Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Sepertinya gak ada yang gak bisa dilakukan di Indonesia ini, termasuk “ngakalin” pemasangan kunci kontak model keyless ignition milik Suzuki GSX-R150 ke saudaranya, GSX-S150, bisa, dan berapa biayanya? Yuk digeberr…

Suzuki memang memberikan fitur Keyless Ignition  hanya pada seri GSX-R150 saja, satu satunya dan pertama di kelas sport 150cc, sedangkan untuk GSX-S150 masih memakai kunci konvensional dengan shutter ber-magnet. Sedjatinya kedua motor ini adalah saudara kembar yang gak identik dari sisi desain kecuali bagian buritannya, sementara sektor sasis, jeroan mesin hingga kaki kaki dapat dikatakan identik, hanya perbedaan minor seperti kick starter dan tuas gear.  Suzuki GSX-S150 pada dasarnya bisa kok pasang fitur Keyless Ignition milik GSX-R150 tapi gak PnP alias plug n play lads…

keyless ignition pada suzuki gsx-s150

Tapi namanya kalau ada kepengen ya gimana kalau ingin pasang Keyless Ignition pada Suzuki GSX-S150? Jawaban dari Audi Tarantini selaku Product Planing PT SIS 2W saat blogger bertanya mengatakan bisa tapi gak PnP alias ribet hehehe.. beliau menerangkan bahwa bisa fitur Keyless dipasang ke tipe S namun pihak pabrikan tidak menyarankan karena akan merusak garansi, nah harap dicatat ya, karena itu merupakan tindakan modifikasi maka jika GSX-S150 memasang fitur Keyless Ignition disebutkan akan menggugurkan garansi. Agar dipikirkan lagi lads..

Kalau sudah mantap baiklah, bisa dicatat nih apa saja yang diperlukan untuk memasang Keyless Ignition di GSX-S150 seperti penampakan pada Suzuki GSX-S150 milik dealer Batam sebagaimana yang dilansir oleh sahabat blogger Kepri The Greenblog. Dealer Suzuki di kota Batam ini rencananya memang akan menyediakan unit GSX-S150 yang telah terpasang keyless ignition, jadi konsumen yang tertarik tinggal boyong saja dengan tambahan biaya diluar harga GSX-S150 OTR Batam. Hanya masih dalam proses pengajuan nih katanya..

suzuki gsx-s150

Idenya menarik karena hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik agar konsumen mau memboyong sang kuda besi tanpa harus menggugurkan garansi karena dealer yang menjual menjamin garansinya, singkatnya sih garansi dealer lah ya.. Yuk diintip parts apa saja yang disiapkan..

Ada 10 parts dalam merubah kunci konvensional menjadi keyless, yaitu sebagai berikut:

  1. Kunci Kontak = 750.000
  2. Keyless System = 1.040.000
  3. Indikator Keyless = 53.000
  4. Kabel Body = 590.000
  5. Kabel Speedometer = 123.000
  6. Relay = 25.000
  7. Bracket = 3.000
  8. Holder = 2.000
  9. Holder = 7.000
  10. Cover Full Tank = 45.000

Total biaya spare-part keyless ignition diatas sebesar Rp 2.638.000 rupiah, ya tambah tambah ongkos biaya pasang kurang lebih jadi Rp 2.700.000 dengan waktu pengerjaan satu hari. Karena ini area Batam, maka harga total Suzuki GSX-S150 keyless adalah harga OTR Batam plus biaya keyless nya.. Ditunggu saja terutama untuk rekan rekan batam yang kepengen GSX-S150 nya udah berkeyless ria..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

26 KOMENTAR

  1. Harusnya pabrikan dismaain aja ama yang R lagian itu kan ada safetynya juga..kalo kick starter nah ga papa satu ada satu enggak

    • Hmm…tetep aja beli batok headlamp nya yg gsxS, kalo setang sama foot step sich opsional tdk diganti pun gg masalah

  2. Mending GSX-R150 lah, kang ( doain moga bisa kebeli, aaamiin ).

    Btw, yg gambar di bawah knp tulisan Kobayogas.com nya di tengah2 body mba nya ? Agak bawah dikit, kang.. biar joss hahahahaha….

  3. Bening juga tu ciwaiiii….

    Bang Kby tolong infokan ke suzuki bikin lower kit ….
    (bukan kaki tak sampai, kasihan yg di bonceng kayak Jerapa )

  4. Anu kang klo mau minang yang biru yg bawa payung itu bisa di DP berapa yah ada potongan gak yah ??? soalnya saya salfok sm mbaknya lupa sm keyless nya ???

  5. model lampu depan kurang bagus, boncengan belakang juga telalu tinggi
    klo nggak direvisi, suzuki motor cuma bakal naik daun sesaat lalu drop lagi seperti dulu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..