pada satu stang klo 4stroke pasti rumit buat headnya dan kinerja buka tutup katupnya apakah bergantian untuk masing ” piston, ataukah berjalan seirama

  2. Motor 2 silinder 1 piston pernah lihat di era 90 an mang..banyak lagi.
    Waktu itu lg hit film renegade.
    Banyak tuh binter merzy di modif jadi model harley dgn mesin v-twin tp silinder yg kedua pajangan doang 😂

  3. kl 2 silinder 1 piston mungkin jadi mirip mesin boxer ya mang. pistonnya kepala pistonnya bolak balik

  4. Itu mesin bisa buat turbo mang, berbeda dgn 2 tak modern yg pk reed valve. Power nya ketika itu 250cc sampai 45hp top speed +110mph.

  5. Animasi dan gambar real mesin nya beda cara kerja, pada animasi ada 2 conrod yg masing – masing menggerakan poros engkol dengan arah putar yg berlawanan, sedangkan pada potongan gambar mesin kedua piston dihubungngkan dengan 1 conrod untuk menggerakan 1 poros engkol yg sama

Yuk Tinggalin Jejak Lads..